News
Batal
KATEGORI
link has been copied
173
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4f941d09b5ca2bd5537cdc/revisi-uu-lalu-lintas-dpr-tolak-motor-jadi-angkutan-umum
Komisi V DPR RI berencana untuk tidak menetapkan sepeda motor menjadi alat transportasi umum. Keputusan itu muncul dalam pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).
Lapor Hansip
21-02-2020 15:26

Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum

Past Hot Thread
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum

Quote:Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi V DPR RI berencana untuk tidak menetapkan sepeda motor menjadi alat transportasi umum. Keputusan itu muncul dalam pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa mengatakan revisi UU LLAJ masih dalam pembahasan nota akademik. Namun sebagian besar anggota Komisi V menyetujui gagasan tersebut.

"Sebagian besar fraksi setuju kendaraan roda dua tidak jadi transportasi umum," kata Nurhayati saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (19/2).



Ia mengatakan, keputusan ini didasarkan pada faktor keselamatan. Nurhayati mengatakan hanya di Indonesia kendaraan roda dua seperti sepeda motor dilegalkan jadi transportasi umum.
Lihat juga: Tiga Debt Collector Jadi Tersangka Bentrok Ojol di Rawamangun

Ia melanjutkan, berdasarkan data Korps Lalu Lintas Polri, sebanyak 73 persen kecelakaan lalu lintas di jalan melibatkan sepeda motor.

Meski nanti sepeda motor tidak diakui sebagai alat transportasi umum, Nurhayati mengklaim pengemudi ojek online tidak akan terganggu. Sepeda motor bisa dijadikan alat untuk mengantar barang.

"Roda dua delivery saja, logistik, barang-barang bisa pakai sepeda motor. Bukan transportasi umum mengangkut manusia, tetapi makanan, barang-barang, silakan," katanya.


Nurhayati menyatakan transportasi umum seharusnya mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Karena itu sepeda motor tidak selayaknya jadi transportasi umum.

Dia menegaskan pemerintah, baik pusat dan daerah, punya amanat untuk menyediakan transportasi umum. Nurhayati berharap dengan kebijakan ini pemerintah kembali fokus menghadirkan transportasi umum yang layak.

Meski di UU LLAJ sepeda motor bukan masuk kategori angkutan umum, namun Kementerian Perhubungan dengan alasan diskresi mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 12 tahun 2019 Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Permenhub dikeluarkan sebagai respon tuntutan pengemudi ojek online soal tarif. Diskresi dikeluarkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintah.


Sumber
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...angkutan-umum?

Ojol hanya logistik saja berarti nantinya ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
29-02-2020 23:00
yaaahh, padahal gojek sangat membantu banget lohhh. jadi ngga butuh waktu lama kalau mau pergi kemana mana
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
27-02-2020 06:19
kaga kebalik yaa harusnya kan yang enak mobil jadi logistik, kasian kalo bawa barang yang gede kan kalo pake motor
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
24-02-2020 16:40
sebetulnya maksudnya sih baik, untuk memanusiakan pengguna jalan...tp memang nggak ada solusi lain, selain pelarangan motor?
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
24-02-2020 11:45
tidak baik boncengan 3 alias cengrtri emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
24-02-2020 04:07
Yg salah bukan kendaraannya. Tp kwalitas dari manusianya... Ehhh... Tp ini kan di +62. Ya gt. Daq. Pade pinter ngebacot. Dan ngebegoin warga +62 sendiri. Kalo gak gt. Gak makan cuk. Kate nyeee.... Contoh. Pny mobil gak pny garasi. Yg lbh parah. Punya garasi naro mobil di luar. Lalu kemalingan. Trus mencak2. Kl pun gak kemalingan. Itu sdh mengganggu jalan. Tp di jawab. Lah jalan depan rumah gue sendiri. Omg.. "Jalan" cukk... Tau yg namanya "jalan"??? Kepentingan bersama??? Tuk sesama manusia???? MANUSIA cukk.... Jgn ngomong kwalitaas kesadaran manusia. Kwalitas otaknya aje pade tong tong. ???? emoticon-Ngacir
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
23-02-2020 23:09
kemarin banyak pegawai di phk , sekarang roda dua mo dihapus jadi angkutan ummum, bukanya itu bakal meningkatkan jumlah pengangguran ? pengangguran yang tidak punya kegiatan dikhawatirkan akan menimbulkan kekacauan kriminalistas dan sebagaianya,
yaudah kalo roda dua dilarang , pake roda tiga ojeknya , modif motonya jadi roda tiga ztau beli tiga roda buat ojek
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
23-02-2020 20:27
Ya iyaaa lah... motor kan bukan angkutan umum
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
23-02-2020 10:50
Quote:Original Posted By ba.dum.tss4
@th3d4rk

dia ngomongnya ngaco, masaiya nyuruh batasin motor dan ojol, itu ide berbahaya bro
kalau kondisi negara kita kayak jepang atau korsel atau jerman, ya okelah masuk akal

negara kita buat mayoritas orang itu nyari makan aja susah bro..

kita mungkin orang2 menengah ke atas yang punya mobil, rumah bagus dan berkecukupan, seringkali nganggap remeh ojol2 dan pemotor itu,.... tapi ya tolong kita2 ini punya empati lah sama mereka yang hidupnya sulit dan cuma punya motor untuk menafkahi keluarganya

kalau lu mau jitakin, jangan jitak rakyatnya yang punya motor dan hidup seperti itu terpaksa, jitaklah pejabat dan wakil rakyatnya sono... yang gak beres2 ngurus transportasi dan ekonomi


Ga ush bawa2 remehin ojol gua ga bahas kehidupan mereka apalagi jelek2in idup mrka.
Ide pembatasan R2 di jalan protokol sangat bagus... lo terlalu naif. Kalo mau brubah jd baik ya harus ada perubahan radikal. APBD DKI jkt gede tinggal mau ga serius bangun Tranportasi umum yg serius dan terintrgasi?
Lagian masa R2 jd angkutan umum? Mana payung hukumnya?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
23-02-2020 09:04
KASIAN BABANG OJOLNYA
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
23-02-2020 05:52
fotonya yang di sorot malah fokus yang mau mudik, tukang ojolnya cuma setengah.
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
23-02-2020 04:44
masyarakat yang pekerjaan utama jadi tukang ojek gmana tuh? 😂
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
23-02-2020 01:39
Quote:Original Posted By mikeoxsmaull
ojol mgkn masuknya bukan angkutan umum ya, tp ride sharing?


Setuju gan ride sharing
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
23-02-2020 00:09
ah paling rapat buat abisin anggaran aja
profile-picture
novembermann memberi reputasi
1 0
1
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
22-02-2020 21:07
Keamanan, kenyamanan, keselamatan tentu harus kita dapatkan di kendaraan umum yang bukan roda dua to. Tapi saya naik kereta listrik pas jam berangkat atau pulang kantor malah gak nyaman.
profile-picture
novembermann memberi reputasi
1 0
1
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
22-02-2020 20:05
yakin... mau nerima demo besar besaran,.... nanti pada ngamuk emoticon-Ngacir
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
22-02-2020 18:57
intinya mereka gamau jalan mobil mereka di penuhi motor yg banyak. biar rakyat miskin jalan aja. kalo pas tu pengemudi mobil mabuk di tabrak sekalian. emoticon-Ngamuk
profile-picture
novembermann memberi reputasi
1 0
1
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
22-02-2020 18:22
trus definisi transportasi umum yg memadai aja banyak pemimpin daerah yg ngerti.... emoticon-Big Grin
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
22-02-2020 18:16
motor angkutan umum ? bukannya cuma muat 2 orang ya ? 1 pengemudi dan 1 penumpang ? memang seperti itu dianggap angkutan umum ?
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
22-02-2020 17:20
ya buruan transportasi massal nya di benahi...

MRT LRT BUSWAY....

LRT bilang desember 2019 uda beroperasi......trnyata 2022 baru kelar..

ngacooo....
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
22-02-2020 16:35
kalo masalah kenyamana dsb, sebenarnya yang harus diperbaiki adalah kualitas ridernya. jangan orang temperamental jadi ojol. berantem itu.

ada aturan di Australia: mutlak harus ada SIM dulu baru latihan nyetir dan kemudian terserah mau bagaimana selanjutnya. gak kayak di Indonesia, rancu mau SIM dulu atau latihan dulu. maksud ane: jadi ojol wajib ada dan bawa SIM dan STNK.
0 0
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia