Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
119
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4f7d3d018e0d4c4102f901/bahaya-yang-ditimbulkan-jika-malas-ganti-oli-motor
Ganti oli motor adalah salah satu bentuk perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga peforma motor agar tetap stabil. Ya walaupun terkadang terlihat sepele, tapi rutin mengganti oli akan membuat umur mesin menjadi lebih panjang. 
Lapor Hansip
21-02-2020 13:48

Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor

Past Hot Thread

Ganti oli motor adalah salah satu bentuk perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga peforma motor agar tetap stabil. Ya walaupun terkadang terlihat sepele, tapi rutin mengganti oli akan membuat umur mesin menjadi lebih panjang. 

Banyak orang yang menunda atau malas ganti oli karena mereka merasa motor masih aman dan gak ada kendala apa – apa. Dan yang jelas masih bisa nyala dan jalan. Mungkin sekilas terlihat aman GanSis, tapi jika melihat lebih detil lagi, pada kondisi ini mesin akan bekerja sangat keras GanSis. Dan apabila terus dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi motor.

Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor

Berikut ini beberapa dampak buruk akibat malas ganti oli motor:

Mesin overheating

Salah satu fungsi oli atau pelumas adalah sebagai pendingin motor. Apabila oli gak pernah diganti, maka volume dan kualitasnya akan menurun. Ini akan mengakibatkan kemampuan untuk mendinginkan mesin akan menurun dan rentan menyebabkan mesin mengalami overheating. Apabila terus dibiarkan, maka akan membuat mesin menjadi rusak.

Bikin komponen lain jadi rusak

Oli yang kental, volume berkurang, dan kualitas oli menurun akan menyebabkan keausan pada beberapa bagian mesin motor. Ini akan membuat komponen menjadi berkarat, tergores, kepanasan, dan bisa terbakar. Jika dibiarkan, ini akan berdampak ke komponen lain dari mesin, dan bisa – bisa akan mengalami turun mesin. Biaya turun mesin gak sedikit loh GanSis...

Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor

Bensin jadi boros

Kehadiran oli yang bagus akan mengurangi terjadinya gesekan pada mesin. Namun apabila kualitas oli menurun, maka gesekan dan tarikan mesin akan menjadi berat. Kondisi yang seperti ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Berkendara jadi gak nyaman

Jarang ganti oli akan membuat kenyamanan dalam berkendara terganggu. Ini disebabkan oleh getaran karena adanya gesekan pada mesin sangat kuat.

Tuh GanSis dampaknya kalau malas ganti oli. Ngeri sih, kalau ini terjadi pada motor kalian, biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakannya pasti lebih mahal dari biaya ganti oli GanSis. 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
edv039 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
22-02-2020 18:08
pantes abang gua klo belanja onlen belinya oli mulu
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
22-02-2020 22:57
pasti gan, bikim komponen lain jadi rusak, karena mesin yang harus ada pelumasnya kering. motor adek ane pernah gak bisa di starter karena bener bener olinya kering
profile-picture
zennick memberi reputasi
1 0
1
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
22-02-2020 23:50
Wah ini nih threadnya cocok buat ane yang maunya cuma make doang, ganti oli kaga mau 🤦‍♂
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
23-02-2020 00:08
ane banget nich.., motor 2017 udah 2x turun mesin ganti block sama piston ampun dech, olinya ampe kering haha
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
23-02-2020 00:52
oli putih juga harus sering rutin diganti
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
TelahLogin dan cobanamakamu memberi reputasi
2 0
2
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
23-02-2020 01:04
Motor gw dong 2taun blon ganti oli mesin msh bening aja




ninja 2tak emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh BamsKasela
profile-picture
profile-picture
overclockerr dan IndraDadoen memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
23-02-2020 07:22
ganti oli sesuai jadwalnya motor jadi awet


Info otomotif terkini
profile-picture
triaayulestari memberi reputasi
0 1
-1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
23-02-2020 10:27
AKU PAKE 2TAK, GANTI 6 BULAN 1X, BAHAYA GA ? emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
IndraDadoen memberi reputasi
1 0
1
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
23-02-2020 21:49
ini sebenernya yang kebanyakan orang lalai termasuk ane gan haha, 2bulan tidak ganti oli jadi kena mesinnya gan hiks
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
23-02-2020 22:04
harus buruan ganti oli dah biasanya ane mah malas hahaha
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
23-02-2020 22:54
mending eajin ganti oli dari pada turun mesin dan ganti isi mesin
pasti lebih mahal, dan akan terasa berat di kantong karena tiba tiba dan jumlah yang harus dikeluarin banyak emoticon-Jempol
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 11:16
bener bgt gan, buat ane yg paling kerasa tuh bensinnya jadi boros
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 16:31
thank infonya gan emoticon-Toast
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 16:31
Tiap malem jumat aja rajin ganti oli masa motor sendiri ga diurusin sih emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 16:33
Bentar ane
Ganti oli dulu



emoticon-Ultah
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 16:33
ideal nya ganti oli brp km bro?

Sama service berkala wajib ngk sih?
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 16:33
Tergantung pemakaian sih, kalo lagi sering perjalanan jauh gitu lebih cepat gantinya.. kalo lagi jarang dipake sih sante aja

emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia