News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
69
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4f64f7365c4f2c1c6d438e/revisi-uu-lalu-lintas-ada-wacana-motor-tak-boleh-angkut-orang-ojol-siap-kepung-dpr
RADAR NONSTOP - Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) sedang digodok. Dalam pembahasan muncul wacana agar kendaraan roda dua (motor) tidak bisa jadi transportasi umum. Wacana itu tentu saja bisa memberangus ojek online alias ojol. Sebab, ojol menggunakan motor untuk mengangkut orang. Lalu bagaimana komentar driver ojol? "Ini namanya membunuh rakyat
Lapor Hansip
21-02-2020 12:04

Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR

Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR

RADAR NONSTOP - Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) sedang digodok. Dalam pembahasan muncul wacana agar kendaraan roda dua (motor) tidak bisa jadi transportasi umum.

Wacana itu tentu saja bisa memberangus ojek online alias ojol. Sebab, ojol menggunakan motor untuk mengangkut orang.


Lalu bagaimana komentar driver ojol?

"Ini namanya membunuh rakyat kecil. Kita ini hanya cari makan masa gak boleh. Kami protes itu, kita kepung DPR nanti," ungkap Udin, ojol yang ditemui sedang mangkal di kawasan Pondok Indah, Jaksel, Kamis (20/2).

Begitu juga dengan Amri D. Bapak dua anak ini mengaku, DPR yang mengusulkan motor gak boleh angkut orang tak punya nurani pada rakyat.

"Memang DPR mampu mencarikan kerja rakyat. Suruh mereka narik ojol biar tau bagaimana susahnya cari duit," bebernya.


Seperti diberitakan, Komisi V DPR RI berencana untuk tidak menetapkan sepeda motor menjadi alat transportasi umum. Keputusan itu muncul dalam pembahasan revisi UU LLAJ.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa mengatakan revisi UU LLAJ masih dalam pembahasan nota akademik. Namun sebagian besar anggota Komisi V menyetujui gagasan tersebut.

"Sebagian besar fraksi setuju kendaraan roda dua tidak jadi transportasi umum," kata Nurhayati dilansir dari CNNIndonesia, Rabu (19/2).


Ia mengatakan, keputusan ini didasarkan pada faktor keselamatan. Nurhayati mengatakan hanya di Indonesia kendaraan roda dua seperti sepeda motor dilegalkan jadi transportasi umum.

Dia melanjutkan, berdasarkan data Korps Lalu Lintas Polri, sebanyak 73 persen kecelakaan lalu lintas di jalan melibatkan sepeda motor.

Meski nanti sepeda motor tidak diakui sebagai alat transportasi umum, Nurhayati mengklaim pengemudi ojek online tidak akan terganggu. Sepeda motor bisa dijadikan alat untuk mengantar barang.

"Roda dua delivery saja, logistik, barang-barang bisa pakai sepeda motor. Bukan transportasi umum mengangkut manusia, tetapi makanan, barang-barang, silakan," katanya.

Nurhayati menyatakan transportasi umum seharusnya mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Karena itu sepeda motor tidak selayaknya jadi transportasi umum.

Dia menegaskan pemerintah, baik pusat dan daerah, punya amanat untuk menyediakan transportasi umum. Nurhayati berharap dengan kebijakan ini pemerintah kembali fokus menghadirkan transportasi umum yang layak.

Meski di UU LLAJ sepeda motor bukan masuk kategori angkutan umum, namun Kementerian Perhubungan dengan alasan diskresi mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 12 tahun 2019 Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Permenhub dikeluarkan sebagai respon tuntutan pengemudi ojek online soal tarif. Diskresi dikeluarkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintah.

https://m.radarnonstop.co/read/16411...iap-Kepung-DPR

emoticon-Belgia emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan enopandarmawan memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:11
mending dibalik aja ojol jadi dpr
dpr suruh jadi ojol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
francis.fherry dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:14
Lalu dengan lantang massa berteriak, "ojol bersatu, tidak bisa dikalahkan!"

emoticon-Nyepi Kerusuhan pun dimulai
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:15
Ada wacana agar kendaraan roda dua (motor) tidak bisa jadi transportasi umum dalam pembahasan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Menurut Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati, keputusan tersebut didasarkan pada faktor keselamatan. Nurhayati mengatakan hanya di Indonesia kendaraan roda dua seperti sepeda motor dilegalkan jadi transportasi umum.

Dia melanjutkan, berdasarkan data Korps Lalu Lintas Polri, sebanyak 73 persen kecelakaan lalu lintas di jalan melibatkan sepeda motor.

Meski nanti sepeda motor tidak diakui sebagai alat transportasi umum, Nurhayati mengklaim pengemudi ojek online tidak akan terganggu. Sepeda motor bisa dijadikan alat untuk mengantar barang.

Masih dalam pembahasan nota akademik. Namun sebagian besar anggota Komisi V menyetujui gagasan tersebut.
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
1 0
1
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:19
keputusan MK juga ga boleh tuh transportasi semacam ini hehe..
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:23
mengojol emoticon-Ngakak
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
1 0
1
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:25
untuk para penghuni gedung DPR yg sedang menggodok aturan tersebut, coba berikan solusi, jangan hanya membuat peraturan tanpa solusi, saat ini di daerah sidoarjo ada tempat yg tidak dilalui tranportasi umum seperti halnya angkot atau bus, dan hanya ojol yg bisa menjangkau, lalu kami para pengguna jasa ojol ini nantinya suruh naik apa?? naik onta??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novembermann dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:26
Quote:Original Posted By pinkypatrick
mending dibalik aja ojol jadi dpr
dpr suruh jadi ojol


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:32
Nikmat apa lagi yang akan kau dustakan setelah Pajak Kenalpot emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:44
Bikin aturan gini tuh kalo sarana transportasi umum masal kyk bus dan kereta udah layak, kalo skrg mah kelewatan dah.
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan raafirastania26 memberi reputasi
2 0
2
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:46
Kadang2 gw mikir, ini yg bikin UU klo bikin UU mikir ga sie? apa asal bikin biar dikira kerja? apa lg mabok aibon?

Useless people...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:48
Gimana ceritanya emoticon-Ngakak
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:50
Ojol enak buat anter anak sekolah, kalo pake transportasi umum kasihan kalo masih kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:50
ini kan nurhayati yg kampanye pake helikopter itu bukan??
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:56
wkwkwk... ni DPR kurang jalan2 apa ya? diluar negeri malah ada premium service khusus kendaraan roda 2
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan Air.Gate memberi reputasi
2 0
2
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 12:57
jok motor udah didesain buat 2 orang emoticon-Om Telolet Om!
yang perlu dibahas itu motor yang kelebihan muatan / bukan peruntukkan motor emoticon-Om Telolet Om!
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPRRevisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 13:02
ojol itu bukannya kerjaan utama.... yawdah lah serah kalian kang ojek emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 13:03
nambah macet aje
mgkn udah disogok lising biar tmbah lakuemoticon-Bola
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 13:04
yaudah jadiin plat kuning..jgn plat item lagi. mau ga ?
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 13:04
wah.. semakin sempit ruang gerak motor.
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas Ada Wacana Motor Tak Boleh Angkut Orang, Ojol Siap Kepung DPR
21-02-2020 13:05
bagi orang DPR, naik ojek mah ngk nyaman, mangkanya bikin aturan melarang roda dia jadi angkutan mereka ngk mikir 2x.

sekali2 naik dari rumah dinas naik ojol lah, biar tahu rasanya naik ojek dan bisa mikir serta melihat kenyataan untuk mencari jalan keuar.
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia