News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
206
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4f56ce82d49567b4080d14/usul-assalamualaikum-diganti-salam-pancasila-kepala-bpip-panen-hujatan-lagi
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjadi sorotan publik beberapa waktu terakhir karena pernyataannya yang kontroversial. Namun, hal itu belum selesai, kembali muncul sebuah perndyataan kontroversial lainnya. Dalam sebuah video hasil wawancaranya Yudian mengatakan pentingnya salam pancasila diterapkan di tempat umum menggantikan salam lima agama. Hal itu untuk menjadi
Lapor Hansip
21-02-2020 11:04

Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi

Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjadi sorotan publik beberapa waktu terakhir karena pernyataannya yang kontroversial. Namun, hal itu belum selesai, kembali muncul sebuah perndyataan kontroversial lainnya.

Dalam sebuah video hasil wawancaranya Yudian mengatakan pentingnya salam pancasila diterapkan di tempat umum menggantikan salam lima agama. Hal itu untuk menjadi jalan kelaur atau sebagai titik temunya.

“Kalau kita salam setidaknya harus ada lima sesuai agama-agama. Ini masalah baru kalau begitu. Kini sudah ditemukan oleh Yudi Latif atau siapa dengan Salam Pancasila. Saya sependapat,” kata Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi dalam wawancara di detik.com beberapa waktu lalu.

Menurut Yudian, sebelum reformasi sangat nyaman dengan salam nasional. Namun, hal itu berubah setelahnya dengan menjadikan salam agama sebagai salam di tempat umum. Misalnya, penggunaan salam dalam bahasa Arab yang kerap diidentikan dengan salam Agama Islam, Assalamu`alaikum.

“Sejak reformasi diganti Assalamu’alaikum di mana-mana tidak peduli, ada orang Kristen, Hindu hajar saja dengan Assalamu’alaikum,” ungkapnya.

Menurutnya, salam itu maksudnya mohon ijin terhadap seseorang sekaligus mendoakan selamat. Kalau bahasa arabnya Assalamu’alaikum warahmatulloh wabarakatuh.

“Ada hadits kalau anda jalan, ada orang duduk, maka Anda harus mengucapkan salam. Itu maksudnya adaptasi sosial. Itu zaman agraris. Sekarang jaman industri digital lagi. Misalnya mau menyalip pakai mobil salamnya gimana? Pakai lampu atau klakson,” paparnya.

Kata Yudian, salam di tempat umum harus menggunakan salam yang sudah disepakati secara nasional. “Dengan kesepakatan nasional misalnya salam Pancasila daripada ulama ribut kalau pakai shalom bisa jadi kristen. Padahal mendoakan orang itu boleh-boleh saja. Sebenarnya kita ngomong shalom kepada orang kristen tidak ada masalah dengan teologis,” tandasnya. 

Ass

Wr Wb

Amin2 YRA

emoticon-Kroasia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fromzerotoohero dan 9 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:06
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi

Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi

emoticon-Christmas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 13 lainnya memberi reputasi
7 7
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:07
salam pancasila apaan tuh wkakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waluyojati121 dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:09
Asli goblog bat tu anak... oh pantess...

Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:11
biasa nya sih orang asing suka toleransi adat, maka nya klo assalamualaikum yak ditiru biar akrab. eh gak taw nya dikapir2in emoticon-Leh Uga kampret deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:11
Koplak permanen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelelawar14 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:12
masih aja dipertentangkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
charisbs dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:12
Kenapa ini orang jadi kepala?
Diubah oleh Jalan Cinta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:13
Sengaja mancing
Dan banyak ikan yg terpancing
Tinggal mendata jumlah, nama, lokasi domisili ikan yg paling kenceng nyanyinya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:14
lembaga SAMPAH bikinan pinokio plongaplongo cuma ngabis2in duit emoticon-Tai
Diubah oleh satriagujis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kiwilboo dan 18 lainnya memberi reputasi
13 6
7
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:19
Salamalaikum aslinya dari bani wahyudi lho.. pak yudian wahyudi pasti mengacu kesonoh..

emoticon-Ngakak


Shalom aleichem

שלוֹם עֲלֵיכֶם

Peace be upon you
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abdoes dan 16 lainnya memberi reputasi
14 3
11
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:21
berita begini langsung rame emoticon-Ngakak
ada apaan ya abis ini, biasanya ada yang lebih besar di tutupin pake senggol senggol agama nih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:22
Merdeka.. merdeka.. merdeka? emoticon-Bingung

Sudah cukuplah ributin salam, yang penting itu disadari salam ada sebagai bentuk tatakrama sosial,
gak usah nyerempet2 ke akidah segala.

Yang saya tangkap, tujuan BPIP ini sebenarnya baik, setidaknya menetralisir gerakan radikal agama yang sporadis.
Karena mereka2 ini sedang berupaya menghipnotis warga awam dengan istilah2 Arab lalu mengeksklusifkan diri sebagai ajaran agama. Simplenya meng-arab-isasi Islam, ajaran untuk seluruh semesta dikerdilkan menjadi khusus 1 bangsa, dan bangsa yg dimaksud BUKAN Indonesia.

Sesama WNI mau dibenturkan terus?
Konyol!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
steven.thereds dan 13 lainnya memberi reputasi
10 4
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:24
Ada benar nya juga bapak ini, kan assalamualaikum itu bukan kebudayaan apalagi bahasa indonesia.
Kita sebagai orang indonesia sebaiknya melestarikan kebudayaan kita bukan kebudayaan asing.
Kebudayaan kita itu our culture.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 14 lainnya memberi reputasi
10 5
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:24
ogah emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
kelelawar14 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:25
Setuju. Kita sebaiknya pakai salam universal aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelelawar14 dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:26
.........
profile-picture
profile-picture
yanchespenda dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:29
Rame lagi rame lagi


emoticon-Cape d...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:33
Bikin agama baru aja gih.. Agama pancasila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelelawar14 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:36
mancing mania
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hujanbadai99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 11:39
segala berita apapun diusahakan agar si harun masiku sama uu cilaka itu gak diributin orang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kacung.meykarta dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia