Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
9
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4e54baeaab257ed3795743/surat-itu-dari-quotmamaquot
indah tak menduga mendapatkan surat dari mama dan pesannya tolong dibaca ketika kamu bersama edo.. indah hanya bisa menjawab ke mamanya.. makasih ma. --------------------- awal perjumapaan indah dan edo mungkin sudah lama dan di awal perjumpaan mereka tidak lah ada benih benih asmara.. indah seorang gadis manis yg imut dan memiliki pergaulan yang luas sedangkan si edo anak kampung lugu yg dekil
Lapor Hansip
20-02-2020 16:43

Surat itu dari "mama"

Past Hot Thread
indah tak menduga mendapatkan surat dari mama dan pesannya tolong dibaca ketika kamu bersama edo.. indah hanya bisa menjawab ke mamanya.. makasih ma.

---------------------
awal perjumapaan indah dan edo mungkin sudah lama dan di awal perjumpaan mereka tidak lah ada benih benih asmara.. indah seorang gadis manis yg imut dan memiliki pergaulan yang luas sedangkan si edo anak kampung lugu yg dekil tapi surti suka (lho kok jadi lagunya jamrud)..

setelah menjalani setahun  kuliah di sebuah kampus negri di sebuah daerah tapal kuda.. mereka bertemu tanpa sengaja.. saat itu indah n sahabatnya maen ke kost edo sambil membawa sebuah kado untuk temen seostnya edo yang lama indah menaruh hati kepadanya.. dan kebetulan cewek yg maen sama indah kebetulan temen satu daerah si edo..  n dengan sok akrab indah bilang Do tolong ya sampaikan kado ini buat eri,, temen kostmu... bilang dari indah.

eri lagi pulang kampung mbak insyaAllah nanti sore sampai kost, apa gak nunggu arie saja sekalian nanti sore, jawab edo sambil menundukkan matanya,, karena edo jarang sekali berinteraksi dengan cewek dan merasa minder karena edo memiliki keterbatasan fisik.  saat itu HP hanya milik orang WOW,, dan gak semua anak memilikinya,

do jgn lupa ya n makasih,, ucap indah n temennya sambil pamit pulang,,

gila nih eri ada cewek yg ngefans dia,,, n ngasih kado pula... padahal bukan ulang tahun dia...  penasaran akhirnya kado itu edo simpan menunggu sampai eri pulang..

assalamualaikum,,
salam dari luar dengan suara khas yg agak serak n melengking.,,, wah ambon datang nih..(ambon  nama akrab eri di kost)..   mbon dapat kado dari indah..aku taruh di kamarmu.. teriak edo yg lagi asik dikamarnya sedang menyelesaikan tugas kuliahnya sambil menekan tuts di mesin ketik.. jaman dulu tugas kuliah gak boleh di print komputer cuma boleh di tulis tangan atau di ketik..

setelah sekian lama akhirnya edo menghampiri kamar ambon, kado apa mbon...? tanya edo

ah cuma coklat ama mawar merah aja.. bukan sesuatu yg special karena aku sudah punya pacar dan gak mungkin aku berpaling ke yang lainnya.. aku sudah pacaran 3 tahunan sejak SMA.  ambon menjawabnya dengan santai.. nih coklat bagi bagi aja ama temen temen kost..

ok Mbon,, sering sering bagi bagi coklat ya.. wakaka

wah beruntung banget ni ambon ceweknya ambon.. padahal ambon disini kampus sini banyak yg ngejar dia dan ceweknya gak ada yg jelek pula..

skipp cerita ambon...

Edo bukanlah bintang kelas tapi dia selalu menjdi perhatian diantara temen temen kuliahnya.. dulu yg pendiam edo berevolusi menjadi anak yg aktif.. setelah ikut organisasi extra dikampus.. setiap ada tugas presentatsi dia selalu di dapuk temen sekelompoknya menjadi presenter meskipun dia tidak ikut menyusun tugas presentasinya... karena itu edo selalu menjadi rebutan teme temennya ketika ada tugas kelompok.

dalam 6 semester semua mata kuliah telah habis dia tempuh menyisahkan KKN dan skripsi..  pada waktu itu ada opsi KKN magang atau KKN di desa.. 

Saat itu edo pun bingung,, mau magang atau pengabdian di masyarakat.. mata kuliah seudah habis tinggal skripsi dan KKN, akhirnya dengan berbagai pertimbangan akhirnya Edo memutuskan untuk KKN pengabdian,,, sekaligus ajang mencari jodoh kalo beruntung

Sebulan sebelum KKN pengabdian kita semua dikumpulkan oleh universitas untuk pembagan kelompok, pendamping kelompok dan juga penempatan.. dalam KKN ini seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas di gabungkan dan dipadukan dari berbagai fakultas agar pengabdiannya bias maksimal..

ketika membaca edo dikelompokkan ke dalam kelompok 11 di sebuah desa di kecamatan ajung.. satu kelompok terdiri dari 9 orang (6 cewek dan 3 cowok ). wah kebetulan ini satu banding dua jadi ada kemungkinan untuk dapat jodoh di satu kelompok KKN

seminggu kemudian ada telpon dari seorang gadis yang juga satu kelompok dengan edo, untuk mengatur pertemuan pertama anggota kelompok.  dan gadis yg menelpon ternyata indah.. wah kebetulan ini bisa satu kelompok ma cewek manis batin edo..
dan akhirnya disepakati pertemuan pertama di tempat kost edo.. waktu itu hadir cuma 5 orang dari anggota kelompok.. indah waktu itu hadir engan kaos dan sweter warna merah dan terlihat sangat manis sekali.. ketika pertama ketemu edo langgsung menggodanya lho gak cari Eri ta ? indah langsung ketawa  wkakakaka inget aja lu do..

skipp lanjut KKN,,

waktu KKN kita semua di kumpulkan satu rumah di rumah kosong dekat rumah pak sekdes..  dan masing masing anggota KKN ternyata diantar ama pasangannya masing masing dan hanya Edo yg jomblo... wah gagal nih rencana punya pendamping dari KKN (batin edo ketika pertama kali bertemu di posko KKN). indah diantar ama pacarnya, dan anggota cewek yg lain juga di antar ma pasangannya masing masing..

selama KKN edo selalu bersama indah dan indah merasa confort karena edo ternyata sosok yg nyaman buat ngobrol, diskusi dan bercanda.. waktu itu edo menganggap indah sebagai sahabat karena merasa gak mungkin bisa miliki Indah.. dan gak mau merusak hubungan orang, so edo tanpa tedeng aling aling apa adanya..
dua bulan bersama di posko membuat keakraban kami menjadi seperti sahabat bahkan menganggap sebagia saudara karena merasa senasib sepenanggungan dan saling menjaga diri..

akhir di sebuah perpisahan KKN kita semua menuliskan pesan dan kesan yg kita tempel di ruang tamu dan kita berjanji akan berkumpul lagi untuk menghadiri acara perayaan 17 agustus di lapangan desa yang kebetulan berada di depan posko kita..

maafkan mata ini yg bisa memandangmu
kini harus tertunduk malu
maafkan aku yang telah mencintaimu..
by indah..

sebuah puisi singkat yg indah tulis di mading posko kami.. saat itu edo tidak menyadari buat siapa puisi indah itu, karena semua sudah anggap edo sebagai keluarga..

dan laporan KKN pun telh selesai akhirnya kelompok KKN edo di bubarkan dan  sebulan kemudian  kita sepakati dengan sebuah acara jalan jalan bersama di sebuah pantai di laut selatan pulau jawa,,

indah sengaja  minta untuk berbarengan dengan edo karena sang kekasih tidak bisa ikut  mengantarkannya karena ada acara dikerjaanya.. mas nanti tolong jemput n anter aku ya pas acara perpisahan KKN kita.. telpon indah ke edo.. dan edo pun terkejut kok memanggilnya mas bisanya do do eh edo doang.. dan edo pun menyanggupinya dengan syarat ijin lu harus ijin dulu ma kekasihmu.. indah bilang OK..dia udah ijinin kok

di pantai indah menyanyikan sebuah lagu sambil memetik gitar dengn suara yg merdu  sambil menyanyikan lagu sepanjang jalan kenangan sambil pandangannya tidak bisa lepas dari edo.. berhubung si edo gak peka malah di godain cie cie yg lagi inget ma yayangnya...  dan indah pun meneteskan air mata ketika akhir lagu sudah selesai.. 

dua bulan kemudian setelah sekian lama tidak berhubungan datang lah sebua telpon dari temen KKN edo yg bernama yuli..
Y : assalamualaikum do piye kabare ?
E : alhamdulillah apik yull,, dengaren telpon ada apa (kok gak biasanya telpon ada apa).
Y : Do Lu harus tanggung jawab ? 
E : lho tanggung jawab opo yul.. aku gak lapo lapo (lho tanggung jawab apa, aku gak berbuat yg aneh aneh). aku tidak pernah menyentuhmu.. apalagi melakukan sesuatu kepadamu
Y :  wo dodol bukan aku do,
E : lha terus ???
Y : indah putus ma pacarnya.. di lbh memilih kamu Do. dia seberanya sebelum KKN sudah sering cekcok ma pasangannya.. sering berantem,, dan indah memang gak bisa putus ma pacarnya..  dia sudah cerita banyak ma aku Do tentang apa saja ma kekasihnya.. jujur aku juga shock kok di a berani memutuskan kekasihnya.. demi ikamu..
E: terdiam membisu
Y : Do ngomongo.... jangan diam saja..
E : sebentar yul.. aku kok bisa harus tanggung jawab piye critane (gimana critanya ) dia mutusin kekasihnya aku yang suruh tanggung jawab.. aku menyentuhnya saja gak pernah yul.. aku punya prinsip dan indah pun tau itu.. kalo aku gak akan pernah menyentuh wanita sebelum ida halal untukku..
Y : ya itu Do aku juga gak paham.. kok bisa dia kesengsem sama kamu..
E : lha iya yull aku ini hitam, jelek, bukan anak orang kaya dan aku ini cacat., dimata cewek manapun akan selalu memandangku sinis yull..
Y : pokoknya gak tau DO lu harus tanggung jawab..
Y : usahain telpon ya DO.. tadi indah datang ke kostku dicerita sambil menangis.. saya tawarin dia mau aku anter ke tempatnya edo ta ndah..?  dia diam aja
E : jangan yull.. jangan di antar ke kosku ntar malah dia gak punya harga diri..
Y : lu pikir  mateng mateng ya do..
E : OK yull thanks

dan edo pun belum berani menghubungi indah..

------------
dua hari kemudian pintu kamar kos edo diketok ama joni temen kos kamar depan .. do ada yg nyari..nunggu lu di depan rumah..  cowok pa cewek timpal edo.. cowok do jawab joni..  aneh gak biasanya ada cowok nyariien gue (batin edo).. biasanya temen edo langsung masuk kamar kos tanpa  harus ketok pintu dan kamar kost pun gak pernah di kunci emang gak ada yg berharga di kamar kost..

sambil menyulut sebatang rokok turun ke tangga.. lho mas ada apa dengaren kesini.. dan tamu tersebut adalah  kekasihnya indah (rangga namanya)

Do gua mau ngomong ma lu serius.. sebagai cowok..
wanjir... ada apa nih.. jangan-jangan masalah indah putus kmarin gua di bawah bawah ini..  bentar mas aku ganti baju dulu. sembari bawa persiapan kalo sampai ngajak duel..

dan dia langsung to the point.. gini Do, gua gak akan lama,, gua cuma bilang titip jagain indah... cuma lu doang yang dia bisa dengerin.. gua kenal indah lama dan gua sudah putus ma dia (rangga sambil menahan air matanya agar tidak jatuh).. di hatinya cuma ada dirimu Do, 

sebentar mas.. cela EDO,, saya ma indah gak ada apa apa ? indah saya anggap sahabat saya dan saya gak ada rasa ama dia.. karena saya tau pas awal dulu indah punya mas rangga.. masih inget gak pertama kita jumpa di posko pas waktu KKN. saya memperlakukan dia sebagaimana sahabat tidak lebih dan tidak kurang.. saya bukan tipe perebut pacar orang mas.. tabu bagi saya.. orang tua saya tidak mengajarkan itu..  biar mas gak salah tanggap.. banyak mas yg ngear indah waktu KKN tapi saya bilang indah.. ingat ndah.. ada mas rangga jangan macam macam..

bukan gitu DO..  selama KKN sikap Indah ma saya berubah DO..setiap cerita selalu menceritakan dirimu.. dan bahagia ketika bercerita tentang dirimu do..
dan maaf Do.. saya cuma bilang titip jaga indah,,   jangan buat dia menangis DO,, sambil pergi mas rangga mengusap air matanya..

OH CUKS.. opo maneh iki.. (kelakar edo dalam hati)..
-----------
hari berikutnya yuli telpon.. DO.. sudah telpon indah gak ?
belum Yul.. sumpek juga aku.. aku tak mudik dulu nenangin diri.. salam buat indah Yul..
-------
seminggu kemudian sehabis isyak..
edo main ke kost Indah... dengan mata sembab indah membukakan pintu kostnya..
ada apa ndah.. kok kamu kelihatan sedih.. sampai matamu bengkak..
aku gak mau kehilangan kamu Do..
kamu pernah bilang gak akan rebut pacar orang, dan ini cuma caraku Do,, kamu gak salah Do,, aku aja yg egois,,, aku memilihmu.. meskipun aku tak tau apa kah kau memiliki perasaan yang sama terhadapku..

Dan edopun terdiam serbu bahasa,,  tanpa tau harus melakukan apa..
dan akhirnya berkata..
Ndah,,makasih telah memperjuangkanku..
ndah terimakasih telah berkorban untukku
dan maaf kamu harus melakukan itu semua..
kamu aku anggap sebagai sahabatku.. dan aku sudah membunuh rasa cintaku kepadamu karena aku tau kamu sudah ada yg punya,,..

dan indahpun menangis sesenggukan dihadapan edo,,

tapi ndah.. aku gak akan rela memaafkan diriku jika membuatmu menangis,, 
kita jalani aja.. Jika Allah menghendaki.. insyaAllah rasa itu akan bersemi dengan seiringnya waktu..

seketika itu indah tersenyum dan edo melihat senyuman bidadari di hadapannya..  makasih  ya do telah beri aku kesempatan..

jadi kita jadian nih.. timpal indah..
kita jalani aja ndah.. bismillah  kalo jodoh gak kemanah kok ndah..

jam sudah menunjukkan jam sembilan malam,,
edo pun berpamitan ke indah mau pulang karena wakuncar sudah habis.. dan indahpun memeluk edo dari belakang.. dan edo bilang.. ndah kamu tau prinsipku kan,, sabar sampai kita halal nanti ya..
dan indah pun meminta maaf pada edo.. maaf ya Do... aku sungguh bahagia malam ini.. sampai ingin memelukmu dan tak merelakanmu pulang..

---------
waktu berjalan akhirnya edo dan indah menjalin kasih..setelah tiga bulan berjalan akhirnya terucaplah pertama kali dari mulut edo.. dia mengucapkan I LOVE U ke pada seorang cewek dan cewek itu bernama indah.. moment tersebut pas seminggu sebelum indah ulang tahun..  

ndah.. aku mau ngobrol penting sama kamu  dan kata kata ini aku gak akan pernah ucapin ke wanita lain jika aku masih merasa bimbang..
aku ingin kamu jadi yang pertama mendengar ini dan semoga menjadi yg terakhir aku mengucapkan ini.. indah I LOVE U..
dan indah pun menangis bahagia tanpa bisa berkata kata..

---------------------------

dua hari sebelum indah ultah,, edo menanyakan kado apa yang paling kamu inginkan ndah.. ?
kamu kado terindahku Do,, aku tidak butuh apa apa,, aku sudah cukup bahagia ada disampingmu......
 

-----------------------
dan si edopun kebingungan dia mau beli kado apa,, karena emang tidak pernah membelikan kado untuk seorang perempuan manapun.. boro boro punya pacar.. deket ma cewek aja gak brani..

dan akhirnya di kebimbangannya, edo pergi ke toko kerudung depan fakultas.. dibeli dua buah kerudung warna kesukaan indah biru dongker dan biru mudah warna kesukaan edo..   edo bungkus dengan kertas koran apa adanya sambil menyelipkan tulisan..  semoga hubungan kita bisa membuat kita semakin dekat ma Allah.. LUV U

indah adalah cewek metropolis tidak berhijab, sholat kadang kadang dan mengaji jarang jarang.. sedangkan edo adalah aktivis kampus yang anak kampung yg agak religius dan punya prinsip yang kuat..

----------------------
kebetulan edo pas hari ultah indah ada kesibukan dikampus,, edo membawa kadonya.. dan mengantarkannya di kampus sambil ketemu pujaan hatinya.. ndah..aku ada sesuatu buat kamu nanti dibukanya dikamar aja ya. happy birthday ya ndah.. semoga kamu suka... aku ada acara dikampus mungkin sampai malam gak bisa maen ke rumahmu. ni motorku bawaen pulang besok pagi  jemput aku di kost ya..

indah pun pulang sambil tersenyum bahagia..

dan edo kembali ke dunia aktivitas kampusnya..

keesokan harinya.. indah datang ke kost dan temen temen kost gak ada yg menyangka klao yg datang indah.. joni teriak teriak do edo ada cewek cantik cari dirimu. kamar joni dilantai bawah sedangkan kamar edo dilantai atas. biasanya kalo indah datang joni cuma bilang do ndah datang..

dan ketika turun tangga edo tidak bisa melihat siap yg datang karena si cewek sudah duduk di kursi tunggu di depan.. akhirnya edo terdiam seribu bahasa dia melihat bidadari berhijab dan cewek cantik itu bernama indah..

edo sampai tidak percaya siapa yg ada didepannya..  wanita yg begitu anggung dan mempesona dengnan hijab biru muda... warna kesukaan edo..

mas ayo aku traktir makan kata indah.. si edo masih terdiam mebisu..
mas, ayo...
eh maaf ndah,, aku sampai tidak percaya melihat ada bidadari didepanku..
dan indah pun mendekat sambil mencubit perut edo.. gombal kamu mas...


makasih kadonya mas.. ini kado terindah yg pernah aku rindukan
aku dari dulu merindukan agar bisa berhijab tapi belum berani karena aku belum siap
ntah kenapa kau tanpa kata dan tanpa menuntut aku harus begini begitu aku merasa tenang pake hijab ini mas.. makasih banyak mas,, telah beri aku keberanian.. sampai kapanpun aku akan selalu jaga hijab ini mas.. ini tanda syukurku kepada Tuhan telah mempertemukanku dengan mu..

Note : sejak edo mengatakan I lov u,, indah tak pernah lagi memanggil nama edo,,indah selalu memanggil mas kepada edo..

-----------------------------
seiring berjalannya waktu dan akhirnya terderngarlah ke telinga keluarga indah sudah putus dengan rangga.. dan rangga adalah sosok mantu idaman papa mamanya indah..   dimana papa mamanya sudah mempunyai gambaran bahwasannya tahun ini indah akan menikah dengan rangga, sedara keluarga mereka berdua sudah saling bertemu..

itulah alasan kenapa indah ketika sehabis putus dari rangga tidak pernah berani pulang ke rumahnya di sebuah kota di jawa timur..  edo selalu mendorongnya..

sedangkan perubahan citra dari hari kehari semakin bahagia,, tidak penah putus puasa sunnah senin kamis dan sholat sudah tidak pernah bolong dan rutin mengaji..

ketika edo menayakan kapan pulang kerumah.. indah bilang tunggu aku belum siap mental mas.. insyaAllah mingu depan indah usahakan pulang ke rumah..

------------------
tibalah saatnya edo mengantar indah ke seuah terminal bis yg berjarak 30 menit dari kost indah.. 

saat berkendara indah minta ijin mas.. ijinkan aku memelukmu kali ini saja dalam perjalanan ke kertminal habis itu aku gak akan meminta lagi dan akan bersabar menunggu sampai halal..

dan goyah juga iman si edo.. akhrnya mengijinkan indah memeluknya selama perjalanan..  indah bilang maafin indah ya mas.. ada banyak hal yg belum indah ceritakan sama mas.. nanti kelak kan aku ceritakan semuanya sama mas..

dengn sok dewasa edo bilang.. ndah aku  mencintaimu apa adanya dan masa lalu bukan untuk kita sesali tapi harus kita jadikan pelajaran agar jangan sampai kita mengulangi kesalahan yg sama di masa depan.. sambil menahan kakinya yg gemetaran karena belum pernah dipeluk sama perempuan.. sambil berdoa dalam hati ampuni edo ya Allah..

dan indah pun membisikan kata yg sangat lembut luv u mas... jangan pernah tinggalin indah ya..

dan akhirnya sampialah di terminal dan edo mengantarkan indah sampai naik di tempat duduk bis patas yang 5 menit lagi berangkat,..  nanti telpon kost ya kalo sudah sampair rumah..

---------------------------------
setelah 4 setengah jam perjalanan akhirnya berderinglah telpon kost. edo yg sedari tadi meunggu di depan telpon sambil menonton TV dan menikmati kopi..

mas aku dah sampai rumah.. luv u mas..

cuma katlimat itu aja yg terucap dari indah..

alhamdulillah jawab edo sambil bilang luv u too ndah..

selama di rumahnya indah sama sekali tidak bisa berhubungan dengan edo... karena mereka berdua masih belum punya HP..

mama indah terkejut ketika berjumpah dengan indah.. karena tampilan indah benar benar berubah.. sekarang jadi kelihatan anggun n cantik tapi dimata mereka indah tampak seperti sosok yg aneh..  indah yg biasanya berani membantah orang tua sekarang lbh banyak diam dan tersenyum dan menurut apa kata mamanya.. mengajak sholat berjamaah mamanya.. ini hal yg anaeh biasanya indah kalo dirumah disuruh sholat paling susah..

mama indah bingung satu sisi anakknya berubah menjadi lebih baik satu sisi dia bingung karena rencana pernikahan dengan rangga telah  bubrah karena rangga dah putus dengan indah.. 

malam itu selepas makan malam keluarga mama indah menanyakan siapa EDO ndah ?

indah tidak bisa menjawab cuma bilang saya mencintai edo mah dan saya yg berjuang mendapatkan dia..dia mungkin bukan mantu idaman papa mama tapi indah mencintainya..

--------
keesokan harinya..ketika indah mau pamit balik ke kostnya mama menitipkan surat buat indah dan tolong baca juga sama edo.. jgn di baca kalo gak sama edo..
iya ma, indah janji,,, selama perjalanan indah penasaran buka atau gak ya..

dan setiba di kost indah telpon mas maen kerumah ada surat dari mama.

Indah anakku..
aku tau kau sangat mencintai edo
aku tau kau berubah menjadi lebih baik karena edo
dan aku tau juga segala tentang edo..

maafkan mama gak bisa ngomong ini langsung ke kamu
karena mama mencintaimu..
kamu satu satunya anak mama..

mama cuma bilang
kamu mau memilih Mama apa Edo ?
mama mencintaimu nak..

dan edo dan indah terdiam seribu bahasa tanpa mereka sadari air mata telah menetes tanpa ada suara...
-----------------------------------
End....

mohon masukkannya newbie
mohon sarannya,, belum bisa bikin link jadi di upload semua jadi satu..

kalo banyak koment akan berlanjut ceritanya..









profile-picture
profile-picture
profile-picture
Satria029 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Surat itu dari "mama"
26-02-2020 20:26
wahhh kerennn
profile-picture
doer81 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Surat itu dari "mama"
26-02-2020 21:12
suka ane sm alurnya
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan doer81 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Surat itu dari "mama"
26-02-2020 21:40
udah keren gan.
profile-picture
doer81 memberi reputasi
1 0
1
Surat itu dari "mama"
26-02-2020 21:52
Quote:Original Posted By doer81
Thanks gan.. mohon bimbingannya.. new bie


Sama² gan
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Surat itu dari "mama"
27-02-2020 08:46
suka sama ceritanya....dilanjut ya gan emoticon-Toast
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
1 0
1
Surat itu dari "mama"
27-02-2020 14:57
jadi kangen mama
0 0
0
Surat itu dari "mama"
27-03-2020 20:43
Bagus ceritanya gan, ditunggu cerita selanjutnya yaa emoticon-Toast
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
antara-rasa-dan-logika
Stories from the Heart
part-5-akdam-aku-dan-kamu
Stories from the Heart
everytime
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Personal
Stories from the Heart
kisah-sang-pendekar
Stories from the Heart
koin-nasib-fontana-di-trevi
Stories from the Heart
jodoh-pilihan
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia