Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4e394c48c38d113c23185f/4-bagian-mesin-mobil-yang-wajib-diperiksa
Selain mengecek tekanan angin dan kaki-kaki, sebelum memulai perjalanan, tentu saja kita harus memeriksa komponen-komponen yang terdapat di ruang mesin mobil. Karena jika kita mengabaikan pengecekan di ruang mesin, bukan tidak mungkin kalau kita akan mendapatkan masalah di jalan.
Lapor Hansip
20-02-2020 14:46

4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa

Past Hot Thread
Memiliki kedaraan berarti Sahabat harus memperhatikan kondisi mobil setiap waktu, terlebih saat mobil sering digunakan baik dalam jarak tempuh dekat maupun jauh. Selain kondisi fisik, pastinya kita juga perlu memeriksa dan memastikan bahwa mobil kita dalam kondisi yang prima dari sisi ruang mesin mobil, sehingga kita tidak mengalami hal buruk di tengah jalan. Saat melakukan pemeriksaan, pastikan bahwa kamu tidak melewati empat bagian di bawah ini.
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa

Selain mengecek tekanan angin dan kaki-kaki, sebelum memulai perjalanan, tentu saja kita harus memeriksa komponen-komponen yang terdapat di ruang mesin mobil. Karena jika kita mengabaikan pengecekan di ruang mesin, bukan tidak mungkin kalau kita akan mendapatkan masalah di jalan.

Memang, jika kita melakukan pemeriksaan ruang mesin mobil, pastinya kita akan membutuhkan waktu yang agak lama untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh. Tapi untungnya, tidak semua komponen di ruang mesin mobil perlu untuk diperiksa setiap hari. Dari sekian banyak komponen yang terdapat di ruang mesin mobil, hanya ada empat yang wajib untuk diperiksa setiap hari.

1. Oli Mesin

Sebelum memulai perjalanan, jangan lupa untuk memeriksa oli mesin. Waktu terbaik untuk memeriksa oli mesin mobil Sahabat adalah ketika mesin mobil masih dalam kondisi dingin, alias ketika mesin mobil dalam kondisi mati. Mengapa begitu? Karena ketika mesin mobil dalam kondisi mati, maka oli sedang berada di posisi yang normal, sehingga kita bisa mengetahui dengan jelas seberapa banyak volume oli yang tersisa. 

4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa

Melakukan pemeriksaan oli mesin sangatlah mudah. Sahabat tinggal menarik dipstick berlabel "oil", bersihkan batang pengukur oli, masukkan, dan tarik kembali. Periksa apakah oli berada dalam batas indikator di ujung dipstick. Jika oli berada cukup jauh di bawah tanda "Full",  maka kamu harus menambahkan sampai penuh. Tapi jika oli berada di antara ujung dipstick dan full, maka volume oli masih terbilang cukup. Soal oli mobil, kamu juga bisa membaca Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya.

2. Oli Transmisi

Setelah oli mesin, periksa juga oli transmisi. Jika mobil kamu menggunakan transmisi otomatis, pengecekannya perlu dilakukan dengan cermat agar komponen ini bisa beroperasi dengan baik. Pemeriksaan cairan ini sama sederhananya seperti mengecek oli mesin. Tentang oli transmisi, kamu bisa membaca Ingat, Oli Transmisi Otomatik Konvensional dan Matic Kopling Ganda Berbeda.

4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa

Saat hendak mengecek oli transmisi, cari dipstick dengan label "Transmission". Lakukan langkah yang sama seperti pengecekan oli mesin. Kamu bisa periksa apakah oli transmisi matik ini masih bersih dan tak ada serpihan logam. Jika ditemukan ada kotoran atau serpihan logam, sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut.

3. Air Radiator

Hal selanjutnya yang perlu diperiksa adalah volume air radiator. Untuk memeriksanya, lihat saja ketinggian air di tabung cadangan (reservoir). Pastikan berada di antara batas terendah dan tertinggi. Tambahkan bila ketinggian air mendekati level terendah.

4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa

Namun jangan mengisi air radiator hingga melewati batas "Full" karena menyebabkan air tak dapat tersedot masuk ke dalam cooling system. Pada mesin modern, sebaiknya tidak membuka tutup radiator. Pasalnya, pada mesin-mesin tertentu, gelembung udara pada sistem pendinginan dapat membuat mesin overheat. Hal lain soal air radiator yang perlu diketahui, kamu bisa membaca Penyebab Dan Solusi Air Radiator Yang Berwarna Kecoklatan.

4. Aki Mobil

Terakhir jangan lupa untuk memeriksa aki. Cara mudah mengecek aki adalah menggunakan voltmeter yang dihubungkan ke terminal plus dan minus aki. Kamu juga dapat melihat kondisi kedua terminal dan cek apakah ada kotoran dan karat. Jika ada karat, maka bagian yang korosi ini perlu dibersihkan dengan amplas atau sikat kawat.

4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memeriksa kesehatan aki adalah sebagai berikut : 

1. Mesin susah hidup

Aki yang ngadat membuat bunyi 'cetak-cetek' saat kunci mobil diputar ke posisi start, bahkan pada kondisi terburuk tidak terdapat bunyi sama sekali saat kunci kontak mobil diputar. Pada kondisi aki normal, listrik dari aki akan mengalir ke dinamo starter mobil untuk membantu menyalakan mesin.

2. Perhatikan lampu peringatan di dasbor

Saat memutar kunci kontak dalam kondisi normal, maka lampu-lampu indikator akan menyala. Sebaliknya, jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati.

3. Suara klakson melemah

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan menekan klakson. Tekan dan tahan klakson, lalu putar kunci kontak ke posisi starter. Jika aki lemah, akan mengakibatkan suara klakson melemah bahkan tidak bersuara sama sekali.

Nah bila sudah paham soal cek kesehatan aki, hal lain yang bisa dilakukan adalah melakukan perawatan aki mobil. Untuk melakukan perawatan aki mobil kamu bisa membaca Aki Mobil Itu Alat Vital Kendaraan, Rawat Dengan Cara Ini. 

Begitulah informasi soal pengecekan ruang mesin mobil yang bisa Sahabat lakukan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan Sahabat soal mobil kesayangan. 


Sumber : Garasi.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alphajoe. dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
20-02-2020 15:41
thanks infonya.
gan kalo pas nyalain mesin trus kenalpot ngebul itu normal gak ya? atau ada yg perlu di cek
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
20-02-2020 16:25
Quote:Original Posted By trdfantasy
klo nyalainnya pagi2 ngebul putih dan cuma sebntar wajar


Makasih gan
0 0
0
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
20-02-2020 19:06
mantap gan, semua itu emang penting diperhatikan apalagi yg oli mesin. aki mobil klo soak juga bikin repot, btw mobilnya matic malah gimana ya ga bisa didorong kaya manual ya, alhasil harus cari aki jumper emoticon-Big Grin

emoticon-Games
0 0
0
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
20-02-2020 22:17
Quote:Original Posted By Peex60
thanks infonya.
gan kalo pas nyalain mesin trus kenalpot ngebul itu normal gak ya? atau ada yg perlu di cek



Asap putih dari knalpot yang sementara cuma uap udara yang mengembun ketika terkena panas dari saluran buang kendaraan, ini normal emoticon-2 Jempol
profile-picture
Peex60 memberi reputasi
1 0
1
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
20-02-2020 22:21
Quote:Original Posted By b0c4h.n4k4l
Asap putih dari knalpot yang sementara cuma uap udara yang mengembun ketika terkena panas dari saluran buang kendaraan, ini normal emoticon-2 Jempol


Tengkyu gan
profile-picture
b0c4h.n4k4l memberi reputasi
1 0
1
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
21-02-2020 01:30
Ane tim tinggal make dan gapernah paham permesinan, which is jelek sih karena bakal panik kalo ada sesuatu yang gaberes karena gatau mau ngapaen.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
23-02-2020 13:53


Quote:Original Posted By officialgarasi
Wah boleh saran gan nantinya agan boleh lebih memperhatikan kondisi unit mobil termasuk servicenya Gan, Supaya mobil aman buat di gunakan. Dan ikuti terus Theard kita selanjutnya yang lebih bermanfaat ya Gan emoticon-Jempol


Wkakakaka ashiaaaap gaaan🤣👍🏻👍🏻👍🏻
0 0
0
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
23-02-2020 21:48
setuju banget gan, nice infonya gan wajib banget iniii.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
23-02-2020 22:53
gan kalo yang punya mobil yang dipriksa apaan ?
emoticon-Hammer2
emoticon-Mewek
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
23-02-2020 23:02
ahahahahahaha ngakaklah
emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2
0 0
0
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
24-02-2020 16:44
thank info nya gan emoticon-Cendol Ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
24-02-2020 23:05
Dari mobi ampe biji
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
26-02-2020 18:17
Oli paling sakral sih gan menurut ane
Soalnya itu kalo sampe jarang di gant bisa sampe turun mesin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
29-02-2020 09:52
yg penting oli sihhh
dimanapun oli berada
oli mesin, oli gear, dll
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
4 Bagian Mesin Mobil yang Wajib Diperiksa
29-02-2020 09:53
Quote:Original Posted By arwanagoreng
Oli paling sakral sih gan menurut ane
Soalnya itu kalo sampe jarang di gant bisa sampe turun mesin


Nahhhh
Emang sakral bgt gan
Kan mahal juga ya kalo ampe turun mesinnnn
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia