News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
255
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4d5a0710d295608d6f7a44/tok-dpr-setujui-rencana-sri-mulyani-terapkan-cukai-plastik
Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menerapkan cukai terhadap produk plastik secara keseluruhan, bukan hanya kantong plastik.
Lapor Hansip
19-02-2020 22:53

Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik

Past Hot Thread
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik

Quote:
Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menerapkan cukai terhadap produk plastik secara keseluruhan, bukan hanya kantong plastik.

Pasalnya, dari sebagian besar anggota berpandangan bahwa, apabila pemerintah ingin mengedepankan aspek lingkungan dan kesehatan, seharusnya cukai plastik bukan hanya ditunjukkan untuk kantong kresek saja. Tapi juga terhadap beberapa produk plastik lainnya, seperti minuman kemasan, kemasan makanan instan, dan lain sebagainya.

Anggota Komisi XI Agung Rai Wirajaya mengusulkan, apabila Indonesia saat ini baru menerapkan tarif cukai terhadap 3 obyek cukai, dia justru mengusulkan agar bisa dikembangkan menjadi banyak macam cukai yang bisa diterapkan.


"Sehingga cukai bukan hanya sebagai instrumen fiskal untuk meningkatkan pendapatan negara, tapi seharusnya cukai menjadi salah satu instrumen untuk membuat manusia lebih beradab dan menghargai lingkungan," ujarnya di ruang rapat komisi XI, Rabu (19/2/2020).

Pilihan Redaksi

Plastik Kena Cukai, Penerimaan Negara Tambah Rp 1,6 T
Sri Mulyani akan Tarik Cukai Motor & Mobil, Kantongi Rp 15 T
Nasib Sepeda Motor, Diramal Tamat & Bakal Kena Cukai Pula

Adapun Anggota Komisi XI DPR lainnya seperti Sihar Sitorus dan Komisi XI DPR Dolfie. Menurut mereka, apabila pemerintah serius dalam menghadapi dampak lingkungan, seharusnya cukai plastik bukan hanya diterapkan pada kantong kresek saja.

Seharusnya, kata mereka, cukai juga bisa diterapkan kepada produk plastik yang volumenya lebih besar, dan yang lebih lama di daur ulang.

"Mengapa bukan objek plastik yang lebih lama di daur ulang atau volumenya lebih besar seperti botol plastik. Apakah pemerintah takut kepada perusahaan-perusahaan besar air minum kemasan. Mengapa tidak semua jenis produk plastik?" ujar Dolfie.

Pandangan lain, disampaikan juga oleh Anggota Komisi XI lainnya yaitu Yessy. Menurut Yessy, di Bali sendiri saja, pemerintah daerahnya sangat concern bukan hanya kepada plastik, tapi use plastik seperti styrofoam, botol plastik, dan korek kuping.

"Apakah benar ada ketakutan melawan perusahaan penghasil minuman berbotol," tanya Yessy.

Dari pantauan CNBC Indonesia, sebagian besar anggota Komisi XI yang mengikuti rapat hari ekstensifikasi cukai tersebut menyetujui, agar pemerintah bukan hanya melakukan penerapan cukai kantong plastik, minuman pemanis, dan emisi BBM saja. Tapi setuju agar pemerintah melakukan penerapan cukai terhadap banyak produk obyek cukai lainnya.

Rapat yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut, akhirnya Komisi XI DPR menyepakati agar pemerintah bisa menerapkan cukai untuk ke banyak obyek cukai, bukan hanya kepada kantong plastik, minuman berpemanis, dan emisi.

Ketua Komisi XI Ditto Ganinduto mengatakan, Komisi XI DPR menyetujui rencana pemerintah untuk melakukan penambahan jenis barang kena cukai berupa produk plastik.

"Dengan demikian telah kita bahas ada 3 kesimpulan, kita setujui semua," ujar Ditto.

Berikut kesimpulan raker Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan soal ekstensiifikasi barang kena cukai berupa kantong plastik:

1. Komisi XI DPR RI menyetujui rencana pemerintah untuk melalukan penambahan jenis barang kena cukai berupa produk plastik.
2. Komisi XI DPR RI meminta pemerintah menyusun road map perluasan barang kena cukai lainnya.
3. Komisi XI DPR RI meminta Menteri Keuangan untuk memberikan jawaban tertulis maksimal 7 hari atas pertanyaan dan tanggapan pimpinan dan anggota Komisi XI DPR RI pada rapat kerja Komisi XI DPR RI dengan Menteri Keuangan tanggal 19 Februari 2020.


Atas keputusan tersebut, Sri Mulyani berencana untuk mengatur ulang kebijakan mengenai penerapan cukai ini. Pasalnya, Sri Mulyani memandang, di tengah situasi ekonomi yang tengah bergejolak ini, penerapan perluasan cukai akan menjadi beban kepada masyarakat luas.

"Jadi kami akan melakukan lagi redesigning dari policy ini. Tadi aspirasi-aspirasi yang masuk kami perhatikan. Karena itu juga harus dilakukan waktunya dan berapa tarifnya produk apa saja yang akan terkena nanti akan kami kaji secara hati-hati," ujar Sri Mulyani.



Sumber
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-cukai-plastik

Plastik kena cukai juga akhirnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pipiijo dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 22:55
Cukai kaskus dong
profile-picture
profile-picture
Santri.Santuy dan DoniezBolsyevik memberi reputasi
2 0
2
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 22:57
Lalu yang mau operasi plastik piye? emoticon-Bingung (S)





































emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 4 lainnya memberi reputasi
2 3
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:01
Ayo kadrun serang!

Walaupun yang ketok palu banyak dari partai pujaan kadrun juga. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggreiawan1989 dan 12 lainnya memberi reputasi
6 7
-1
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:02
Kalo belanja ke minimarket harus bawa tas sendiri dong berarti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chrysalis99 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:02
Plastik dilarang karna mencemari dan merusak lingkungan

















Tapi kl ada setoran ya ga masalah
Ya ga sri?

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:12
Malak terus kerjaannya
Kemaren pajak impor min $3 sekarang giliran plastik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Santri.Santuy dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:13
Barang yang tidak baik memang harus di cukai kan
Ane suka gemes aja ma orang yg suka nyinyir soal bayar pajak
Kalo ente punya utang banyak, idup lu cmn buat bayar kredit gengsi ente... Jangan cari kambing hitam ke pajak...
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c2tama dan 11 lainnya memberi reputasi
8 4
4
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:17
ya syukurlah kalau gitu
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:17
beda cukai sm pajak apa gan?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:27
Semoga semua bisa senang dan bahagia emoticon-Big Grin

Apapun barangnya mau dikasih cukai asal itu baik ya silahkan
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:34
Kendaraan mau di cukai. Kendaraan umum aja blm merata. Cmn di kota gede doank yg bagus

Halehhh....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
19-02-2020 23:48
pedagang2 kecil di pasar pasti pake plastik.. kalo plastik mahal.. mereka ini yg duluan kepukul..
gak usah ilmu ekonomi tinggi2 buat paham ini,..

jaman now bnyk yg lbh urrgent dari plastik..
gak yakin gw mereka care soal plastik..
yg penting jadi duit dulu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.giyat dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 00:13
"Jadi kami akan melakukan lagi redesigning dari policy ini. Tadi aspirasi-aspirasi yang masuk kami perhatikan. Karena itu juga harus dilakukan waktunya dan berapa tarifnya produk apa saja yang akan terkena nanti akan kami kaji secara hati-hati," ujar Sri Mulyani. 
__________________________

Hati-hati ya...emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
Santri.Santuy dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 00:13
Sibuk ngurusin palak, maaf pajak 😔

Duit yg dikumpulin dari rakyat via palak & cikai ujung²nya banyak di korupsi yang bikin aturan.

Ntah kenapa warga +62 masih adem ayem aja ngeliat kayak gitu. Apa tunggu tanggal mainnya? atau malah bodo amat di pajakin & cukai, padahal sebagian pajak & cukai yg telat bayar malah kena denda, denda ya doit juga tuh 😂


profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.giyat dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 00:20
Kresek naik kelas emoticon-Hammer2
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 02:03
Cukai+Pph+Ppn+Bpjs+import+pakOgah+spsi=umkm loyo=pengangguran meningkat=daya beli menurun =target pajak menurun=pendapatan pajak menurun=sami mawon!

Belum termasuk instrumen utamanya dari pajak, "DI KORUPSI".

Result:
Harga barang meningkat.
Inflasi.
Daya beli menurun.
Perusahaan lokal tutup.
Barang import mengisi kekosongan barang.
Pengangguran meningkat.
Target pajak gak tercapai.
Hasil pajak 50% masuk ke kantong pribadi.
Pinjaman luar negeri bertambah.
Sri Mulyani cari celah malak lagi.

Gitu aja terus..

Negara salah urus.
Bukannya mengurusi urgensi koruptor yg merajalela, malah menaikkan pajak, sumber income koruptor.
Layaknya menabur garam ke laut.
Setinggi apa pun pajak, gak akan cukup utk memenuhi pundi-pundi koruptor.

Buktikan dulu keseriusan pemerintah menangani korupsi dgn hukuman mati, sebelum minta lebih dari rakyat. Yang diberikan rakyat sudah lebih dari cukup. Justru pemerintah yg lalai mengelola keuangan rakyat.
Yg harus dihukum adalah pemerintah, bukan rakyat.
Ini malah mendera rakyat dgn segala macam pajak.
Negara yg dipimpin muslim memang kacau balau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.giyat dan 19 lainnya memberi reputasi
18 2
16
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 03:54
Quote:Original Posted By Air.Gate
Cukai+Pph+Ppn+Bpjs+import+pakOgah+spsi=umkm loyo=pengangguran meningkat=daya beli menurun =target pajak menurun=pendapatan pajak menurun=sami mawon!

Belum termasuk instrumen utamanya dari pajak, "DI KORUPSI".

Result:
Harga barang meningkat.
Inflasi.
Daya beli menurun.
Perusahaan lokal tutup.
Barang import mengisi kekosongan barang.
Pengangguran meningkat.
Target pajak gak tercapai.
Hasil pajak 50% masuk ke kantong pribadi.
Pinjaman luar negeri bertambah.
Sri Mulyani cari celah malak lagi.

Gitu aja terus..

Negara salah urus.
Bukannya mengurusi urgensi koruptor yg merajalela, malah menaikkan pajak, sumber income koruptor.
Layaknya menabur garam ke laut.
Setinggi apa pun pajak, gak akan cukup utk memenuhi pundi-pundi koruptor.

Buktikan dulu keseriusan pemerintah menangani korupsi dgn hukuman mati, sebelum minta lebih dari rakyat. Yang diberikan rakyat sudah lebih dari cukup. Justru pemerintah yg lalai mengelola keuangan rakyat.
Yg harus dihukum adalah pemerintah, bukan rakyat.
Ini malah mendera rakyat dgn segala macam pajak.
Negara yg dipimpin muslim memang kacau balau.


Ibu Sri tugasnya keuangan negara (termasuk penerimaan negara, pajak). Kalau korupsi urusannya KPK dan aparatur negara. Gak mungkin dia nunggu koruptor tertangkap semua dulu baru kerja. Cuma ya benar bahwa pajak yang kita bayarkan bocor ke koruptor. emoticon-Nohope
Diubah oleh Jangan.maling
profile-picture
profile-picture
Santri.Santuy dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 05:56
kalo alasan demi lingkungan hidup... semestinya pabrik kemasan plastik udh disegel ama pemerintah dari dulu

Skrg demi penerimaan negara.... cukai plastik dikenakan cukai

Sakarepmu....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 06:17
dampaknya ke harga nggak akan begitu terasa, tapi pendapatan negara meningkat.
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 06:49
bertahap dulu lah bos... entar botol dan barang plastik volume gede langsung ditarik cukai, harga naik, rakyat lebih tertekan lagi?? emoticon-Bingung
profile-picture
aljibo memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia