News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
120
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4bebb4f0bdb2019153d005/wni-yang-dikarantina-di-natuna-mengaku-tak-dites-corona
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona Ezra Sihite 5 jam yang lalu Warga yang memiliki risiko tinggi tertular virus Corona memang telah dinyatakan "negatif" dari virus mematikan tersebut oleh Kementerian Kesehatan RI. Padahal banyak di antara mereka yang mengaku belum pernah dites. © VIVA Beberapa WNI yang dikarantina di Natuna sempat mempertanyakan proses tes darah ata
Lapor Hansip
18-02-2020 20:50

WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona

WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona

Ezra Sihite 5 jam yang lalu
Warga yang memiliki risiko tinggi tertular virus Corona memang telah dinyatakan "negatif" dari virus mematikan tersebut oleh Kementerian Kesehatan RI. Padahal banyak di antara mereka yang mengaku belum pernah dites.


WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
© VIVA Beberapa WNI yang dikarantina di Natuna sempat mempertanyakan proses tes darah atau dahak untuk memastikan kondisi mereka.
KP Tes Corona Virus
Warga Indonesia yang pernah dikarantina di Pulau Natuna mengaku tak pernah dites virus Corona
Kemenkes mengaku Indonesia memiliki peralatan tes virus Corona dengan sertifikasi dunia
Sempat ada laporan jurnal yang menyebutkan kemungkinan penularan tanpa gejala
Sementara DirekturPemantauan dan Karantina Kesehatan Kemenkes RI Vensya Sitohang mengaku 78 warga Indonesia yang bekerja di kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan sehat.
"Untuk WNI 78 di Diamond sudah dinyatakan sehat dan hasilnya negatif. Tentunya mereka sudah selesai masa observasi, sehingga harusnya tak ada lagi perlakuan khusus buat merekanya," kata Vensya di Kantor Staf Presiden, Rabu (12/02).

Padahal sampai pekan kedua bersandar di Yokohama, Jepang, kru kapal mengaku belum pernah diperiksa.
Hingga hari Senin (17/02), Sasa, salah satu dari pekerja di kapal pesiar Diamond Princess asal Indonesia mengaku belum pernah diperiksa.
"Semuanya [dalam keadaan] baik di sini, masih sama, belum dicek," kata Sasa kepada Hellena Souisa dari ABC News.

WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
© Disediakan oleh Viva Medical staff in scrubs standing on the dock in front of a huge cruise ship
Kapal pesiar Diamond Princess yang kini dikarantina di Jepang terkait dengan penyebaran Virus Corona mempekerjakan 78 kru asal Indonesia.
Reuters: Issei Kato

Sebelumnya, Sasa yang bekerja di bagian restoran telah mengungkapkan kekhawatirannya karena tetap bekerja di saat lebih dari 450 orang penumpang dinyatakan positif tertular virus corona.
"Bahkan setelah orang-orang yang terinfeksi dipindahkan ke rumah sakit, kita masih belum tahu apakah penumpang yang lain atau kru yang belum diperiksa kesehatannya, betul-betul sehat atau tidak," tambah Sasa.
Sebelumnya, 238 WNI yang dikarantina di Pulau Natuna juga dinyatakan sehat dan negatif corona.
Sebagian dari mereka yang dikarantina pernah bertanya apakah akan ada pemeriksaan lanjutan berupa tes laboratorium setelah diperbolehkan pulang dari Natuna.
Salah satunya disampaikan oleh Yuliannova Chaniago, mahasiswa Indonesia yang dievakuasi dari Wuhan, China.
Karantina di Natuna Seperti apa karantina di Natuna?

WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
© Disediakan oleh Viva Seperti apa karantina di Natuna?
Selama dikarantina di Natuna digelar kursus singkat Bahasa Mandarin, yang diikuti oleh mahasiswa yang belum bahasa Mandarin, juga anggota TNI.
Koleksi Pribadi

Inilah sejumlah kegiatan yang dilakukan warga Indonesia yang dievakuasi dari China menyusul mewabahnya virus corona, selama dua minggu dikarantina di Pulau Natuna.
"Saya bertanya soal tes. Tapi jawabannya tidak, karena tidak sesuai prosedur tetap [protap], termasuk protap [badan kesehatan dunia] WHO" kata Yuli.
"Tapi saya sebenarnya ingin dites [laboratorium] untuk memastikan. Kalau fasilitasnya ada, mengapa tidak?" ujarnya
"Negatif corona" dan tes laboratorium
Lalu apa dasar kesimpulan "negatif corona" yang disampaikan oleh Kemenkes jika Sasa mengaku belum pernah diperiksa selain pemeriksaan suhu tubuh? Apakah Yuli juga sudah bisa dinyatakan "negatif corona" sepenuhnya?
Menurut dr Fathiyah Isbaniyah dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, sesuai dengan "prosedur tetap", atau protap di Indonesia, ada dua prosedur yang harus dilalui.
Yang pertama adalah untuk orang dalam pemantauan dan yang kedua untuk pasien dalam pengawasan.

WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
© Disediakan oleh Viva dr Fathiyah
dr Fathiyah Isbandiyah dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menjelaskan dua jenis protap penanganan virus corona.
Supplied: dr Fathiyah Isbaniyah

"Untuk orang dalam pemantauan, diperbolehkan isolasi di rumah dan terus dipantau, tapi tidak diperiksa swab untuk virus Corona," kata dr Fathiyah.
"Tapi untuk orang dengan status pasien dalam pengawasan, langsung kita lakukan pemeriksaan swab virus corona," lanjutnya.
Mereka yang masuk kategori pasien dalam pengawasan adalah yang sudah menunjukkan gejala radang paru-paru, atau gejala gangguan pernapasan ringan atau berat, dan pernah atau baru pulang dari Wuhan.
Atas dasar inilah, sambung dr Fathiyah, mereka yang dikarantina di Natuna tidak dites, karena seluruh WNI tidak menunjukkan gejala yang masuk ke kategori pasien dalam pengawasan.
"Kalau sudah lewat masa inkubasi seperti yang disarankan WHO yakni 14 hari tanpa gejala, ya kita ikuti saja dan percaya saja," kata dr Fathiyah.
Namun tidak tertutup kemungkinan ada kasus yang tidak didahului oleh gejala.
Tertular tanpa gejala

WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
© Disediakan oleh Viva Natuna - Pemeriksaan Kesehatan
Mereka yang dikarantina di Natuna menjalani pemeriksaan dua kali sehari.
supplied

Sebuah makalah yang dimuat di The New England Journal of Medicine (NEJM) menyebutkan empat orang di Jerman yang terpapar virus corona tidak menunjukkan gejala seperti demam, batuk atau pilek, diikuti sesak nafas.
Sejumlah pakar kesehatan dunia sempat khawatir jika penyakit akibat virus corona yang diberi nama COVID-19 berpotensi ditularkan oleh orang yang tidak memiliki gejala.
Sebelumnya, peneliti dari China pernah juga menyatakan kemungkinan penularan virus dari orang-orang yang terpapar tanpa gejala, meski tidak ada bukti yang kuat.
"Tidak ada keraguan setelah membaca makalah [NEJM] bahwa penularan asimptomatik [tanpa gejala] terjadi," ujar Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular di Amerika Serikat.
Namun, seperti yang dikutip dari jurnal Science online, meski diketahui informasi tersebut salah, masih banyak kalangan yang merasa yakin penularan oleh orang tanpa gejala bisa tetap terjadi.
Apakah Masker Melindungi Kita Dari Virus Corona? Apakah Masker Mencegah Virus Corona?

WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
© Disediakan oleh Viva Apakah Masker Melindungi Kita Dari Virus Corona?
Sejak mewabahnya virus corona, banyak ditemukan orang-orang yang memakai masker, termasuk di bandara.
Getty Images: Tomohiro Ohsumi / Stringer

Setelah mewabahnya virus corona, harga masker di Indonesia telah mencapai Rp 2 juta per kotak. Padahal manfaatnya masih dipertanyakan.
Dr Fathiyah juga mengakui ada beberapa kemungkinan kasus asimptomatik di luar negeri, tetapi bukan di Indonesia.
"Tapi kalau di Indonesia protapnya tetap sama. Jika tidak menunjukkan gejala, maka tidak dites."
Saat ABC News menanyakan kepada dr Fathiyah sevalid apa klaim "negatif corona" yang tanpa didahului oleh tes laboratorium, ia membenarkan bahwa kepastian tersebut memang harus berdasarkan uji laboratorium.
"Mungkin bilangnya bukan "negatif" ya, tapi belum menunjukkan gejala saja," kata dr Fathiyah.
Tetap waspada virus corona
Tim dari T.H. Chan School of Public Health di Harvard University, Amerika Serikat sebelumnya mengingatkan bahwa tidak adanya virus corona yang dilaporkan di Indonesia "menunjukkan kemungkinan adanya kasus yang tidak terdeteksi".
Pernyataan ini didasari oleh adanya penerbangan langsung dari Indonesia ke kota Wuhan, tempat virus corona berasal, termasuk dari Bali.
Akhir pekan kemarin (15/02), Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto telah mengkonfirmasi turis asal China yang pernah berlibur ke Bali terjangkit virus mematikan tersebut.

WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
© Disediakan oleh Viva Turis asal China di Bali
Sejumlah turis asal China di Bali mengatakan lebih memilih tinggal di Bali ketimbang pulang ke China, karena takut tertular virus corona.
Reuters

"Itu positifnya kena di sana (China)," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, membantah tuduhan jika turis tersebut tertular di Bali.
Meski demikian, Pemerintah Indonesia mengatakan akan tetap waspada dengan virus corona, walau belum ada yang dilaporkan terinfeksi.
Hari ini (18/02), tepat dua pekan setelah kapal Diamond Princess bersandar, nasib Sasa belum jelas.
"Kita ada kemungkinan extend dua minggu lagi, karena setelah tanggal 19 [Februari] semua penumpang akan dipulangkan dan gantian kru yang dikarantina," kata Sasa.
"[Saya] nggak tahu bagaimana prosesnya, apakah kita tetap kerja atau kita benar-benar nggak boleh keluar kamar. Jadi keputusannya mungkin besok [hari ini, 18/02]," tambahnya.

Beneran dah punya alat nya??
Diubah oleh my.agathis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
golanmilano dan 10 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 20:57
Orang Indonesa sudah nemuin obatnya gan. emoticon-Matabelo
profile-picture
mulivw memberi reputasi
1 0
1
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 20:57
Mau dites gmn wong alat dan bahannya ga punya..udahlah..jujur aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 17 balasan
Memuat data ..
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:01
Halah ga us dites.. ud 14 lewat.. ga ada yg mampus kan? ya sudah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:01
makanya gw ragu sama kemenkes soal corona
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoelromy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:03
kmarin itu kan kata nya di rukiyah bisa sembuh?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wmt22 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:05
Quote:Original Posted By Chenichi
kmarin itu kan kata nya di rukiyah bisa sembuh?

emoticon-Bingung


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
buncitbubar dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:08
Udah di doain pak mentri, ngapain lagi di cek segala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wmt22 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:09
sudah pada pulang ke rumah, semoga sehat selalu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruryajah dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:14
Gak di tes ? emoticon-Leh Uga
14hari diinkubasiin ngomong gak di tes, dasar idiot.. wkwk pantes misik disekolahken
profile-picture
profile-picture
syahali dan xneakerz memberi reputasi
2 0
2
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:15
Quote:Untuk WNI 78 di Diamond sudah dinyatakan sehat dan hasilnya negatif. Tentunya mereka sudah selesai masa observasi, sehingga harusnya tak ada lagi perlakuan khusus buat merekanya," kata Vensya di Kantor Staf Presiden, Rabu (12/02).

Padahal sampai pekan kedua bersandar di Yokohama, Jepang, kru kapal mengaku belum pernah diperiksa.

Hingga hari Senin (17/02), Sasa, salah satu dari pekerja di kapal pesiar Diamond Princess asal Indonesia mengaku belum pernah diperiksa.
"Semuanya [dalam keadaan] baik di sini, masih sama, belum dicek," kata Sasa kepada Hellena Souisa dari ABC News.


3 org positif
Pejabat tapi asbun.. emoticon-Nohope
0 0
0
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:17
Semoga emang bener2 negatif deh. Kalo udah lewat masa inkubasi dan gak ada gejala sepengetahuan ane udah aman sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wmt22 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:25
Astaga dah di pulangin malah buat stament aneh2 di media...emoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehh apa gak bisa baca situasi apa...bikin gaduh tau...

Ngaku mahasiswa,tapi mikir aja gak bisa...lo waktu di karantina selama 14 hari kalau gak sakit tandanya gak kena virus...lalu sebelom lo brangkat dr wuhan juga di periksa dulu...ada potensi gak bakal ikut lo ke natuna kayak 3 wni yg lalu...adeh skarang lo malah bikin cemas dengan statement gak ada di periksa corona...asli ada org kayak dia...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruryajah dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:28
Siapin aja duit kisaran 1jutaan kalau mau cek.
Belum ongkos lain.
Primer PCR ada, walau jumlah terbatas. Krn td di trit lain msh import dari jepang.
Metode analisa PCR, tehnisi lab di indonesia dah biasa ngerjain.

Kenapa sih kok ngotot banget indonesia harus kena corona? Berasumsi para ahli, dokter, profesor di kampus/lembaga Indonesia seolah2 gak bisa detek virusnya?
Riset SARS aja udah membuktikan, faktor lingkungan Indonesia bisa mencegah penyebaran virusnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruryajah dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:31
berpikir logis ajalah.....kemenkes dkk tidak mungkin bermain2 atau tipu2 soal virus korona...

bahayanya kagak main2 loh yaaa...

Sudah ribuan yg mati....

Penyebarannya cepat pula...

Dipikir mereka kagak punya keluarga yg mereka harus jaga dan di lindungi dari bahaya virus korona andai penyebar di indonesiaemoticon-dor
Diubah oleh extreme78
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruryajah dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:32
Disini ada 2 sisi.

1. ketahuan kita belom ada alat deteksinya

2. orangnya kagak mikir bakal bikin kepanikan baru.



emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:37
drpd nyalah²in sana sini mending fokus buat menjaga tubuh kita tetap sehat biar gk kena virus corona
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan ruryajah memberi reputasi
2 0
2
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 21:41
wah ga ati ati nih yang bikin statement, bikin kita makin cemas dan khawatir juga sih sebenernya emoticon-Matabelo
0 0
0
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 22:21
kan udah di karantina dieelama lebih dari 14 hari, inkubasi virus corona kan 14 hari, lewat dari itu berarti bebas ga kena, dah fix, itu kata WHO.
Diubah oleh arie8282
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 22:34
Quote:Original Posted By tukangbeling7
maunya kadal gurun apa sih? minta WNI dipulangkan udah, karantina udah, tp tetep dipaksa hrs ada yg kena corona ..gitu mau lo drun? emoticon-Leh Uga

lha who aja mengakui RI pny kemampuan deteksi Corona, trus kadrun bisa deteksi dr mana? bacotan si Somad? emoticon-Leh Uga

https://www.liputan6.com/health/read...i-virus-corona


Ini ud ad WNI yg kena



Tetap waspada aja.
Diubah oleh babysitter89
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
WNI Yang Dikarantina di Natuna Mengaku Tak Dites Corona
18-02-2020 22:42
Simpel saja
Kalo gak ada gejala ya berarti gak papa
Kecuali ente paranoid
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia