Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4ad8465cf6c4797650689c/gunungan-sampah-plastik-yang-meresahkan-mampukah-disulap
Sampah Plastik yang Semakin Meresahkan Bismillahirrahmanirrahhim Hai, hai gansist jumpa lagi di thread ane ya, smoga gansist sehat selalu dan terbebas dari segala virus. Termasuk virus bucin :bigkiss:betty Banjir adalah permasalah besar yang rutin tiap tahun terjadi di negeri kita pada musim penghujan. Banjir melanda hampir sebagian besar di segala penjuru negeri ini. Selain karena memang Allah in
Lapor Hansip
18-02-2020 01:15

Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?

icon-verified-thread

Sampah Plastik yang Semakin Meresahkan
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?

Bismillahirrahmanirrahhim

Hai, hai gansist jumpa lagi di thread ane ya, smoga gansist sehat selalu dan terbebas dari segala virus. Termasuk virus bucin emoticon-Big Kissemoticon-Betty

Banjir adalah permasalah besar yang rutin tiap tahun terjadi di negeri kita pada musim penghujan. Banjir melanda hampir sebagian besar di segala penjuru negeri ini.

Selain karena memang Allah ingin memberikan bagaimana besar bukti kekuasaanNya, harusnya kita sebagai makhluq mampu instropeksi diri dengan apa yang telah diperbuat.

Beberapa tahun terakhir, masalah penanganan sampah plastik memang sungguh meresahkan. Bagaimana tidak? Berbagai macam dan jenis produk berlomba-lomba dikemas indah juga cantik dengan bahan plastik. Terutama pada produk makanan dan minuman yang dikemas sedemikian rupa sehingga nampak menarik.

Semua perusahaan berusaha merancang dan mendesain produk makanannya seindah dan semenarik mungkin, berharap produknya laku keras di pasaran.

Namun sayangnya para pengusaha tidak memikirkan efek ataupun dampak buruk yang akan terjadi pada bumi ini, dari segala produk yang dihasilkannya.

Dari situlah sumber banjir berawal. Plastik-plastik pembungkus makanan dan minuman yang merebak, tidak mudah terurai dengan tanah.

Namun, keresahan itu menjadikan beberapa orang yang peduli akan lingkungan dan juga kreatif telah mampu membuat mesin pengolah sampah plastik menjadi Paving Block Ramah Lingkungan.

Mesin ini dirakit sendiri oleh para pekerja, tidak hanya sederhana akan tetapi mesin ini adalah mesin yang irit akan bahan bakar.

Mesin ini dibuat oleh Bank Sampah Warisan Alam yang terdapat di Desa Sukapura-Kertasari, Bandung.

Quote:
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?


Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?



Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?


Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?


Semoga tidak lama lagi di daerah-daerah lain juga terdapat orang-orang yang peduli akan lingkungan. Sehingga dapat meniru apa yang telah dilakukan para pekerja di Desa Sukapura-Kertasari, Bandung.

Atau mungkin daerah lain lebih kreatif lagi dalam pengolahan sampah plastiknya. Sampah plastik di daerah lain dapat diolah menjadi barang bermanfaat dalam bentuk lain. Sehingga permasalahan banjir yang tiap kali melanda dapat terminimalisir. Aamiin.

Semoga kita bisa lebih bijak lagi dalam penggunaan plastik, sehingga sampah plastik tidak lagi menggunung di mana-mana, yang cepat ataupun lambat akan berdampak buruk pada lingkungan kita. Aamiin

Okey gansist ini dulu thread dari ane, semoga dapat memberikan kemanfaatan, pencerahan dan dapat memotivasi diri untuk menjaga lingkungan.

Sampai jumpa


Wassalamu'alaykum wa rahmatullah


Penulis : NovellaHikmiHasan
Sumber Berita :
Link Sumber Berita
Sumber Gambar : Google, pinterest, Link
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 01:16
Pejwan
profile-picture
profile-picture
fitrijunita dan hugomaran memberi reputasi
2 0
2
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 01:17
Singgahlah
profile-picture
profile-picture
fitrijunita dan hugomaran memberi reputasi
2 0
2
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 01:17
untuk sharing masalah kita bersama, dengan bijak pastinya.
profile-picture
profile-picture
fitrijunita dan hugomaran memberi reputasi
2 0
2
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 01:35
Bagus tu idenya, plastik bisa jadi paving blok emoticon-Jempol
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 04:35
inspirasi....
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 04:54
Sudah saatnya kita mengurangi penggunaan plastik sekarang.....belum ada kata terlambat demi bumi yang lebih baik.....
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 06:00
Saat ini memang sampah banyak dibuang di sembarang tempat, terutama bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga harus benar-benar disadarkan orang-orang itu. Untuk gunungan sampah, maka bisa didaur ulang saja.
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 06:47
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
selain jadi pecinta lingkungan yang lebih penting lagi adalah "kesadaran lingkungan", makin banyak yang sadar makin baik

jaman sekolah dulu ane pernah kepikiran buat bikin saringan muter di pintu-pintu air besar (baca: traveling band screen), mesinnya mirip kayak saringan di saluran masuk air buat pendingin kondensor di PLTU

terus temen ane bilang gini "bikin mesin kayak gini dampaknya ada positif sama negatif bee. kalo orang yang méntalnya sampah, liat ada saringan kayak gini di pintu air dia bakal tambah tenang buang sampah soalnya dia tau sampah dia bakal nyangkut dan auto kebuang sama itu saringan. di sisi lain kalo orang yang méntalnya waras bakal bantuin ngejaga itu saringan biar tetep berfungsi dengan baik dan ngurangin buang sampah biar saringan nya gak overload"
dari situ ane pikir, iya juga.....yang pertama mesti dibenahin adalah mental sama mindset orang yang masih menghasilkan sampah harian dalam jumlah banyak.

kita sebagai yang udah sadar wajib menyadarkan yang laen, terutama sama yang seumuran dan yang umurnya dibawah. Kalo sama yang lebih tua mah secukupnya aja kita kasih tau, biasanya lebih susah ngingetin yang lebih tua sebab dia mikir kita masih bocah emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitrijunita dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 10:31
ide cemerlang, tapi memang produksi dari limbah perlu proses pencucian dan pemurnian yang justru memerlukan biaya, tenaga dan proses yang lebih. sehingga nilai ekonomisnya menjadi besar dan tidak bisa bersaing dengan produksi umumnya.
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 14:30
sepertinya sihhh mampu di sulap jadi apa prok prok prokk ....
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
18-02-2020 15:06
semoga penggunaan plastik hanya seperlunya saja, jangan gampang buang kantong plastik. kantong plastik itu bisa dipakai berkali-kali juga sebenarnya.
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
19-02-2020 04:05
bisa jd brmanfaat gitu ya emoticon-2 Jempol
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
19-02-2020 08:30
wuihhhh keren banget ini pemanfaatannya
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
21-02-2020 07:44
bimsalabim
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
21-02-2020 14:09
Quote:Original Posted By antomulyo
Bagus tu idenya, plastik bisa jadi paving blok emoticon-Jempol


Iya gan, inspiratif.

Quote:Original Posted By hugomaran
inspirasi....


Iya gan, bener itu

Quote:Original Posted By newkris
Sudah saatnya kita mengurangi penggunaan plastik sekarang.....belum ada kata terlambat demi bumi yang lebih baik.....


Bener banget gan, 👍🏼👍🏼👍🏼

Quote:Original Posted By vixitev
Saat ini memang sampah banyak dibuang di sembarang tempat, terutama bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga harus benar-benar disadarkan orang-orang itu. Untuk gunungan sampah, maka bisa didaur ulang saja.


Betul skali gan pentingnya ksadaran.

Quote:Original Posted By korekceuli
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
selain jadi pecinta lingkungan yang lebih penting lagi adalah "kesadaran lingkungan", makin banyak yang sadar makin baik

jaman sekolah dulu ane pernah kepikiran buat bikin saringan muter di pintu-pintu air besar (baca: traveling band screen), mesinnya mirip kayak saringan di saluran masuk air buat pendingin kondensor di PLTU

terus temen ane bilang gini "bikin mesin kayak gini dampaknya ada positif sama negatif bee. kalo orang yang méntalnya sampah, liat ada saringan kayak gini di pintu air dia bakal tambah tenang buang sampah soalnya dia tau sampah dia bakal nyangkut dan auto kebuang sama itu saringan. di sisi lain kalo orang yang méntalnya waras bakal bantuin ngejaga itu saringan biar tetep berfungsi dengan baik dan ngurangin buang sampah biar saringan nya gak overload"
dari situ ane pikir, iya juga.....yang pertama mesti dibenahin adalah mental sama mindset orang yang masih menghasilkan sampah harian dalam jumlah banyak.

kita sebagai yang udah sadar wajib menyadarkan yang laen, terutama sama yang seumuran dan yang umurnya dibawah. Kalo sama yang lebih tua mah secukupnya aja kita kasih tau, biasanya lebih susah ngingetin yang lebih tua sebab dia mikir kita masih bocah emoticon-Cape deeehh


Btul banget gan, pentingnya kesadaran

Quote:Original Posted By TuanLi
ide cemerlang, tapi memang produksi dari limbah perlu proses pencucian dan pemurnian yang justru memerlukan biaya, tenaga dan proses yang lebih. sehingga nilai ekonomisnya menjadi besar dan tidak bisa bersaing dengan produksi umumnya.


Iya, memang bgitu gan.

Quote:Original Posted By TuanLi
nah karena mental orang indonesia itu ga nyampe kearah kepedulian lingkungan maka perlu ada gerakan terpusat yang sifatnya memaksa. seperti tidak memberikan kantong kresek di alfadomart gitu. semua selalu ada dampak yang di tinggalkan.


Betul banget gan. 👍🏼👍🏼👍🏼

Quote:Original Posted By GeGe93
sepertinya sihhh mampu di sulap jadi apa prok prok prokk ....


Prok prok prok, jadi apa?😬🤭

Quote:Original Posted By evihan92
semoga penggunaan plastik hanya seperlunya saja, jangan gampang buang kantong plastik. kantong plastik itu bisa dipakai berkali-kali juga sebenarnya.


Bner banget itu gan

Quote:Original Posted By triwinarti
bisa jd brmanfaat gitu ya emoticon-2 Jempol


Iya, keren mmang sist, bs brmnfaat,👍🏼👍🏼👍🏼

Quote:Original Posted By venomkatsu
wuihhhh keren banget ini pemanfaatannya


Iya kak, keren bgt, sy tdnya lihat spintas britanya, tp akhirnya tertarik. Sptnya inovatif

Quote:Original Posted By akunkece
bimsalabim


Abrakadabrah.... ,😬🤭😅
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
24-02-2020 06:45
manusia banyak yang belum sadar dan peduli lingkungan
0 0
0
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
24-02-2020 09:10
luap deh mau komen apaan emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2 emoticon-Cape d...
Diubah oleh fitrijunita
0 0
0
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
25-02-2020 06:13
keren sih idenya ... tapi produksinya masi terbatas ya?
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
25-02-2020 06:38
Di sini juga ada yang udah bisa giling sampah plastik😂
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia