Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
191
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4aa52ac9518b13d1509022/lebih-untung-mana-beli-motor-tunai-atau-kredit-begini-perbandingannya
Nggak semua daerah mempunyai transportasi umum yang bagus. Karena itulah masih banyak orang yang memilih naik kendaraan pribadi, contohnya motor. Kendaraan ini jadi favorit banyak orang karena relatif gampang dikendarai. Harga satu unitnya juga lebih murah dibandingkan harga mobil. 
Lapor Hansip
17-02-2020 21:37

Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya

Past Hot Thread
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
Quote:Nggak semua daerah mempunyai transportasi umum yang bagus. Karena itulah masih banyak orang yang memilih naik kendaraan pribadi, contohnya motor. Kendaraan ini jadi favorit banyak orang karena relatif gampang dikendarai. Harga satu unitnya juga lebih murah dibandingkan harga mobil. 

Namun sebelum membeli motor, kita perlu tahu perbandingan membayar secara tunai dan kredit. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri lo. Supaya nggak salah pilih, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing. Yuk simak perbandingannya berikut ini!
Kalau beli motor secara tunai, harganya lebih murah karena tanpa bunga. Kita juga nggak perlu repot-repot membayar cicilan setiap bulan sampai lunas
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya

Misalnya, kita hendak membeli satu unit motor seharga 13 juta rupiah. Maka uang yang perlu dikeluarkan hanya 13 juta aja, ditambah sedikit uang administrasi. Sebab kita nggak perlu membayar bunga kredit.


Nggak perlu repot-repot mencicil juga setiap bulannya. Cukup sekali bayar, lunas deh! Motor dan surat-suratnya pun bisa segera diboyong~

Namun untuk membeli motor secara tunai, kita harus menyiapkan banyak uang sekaligus. Ini sulit untuk sebagian orang, terutama para sobat misqueen yang belum mapan
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya

Kalau udah punya banyak tabungan, gampang aja untuk beli motor secara tunai. Nah, gimana kalau kita baru punya sedikit simpanan? Waduh, susah juga nih. Kita perlu meminta tambahan dana dari keluarga atau sumber lainnya. Tapi kalau nggak dapat juga, kita bisa beralih ke cara membeli motor secara kredit alias mencicil. 



Kalau beli motor secara kredit, kita nggak terlalu terbebani karena bisa bayar sedikit demi sedikit. Uang yang tersisa juga bisa untuk investasi lain dulu
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya

Walaupun harga motornya belasan juta, kita bisa mencicil ratusan ribu aja setiap bulan. Jumlahnya tergantung jangka waktu kredit. Semakin lama waktunya, maka cicilan per bulan semakin rendah. Begitu juga sebaliknya, cicilan bakal semakin tinggi kalau jangka waktu kreditnya pendek. Oh ya, kita juga perlu membayar uang muka di awal. Jumlahnya tergantung kebijakan dealer. Ada yang uang mukanya harus beberapa juta, ada juga yang cukup 100 ribu rupiah. Murah juga ya!
Namun sayangnya, beli motor secara kredit bisa bikin harganya melonjak tinggi akibat bunga. Kalau nggak berhati-hati, malah kita yang rugi nantinya
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya

Sebelum memutuskan untuk kredit, kita perlu memerhatikan hal-hal ini: harga motor, jangka waktu kredit, uang muka, dan cicilan per bulan. Yang nggak kalah penting adalah besarnya bunga per bulan. Ada bunga yang 20%, 30%, bahkan 40%! Jumlahnya tergantung kebijakan dealer. Dengan informasi itu, yuk coba kita hitung total pembayaran. Berikut ini contohnya seperti dikutip dari Kredit Gogo.

CONTOH:

Harga motor: 13 juta
Jangka waktu kredit: 22 bulan
Uang muka: 3 juta
Cicilan per bulan: 700 ribu (udah termasuk bunga)
Total pembayaran: uang muka + (angsuran x jangka waktu kredit)
Total pembayaran: 3 juta + (700 ribu x 22) = 18,4 juta


Dari contoh hitungan itu, kita jadi tahu kalau harga motor memang lebih mahal kalau dibeli secara kredit. Padahal harga awalnya 13 juta. Tapi setelah ditambah bunga per bulan, harga akhirnya jadi 18,4 juta. Itu berarti lebih mahal 5,4 juta! Banyak juga ya selisihnya. Namun kalau kita belum bisa membeli motor secara tunai, nggak ada salahnya membeli secara kredit.

Yang penting berhati-hatilah sebelum memutuskan untuk kredit motor. Bandingkan beberapa tempat sekaligus, mana yang lebih murah? Kita juga perlu menghitung sendiri harga akhir pembayarannya, jangan hanya mengikuti perkataan petugas dealer. Selamat mencoba


sumber : https://www.hipwee.com/tips/beli-mot...i-atau-kredit/



Diubah oleh aominesanji009
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 12 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
17-02-2020 21:47
Beli tunai aja daripada tar ga bisa bayar


Kalo ga sanggup beli tunai yg baru ya yg bekas aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secretos dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
18-02-2020 01:06
Bijaksana aja dalam manajemen keuangan.. kalau memang blm jadi kebutuhan primer, ya mending jangan dipaksa..

toh semakin pusing nanti kalau ternyata serig ditelponin sama kolektor...
profile-picture
lqmnnhkm memberi reputasi
1 0
1
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
18-02-2020 03:38
Klo eyke selalu beli motor tunai, ya krn bunganya itu yg ngeri. Tp eyke jg kasih saran k org lain klo mau beli motor baru tp duit ngepas, ngutang k koperasi yg bunganya lumayan lebih rendah dr dealer. Beli d dealer cash pake utangan d koperasi 😁😁😁 krn klo beli kredit motor gtu yg harga motornya makin tambah taun makin jatuh kok gak rela aja gtu, klo kredit aset sih lebih k aset yg harga jual makin tahunnya makin tinggi sprti tanah, rumah, logam mulia, dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zimbenk dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
18-02-2020 12:54
kenyataannya tuh klo beli tunai harganya kadang dimahalin dari harga yang tertera. terus bonusnya juga pasti dikurangin.

why? karena memperhitungnya komisi salesnya juga. klo tunai tuh komisi buat salesnya cuma dikit dibanding klo bli kredit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secretos dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
18-02-2020 15:08
memang kalo kredit harga kendaraan menjadi lebih mahal
profile-picture
profile-picture
isu152 dan jasperjaka memberi reputasi
1 1
0
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:02
Kalok @adekgantengom sih lagi ngumpulin duit buat beli truk...
emoticon-Traveller
Diubah oleh adolfsbasthian
0 0
0
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:04
gapapa gan beli tunai aja, sekarang pake gojek aja banyak promo nya wkwkw,,,
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ritzalt memberi reputasi
2 0
2
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:05
Quote:Original Posted By rianna.nai
Klo eyke selalu beli motor tunai, ya krn bunganya itu yg ngeri. Tp eyke jg kasih saran k org lain klo mau beli motor baru tp duit ngepas, ngutang k koperasi yg bunganya lumayan lebih rendah dr dealer. Beli d dealer cash pake utangan d koperasi 😁😁😁 krn klo beli kredit motor gtu yg harga motornya makin tambah taun makin jatuh kok gak rela aja gtu, klo kredit aset sih lebih k aset yg harga jual makin tahunnya makin tinggi sprti tanah, rumah, logam mulia, dll


Iya ya gan, apalagi kalo misal motor blm lunas tapi udh ada yg rusak2 atau gimana huhu,,, rugi
profile-picture
rianna.nai memberi reputasi
1 0
1
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:06
lebih untung beli tunai second dibawah 1 thn.barang baru harga second dua thn lagi dijual ngga rugi
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
ritzalt memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:07
Beli cash kadang pelayanannya suka "Berbeda", entah kenapa kaya ogah-ogahan gitu.

Terus mau tanya, emang bener kalo beli angsuran dan udah di bulan-bulan terakhir menuju lunas, motornya suka di incer buat dimaling sama oknum2 tertentu?
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:07
kredit klo dihitung2 memang jauh lebih mahal bahkan dengan angsuran paling sebentar biarpun perbulan ratusan ribu emoticon-Big Grin makanya org dealer lebih suka dan cepat nanganin pelanggan yg kredit emoticon-Big Grin cuannya gede bos blom lagi bonusannya emoticon-Big Grin
untung ane punya prinsip klo masih kredit berarti memang belum sanggup memiliki emoticon-Big Grin
mulai dari hp sampe motor cash semua emoticon-Big Grin tinggal rumah sama mobil aja yg agak sulit emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:13
Quote:Original Posted By kwhaleyf
gapapa gan beli tunai aja, sekarang pake gojek aja banyak promo nya wkwkw,,,


Bener juga wkwkwk
0 0
0
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:14
ane kalo baca2 katanya beli kendaraan secara cash suka disusahin sama salesnya, krn kalo kredit udah ada komisi dari kerjasama dealer dan perusahaan finance kredit. Tp ga semua dealer kaya gt sih,
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:14
Plus nya kredit ada asuransi

Motor ilang dicolong klo belom lunas bs diganti
0 0
0
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:14
kalo udah ngutang harus berani ngelunasin, jangan pas ditagih malah galakan yang ngutang kayak sampah indon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yami17 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:16
Quote:Original Posted By renzaki
Beli cash kadang pelayanannya suka "Berbeda", entah kenapa kaya ogah-ogahan gitu.

Terus mau tanya, emang bener kalo beli angsuran dan udah di bulan-bulan terakhir menuju lunas, motornya suka di incer buat dimaling sama oknum2 tertentu?


pengalaman ane banget bre,ane sisa angsuran 2 bulan,lagi bawa motor dijegat sama DC dengan alasan telat bayar,padahal ane bayar tepat waktu emoticon-Ngakak

jadilah ane baku hantam emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reinaldo69600 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:16
ane pernah sekali kredit barang yang harga 2 jt an.. kenanya 500-700 ribu lebih mahal, dalam hati engak terima tapi mau gimana lagi, lagi butuh terpaksa...

walopun ane engak pernah telat bayar dan setoran bagus. tapi ane engak tertarik kredit selalu kepikiran tiap harinya.. emoticon-Big Grin
profile-picture
sientongg104 memberi reputasi
1 0
1
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:17
Quote:Original Posted By renzaki
Waduh, tapi motornya aman kan bre?


Alhamdullilah aman bre
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lebih Untung Mana, Beli Motor Tunai atau Kredit? Begini Perbandingannya
20-02-2020 14:17
kl utk bisnismen lebih untung kredit, krn dana yg buat beli cash bisa diputar...
0 0
0
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia