others
Batal
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
15
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4a9d85b8408845ce5e6773/coc-regional-lokasi-wisata-liburan-taman-wisata-tawun-ngawi-bisa-menjadi-pilihan
Taman Wisata Tawun Ngawi Penangkaran Bulus Pemandian Keduk Beji Pasar Jadul Ahad Legi Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Hai, Gansist jumpa lagi dengan ane, Abella Citra, apa kabar kalian? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Aamiin. Taman Wisata Tawun Ngawi tentunya gak asing 'kan? Bagi masyarakat sekitar Ngawi, Madiun, dan Magetan pasti tahu. Nah, bagi yang belum tahu Abel
Lapor Hansip
17-02-2020 21:04

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

icon-verified-thread
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Taman Wisata Tawun Ngawi
Penangkaran Bulus
Pemandian
Keduk Beji
Pasar Jadul Ahad Legi


[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Hai, Gansist jumpa lagi dengan ane, Abella Citra, apa kabar kalian? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.

Taman Wisata Tawun Ngawi tentunya gak asing 'kan? Bagi masyarakat sekitar Ngawi, Madiun, dan Magetan pasti tahu. Nah, bagi yang belum tahu Abel mau berjalan-jalan memperkenalkan taman wisata yang menjadi andalan kota ane, Ngawi, Jawa Timur.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Taman Wisata Tawun tepatnya berada di Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kurang lebih 7 kilometer dari pusat kota ke arah timur. Dari jalan raya kurang lebih 3 kilometer ke arah utara, Gansist.

Taman Wisata Tawun ini merupakan destinasi wisata yang menarik dan tentunya tak ada di kota lain. Di sini Gansist bisa menghabiskan akhir pekan atau liburan Tahun Baru, liburan semester bersama teman, saudara, ataupun keluarga tercinta.

Quote:Ada apa saja di Taman Wisata Tawun Ngawi?

💥Pasar Jadul Ahad Legi
💥Pemandian
💥Penangkaran bulus (kura-kura)
💥Wahana bermain
💥Keduk Beji
💥Konser musik
💥Spot-spot yang cantik




Transportasi juga mudah karena jalur umum yang selalu dilewati bus antar kota ataupun bus antar provinsi bagi yang tidak mempunyai kendaraan sendiri. Masuk tempat lokasi juga sudah ada bang ojek yang tarif juga sangat terjangkau. Jadi, Gansist tak perlu khawatir.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Parkir juga terbilang sangat murah lho Gansist, untuk tempat wisata hanya Rp. 3.000,- dan tiket masuk hanya Rp.5.000,-

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Kebetulan yang jadi penunggu loket teman Abel satu tim karate, kak Ica. Tetap harus bayar tiket masuk ya. Meskipun, teman Abel sendiri karena tiket masuk berguna untuk memperbaiki sarana dan prasarana Taman Wisata Tawun, begitu juga menggaji petugasnya. Kalau ramai pendapatan lumayan, kalau sepi?

Nah, jangan suka nyelonong ya!

emoticon-Jempolemoticon-Pelukemoticon-Big Kiss


Masuk ke dalam sudah di sambut oleh para pedagang kaki lima. Menjajakan dagangannya yang beraneka ragam, Gansist.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Bisa buat oleh-oleh ataupun jika ingin dimakan di dalam nantinya. Hari ini hari Minggu, tapi tidak pas Minggu Legi atau Ahad Legi karena kalau hari pasaran itu kalender jawa tiap 35 hari sekali.

Taman Wisata Tawun sangat ramai pengunjung ada Pasar Jadulnya. Namanya saja Pasar Jadul yang dijual pastinya serba tempo dulu.

Ada olahan dari singkong yang sudah di jemur berhari-hari sampai tumbuh jamur yang namanya Gaplek kalau orang Jawa menyebutnya.

Dari gaplek ini bisa diolah menjadi gathot, nasi tiwul yang disajikan dengan parutan kelapa dan taburan gula pasir. Rasanya mantap.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Pedagang mengenakan pakaian jawa, memakai blangkon, dan kebanyakan pedagang dan pengunjung yang rumahnya dekat mengendari sepeda onthel. Tapi, sayang pas ke sana Abel gak pas harinya.

Tapi lain hari Abel ke sana lagi karena lumayan dekat dengan rumah Abel. Pastinya Abel juga penasaran pasar jadul itu seperti apa? Karena ibuk dan teman-teman bilang sangat ramai.

Makanan tempo dulu ada semua di Pasar Jadul Akad Legi ini. Seperti macam-macam jenang (bubur), olahan dari singkong, ubi, olahan dari jagung, jamu gendong, macam-macam kopi, dan teh. Tentunya ada juga pesinden yang menyanyikan lagu atau langgam.

Penasaran 'kan? Harus!

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Di pasar jadul Ahad Legi gak menemukan penjual satu pun. Abel akan menuju ke tempat bulus (kura-kura). Di sini banyak spot instagramable yang cantik lho, Gansist.

Sebelum ke tempat bulus Gansist bisa menyenangkan buah hatinya di sini, banyak wahana bermainnya lho!

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Ke arah barat akan menemukan penangkaran bulus Gansist. Alhamdulillahnya pas muncul juga itu bulus karena jarang muncul juga padahal jumlahnya ribuan.

Penangkaran Bulus


Ya, karena ikon kota Ngawi adalah bulus. Di tempat ini ada ribuan bulusnya Gansist. Kalian bisa menikmatinya bersama alam. Tempat yang sejuk dan udara yang bersih, jauh dari kebisingan tentunya.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Geser ke arah utara adalah pemandian untuk anak-anak. Di sini ada water boomnya. Buah hati bisa bersenang-senang bermain air di sini. Ada 2 tempat bagi pemandian khusus anak-anak, Gansist. Bisa memilih yang mana.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Satunya paling utara, sebelah timur laut dari pemandian khusus dewasa. Bagi yang takut kedalaman tentunya.

Hanya mengingatkan Gansist, Jaga dan waspada terhadap anak-anak yang sedang bermain di pemandian. Jangan sampai lengah! Karena biasanya orang tua terlalu percaya dan senang dengan buah hatinya hingga lupa akan keselamatan mereka.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Nah, inilah pemandian untuk dewasa. Hari Minggu selalu ramai pengunjung. Padahal panas, tetapi mereka sangat antusias bermain airnya.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Abel lanjut lagi ya, ke sebelah utara agak ke tengah ada pendopo untuk kita beristirahat. Tentunya dikelilingi kolam bulus Gansist.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Paling utara yaitu Sendang Tawun di sini biasanya diadakan ritual Keduk Beji tiap Selasa Kliwon yaitu upacara pembersihan Sendang Tawun.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

Quote:Asal Muasal Keduk Beji

Menurut cerita turun temurun Ki Ageng Mentaun atau Ki Ageng Tawun menemukan mata air yang tak pernah kering dan jernih. Akhirnya menetaplah dengan istri dan mempunyai dua orang putera yaitu Raden Lodroyo dan Raden Hascaryo.

Raden Hascaryo suka bela diri dan mengabdi sebagai senopati di Kesultanan Pajang.

Sedangkan, Raden Lodroyo hidup sebagai petani. Suatu hari beliau bertapa rendam di sendang berharap mata air dari sendang bisa mengaliri sawah penduduk dan tidak kekeringan saat musim kemarau.

Hasilnya pada malam Jum'at Legi terjadilah ledakan yang menggemparkan warga. Bersamaan dengan itu Sendang Tawun pindah ke utara desa ke tempat yang lebih tinggi.

Akan tetapi, Raden Lodroyo hilang dan di cari sampai hari Selasa Kliwon tidak diketemukan. Hingga tiap hari Selasa Kliwon selalu diadakan ritual yaitu Keduk Beji pembersihan Sendang Tawun. Untuk menghormati Raden Lodroyo.


Hari mulai sore akhirnya Abel pulang. Semoga hari Selasa Kliwon dan Minggu Legi nanti Abel bisa ke mari lagi.

Nah, Gimana Gansist? Mampirlah kalau melewati kota Ngawi! Bisa juga melepas penat di akhir pekan. Biar fhres di hari Seninnya.

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan

[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
Sekian thread Abel, jangan lupa berkunjung pas hari-hari itu. Biar dapat banyak.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Ngawi, 17 Februari 2020
Penulis @abellacitra

Opini pribadi dan dokumentasi milik pribadi
Diubah oleh abellacitra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noviepurwanti dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
17-02-2020 21:05
ayuk sini rame2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
17-02-2020 21:05
jangan lupa Abel diajak ya?
0 0
0
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
17-02-2020 21:05
Ayuk ayuk merapat lihat bulus bukan bulu ya
0 0
0
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
20-02-2020 08:48
kok, yg wisatanya ada dua thread bel?
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
20-02-2020 15:31
Quote:Original Posted By darmawati040
kok, yg wisatanya ada dua thread bel?


Mau 5 atau 10 thread gak papa kakak. Asal tema beda
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
20-02-2020 15:45
Quote:Original Posted By abellacitra
Mau 5 atau 10 thread gak papa kakak. Asal tema beda


Begitu rupanya, kirain gini, misal wisata, satu. Yg kedua kuliner. Yang ketiga budaya
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
21-02-2020 03:14
Quote:Original Posted By darmawati040
Begitu rupanya, kirain gini, misal wisata, satu. Yg kedua kuliner. Yang ketiga budaya


Gak kk. Tergantung leadernya juga ada pemberitahuan ko
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
21-02-2020 07:39
Quote:Original Posted By abellacitra
Gak kk. Tergantung leadernya juga ada pemberitahuan ko


Ok deh bel. Makasih ya
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
21-02-2020 12:01
Wisata terus cah ayu iki
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
24-02-2020 17:40
Seumur-umur, aku belum pernah ke Tawun🙈
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
01-03-2020 08:39
Quote:Original Posted By qoni77
Wisata terus cah ayu iki

Mumpung ibu mau
Quote:Original Posted By hidashofie
Seumur-umur, aku belum pernah ke Tawun🙈


Welah ciyus nich
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
01-03-2020 12:00
Quote:Original Posted By abellacitra
Mumpung ibu mau


Welah ciyus nich


Sip dech
Serasi kalian itu
0 0
0
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
17-03-2020 17:57
wahh spot instagramable dek Abell
0 0
0
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan
18-03-2020 08:05
mau dong diajak ke sanaaah. cakep banget
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Hewan Peliharaan
my-cute-kitty
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia