News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4a06d7a2d1953151268e8b/budayawan-ancam-polisikan-ridwan-saidi-soal-kerajaan-galuh
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh Bandung, CNN Indonesia -- Budayawan sekaligus Ketua Majelis Adat Sunda Mochamad Ari Mulia mendesak budayawan Ridwan Saidi membuktikan ucapannya soal Kerajaan Galuh yang ia sebut tidak ada, serta makna kata Galuh adalah brutal. Ari mengancam akan memproses Ridwan Saidi secara hukum jika tak bisa membuktikan ucapannya. "Saya kira Ridwan
Lapor Hansip
17-02-2020 10:21

Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh

Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh

Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh

Bandung, CNN Indonesia -- Budayawan sekaligus Ketua Majelis Adat Sunda Mochamad Ari Mulia mendesak budayawan Ridwan Saidi membuktikan ucapannya soal Kerajaan Galuh yang ia sebut tidak ada, serta makna kata Galuh adalah brutal. Ari mengancam akan memproses Ridwan Saidi secara hukum jika tak bisa membuktikan ucapannya.

"Saya kira Ridwan Saidi harus buktikan omongannya bahwa Galuh bukan kerajaan atau fiktif, lalu galuh itu brutal menurut bahasa Armenia. Itu buktikan dulu, kamus Armenia yang mana lalu buku sejarah yang mana bahwa tidak ada Kerajaan Galuh? Kalau tidak bisa buktikan, proses hukum yang akan buktikan," kata Ari saat dihubungi Minggu (16/2).

Ari menuturkan di zaman sekarang seseorang bebas berpendapat apa saja. Namun tetap harus bersandar pada fakta dan bukti yang bisa dipercaya kebenarannya.


"Memang harus hati-hati dalam mengucap, harus ada dasarnya. Apalagi sejarah itu bicara literatur, apa yang dia pakai sehingga bilang galuh brutal? Jangan gitu kalau mau beken, jangan sakiti hati orang lain," ucapnya.

Ari menambahkan dirinya siap beradu argumentasi dengan Ridwan Saidi soal sejarah Kerajaan Galuh. "Kami bisa buktikan ini sejarahnya ada dari mulai zaman Tarumanagara dan bagaimana lahirnya Galuh. Ada catatan sejarahnya," ucapnya.

Ia pun mendukung warga Ciamis yang menuntut Ridwan Saidi meminta maaf jika gagal membuktikan ucapannya soal Kerajaan Galuh.

Pernyataan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh ditayangkan di sebuah channel YouTube. Ridwan menyebut Galuh artinya brutal dam menyatakan bahwa di Ciamis tidak ada kerajaan.

"Saya mohon maaf dengan saudara dari Ciamis. Di Ciamis itu nggak ada kerajaan, karena indikator eksistensi kerajaan itu adalah indikator ekonomi, Ciamis penghasilannya apa? Pelabuhannya kan di selatan bukan pelabuhan niaga, sama dengan pelabuhan kita di Teluk Bayur, bagaimana membiayai kerajaan," ujar Ridwan.

"Lalu diceritakanlah ada raja Sunda Galuh. Sunda Galuh saya kira agak keliru penamaan itu, karena galuh artinya brutal, jadi saya yakin tidak ada peristiwa Diah Pitaloka, wanita dari Sunda Galuh itu dipanggul-panggul dibawa ke Hayam Wuruk untuk dikimpoiin. Itu yang dikatakan perang bubat, sedangkan bubat itu artinya lapang olahraga bukan nama tempat. Jadi di bubat yang mana dia perang. Juga di Indonesia tidak ada adat perempuan mau kimpoi dijunjung-junjung dianterin ke rumah lelaki itu kagak ada, itu tidak Indonesia," tuturnya.

Pernyataan tersebut menuai protes dari sebagian tokoh dan masyarakat Jawa Barat. Ridwan bahkan diminta datang ke Ciamis untuk menjelaskan secara klir pernyataannya soal Kerajaan Galuh. Budayawan yang akrab disapa Babe ini menyatakan sudah menerima undangan tersebut dan siap datang ke Ciamis untuk memberi penjelasan.

BABE

Siap datang ke ciamis tuh babe..
Oalah be...babe... Uda tua mbok ya gak usah bikin masalah..
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andialangoddang dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:28
budayawan civil war emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:33
ngak perlu lah, sesama budayawan lebih baik saling diskusi aja atau debat terbuka aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:33
babeh bakal distress call ke JJ ijal ga nih?emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:35
Udah tua di maklumi aja emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:36
engkong suku fiktif tukang asal nyablak kok diladeni, bentar lagi juga kena batunya. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:39
mampus suruh buktikan emoticon-Big Grin
mereka ada bukti kalo kerajaan itu ada mulai dari prasasti sampe naskah kuno

lah lo cuma berdasarkan analisa pribadi doang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:41
Ga usah ancem2, lgs lapor aja, baru dah tuh ntar mewek2 dan pasti minta maaf..

Nah, abis itu klo mau cabut laporan, ya tinggal cabut, beres..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:42
դաժան
Armenian : dazhan
Indonesian : Brutal


balikin 20 detik gw di google.translate ngkong!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
romperstomper dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:46
astajim emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:57
budayawan kadrun

engkongnya kadrun

profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 10:59
Weeeeehhhh....emoticon-Big Grin

Ari Mulia vs Ridwan Saidi

Budayawan mana yg lebih berbudaya...?




Saling memaafkan adalah Our Culture...emoticon-Embarrassment
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 11:04
kok cm ngancam, mau pansos doang ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 11:10
halah ini aki aki emang bikin berisik aja, gua juga tau lo nginjek dimana dan asal darimana. berasa paling bener aja lo dengan budayanya. beraq lo saidi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 11:10
Kirim ke liang lahat aja ni aki2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 11:22
Ini anak cucunya ga ada yg bisa larang akinya ngelaba apa ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 11:38
Ridwan D. Saidi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayic222 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 12:05
Tes urin dulu aja, mungkin didalamnya ada zat yg bikin engkong jadi kobam emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayic222 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 12:23
hush..ga boleh gt ama orang yg udh bau bangke, gitu2 doi ahli sejarah di ILC loh, klo bahas soal sejarah indonesia & dunia udh ngalah2in RPUL emoticon-Wkwkwkemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amdfreak dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 12:26
Udah engkong engkong omongan ga dijaga !


Dah laporin aja biar ga tuman nih engkong kadrun
profile-picture
profile-picture
ayic222 dan bangsutankeren memberi reputasi
2 0
2
Budayawan Ancam Polisikan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh
17-02-2020 12:27
harusnya di perkarakan karena udah 3 kerajaan di anggap fiktif....emoticon-Mad

Percuma dong ane sekolah dan belajar ttg sejarah sriwijaya ama tarumanegaraemoticon-Mad

Kalo ternyata cuman kerajaan fiktifemoticon-Mad
Diubah oleh gabener.edan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayic222 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia