News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
23
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4a00b168cc951e4b3dd105/dinas-gulkarmat-dki-miliki-robot-canggih-pemadam-kebakaran
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta saat ini sudah memiliki robot canggih Dok-Ing MVF-5 U3 untuk pemadam kebakaran dan penyelamatan.
Lapor Hansip
17-02-2020 09:55

Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran

Past Hot Thread
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran


Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta saat ini sudah memiliki robot canggih Dok-Ing MVF-5 U3 untuk pemadam kebakaran dan penyelamatan.
Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, sistem robotik multiguna berbasis remote untuk tanggap darurat ini didatangkan langsung dari negara pembuatnya, Kroasia.

"DKI Jakarta adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki unit Dok-Ink MVF-5 U3 ini," ujarnya, usai demonstrasi kerja robotik Dok-Ink MVF-5 U3 di Kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Satriadi menjelaskan, robotik pengurai material kebakaran ini dilengkapi dengan tangki air 2.500 liter, 500 liter foam, dan pemancar air (nozzle). Robot ini dilengkapi pompa yang mampu menekan air di atas 15 bar sehingga sangat efektif dalam operasi pemadaman.

"Dok-Ink MVF-5 U3mampu menyemprotkan air murni sejauh 55 meter, jika dengan foam sejauh 45 meter," terangnya.

Satriadi menuturkan, robotik dikendalikan dengan sistem remote control dengan radius 500 meter. Sehingga, apabila kebakaran yang mengandung bahan-bahan berbahaya atau kimia dan beracun, termasuk asap pekat cukup mengendalikan robot dari ruang kendali.

"Ini memungkinkan petugas pemadam kebakaran terhindar dari risiko kecelakaan akibat api, bahan berbahaya, asap, maupun reruntuhan gedung," ungkapnya.

Menuturnya, cara kerja robot Dok-Ing MVF-5 U3 yaitu dengan membuka dan mendorong tumpukan material atau bahan-bahan yang bertumpuk sekaligus menyemprotkan air ke titik api yang tertutup.

"Robot ini juga tahan ledakan saat pemadaman kebakaran dan fungsi-fungsi pada unit tersebut tidak terganggu. Sehingga, proses pemadaman dan overhoul tidak terlalu lama. Ini tentu mengefisiensi waktu dan biaya," ucapnya.

Unit ini, sambung Satriadi, juga dilengkapi alat pencapit (gripper) dan alat penarik beban (seling), sehingga jika di lokasi kebakaran ada kendaraan atau benda berat sampai dengan delapan ton yang menghalangi atau perlu dievakuasi dapat ditarik dengan seling untuk dikeluarkan dari lokasi kebakaran atau diletakan ke tempat yang lebih aman.

"Robotik dapat beroperasi pada lokasi yang ekstrem dengan sudut kemiringan sampai 30 derajat. Roda unit terdiri dari jenis baja dan karet yang dapat disesuaikan kebutuhan. Jika melintas di jalan aspal dapat digunakan roda karet sehingga tidak merusak aspal dan roda baja digunakan pada kondisi tertentu," urainya.

Ia menambahkan, sarana dan prasarana maupun fasilitas di Jakarta sudah mulai meningkat. Terlebih, saat ini ada MRT dan LRT. Untuk itu, ini menjadi tantangan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta agar dapat memiliki peralatan yang memumpuni dan bisa mengatasi adanya bahaya kebakaran.

"Amerika Serikat dan Malaysia sudah memiliki dan menggunakan juga mesin pengurai material kebakaran ini. Ini menjadi jawaban negara atau daerah yang memiliki fasilitas penanganan kebakaran dan peralatan yang mumpuni," tandasnya. 


Selengkapnya: www.beritajakarta.id
Diubah oleh beritajakarta
profile-picture
fazry281 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 09:59
ada yg ngomong jakarta beli lebih mahal dari harga sebenarnyaemoticon-Malu
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:05
Quote:Original Posted By Skyland999
ada yg ngomong jakarta beli lebih mahal dari harga sebenarnyaemoticon-Malu


Di up harganya biar masuk kantongemoticon-Embarrassment
profile-picture
Skyland999 memberi reputasi
1 0
1
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:06
bisa masuk gang sempit nggak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:10
ini yang harganya 37m itu kah? luar biasa....klo rumah yang terbakar tipe2 36 apa dilayani juga ya....
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:13
jakarta kaya

beda ama tangsel jalan banyak berlubang

masang lampu lalu lintas aja ga punya duit
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:20
Mobil pemadam kuk analugh

Moga moga yang terjebak di dalem rumah gk mati kena benda tajam ato jatuh gara gara kena semprotan air yang kuat
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:23
Ga masalah punya barang canggih dan mahal asal berguna. Masalahnya di sini barang gitu mahal cuma buat bancakan. Ga terwat, nanti kalau rusak perbaikannya mahal dan anggaran beli baru mahal.
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:24
Mudah2an berguna beneran gak cuma ngejogrog aja di garasi.. apalagi kebanyakan yang kebakaran biasanya daerah padat dan sempit..
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:31
mahal ya harganya
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:36
Beli yg sekelas sama Terminator dong emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:37
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
Di up harganya biar masuk kantongemoticon-Embarrassment


Ho ohemoticon-Malu

Jakarta banyak "Pesta lobster"

All you can eatemoticon-Big Grin
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
1 0
1
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 10:45
mudah2an ni robot bisa melakukan pencegahan dan penanganan banjir mengingat curah hujan di jkt msh sangat tinggi
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 12:02
Quote:Original Posted By zimbenk
bisa masuk gang sempit nggak?


Core of the core emoticon-Jempol
Diubah oleh servesiwi
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 12:17
37 M bisa buat beli apa aja yaaaaa emoticon-Wink
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 12:27
Asik anggaran lagi



emoticon-Ngakak
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 12:53
kaskuser kok gak dapet cipratan duid hepi yak ? emoticon-Bingung padahal kitak2 orang bijak yg ikud ngomelin
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 13:05
kebakaran bisa teratasi dengan cepat kalo mobil pemadam g stuck di jalan emoticon-Ngakak
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
17-02-2020 20:16
Lebih urgent robot penyedot banjir.
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
19-02-2020 12:21
yaa moga aja bener² berguna dan gk cuma jd hiasan aja di garasi damkar..
0 0
0
Dinas Gulkarmat DKI Miliki Robot Canggih Pemadam Kebakaran
19-02-2020 19:20
waaahh keren sih ini, semoga bisa benar benar bermanfaat untuk seluruh masyarakat ya gan sist
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia