others
Batal
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
37
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e480aa8f4d69502c62e0e6b/coc-regional-makanan-tradisional-wajib-coba-tepo-tahu-legendaris-khas-kota-ngawi
Tepo Tahu Khas Kota Ngawi Kepoin Ayuk! Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Hai, Gansist, apa kabar? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Aamiin. Sebelumnya perkenalkan nama aku Abella Citra Prayudisetyo asal dari Ngawi. Biasa dipanggil Abel. Abel akan memperkenalkan satu makanan khas kota Ngawi. Salah satunya yaitu Tepo tahu. Rasanya yang unik dan enak tentunya, begitu pula ca
Lapor Hansip
15-02-2020 22:13

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

icon-verified-thread
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Tepo Tahu Khas Kota Ngawi
Kepoin Ayuk!


[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Hai, Gansist, apa kabar? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Aamiin. Sebelumnya perkenalkan nama aku Abella Citra Prayudisetyo asal dari Ngawi. Biasa dipanggil Abel.

Abel akan memperkenalkan satu makanan khas kota Ngawi. Salah satunya yaitu Tepo tahu. Rasanya yang unik dan enak tentunya, begitu pula cara buatnya terbilang sangat mudah. Bagi Gansist yang pernah ke kota Ngawi, rugi kalau gak mencicipi menu andalan kota Ngawi Ramah ini.

Bagi yang domisili di Ngawi dan sekitarnya pasti tak asing dengan Tepo Tahu ini bukan?

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Pasti penasaran 'kan apa itu tepo tahu? Oke, Abel kasih tahu. Tepo adalah sejenis lontong atau kupat yang terbuat dari beras dan direbus dengan air dengan minimal 2 jam perebusan. Akan tetapi, beda cara membungkusnya. Kalau lontong dibuat panjang, sedangkan tepo bentuk salah satu ujungnya prisma segi empat.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Kalau ketupat pembungkus beras terbuat dari daun kelapa. Sedangkan, tepo pembungkusnya beras dari daun pisang sama seperti lontong.

Cara menyajikan tepo juga sama seperti lontong dan ketupat. Bisa dengan opor, pecel, tahu kecap, sayur lodeh, sate, ataupun bakso.

Tepo ini adalah makanan khas dari Ngawi. Sebelum membahas lebih jauh tentang tepo tahu, Abel akan memberikan resep cara membuat tepo ini. Gansist, pasti protes ribet amat membungkusnya! Padahal, sama sekali tidak.

Yuk, simak cara membuat tepo ini.

Quote:Cara Membuat Tepo

Bahan

1. 3 gelas beras

2. Daun pisang secukupnya

3. Lidi untuk tusuk diruncingkan, secukupnya.

4. Panci untuk merebus

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Cara membuat

1. Cuci beras kemudian tiriskan.

2. Siapkan daun pisang, potong kira-kira lebar 30 cm dan letakkan daun yang berwarna hijau tua di atas dan di bawah. Ini gunanya untuk mendapatkan warna hijau segar pada tepo.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

3. Bentuk seperti kerucut di salah satu ujungnya. Usahakan ujung yang lunak lunak ya Gansist. Oh, iya daun yang digunakan harus daun yang sudah dijemur, daun yang layu. Tujuannya biar tidak retak daunnya saat dibuat lipatan.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Bila retak tepo ini bisa tidak jadi Gansist, saat direbus beras akan keluar lewat retakan tadi. Bisa kosong tanpa isi daunnya.

Biasanya memakai daun pisang batu untuk mendapatkan hasil tepo yang berwarna hijau cantik. Akan tetapi, sudah jarang tempat Abel. Jadi, ini memakai daun pisang kepok saja.

4. Kalau sudah dibuat menyudut daunnya kemudian isi dengan beras sepertiga bagian. Jangan terlalu banyak karena saat direbus akan tetap berwujud nasi atau bisa juga lepas sematan lidinya.

Jika, terlalu sedikit hasil tepo juga tidak cantik. Gembos, tidak padat berisi.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

5. Lipat dari sisa daun sebelah kiri ke arah kanan dan sisa daun sebelah kanan ke arah kiri. Kemudian, lipat yang atas ke bawah dan tutupkan yang bawah ke atas. Semat dengan dua lidi. Biasanya satu lidi sudah cukup, tetapi Abel memakai dua lidi biar kuat.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Hasilnya seperti gambar di bawah ini jika di balik. Bagus 'kan hasilnya. Ini Abel masih belajar juga cara membungkusnya ternyata tidak sulit.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

6. Siapkan panci untuk merebus. Cara meletakkan tepo ini juga jangan sampai terbalik ya Gansist! Sematan lidi harus di atas. Pasti tanya kenapa? Iya, saat direbus ada gelembung air yang kuat tekanannya itu tidak merusak sematan lidinya. Biasanya bisa lepas atau rusak dan beras berhamburan saat direbus.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Air harus merendam seluruh permukaan tepo ya Gansist. Supaya matang sempurna.

7. Gunakan api sedang Gan dan minimal 2 jam perebusan supaya tidak mudah basi teponya atau matang sempurna. Bila, saat merebus belum dua jam air menyusut bisa ditambahi air lagi Gansist.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

8. Angkat dan tiriskan dalam wadah yang berongga Gansist. Supaya air bisa kering dari tepo tadi. Nah, mudah bukan? Tepo didinginkan dan siap dihidangkan.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi


Gimana Gansist? Mudah bukan? Sembari kita menunggu tepo direbus. Abel akan menyiapkan bahan buat toppingnya.

Abel, membahas tepo tahu yang jadi menu andalan kota Ngawi. Jadi, topping kali ini Abel menyiapkan tahu dan segala kelengkapannya Gansist.

Topping Tepo Tahu

Quote:Topping Tepo Tahu

Bahan

1. 1,5 papan tahu
2. 1 lonjor tempe
3. 4 butir telur
4. 1 ons kacang tanah
5. Tauge secukupnya
6. Daun kobis secukupnya
7. Daun seledri secukupnya
8. Krupuk
9. Bawang goreng
10. Minyak goreng secukupnya

Bumbu untuk sambal

1. Cabe sesuai selera
2. Bawang putih sesuai selera
3. Kecap
4. Sedikit garam
5. Sedikit gula

Bumbu untuk kuah

1. 3 lembar daun salam
2. 1 batang serei keprek
3. 2 ruas jahe keprek
4. 2 ruas lengkuas keprek
5. 3 siung bawang merah diiris tipis
6. 5 lembar daun jeruk.
7. Gula, garam dan penyedap rasa
8. Minyak goreng secukupnya
9. Air secukupnya

Cara Membuat Sambal

Tumis bawang putih dan cabe kemudian gerus sampai halus dengan ditambahkan gula dan garam sedikit. Kemudian, tambahkan kecap sesuai selera.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi


Cara Membuat Kuah

Tumis bawang merah sampai harum kemudian masukkan jadi satu bumbu yang lainnya tambahkan air. Cicipi, apakah rasa sudah pas!

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Nah, untuk tahu dipotong sesuai selera dan digoreng sampai matang begitu juga dengan tempe, kacang tanah, dan telurnya.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Kobis, seledri dan daun jeruk purut bisa diiris tipis-tipis. Siapkan juga taugenya yang sudah dibersihkan. Tentunya sebelum diiris harus dicuci dahulu ya Gansist. Jangan sampai lupa.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi


Tepo sudah matang, topping pun sudah jadi. Sekarang waktunya menyajikan tepo tahu untuk disantap bersama keluarga.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Quote:Cara Menyajikan Tepo Tahu

1. Iris sesuai selera tepo yang sudah dingin. Kalau Abel suka lonjong-lonjong gak tahu kalau Gansist. Besar kecil pun sesuai selera ya!

2. Iris juga tahu dan tempe sesuai selera dan secukupnya. Taburkan irisan tahu dan tempe di atas irisan tepo di piring yang sudah disediakan. Oh ya, telur dadarnya Gansist hampir lupa.

3. Kemudian taburkan irisan kobis, seledri, daun jeruk, kacang tanah goreng, dan bawang goreng.

4. Ambil secukupnya sambal yang sudah dicampur dengan kecap. Jika, kurang kecapnya bisa langsung di taruh di atas toppingnya. Adik Abel suka kecap banyak soalnya Gansist. Jadi, sesuai selera saja kecapnya.

5. Terakhir siram dengan kuahnya dan taburi dengan kerupuk. Siap disajikan Tepo Tahu khas kota Ngawi.


Mantap bukan? Jadi, jangan lupa mampir dan cicipi kuliner khas kota Ngawi. Jika, ingin membuat sendiri yang sedang di rantauan gak harus pulang kampung ya Gansist! Bisa dicoba resep di atas.

Cita rasa khas tiap daerah pasti beda, mari kita budayakan dan lestarikan.

Sekian thread Abel, jangan lupa mampir untuk sekadar mencicipi ya Gansist, jika ke kota Abel atau kalau melewati.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Ngawi, 15 Februari 2020
@abellacitra

Opini pribadi dan semua dokumen pribadi Abella Citra
Diubah oleh abellacitra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
15-02-2020 22:14
Rugi kalau ke Ngawi gak mencicipi kuliner khas ini Gansist ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
15-02-2020 22:15
Ayuk merapat kita makan bareng Tepo tahu nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
15-02-2020 22:15
Awas ketagihan loh ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 00:33
aku galfok kirain kepo...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 03:33
Quote:Original Posted By RetnoQr3n โ–บ
aku galfok kirain kepo...


Adeuh bunda ๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š, Tepo bunda ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
risky.jahat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 06:38
lihat beginian pagi-pagi jadi laper๐Ÿ˜†
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 06:57
Enaknya yaemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 06:59
wah, pinter masak nih kayaknya๐Ÿ˜†
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 08:40
Quote:Original Posted By masnukho โ–บ
lihat beginian pagi-pagi jadi laper๐Ÿ˜†

Sarapan kui. Tepo pecel juga bisa
Quote:Original Posted By mbakendut โ–บ
Enaknya yaemoticon-Malu

Ayuk merapat
Quote:Original Posted By ilafit โ–บ
wah, pinter masak nih kayaknya๐Ÿ˜†

Alhamdulillah, belajar akak ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜
Diubah oleh abellacitra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 10:35
abell nampang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 12:50
makanan favorit aku tuh emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 13:14
weh,enk nih, bikinan sendiri pula
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 14:53
Quote:Original Posted By iissuwandi โ–บ
abell nampang

Hihihi ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ ๐Ÿ™ˆ ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ malu kk

Quote:Original Posted By dmega โ–บ
makanan favorit aku tuh emoticon-Genit
sini merapat kk

Quote:Original Posted By darmawati040 โ–บ
weh,enk nih, bikinan sendiri pula
ho oh. Jd klau pengen nambah masih ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 16:26
nanti kalo mudik lewat ngawi mau cobain tahu tepo ah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 16:31
Quote:Original Posted By ojo.kondor โ–บ
nanti kalo mudik lewat ngawi mau cobain tahu tepo ah


Wah. Harus itu gan. Biar selalu ingat Ngawi Ramah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
risky.jahat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 16:42
Quote:Original Posted By abellacitra โ–บ
Wah. Harus itu gan. Biar selalu ingat Ngawi Ramah


Kebetulan ada trit ini jadi tau kalo di ngawi ada kuliner tahu tepo. Padahal kalo mudik lewat ngawi emoticon-Ngakak
Diubah oleh ojo.kondor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 17:38
Quote:Original Posted By ojo.kondor โ–บ
Kebetulan ada trit ini jadi tau kalo di ngawi ada kuliner tahu tepo. Padahal kalo mudik lewat ngawi emoticon-Ngakak


Woalahhh begitu. Padahal ini tepo makanan khas Ngawi gan. PM aja klau pas ke Ngawi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
risky.jahat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 17:39
hmmm, enak ki mesti. tapu gabisa buat, bisanya ya makanemoticon-Metal
profile-picture
profile-picture
risky.jahat dan abellacitra memberi reputasi
2 0
2
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 17:44
Quote:Original Posted By abellacitra โ–บ
Woalahhh begitu. Padahal ini tepo makanan khas Ngawi gan. PM aja klau pas ke Ngawi


Ok nanti berkabar deh kalo lagi lewat ngawi
profile-picture
profile-picture
risky.jahat dan abellacitra memberi reputasi
2 0
2
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 17:59
Quote:Original Posted By phntm.7 โ–บ
hmmm, enak ki mesti. tapu gabisa buat, bisanya ya makanemoticon-Metal

emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow

Sini. Tak bgi gan ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
Quote:Original Posted By ojo.kondor โ–บ
Ok nanti berkabar deh kalo lagi lewat ngawi


Siap. Kpan aja gan. Mundah juga ko dapetin ini Tepo tahu
Diubah oleh abellacitra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
risky.jahat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia