News
Batal
KATEGORI
link has been copied
106
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e46695bc0cad741b80669a4/waduh-candi-borobudur-ditempeli-ribuan-permen-karet
Magelang -  Candi Borobudur jadi korban vandalisme. Candi Borobudur ditempeli bekas permen karet, jumlahnya pun ribuan! Balai Konservasi Borobudur (BKB), menemukan noda permen karet yang menempel di bebatuan Candi Borobudur mencapai 3.000 permen karet. Noda permen karet yang menempel tersebut secara berangsur dibersihkan. Kepala BKB, Tri Hartono mengatakan, vandalisme yang ditemukan berdasarka
Lapor Hansip
14-02-2020 16:33

Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!

Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!

Magelang - 

Candi Borobudur jadi korban vandalisme. Candi Borobudur ditempeli bekas permen karet, jumlahnya pun ribuan! Balai Konservasi Borobudur (BKB), menemukan noda permen karet yang menempel di bebatuan Candi Borobudur mencapai 3.000 permen karet. Noda permen karet yang menempel tersebut secara berangsur dibersihkan.

Kepala BKB, Tri Hartono mengatakan, vandalisme yang ditemukan berdasarkan pengamatan yakni permen karet. Kemudian, noda permen karet yang menempel tersebut dibersihkan.

"Itu dari vandalisme pengunjungnya yang di pengamatan kita dan selalu kita lakukan pembersihan. Ada semua, teras stupa," kata Tri kepada wartawan di kantornya, Kamis (13/2/2020).

Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!


Sementara itu, Staf BKB Bagian Keamanan, Hari Setyawan mengatakan, Candi Borobudur sudah dilengkapi dengan perangkat hardware dan software, melakukan pengawasan, namun ada kegiatan-kegiatan vandalisme. Kegiatan vandalisme tersebut yang tidak terdeteksi salah satunya permen karet.

"Salah satunya vandalisme corat-coret yang sudah menurun untuk di tahun 2019 dari 2018 itu dari jumlah vandalisme 5 turun menjadi 2 untuk grafiti sehingga tidak banyak. Vandalisme yang sulit kita kontrol saat ini adalah permen karet," kata Hari.

Menurut Hari, jika pengunjung memperhatikan secara detail para teras atau stupa, kemudian di lantai 7,8, 9 dan 10 ada noda putih-putih yang berbentuk bulat. Noda putih tersebut adalah permen karet.

"Apabila bapak ibu memperhatikan secara detail pada lantai, pada stupanya akan ada noda putih-putih, berbentuk bulat, itu adalah noda-noda permen karet yang dihasilkan oleh pengunjung. Tentu saja susah kita kontrol. Kita tidak mungkin kan orang masuk sini,'mas mulutnya dibuka mas, ada permen karetnya tidak", itulah yang sulit kita kontrol," katanya. 

"Petugas yang berjaga di lapangan tentu saja mungkin bisa mengendalikan, tapi mungkin juga banyak yang sulit untuk terdeteksi sehingga sampai detik ini pada seluruh Candi Borobudur ada sekitar 3.000 noda permen karet. Noda ini yang secara berangsur-angsur kita hilangkan. Itu terakumulasi sejak Borobudur dibuka untuk kunjungan. Yang paling banyak volumenya tentu ada di lantai 7,8,9 dan 10. Nah tentu saja ini menjadi keprihatinan kita," ujar dia.

Untuk itu, kebijakan yang dilakukan BKB saat ini dengan membatasi kunjungan wisatawan hingga sampai di lantai 8.

"Dan mungkin kebijakan yang ada saat ini adalah membatasi, bukan menutup. Membatasi kunjungan di lantai 9 dan 10. Akan kita tindaklanjuti juga dari pemeliharaan mungkin dengan menghilangkan noda permen karet. Karena tidak bisa langsung digosok gitu tidak akan hilang karena noda itu sudah terjadi mungkin puluhan tahun atau bahkan lebih dari satu tahun noda itu menempel," tuturnya.

SUMBER : DETIK


Gini loh, tolong kalo otak dan kelakuan masih kampungan, ga usah wisata ke tempat bersejarah seperti candi Borobudur ini, keliatan banget norak dan gobloknya kelakuan mereka. Candi Borobudur itu Kebanggaan Bangsa, Situs Bersejarah yang Dilindungi, tolong kalo sekolah belajar yang bener, biar tahu sejarah Borobudur yg umurnya jauh lebih tua dibanding engkong lo, mbah lo... paham ya njing? Jangan lagi buang sampah sembarang di candi Borobudur! jangan coret2 Candi Borobudur! Jangan merusak Candi Borobudur!
Diubah oleh pickachoose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
littlebrownjava dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:34
kerjaan alay goblok
Diubah oleh Skyland999
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:37
gila emang manusia2 yg mengaku "beragama" tapi mengotori candiemoticon-Blue Guy Bata (L)
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waluyojati121 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:41
udah ada sampah kok masih ditempel di bangunan candi, pasti gak berpendidikan nih orangnya emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan pickachoose memberi reputasi
2 0
2
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:41
centong nasi kalau dikasih nyawa ya begini

profile-picture
profile-picture
serapionleo dan pickachoose memberi reputasi
2 0
2
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:42
kebersihan sebagian dari iman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MaggieSimpson dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:46
Mau bagaimanapun, Candi Borobudur adalah vihara. Harus sopan santun saat memasukinya.

Bayangkan jika tempat ibadah kalian digituin. Sudah pasti bakalan pada ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuroi2325 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 1 balasan
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:46
Mahluk +62 yang tiada tara....

Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:48
tau ndiri yg biasanya liburan murah meriah modelnya gimana... emg harus dibikin privat aj ni borobudur kesian juga lama2... ni tempat ibadah loh aslinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuroi2325 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:51
namanya juga murah..
cb tmpt yg mahal kaya labuan bajo..

😅😅
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:51
cuma di indonistan, situs suci agama buddha boleh dilecehkan setahun 365 hari.
mulai dari pacaean sampai julurin tangan ke dalam stupa untuk pegang kepala patung buddha.
isinya barbar sih, fakta.

jadi, nggak usah tercengang gitu lah baca soal permen karet. emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:52
dasar manusia primitif semua
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan pickachoose memberi reputasi
2 0
2
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:53
akibat tiket masuk borobudur terlalu murah, orang2 udik tak berpendidikan dan tak tahu tatakrama banyak ke borobudur dan melakukan vandalisme
Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan pickachoose memberi reputasi
2 0
2
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:54
ga menghargai feninggalan leluhur nenek moyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:55
ya udah bagus juga kebijakan yang diambil sama bkb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 16:59
akumulasi bertahun2.. ga terlalu banyak, tapi tetep ga bagus
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan pickachoose memberi reputasi
2 0
2
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 17:02
ini penyakit mental negara berkembang terbelakang, udah membudaya dan mendarah daging tidak ada kesadaran membuang sampah
kagak bisa diobati kalau hanya sekedar himbauan dan larangan larangan
klo menurut ane, pemerintah yg salah, solusi nya harus ada hukuman yg tegas, cuman itu utk mendisiplinkan spesies +62 yg gagal berevelosi otaknya, jadi jangan menyalahkan pengunjung
kalaupun ada hukumannya, pemerintah kagak pernah tegas menerapkan hukuman itu
jangan berharap dgn himbauan bisa mendisiplinkan spesies +62

Balai Konservasi Borobudur itu yg alay bego bin tolol curhat ke media, ambil lah tindakan tegas supaya ada efek jera
foto pelakunya trus viralkan emoticon-Big Grin

coba klo maen2 ke singapor, apa brani org buang sampah sembarangan??

profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 17:03
Quote:Original Posted By pickachoose
Gini loh, tolong kalo otak dan kelakuan masih kampungan, ga usah wisata ke tempat bersejarah seperti candi Borobudur ini, keliatan banget norak dan gobloknya kelakuan mereka. Candi Borobudur itu Kebanggaan Bangsa, Situs Bersejarah yang Dilindungi, tolong kalo sekolah belajar yang bener, biar tahu sejarah Borobudur yg umurnya jauh lebih tua dibanding engkong lo, mbah lo... paham ya njing? Jangan lagi buang sampah sembarang di candi Borobudur! jangan coret2 Candi Borobudur! Jangan merusak Candi Borobudur!


mereka kesana cuma buat selfie-selfie sama geng alay nya, nggak tahu dan nggak peduli sejarah candi borobudur

cuma naik candi, foto-foto di puncak sama temen2, manjatin patung-patungnya sambil bercanda sama temen2, terus turun pulang. mungkin sebelumnya ninggalin jejak coret-coretan dulu "xxx was here" atau "xxx cayang xxx untuk celamanya"

mereka nggak tertarik melihat relief butut nya, dan males membaca teks penjelasan sejarah borobudur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 17:04
Maklum +62 bree...



GOBLOG BANGGA




emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan pickachoose memberi reputasi
2 0
2
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 17:13
- tiket masuk di mahalin
- perbanyak penjagaan di setiap sudut candi
- jumlah pengunjung di batasin
- khusus area yang rentan rusak atau penting ditutupin akses jalannya
- kasih hukuman denda atau pidana bagi yang merusak karena candi borobudur bukan hanya situs penting umat buddha, tapi dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 17:13
maklum, kadrun mah gak peduli soal tempat ibadah agama lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 8 lainnya memberi reputasi
7 2
5
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia