Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e46620aa2d195246e6a1ec1/ternyata-indonesia-tidak-dijajah-selama-350-tahun-oleh-belanda
Gansis tentunya kita mempelajari sejarah kita ada campur tangan orde baru, sehingga banyak fakta-fakta  yang tidak diberikan kepada publik. Seperti perjuanga Indonesia melawan Belanda, berawal pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) sebuah persekutuan dagang yang bertujuan memonopoli aktivitas dagang di Asia. Pada 1603, VOC mendapatkan izin untu
Lapor Hansip
14-02-2020 16:02

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Past Hot Thread
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Gansis tentunya kita mempelajari sejarah kita ada campur tangan orde baru, sehingga banyak fakta-fakta  yang tidak diberikan kepada publik. Seperti perjuanga Indonesia melawan Belanda, berawal pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) sebuah persekutuan dagang yang bertujuan memonopoli aktivitas dagang di Asia. Pada 1603, VOC mendapatkan izin untuk mendirikan kantor perwakilan di Banten.

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Namun, Gubernur Jenderal pertama VOC memindahkan kantor ini ke Jayakarta (Batavia). Sejak itu, VOC mulai memainkan pengaruhnya di bidang perdagangan ke berbagai wilayah di Indonesia. Cara yang dilakukan adalah melakukan tekanan terhadap bangsa non-Belanda yang mencoba berdagang dengan penduduk. Kala itu, Kepulauan Nusantara belum berada di bawah kendali pemerintah Belanda, melainkan VOC. VOC meski hanya sebuah perusahaan tetapi mendapatkan banyak keistimewaan dari pemerintah Belanda salah satunya boleh membentuk tentara sendiri.

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Pada 31 Desember 1799, VOC resmi bubar disebabkan praktik korupsi yang dilakukan pegawainya, biaya perang, ketatnya persaingan dagang, dan besarnya gaji pegawai. Setelah VOC bubar, Pemerintah Belanda mulai mengambil alih kendali kepulauan Nusantara yang sejak 1800-an dikenal dengan nama Hindia Belanda. Dengan pengambilalihan kendali dari VOC ke pemerintah Belanda pada 1800-an, masih benarkah klaim bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun?

Langsung cekidot faktanya bersama Jas Merah hanya di Kaskus Podcast hari ini!




Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda




emoticon-Merdekaemoticon-Merdeka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gimi96 dan 26 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 06:47
aku taunya ya dijajah selama itu
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 06:52
Di jajah memang tidak enak gan...
Yang enak itu di jajanin...
emoticon-Malu emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 07:05
menurut ane VOC sendiri kepanjangan tangan dari belanda. kerajaan belanda bentuk VOC dengan beberapa alasan yang kalau permainan konglomerasi nakal dengan membentuk perusahaan cangkang.

profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 07:50
Indonesia pernah dijajah inggris dibawah pimpinan gubernur jendral Stanford raffles,
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 08:06
Lah emang Bener Indonesia dijajah Belanda Cuma 20 tahun aja kok. Karena setelah Sumpah Pemuda Belanda masih melakukan Invasi ke Indonesia. Karena nama Indonesia sendiri mulai ada sejak Sumpah Pemuda tahun 1926. Jadi sebelum sumpah pemuda yang dijajah itu Nusantara

Dan harusnya berterima kasih sama Belanda, karena kalau tidak di jajah dijamin tidak ada yang namanya Indonesia. bisa-bisa beberapa kerajaan kerajaan.
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 08:12
nggak dijajah cuma diperbudak
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 09:01
Quote:Original Posted By thelittleidiot
eropa kalau nge jajah sebenarnya bagus mengembangkan negara yg dijajah emoticon-Big Grin


Udah dikembangkan kok sama belanda dulu
Masih dipake sampe sekarang sama rakyat indo

jalur kereta api itu peninggalan belanda
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 09:32
Indonesia 4 - 0 belanda
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 09:35
padal pengen baca eh.... ternyata Podcast, mana gak ada headset pula emoticon-Ngamuk
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 09:41
Oh salah ternyata
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 11:08
Kayaknya VOC datang ke Indonesia itu namanua belum Indonesia kan yak. masih berbentuk kerajaan kerajaan gitu. setahu ane VOC itu kayak perusahaan, nah itu perusahaan Belanda tapi isinya bukan hanya orang Belanda, bisa juga orang Eropa lain yang kerja di VOC...
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 13:33
masa bodo, yng penting bangsa mereka penjajah dan penjajah itu jahat. yang masi mau berteman sama penjajah sama saja penghianat. Yang bawa gereja kemari kan mereka. KEsimpulan sendiri lah
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 13:56
Hmmm...
Diubah oleh andridaniel
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 15:05
Kalo scr resmi ya ga nyampe 350thn yeeee
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 17:36
ya begitu lah zaman orde baru. penuh dengan rekayasa untuk memuluskan kepentingannya.

emoticon-Traveller
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 20:12
perasaan ini pernah ada thread kaya gini dulu.
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 20:45
wahhh podcast ngebahas soal sejarah nih keren keren. kalo gak salah ane juga pernah baca emang bukan 350 tahun tapi bisa lebih keknya yak. udah ada bukunya juga kok yg ngebahas hal ini heheheh keren keren
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 20:54
Quote:Original Posted By barulangit
sengaja dibikin bingung supaya rakyat Indonesia nggak dendam ke belanda, padahal yang bener emang belanda menjajah wilayah hindia belanda (Indonesia) selama itu dengan meminjam "tangan" voc lalu sebagian waktu lagi dijajah oleh belanda secara langsung tanpa tangan voc, kurun waktu 350tahun dijajah tidak serta merta seluruh hindia belanda dijajah tetapi perlahan-lahan wilayahnya ditaklukan seperti sistem domino
..disamping itu kemerdekaan Indonesia tidak gratis tapi benar-benar harus membayar ke belanda dengan jumlah yang sangat besar saking besarnya kalau tidak salah baru lunas tahun 2002 yang lalu, edan nggak tuh udah dijajah lama banget mau merdeka malah dipalak belanda!


Waaaah penjelasannya detil sekali gan wkwkwk mantap nih jadi ilmu
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
15-02-2020 22:47
Dikasih lapangan pekerjaan
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia