Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4619b468cc9533356e0854/ayo-cegah-bullying-di-sekolah
Siapa diantara kamu yang pernah mengalami bullying oleh teman sekolah sendiri? Bahkan mungkin pernah dilakukan juga oleh orang yang memang sudah dianggap sebagai teman dekat dan teman yang terbaik? Sumber Foto : fcscortland.org :mewek Menurutku, bullying termasuk perilaku yang sangat jahat. Sudah banyak kasus mengenai perundungan atau yang biasa disebut dengan bullying ini. Sudah terjadi di manapu
Lapor Hansip
14-02-2020 10:53

Ayo Cegah Bullying di Sekolah

Siapa diantara kamu yang pernah mengalami bullying oleh teman sekolah sendiri? Bahkan mungkin pernah dilakukan juga oleh orang yang memang sudah dianggap sebagai teman dekat dan teman yang terbaik?

Ayo Cegah Bullying di SekolahSumber Foto : fcscortland.org

emoticon-Mewek

Menurutku, bullying termasuk perilaku yang sangat jahat.


Sudah banyak kasus mengenai perundungan atau yang biasa disebut dengan bullying ini. Sudah terjadi di manapun dan lebih sering terjadi di sebuah sekolah atau tempat menuntut ilmu. Kasus yang tidak memang tidak ada selesainya adalah kasus bullying di sekolah, antar muridnya. Biasanya memang akan diadakan masalah dengan yang akan dibully, nah ketika masalah awal sudah selesai maka akan ada masalah selanjutnya.

Saat-saat ini yang terbaru adalah kasusnya di salah satu SMP yang terletak di Purworejo, yaitu kasus bullying. Dilansir dan video dari
CNNIndonesia.com.

emoticon-No Hope

Apakah sudah tahu kasus bullying yang terjadi di Kota Malang? Siswa SMPN 16 ada yang harus megalami amputasi jari karena bullying. Tidak hanya harus kehilangan salah satu jarinya, namun siswa ini juga harus menjalani perawatan dan tuntunan karena psikologisnya yang terganggu.
emoticon-Matabelo

Jika ada yang belum tahu, apa itu bullying, bullying sendiri merupakan sebuah masalah yang sudah sering ditemui di mana saja, dan lebih sering terjadi di sekolah-sekolah. Sikap yang masuk dalam kategori bullying adalah dengan ancaman fisik, tingkah laku menggoda, bahkan juga pelecehan seksual, sama seperti yang ditulis oleh National Association of School Psychologist. Diperkirakan di sebuah sekolah tetap masih ada yang berperan sebagai pelaku ataupun korban bullying. Kira-kira sekitar 15 persen sampai 30 persen dari jumlah murid yang ada.
emoticon-Recommended Seller

Kalau profesi kamu sekarang yaitu menjadi seorang guru, inilah hal-hal yang harus kamu lakukan supaya perilaku bullying ini bisa dicegah. Nah, sebaliknya jika kamu adalah seorang murid, cobalah beritahu gurumu supaya bisa mencegah bullying antar murid di sekolahnya. Tips ini telah dikutip dari beberapa sumber.

Jadikan topik obrolan
Ketika kamu masuk ke kelas, sempatkan sedikit waktu untuk membicarakan soal bullying kepada para murid. Beritahu juga kepada murid bagaimana itu bullying, penindasan, dan lain-lain. Selain itu, kamu bisa berikan contoh kasus, berikan contoh bagaimana akibatnya melakukan bullying kepada sesama manusia, juga beritahu contohnya bagaimana efeknya menjadi korban bullying. Sebuah penindasan yang bersifat intimidasi tidak akan bisa diterima, yakinkan itu. Kemudian, ajaklah para murid untuk melawan adanya bullying.
Menjelaskan mengenai bagaimana risiko dan bahaya dari bullying, memberitahu aturan dan sanksi untuk yang melakukan bullying, sama seperti apa yang ditulis oleh Education World.

Biasakan kerja sama
Dalam sebuah sekolah, sudah biasa bukan memberikan tugas kepada murid secara berkelompok? Ini sangat penting dan bagus untuk dilakukan. Sebuah kebersamaan dan terjadinya interaksi antar anggota kelompok akan mengajarkan apa itu berkompromi dan juga memiliki sikap tegas tetapi tidak menuntut.
Jika kamu membuat mereka berkelompok, kamu juga harus tetap melihat-lihat ketika membuat kelompoknya. Lihat terus apa yang dikerjakan oleh kelompok tersebut. Karena bisa jadi dengan berkelompok ini, pelaku bullying bisa melakukan aksinya.

Responsif
Kamu sebagai guru harus memiliki sikap yang cepat dalam merespon segala kejadian. Jika ada diantara siswa yang melakukan bullying, segeralah datang dan ambil tindakan. Seharusnya memang setiap guru, maupun karyawan yang ada di sekolah harus memberikan perhatian kepada setiap muridnya dan tidak bersikap diam ketika ada murid yang diperlakukan dengan buruk.
Jika kamu bingung harus ngapain, kamu bisa berbicara langsung kepada pelaku bullying.

Hadapai pelaku bullying
Sama seperti yang tadi adalah dengan menghadapi pelaku bullying. Ketika kasus itu terjadi yang harus dilakukan adalah dengan mengajak berbicara secara pribadi dengan si pelaku. Disini kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan mengenai bullying yang dilakukannya.
Lakukan pembicaraan ini tidak dihadapan teman-temannya, karena akan membuat pelaku besar kepala.

Libatkan orang tua
Ini termasuk cara yang lumayan ampuh. Jika memang sang anak melakukan bullying, bicarakan kepada orang tuanya. Ataupun sebaliknya, bicarakan juga kepada orang tua si korban bullying.
Telah dikutip dari Violence Prevention, kamu harus menerima pendapat dari orang tua mengenai kasus itu dan baru setelah itu pihak sekolah bisa melanjutkan tindakan apa  yang harus dilakukan sebagai langkah selanjutnya. Beritahu kepada kedua orang tua untuk ikut dalam kasus ini.



Untuk kamu yang mengalami bullying, bicaralah kepada seseorang yang bisa menolongmu.
Untuk kamu yang melakukan bullying, sadarlah tak ada gunanya, dan cobalah rasakan bagaimana jadinya jika kamu yang mengalami bullying.
Dan untuk siapapun yang melihat adanya bullying ambilah tindakan, jangan cuma berdiam diri.
Okeee?
emoticon-Jempol

Tetap tenang ya nak, sekolah aja yang pintar

supaya jadi orang sukses hehehe.

AMIN.

emoticon-Peluk

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ayo Cegah Bullying di Sekolah
15-02-2020 01:07
Bullying jangan dikasih tempat di sekolah di manapun sih. PR buat kemendikbud nih
0 0
0
Ayo Cegah Bullying di Sekolah
15-02-2020 22:16
ane pernah dulu jadi korban bullying juga, tapi yasudahlah udah ane maafin aja karna udah pas sekolah dulu, sekarang ketemu orangnya juga cuman cengar cengir aja emoticon-Hammer2
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia