others
Batal
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
237
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e45facb349d0f7bc811aefe/coc-regional-makanan-tradisional-bosen-sama-nasi-putih-cobain-nasi-tutug-oncom
Ngomong-ngomong tentang makanan, ane mau memperkenalkan makanan khas Tasikmalaya. Apa itu? Nasi Tutug Oncom Ada yang kenal Nasi Tutug Oncom yang biasa dipanggil Nasi TO ini?
Lapor Hansip
14-02-2020 08:41

[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Nasi Tutug Oncom

[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom


Ngomong-ngomong tentang makanan, ane mau memperkenalkan makanan khas Tasikmalaya. Apa itu?

Nasi Tutug Oncom


Ada yang kenal Nasi Tutug Oncom yang biasa dipanggil Nasi TO ini?
Kalo belum, yuk kita kenalan. Kalo udah, kuy lah lebih merapat.

Asal muasal


Nasi TO ini berasal dari Tasikmalaya. Ga ada sejarah pastinya sih siapa yang pertama kali memperkenalkan Nasi TO ke khalayak ramai. Hanya saja, berdasarkan cerita dari uwa (kaka mertua) ane, resep makanan ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Dulu namanya Sangu Tutug Oncom, beneran khas sunda banget ya namanya.
Ya, maklumlah, kan dari Tanah Sunda Tasikmalaya.

Dilihat dari namanya, bisa diartikan
Sangu : Nasi
Tutug : (susah ini mengartikannya, hmmm apa ya)
Jd klo tutug oncom, bikin oncom buat campuran nasi. Bikin-na tidak digoreng tidak ddikukus tapi ditutu
Oncom : Oncom (salah satu bahan makanan)

Nah, secara istilah bisa kali ya kita simpulkan kalo Sangu Tutug Oncom itu adalah Nasi dicampur oncom yang telah ditutu.
(Hahaha, ini istilah buatan ane aja berdasarkan arti dan melihat bentuk dan rupa nasi tutug oncomnya)emoticon-Leh Uga

Semakin lama, semakin ke sini Sangu tutug oncom mengalami pergeseran kata, jadilah Nasi Tutug Oncom yang lebih dikenal Nasi TO.

Bahan Dasar Nasi TO


Sesuai dengan namanya, Nasi TO memiliki bahan dasar Nasi dan Oncom.
(Kalo diganti tempe ya jadi Nasi Tutug Tempe atuh)
Kalo Nasi kan udah sama-sama tau ya. Bahan makanan pokok orang Indonesia. Berasal dari beras yang dimasak dengan air secukupnya.

Nah, kalo oncom. Ada yang ga tau? Ternyata ada guys, yg ga tau apa itu oncom.

Okeh, ini ane dapet dari tukang nasi TO (kebetulan temen ane). Dia jawab waktu ada netijen yang nanya apa itu oncom:

[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom


Nah dari penjelasan di atas, ternyata oncom tiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda, ya. Dan oncom Tasik memang khusus untuk Tutug Oncom.

Resep Tutug Oncom
(Resep ini ane dapet dari uwa ane yang suka bikinin ane Nasi TO)

Siapkan Oncom, kencur, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, minyak, cabe, terasi.
(Untuk cabe dan terasi sifatnya optional. Karena ane lihat beberapa orang masak TO ga suka pake cabe danntrasi)
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom


Langkah satu, oncom dan terasi dibakar di hawu
(Ini uwa ane, yang kondisi dapurnya masih ada hawu buat masak)
Kalo ga ada hawu, oncom ditumbuk dulu, terus disangrai sampai matang.
Sangrai Oncom


Langkah dua, oncom yang telah dibakar ditumbuk dan didiamkan dulu.

Langkah tiga, haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, cabe, terasi, dan garam. (tumis)

Langkah empat, campurkan oncom dan bumbu sampai rata dengan cara di tutu.
Langkah Empat


Langkah lima, campurkan dengan nasi panas baru matang masih ngebul makin enak.
Tambahkan sambel, teri, bawang goreng, tempe, tahu, ikan asin.

Langkah Lima


Heeemmm menggoda selera kaaan?


Buat kamu yang tinggalnya jauh dari tasikmalaya.

Ternyata eh ternyata, Nasi TO ini udah mengenkspansi beberapa kota besar.
Contohnya di Bandung. Temen ane yang tinggal di Bandung, jauh jauh belajar ke Tasik buat dapet resep Nasi TO. Daan, taraaa.. doi berhasil bikin Nasi TO ini diterima di lidah orang Bandung dan sekitarnya.

Mau coba?

[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom


Salam hangat,
RetnoQr3n


Referensi dan dokumentasi :
Hasil penelusuran pribadi
Nanya keluarga dan temen
Warung Nasi TO Ibu Ovie
Praktek bikin Nasi TO sendiri
Diubah oleh RetnoQr3n
profile-picture
profile-picture
profile-picture
llolaakw383 dan 54 lainnya memberi reputasi
55
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 12
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 08:44
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 08:44
Nasi TO nyam nyam nyam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 08:50
dulu hobi banget ama tahu dan tempe bacem..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 09:21
enaknya... di sini gak ada oncom 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 09:25
aku lagi nunggu pesanan oncom dari teh ovi. pengen bikin ini sama comro😋😋😋
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan RetnoQr3n memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 09:36
Quote:Original Posted By agungdar2494 ►
dulu hobi banget ama tahu dan tempe bacem..


Sekarang gak hobi?
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan RetnoQr3n memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 09:40
jadi tutu artinya apa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 09:45
Quote:Original Posted By agungdar2494 ►
jarang ketemu di sini..


Owh kirain jadi gak doyan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 09:46
Quote:Original Posted By agungdar2494 ►
dulu hobi banget ama tahu dan tempe bacem..


Makin lama diangetin, bumbunya makin menyerap.. hmmm enaaak
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 09:48
Quote:Original Posted By meanynovendi ►
enaknya... di sini gak ada oncom 😂


Bisa kirim paket.kaaa..

Quote:Original Posted By AdelineNordica ►
aku lagi nunggu pesanan oncom dari teh ovi. pengen bikin ini sama comro😋😋😋


Endesss pokona maah
Quote:Original Posted By masnukho ►
Sekarang gak hobi?


Mungkin ga ada yg masakin. Nnti kl udh ada pasti hobi lagi
Quote:Original Posted By Mahbubah127 ►
jadi tutu artinya apa

Apa yaaa.. ditumbuk kali ya
0 0
0
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 10:37
Enak ya 😍
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan anna1812 memberi reputasi
2 0
2
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 10:45
di batam kayanya gaada deh yang jual kayagini, dan ane mager banget kalau disuruh bikin sendiri, huuhuhuhuhuhu
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 10:55
di tmpatku juga gak ada oncom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 11:03
Makanan orang kampung jaman dulu kalau tidak ada lauk pauk cukup makan nasi dicampur oncom.
Sekarang sudah jadi makanan restoran
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 11:19
Hahaha makanan favorit warga tasikmalaya

Kebetulan ane asli Tasik

Ane tambahin sedikit sejarah Nasi T.O

Tutug adalah bahasa sunda artinya tumbuk

Oncom adalah makanan hasil fermentasi dari bungkil kacang, bungkil kedelai, ampas tahu dsb

Bentuknya padat hampir seperti tempe

Oncom makanan khas hampir di semua daerah Jawa Barat, terkenalnya oncom Bandung

Walaupun oncom bandung paling terkenal, tapi Nasi T.O mungkin pertama ada & paling enak rasanya yg berasal dari Tasikmalaya

Konon kata orang tua jaman dlu, Tutug Oncom dibuat karena ketika jaman susah tidak ada uang, tidak mampu membeli lauk pauk

Untuk makan sehari-hari, maka dibuatlah oncom yg dibakar, ditumbuk kemudian disangrai menggunakan bumbu bawang merah, garam & kencur

Lalu di taburkan di atas nasi putih hangat plus sambal terasi

Rasanya gurih2 asin dr aroma oncom dan pedasnya sambal terasi

Nasi oncom ini cocoknya dimakan dgn mendoan tempe, tahu goreng, ikan asin dll

Kurang cocok dimakan sm ayam, ikan atau daging emoticon-Leh Uga

Harga 1 porsi Nasi tutug oncom antara variatif antara 5 rb - 10 rb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 11:22
Oncom tuh yang tempe kaya ada jamur2nya gitu ya, Ka?

profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 11:32
Quote:Original Posted By RetnoQr3n ►
Nasi TO nyam nyam nyam


Jadi pnasaran kyak bgmna rasanya🤔
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan RetnoQr3n memberi reputasi
2 0
2
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 11:50
baru tau aku ada nasi oncom, biasanya oncom hanya aku goreng , disayur, sama buat isi combro. emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 12:32
hawu nyaaaa ga kuat
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bosen Sama Nasi Putih? Cobain Nasi Tutug Oncom
14-02-2020 12:33
belum pernah makan kayaknya sedep nih
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia