• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi

onee643
TS
onee643
Bagaimana Cara Mengangkat Kontainer Peti Kemas? Berikut Rangkaian Teknis yang Terjadi
Satu kontainer peti kemas dalam kondisi kosong saja bisa mempunyai berat sekitar 3 ton. Jika sudah diisi dengan barang-barang yang hendak dikirim ke kota seberang melalui laut, beratnya bisa mencapai 6 hingga 30 ton. Pasti sebagian besar pembaca juga kepo, gimana cara kontainer peti kemas yang besar, lebar, dan berat itu bisa naik ke kapal, sudah bertumpuk di sana.

Menjawab kepo tersebut, saya sebagai praktisi pelabuhan tergelitik untuk menjawab. Kelihatannya kita perlu mengenal kembali yang namanya alat bongkar muat, yang biasanya ada di banyak pelabuhan.


Kontainer pada berat semua, besok bertumpuk di atas kapal, pasti membutuhkan alat bantu kan? Dimana alat bantu ini kuat bisa mengangkat kontainer dengan berat sekian-sekian ton, sumber gambar seatrade-maritime.com

Banyak ragam alat yang ada di pelabuhan. Biasanya dinamakan crane, dengan berbagai jenis fisik dan kemampuan yang berbeda-beda, serta beberapa keunggulan serta ada kelemahan pada masing-masing alat.


Seperti ini misalnya, namanya HMC, sumber gambar dokumen milik pribadi


Juga jenis seperti ini namanya cc, sumber gambar inaport4.co.id

Alatnya besar dan tinggi, bisa membawa kontainer berbobot berat, dikendalikan oleh operator, yang memang disediakan di atas kabin tersendiri, sebagai ruang untuk mengendalikan serta mengawasi.


Begini sedikit banyak rasanya ketika di dalam kabin, sumber gambar cranenetworknews.com

Kemudian ada kepo lagi muncul, bagaimana cara crane tersebut "mengangkat" kontainer peti kemas tersebut?

Tentu memakai tangan milik crane.


'tangan' berwarna kuning ini namanya spreader, sumber gambar cranenetworknews.com


Warna dan bentuknya beragam, namun pada intinya sama, sumber gambar teichmann-krane.de


Penampakan ketika tangan crane alias spreader sudah mendarat di atas kontainer peti kemas, sumber gambar vdlcontainersystemen.com

Ada yang nanya, kok bisa menempel seperti itu? Pada dasarnya, keempat sisi kontainer terdapat lubang, baik itu atas samping dan bawah, jadi spreader memasukkan "jari-jemari" nya kesono.


Kelihatan ada seperti benjolan kan di keempat ujung sisi bawahnya? Itu dinamakan twistlock yang nantinya akan masuk ke lubang pada kontainer peti kemas, sumber gambar elme.com


Coba lihat seksama di ujungnya, ada seperti lubang kan? Itu namanya lubang kontainer ada di tiap sisi samping, begitu pula di atasnya, sumber gambar mccontainers.com


Seperti ini penampakannya kalau dilihat dari atas, sumber gambar transportplanning.com

Nah ketika si spreader mendarat di atas kontainer peti kemas, dan tiap-tiap twistlock di ujung spreader udah masuk ke lubang kontainer peti kemas, tahap selanjutnya yang menjadikan kontainer bisa dibawa, diangkat, dipindah, dan ditaruh di tempat yang diinginkan.

Tahap ini dinamakan locking atau penguncian oleh twistlock.


Twistlock, dengan kendali operator, ketika masuk ke lubang kontainer secara membujur, si operator tinggal menekan tombol sehingga ujung nya bisa melintang, istilahnya "nyangkut" nantinya di kontainer peti kemas, sumber gambar docplayer.net

Untuk memahaminya dengan bahasa sederhana, hampir seperti ketika kita memakai sepatu slop, sepatu tanpa tali, pantofel katakanlah.


Sepatu seperti ini, sumber gambar elevenia.co.id

Kaki kita bisa masuk, kemudian kita bisa jalan ke mana-mana, seakan-akan sepatu itu "nempel" atau nyangkut ke kaki kita.


Ujung twist lock, dengan gambar yang lebih jelas, sumber gambar
earlsindustries.com


Ketika dia masuk ke lubang kontainer sebelah atas, pada keempat sisinya, ujung twistlock menghadap Utara dan Selatan, ketika sudah di dalam, dengan kendali dari operator, cukup menekan tombol, maka ujung akan segera menghadap barat timur, sehingga ketika spreader digerakkan, kontainer akan ikut nyangkut. Bahasa sederhananya seperti itu sih.


Simple, sederhana, tapi penting ada di spreader, sumber gambar portspareparts.com


Masuk dulu, lalu berubah posisi, sumber gambar gibitrains.pagesperso-orange.fr

Jadi penjelasan ini bisa menggilas sedikit prediksi sebagian kecil orang, dimana beberapa orang ini mengira kontainer bisa diangkat dengan sistem "magnet" karena tampak menempel.


Memang tampak seperti menempel kan? Padahal tidak, itu hanya twistlock yang berubah arah, sehingga ketika diangkat, kontainernya seakan-akan nyangkut, sumber gambar dokumen milik pribadi

Demikian penjelasan simpel dari saya, Semoga bisa mendapat manfaat apalagi bagi temen-temen yang merasa pelabuhan adalah dunia yang "masih asing" dan menarik untuk didalami. Saya harap Anda dijaga Tuhan selalu dalam segala kondisi dimanapun kapanpun.

See you.










Sumber
Pengalaman pribadi
lieepakolihakbarBartholome0
Bartholome0 dan 72 lainnya memberi reputasi
73
18.3K
271
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.