others
Batal
link has been copied
81
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e426965dbf7643bef7851cf/cantiknya-warna-warna-baju-tradisional-korea
Hai Agan Sista apa kabar? Ane doain semoga selalu sehat, bahagia, beruntung di mana pun kalian berada. Nah, pada thread kali ini ane ingin ngobrolin seputar baju tradisional perempuan Korea Selatan atau yang disebut hanbok. Gansis tentunya nggak asing, dong, melihat gaun-gaun berwarna-warni yang biasanya dipakai sebagai kostum di drama Korea/K-Movie bertemakan kerajaan pada masa Joseon. Seperti ha
Lapor Hansip
11-02-2020 15:44

Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea

icon-verified-thread
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea


Hai Agan Sista apa kabar? Ane doain semoga selalu sehat, bahagia, beruntung di mana pun kalian berada.

Nah, pada thread kali ini ane ingin ngobrolin seputar baju tradisional perempuan Korea Selatan atau yang disebut hanbok. Gansis tentunya nggak asing, dong, melihat gaun-gaun berwarna-warni yang biasanya dipakai sebagai kostum di drama Korea/K-Movie bertemakan kerajaan pada masa Joseon.

Seperti halnya di negara kita, baju adat Korea ini tidak sekadar menampilkan keindahan semata. Namun, ada simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. Misalnya saja dari segi warna.

1. Warna merah

Quote:Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea


Warna merah biasanya dipakai oleh pengantin perempuan. Masyarakat di sana sangat percaya, jika warna ini akan memberikan keberuntungan/nasib baik dan kekayaan. Ternyata kepercayaan ini bukan hanya dimiliki oleh orang Tionghoa, ya, gansis.

2. Warna Putih

Quote:Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea


Warna ini identik dengan lambang kesucian dan kemurnian jiwa. Eh, kok sama, ya, dengan kita--orang Indonesia--dalam memaknai warna putih. Pemakai hanbok putih ini tidak memandang status sosial, semua warga boleh memakainya untuk menunjukkan kerendahan hati. Lo, kan, lagi-lagi sama dengan seragam kepegawaian setiap hari rabu di negeri kita--meski ada hitamnya--bermakna kesederhanaan dan rendah hati sebagai pelayan masyarakat.

3. Warna Kuning

Quote:Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
link

Nah, kalau ini khusus dikenakan oleh kaum bangsawan/keluarga kerajaan. Biasanya memakai bahan satin atau sutera bermotif tertentu yang menunjukkan kelas sosial atau seseorang yang dihormati. Rakyat jelata tidak boleh sembarangan ikut memakainya, karena ini merupakan warna hanbok kebesaran yang bermakna sebagai simbol pusat alam semesta. Hmm ..., memang menarik banget, sih, warna ini, ya gansis.

4. Warna nila

Quote:Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea


Warna nila--turunan warna primer--merupakan simbol ketetapan. Perempuan Korea di masa dahulu yang bekerja di pengadilan memakainya sebagai rok seragam, senada dengan warna jubah resminya.

5. Warna hitam

Quote:Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea


Hanbok hitam bermakna bahwa semua yang ada di muka bumi ini adalah ciptaan Tuhan. Sama dengan orang Eropa yang memakainya sebagai simbol berduka, wanita Korea juga mengenakannya untuk upacara kematian.

Itulah warna baju adat wanita Korea yang memiliki makna tersendiri. Lantas bagaimana dengan pakaian umumnya yang membedakan gadis dengan perempuan yang sudah menikah?Ternyata dibedakan lagi, gansis. Gadis-gadis pada masa dahulu memakai hanbok perpaduan kuning dan merah. Sedangkan perempuan yang sudah menikah, memakai hanbok perpaduan hijau dan merah sebagai penghormatan kepada mertua.

Gansis, yang ane heran meskipun perpaduan warna hanbok mereka ini kesannya tabrak lari, tapi tetap saja terlihat anggun dan menarik, bukan? Sampai-sampai banyak tempat wisata tanah air pun, menawarkan satu spot untuk berswafoto mengenakan baju adat Korea ini sebagai daya tarik. Ane juga ingin, sih, suatu saat punya koleksi satu saja di lemari. Bagaimana dengan kalian?

Sekian thread ane tentang kekoreaan. Nantikan dan kunjungi thread ane lainnya yang tak kalah menarik. Sampai jumpa.

emoticon-Menang

Sumber bacaan dan gambar linklink
Diubah oleh InaSendry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
05-03-2020 21:13
Quote:Original Posted By iissuwandi
tertutup banget


Sopan yak. Malah anggun pake baju tradisional

Quote:Original Posted By lina.wh
cantik 😍😍


Ho oh

Quote:Original Posted By NiningMeu
ho oh ya cantik bangeet


Bajunya cantik, modelnya cantik, dan tsnya juga. Wekekeke
0 0
0
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
05-03-2020 21:23
yg putih kek baju nikah y
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
05-03-2020 21:58
Cantik emang sihemoticon-Kiss
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
06-03-2020 03:57
Quote:Original Posted By InaSendry
Anggun bet yang dandanan para gadisnya, meski hanya dikepang doang ya


dari sananya juga orgnya udah cntik jd d apain pun ttep cantik
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
06-03-2020 04:12
Quote:Original Posted By betiatina
yg putih kek baju nikah y


Iya. Padahal baju sederhana kalo buat mereka

Quote:Original Posted By mbakendut
Cantik emang sihemoticon-Kiss


Anggun ya

Quote:Original Posted By triwinarti
dari sananya juga orgnya udah cntik jd d apain pun ttep cantik


Aku seneng kalo liat artis sono pake hanbok dari pada pake baju modern. Jauh lebih anggun 😁
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
06-03-2020 04:58
Quote:Original Posted By InaSendry
Iya. Padahal baju sederhana kalo buat mereka



Anggun ya



Aku seneng kalo liat artis sono pake hanbok dari pada pake baju modern. Jauh lebih anggun 😁


sma kyak indonesia, cewek indonesia lebih anggun klo pake pakain tradisional
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
06-03-2020 18:22
Cantik banget warnanya sist...
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
06-03-2020 22:50
Quote:Original Posted By InaSendry
pejtri


Ane suka baju kerajaan korean
emoticon-Ngakak
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
07-03-2020 08:11
Quote:Original Posted By InaSendry
Kek baju akad nikah ya?



Bajunya apa orangnya? Atau tsnya? emoticon-Betty

Semuanya aja deh, biar adil



Dan juga tsnyaaah emoticon-Angelemoticon-Betty
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
07-03-2020 08:12
Quote:Original Posted By triwinarti
sma kyak indonesia, cewek indonesia lebih anggun klo pake pakain tradisional


Nah, iya betul
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
07-03-2020 08:13
Quote:Original Posted By djrahayu
Cantik banget warnanya sist...


Meski yang warnanya tabrak lari pun juga cocok cocok aja ya, sis
profile-picture
djrahayu memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
07-03-2020 08:14
Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Ane suka baju kerajaan korean
emoticon-Ngakak


Cobain, bang. Cocok keknya kalo abang pake hanbok. emoticon-Angel
0 0
0
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
07-03-2020 21:42
Quote:Original Posted By InaSendry
Oiya, gan. Coba gih hanbok buat cowonya


Buat cowonyaemoticon-Bingung
0 0
0
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
07-03-2020 22:04
Quote:Original Posted By srusuut
Buat cowonyaemoticon-Bingung


Wkwkwk. Kalimatnya ambigu ya, gan. Hanbok khusus cowo emoticon-Ngakak
profile-picture
srusuut memberi reputasi
1 0
1
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea
07-03-2020 22:59
Quote:Original Posted By InaSendry
Wkwkwk. Kalimatnya ambigu ya, gan. Hanbok khusus cowo emoticon-Ngakak


Nahh.. Nah.. kan emoticon-Ngakak
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia