Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f5a0910d2955cda1c2579/berpikir-rasional-dalam-mendukung
Kasus penghinaan walikota surabaya masih terus menarik untuk dibahas, Zikria Zatil yang merupakan warga bogor ditangkap karena telah menghina walikota surabaya lewat status yang viral di media sosial. Akibat perbuatannya dirinya harus berurusan dengan pihak hukum. Pihak suami Zikria pun sampai menyurati bu risma untuk memohon maaf dan meminta untuk membebaskan istrinya karena kasian dengan anak-an
Lapor Hansip
09-02-2020 08:02

Berpikir Rasional Dalam Mendukung

icon-verified-thread
Kasus penghinaan walikota surabaya masih terus menarik untuk dibahas, Zikria Zatil yang merupakan warga bogor ditangkap karena telah menghina walikota surabaya lewat status yang viral di media sosial. Akibat perbuatannya dirinya harus berurusan dengan pihak hukum. Pihak suami Zikria pun sampai menyurati bu risma untuk memohon maaf dan meminta untuk membebaskan istrinya karena kasian dengan anak-anaknya terutama anaknya yang dibully temannya dan juga anaknya yang masih kecil tidak diberi ASI lagi oleh ibunya sejak ditangkap oleh polisi. Bu Risma sendiri telah memaafkan dan menyerahkan proses tersebut ke pihak kepolisian.
Berpikir Rasional Dalam Mendukung

Credit : tribunnews.com

Sudah tak terhitung jumlahnya kasus status penebar kebencian, bagi segelintir orang hal ini sudah biasa dilakukan ketika orang yang tidak disukai seperti sosok pemimpin yang dia benci melakukan kesalahan. Saling benci dan saling dukung adalah sesuatu hal yang ditemukan di media sosial masa kini, tak jarang antar pendukung saling serang satu sama lain dan tak jarang menghina tokoh publik seperti gubernur hingga walikota.

Mendukung sesuatu hal wajar-wajar saja, namun sudah semestinya mendukung itu harus berpikir secara logika. Jangan sampai menjadi pendukung sesuatu hal mendukung secara mati-matian tanpa memperdulikan diri sendiri, hal ini karena yang di dukung kita belum tentu akan membela kita terlebih lagi dalam politik tentunya seringkali menjadi dagelan para politikus untuk meraup suara dari masyarakat dan ucapannya belum tentu bisa sepenuhnya dipercaya.

Jadilah pendukung yang dewasa, jika jadi pendukung maka berpikirlah secara kritis kepada apa yang didukung jika memang sesuatu yang di dukung tersebut melakukan salah. Begitu juga saat menyikapi sesuatu yang bersebrangan dengan kita tentunya harus bijak, jangan sampai kita niatnya mau mengkritik malah melemparkan hinaan yang merendahkan seseorang hingga ujungnya malah merugikan diri sendiri.

Berkaca dari kasus Zikria Dzatil, sudah semestinya setiap orang bersikap bijak terlebih lagi dalam pandangan politik dan dukungan, alangkah baiknya setiap orang menahan diri untuk tidak membuat status-status kotor dan tidak menunjukkan etika sebagai seseorang yang telah dewasa secara umum. Hindarilah berkata-kata kotor dan berlindung dibalik kata "jihad". Sangatlah ironis bila hal tersebut dianggap jihad sosial media dengan mengeluarkan kata-kata kotor dan kasar yang tak semestinya terucap. Jikalau ingin berjihad maka carilah jalan yang lain yang tak harus berkata kasar dan kotor yang ujungnya merugikan diri sendiri dan berurusan dengan hukum.
Berpikir Rasional Dalam Mendukung

Credit : seword.com

Sayangilah diri kita sendiri, Jadilah pendukung yang sewajarnya dan tetap berpikir rasional dalam mendukung tanpa harus mengeluarkan kata-kata yang tak pantas. Jangan jadi pendukung yang terlalu fanatik dan jadilah pendukung yang dewasa terutama dalam pandangan politik yang penuh abu-abu. Jangan sampai karena salah tindakan malah berurusan dengan hukum dan mencoreng diri sendiri dan juga keluarga seperti yang dialami oleh Zikria Dzatil dan Keluarganya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : 
Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber (via google)
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alifrian. dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 08:02
Reserved
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 08:47
Kalo orangnya bener, dukung..
Kalo kebijakannya bener, dukung...
Kalo orangnya salah, ingetin...
Kalo kebijakannya salah, kritisi...

Kalo gak yakin mau dukung atau gak, mending diem. Tinggal nyawang gak sah panas..

Hindari komen gak guna yang ujungnya cuma ngledek.. bully.. dan sejenisnya.
profile-picture
cepumerdeka memberi reputasi
1 0
1
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 09:00
Pembenaran di balik kata 'jihad' dan menjadi hakim atas sesama manusia emoticon-Mewek
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 10:27
Iyaaa tuh gan padahal yang dibela peduli peduli amat ngurusin kaya gitu wkwk
Sewajarnya aja deh, gausah pake ejek ejekan toh sekarang UU ITE bisa menjerat siapa saja
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 11:31
Akibat terlalu banyak mengkonsumsi kultus pagan penyembah Dewa Bulan

emoticon-Nyepi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 11:48
Itu bukan cuma perkara kata-kata semata, konteksnya juga harus diperhatikan. Dimana pada hal terakhir itulah, kasus ini menjadi mencuat.

Saya lahir di Surabaya ... Keberadaan para penghuni kebun binatang, atau "istilah kedokteran" lainnya itu (dengkulmu, matamu, otakmu dan sebagainya), bisa muncul begitu saja, dari ucapan, bukanlah hal yang tidak biasa.

Tapi konteksnya pengucapannya turut menentukan apakah mereka itu benar merupakan penghuni kebun binatang yang sudah dijinakkan atau malah seperti hewan liar di hutan-savana sana.

...
Bicara mengenai "perjuangan" dalam upaya membangun Indonesia menjadi lebih baik, maka yang menjadi penekanan khan seharusnya ya "upaya membangun"-nya itu. Dan bukannya dengan cara menebar kebencian dengan berbagai cara.

Ini bukan sebatas retorika politik, lho ya ...
Kebencian itu kalau diteruskan, hanya akan berujung pada "perang", yang notabene identik dengan kehancuran-penghancuran. Padahal yang seharusnya menjadi fokus khan pembangunan.
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 12:29
ini berlaku untuk kubu mana saja.. mau Anies, Risma, Jokowi, BTP, LBP, SBY, Megawati, Prabowo, HRS, Ganjar, sampe RK, selama masih sama-sama manusia gak usah berlebihan ngedukungnya...

apalagi mereka ada di politik yang dinamis, teman-lawan dinamis banget perubahannya.. entar kita berantem sesama pendukung, eh yang didukung malah rangkul"an, amsyong gak tuh??
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 12:48
jilbobs
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 15:55
jihad oh jihad
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 16:08
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 19:43
ya jangan ngatain orang dengan hewan lah, lebih manusiawi kek

penasaran ada yg ngatain jong un ga ya?emoticon-Bingung
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
09-02-2020 20:56
Daridulu ane selalu paling ngga mau fanatik mendukung sesuatu apalagi di ranah politik, karena ya tau ujung2nya cuma buat permainan yang berkuasa aja, toh kita juga nggak dianggap apa2 sama mereka yang ada diatas sana. Jadi kan malu sendiri kalo ternyata ntar nggak sesuai ekspektasi.
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
10-02-2020 09:57
ya begitu kalau fanatik tapi ga pake otak
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
10-02-2020 13:51
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
10-02-2020 20:37
ya buat pelajaran kalo ngedukung yang biasa aja sih, jangan kalo gak suka langsung main ngata2in pake nama hewan segala, kek gitu masa mau dicontohin ke anaknya sih emoticon-Matabelo
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
10-02-2020 20:44
Setuju. Jangan terlalu fanatik dalam mendukung seseorang. Biar tetep bisa obyektif mana yg bener mana yg salah. Kalo salah masa dibelain?
0 0
0
Berpikir Rasional Dalam Mendukung
22-02-2020 23:23
jangan asal kebawa emosi
profile-picture
rindudihati memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia