News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3aa87265b24d677b4411d0/ri-setop-impor-hewan-china-gegara-corona-ini-daftarnya
Jakarta, CNBC Indonesia - Virus corona masih membuat seluruh dunia waspada, termasuk Indonesia. Sebagai bentuk upaya pencegahan bahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto bakal menghentikan barang impor dari China. Pada Senin (3/2/2020), Mendag di kantornya mengatakan bakal menyetop sementara impor produk makanan dan minuman dari China tapi belum jadi keputusan. Hal ini masih dikaji kar
Lapor Hansip
05-02-2020 18:35

RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya

RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Virus corona masih membuat seluruh dunia waspada, termasuk Indonesia. Sebagai bentuk upaya pencegahan bahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto bakal menghentikan barang impor dari China.

Pada Senin (3/2/2020), Mendag di kantornya mengatakan bakal menyetop sementara impor produk makanan dan minuman dari China tapi belum jadi keputusan. Hal ini masih dikaji karena membutuhkan komunikasi dan koordinasi lintas kementerian. Yang sudah pasti dihentikan sementara adalah impor hewan hidup dari China seperti kura-kura, ular dan lainnya.

Namun yang pasti moratorium ini tak bersifat permanen, melainkan hanya sementara menyusul semakin merebaknya virus corona di berbagai penjuru dunia. Salah satu barang impor asal China yang rencananya bakal di stop adalah hewan hidup.

Virus corona memang memiliki karakteristik zoonotik, artinya virus dapat ditransmisi dari hewan ke manusia.

Sebagai informasi, orang-orang yang terinfeksi virus ini adalah mereka yang sempat mengunjungi pasar grosir seafood dan hewan di Wuhan atau dikenal dengan sebutan pasar seafood Huanan.

Riset yang dilakukan oleh Jasper Fuk-Woo Chan yang dipublikasikan di Journal Emerging Microbes & Infection menunjukkan bahwa secara genetik, virus corona baru ini (2019-nCoV) memiliki 89% kemiripan dengan virus SARS yang menyerang kelelawar dan 82% mirip dengan virus SARS yang menyerang manusia.

Saat ini dokter, tim ahli medis dan para pakar peneliti virus terus mencari tahu karakteristik dari virus ini. Terutama pada modus penularannya.

Namun, sebenarnya seberapa besar nilai impor hewan hidup asal China? Apa saja hewan hidup yang diimpor dari China?

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018, Indonesia mengimpor berbagai macam hewan hidup asal China senilai US$ 369.091. Jika dibandingkan dengan total impor Indonesia dari China, nilai impor hewan hidup ini sangat kecil.

Pada 2018, total impor barang RI dari China mencapai US$ 45,5 miliar. Artinya nilai impor hewan hidup hanya 0,0008% saja, porsinya memang sangat kecil.

Indonesia mengimpor berbagai macam hewan hidup dari China seperti primata, mamalia, reptil seperti kura-kura dan ular, hingga ikan hias. Impor terbesar hewan hidup asal China adalah impor hewan reptil yang mencapai 11,7 ton senilai US$ 120.444.

Namun secara nominal impor terbesar hewan hidup asal China adalah impor primata yang mencapai US$ 205.730. Walau nilai impornya kecil, bagaimanapun juga larangan impor hewan hidup ini memang merupakan salah satu langkah preventif dan tentunya tak akan berpengaruh besar terhadap perekonomian dalam negeri.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-ini-daftarnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan 3 lainnya memberi reputasi
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 18:41
primata?primata apa yg di impor?
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 18:46
Ya baguslah, untuk mencegah penyebaran virus corona ke Indonesia. 
0 0
0
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 18:55
Mau diapain primata kok pake diimpor segala? emoticon-Takut
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 19:11
kalau kayak begituan bukannya biasanya ilegal yah alias ga terlacak, soalnya hewan eksotis itu biasanya dilindungi dan terbatas jumlahnya kalau mau diperoleh lewat jalur legal.....emoticon-Big Grin
0 0
0
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 19:13
kadal dan kampret termasuk primata kah.??
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 19:26
bagus itu mengurangi populasi cebii emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
clyope dan lokshin.khushin memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 20:08
Quote:Original Posted By antonyus578
nggak lah blok


Jika bukan primata, Lantas apa tuan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 20:28
Quote:Original Posted By antonyus578
elu primata aja kagak tau . . . payah . . .


Mohon jelasin tuan... Untuk itu ane tanya..
0 0
0
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 20:29
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya

Impor yg ginian ngapa ...
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 21:22
Quote:Original Posted By amiruls.lee
Niat ngetroll tapi ketahuan cerdasnya, seginikah kapasitas otak buzzer di kaskus? Memalukan.

Just lol @ this.


Alhamdulillah... Cerdas.
emoticon-Jempol
0 0
0
RI Setop Impor Hewan China Gegara Corona, Ini Daftarnya
05-02-2020 23:00
perang dagang yg sesungguhnya ya ini.
ane curiga sama inteligent US.
china rugi byk banget dari kasus ini.


hanya opini loh ya...
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia