Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
348
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e38e9e9facb95318261d9bf/dunia-lain-di-balik-senja
Pict: Canva Prolog Kami menemukan dia setelah empat jam lebih mencari. Belum pernah aku melihat dia semengenaskan itu. Wajahnya hampir serupa kapas. Pasi. Air mata tak berhenti keluar dari bola matanya yang menatap hampa. Telapak tangannya dingin. Napasnya tersengal-sengal menahan isak. Dia seperti tuli. Tak menjawab meski hampir semua orang bertanya padanya. Mulutnya bagai terkunci. Anehnya, dia
Lapor Hansip
04-02-2020 10:50

DUNIA LAIN DI BALIK SENJA

icon-verified-thread
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
Pict: Canva


Prolog

Kami menemukan dia setelah empat jam lebih mencari. Belum pernah aku melihat dia semengenaskan itu. Wajahnya hampir serupa kapas. Pasi. Air mata tak berhenti keluar dari bola matanya yang menatap hampa. Telapak tangannya dingin. Napasnya tersengal-sengal menahan isak. Dia seperti tuli. Tak menjawab meski hampir semua orang bertanya padanya. Mulutnya bagai terkunci.

Anehnya, dia ditemukan di tempat yang telah berkali-kali aku datangi bersama Mas An--sepupuku. Jelas-jelas tak ada siapa pun di tempat itu. Tahu-tahu setelah lewat tengah malam, di saat aku dan orang-orang dengan peralatan obor, lentera, tampah, dan senter telah letih dan menyerah mencari, dia seperti dimunculkan dari dunia lain ke tempat itu begitu saja. Rasanya tak percaya. Benar-benar tak percaya. Bagaimana mungkin? Saat itu, aku orang yang sama sekali tak percaya, jika setan itu, ada.

"Itu dia di sanaa! Aku lihat diaa!" teriak Mas An di malam kejadian itu. Dia Yatik, teman kecilku.

Mengingat kejadian Yatik puluhan tahun silam membuatku selalu teringat 'senja'. Iya, senja. Mungkin kata ini di dalam kepala seorang pujangga akan menjelma menjadi puisi. Sebuah untaian kata yang mampu membuat para pembacanya melayang ke langit ke tujuh. Begitu pula di dalam kepala seorang penulis, senja bisa berubah menjadi setting waktu yang sangat indah lagipula romantis. Sebuah rangkaian kata, frasa, kalimat, paragraf, dan wacana yang bisa membuat para pembacanya seolah bisa melayang terbang tanpa sayap. Namun, tak demikian di dalam pemikiran Kakek dan Ibuku. Senja bagi mereka berarti harus menjalankan dua pantangan. Pertama, dilarang berada di luar rumah kemudian segera tutup pintu dan jendela. Makhluk tak kasat mata sedang berkeliaran di luar sana. Kedua, dilarang rebahan apalagi tidur. Jika kalian sakit maka tidak akan ada obatnya.

Yatik dan beberapa orang telah melanggar pantangan ini. Dan benar adanya. Mereka memang harus berurusan dengan mahkluk dunia lain. Setelah hilang dan ditemukan kala itu, Yatik bersama keluarganya bagaikan raib ditelan bumi. Ah, tidak. Maksudku karena mereka berpindah domisili. Padahal aku sangat ingin tahu, di mana dan apa yang dialaminya saat dia hilang selama lebih dari enam jam itu.

Setelah menunggu sekian lama. Ya, setelah menunggu lebih dari tiga dasa warsa, akhirnya hari ini aku yang telah berdomisili di luar Jawa dan Yatik yang telah meninggalkan kampung kami dulu, membuat janji bertemu. Aku ingin mengetahui dunia lain di balik senja yang dia alami, tiga puluh lima tahun yang lalu. Orang-orang mengatakan Yatik pernah berada di sana. Seperti apakah dunia lain itu? Apa bedanya dengan dunia ini? Apakah ada matahari, tanaman, air, manusia lain, dan binatang? Yatik disiksa atau diperlakukan baik-baik? Sebentar lagi aku akan mengetahui jawaban semua pertanyaan itu, dari dia, Yatik. Dan sebaliknya, dia datang padaku karena ingin mengetahui nasib orang-orang yang melanggar 'pantangan senja' di kampung kami yang tak sempat dia ketahui. Aku siap bercerita untuknya.

(Inspired by true story)


Klik link Bab 1 dan seterusnya di kolom komentar pertama, untuk membaca selanjutnya emoticon-Angel
Diubah oleh Puspita1973
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teknika dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 16
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 10:50
Diubah oleh Puspita1973
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiyanq dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 10:50
Tokoh utama:
Aku (Ita)
Mas An (Anto)
Kakek (Mbah Kung)
Yatik
Ibu
Mas Awan
Mas Diro

Tokoh pembantu:
Pa' lik
Nenek
Budhe
Mbak Yanti
Marni
Mas Yoyok
Mas Widodo
emoticon-Peluk
Diubah oleh Puspita1973
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muntarzoon dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 11:53
teruslaah menulis Kakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:00
izin nyimak cendol dan rating
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:01
Quote:Original Posted By iissuwandi
teruslaah menulis Kakak


Makasih udah mampir. Semoga nggak bosan. Bad mood atau apalah dengan dunia tulis menulis ini emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:02
Quote:Original Posted By masnukho
izin nyimak cendol dan rating


Kok disimak sih, ini kan bukan sedang pelajaran di dalam kelas emoticon-Ngakakemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toast
Diubah oleh Puspita1973
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:04
dulu di daerahku juga ada yg hilang pas maghrib ketemu pas besokan maghribnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:05
Quote:Original Posted By Puspita1973
Kok disimak sih, ini kan bukan sedang pelajaran di dalam kelas emoticon-Ngakakemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toast


Ane sukanya nyimak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:10
Quote:Original Posted By tsuway.c001
dulu di daerahku juga ada yg hilang pas maghrib ketemu pas besokan maghribnya


Masih sehat nggak orangnya mbaksay?
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:11
Quote:Original Posted By masnukho
Ane sukanya nyimak


emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:11
Quote:Original Posted By Puspita1973
Makasih udah mampir. Semoga nggak bosan. Bad mood atau apalah dengan dunia tulis menulis ini emoticon-Peluk


Semangat buat Akak, jangan mudah menyerah, banyak pembaca diluar sana yang menunggu karya Akak


Bedeway, ntu serrreem amat😱
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:15
Quote:Original Posted By iissuwandi
Semangat buat Akak, jangan mudah menyerah, banyak pembaca diluar sana yang menunggu karya Akak


Bedeway, ntu serrreem amat😱


Aamiin. Semoga.emoticon-Peluk

Masak serem? Blom serem masih di belakang2 Shay
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:18
ijin nenda sist.. semoga ga kentang emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:22
Quote:Original Posted By nyahprenjak
ijin nenda sist.. semoga ga kentang emoticon-Jempol


Waduh bahasanya terlalu gaul. Ane kagak paham emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:27
Quote:Original Posted By Puspita1973
Masih sehat nggak orangnya mbaksay?


Udah pindah kak ... udah lama banget jaman aku kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:32
Quote:Original Posted By tsuway.c001
Udah pindah kak ... udah lama banget jaman aku kecil


Sama dengan Yatik yang pindah. Tapi ketemu lagi 35 tahun kemudian
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:38
Quote:Original Posted By Puspita1973
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
Pict: Canva


Prolog


Kami menemukan dia setelah empat jam lebih mencari. Belum pernah aku melihat dia semengenaskan itu. Wajahnya hampir serupa kapas. Pasi. Air mata tak berhenti keluar dari bola matanya yang menatap hampa. Telapak tangannya dingin. Napasnya tersengal-sengal menahan isak. Dia seperti tuli. Tak menjawab meski hampir semua orang bertanya padanya. Mulutnya bagai terkunci.

Anehnya, dia ditemukan di tempat yang telah berkali-kali aku datangi bersama Mas An--sepupuku. Jelas-jelas tak ada siapa pun di tempat itu. Tahu-tahu setelah lewat tengah malam, di saat aku dan orang-orang dengan peralatan obor, lentera, tampah, dan senter sudah letih dan menyerah mencari, dia seperti dimunculkan dari dunia lain ke tempat itu begitu saja. Rasanya tak percaya. Benar-benar tak percaya. Bagaimana mungkin?

"Itu dia di sanaa! Aku lihat diaa!" teriak Mas An di malam kejadian itu. Dia Yatik, teman kecilku.

Mengingat kejadian Yatik puluhan tahun silam membuatku selalu teringat 'senja'. Iya, senja. Mungkin kata ini di dalam kepala seorang pujangga akan menjelma menjadi puisi. Sebuah untaian kata yang akan mampu membuat para pembacanya melayang ke langit ke tujuh. Begitu pula di dalam kepala seorang penulis, senja bisa berubah menjadi setting waktu yang sangat indah lagipula romantis. Sebuah rangkaian kata, frase, kalimat dan paragraf yang bisa membuat para pembacanya seolah bisa melayang terbang tanpa sayap. Namun, tak demikian di dalam pemikiran Kakek dan Ibuku. Senja bagi mereka berarti harus menjalankan dua pantangan. Pertama, dilarang berada di luar rumah kemudian segera tutup pintu dan jendela. Makhluk tak kasat mata sedang berkeliaran di luar sana. Kedua, dilarang rebahan apalagi tidur. Jika kalian sakit maka tidak akan ada obatnya.

Yatik dan beberapa orang telah melanggar pantangan ini. Dan benar adanya. Mereka pun harus berurusan dengan mahkluk dunia lain. Setelah hilang dan ditemukan kala itu, Yatik bersama keluarganya bagaikan raib ditelan bumi. Ah, tidak. Maksudku karena mereka berpindah domisili. Padahal aku sangat ingin tahu, di mana dan apa yang dialaminya saat dia hilang selama lebih dari enam jam itu.

Setelah menunggu sekian lama. Ya, setelah menunggu setelah lebih dari tiga dasa warsa. Akhirnya hari ini aku yang telah berdomisili di luar Jawa dan Yatik yang telah meninggalkan kampung kami dulu, membuat janji bertemu. Aku ingin mengetahui dunia lain di balik senja yang dia alami, tiga puluh lima tahun yang lalu. Orang-orang mengatakan Yatik pernah berada di sana. Seperti apakah dunia lain itu? Apa bedanya dengan dunia ini? Apakah ada matahari, tanaman, air, manusia lain, dan binatang? Yatik disiksa atau diperlakukan baik-baik? Sebentar lagi aku akan mengetahui jawaban semua pertanyaan itu, dari dia, Yatik. Dan sebaliknya, dia datang padaku karena ingin mengetahui nasib orang-orang yang melanggar 'pantangan senja' di kampung kami yang tak sempat dia ketahui. Aku siap bercerita untuknya.

(Based on true story)






Sipp.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:42
lanjuuut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:44
Quote:Original Posted By kakakperi
Sipp.


Makasih
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
DUNIA LAIN DI BALIK SENJA
04-02-2020 12:44
Quote:Original Posted By bundasholihaah
lanjuuut


Siap. Semoga suka yah
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
renita
Stories from the Heart
fantasy-fragments-of-power
Stories from the Heart
lembayung-senja-1-part-4---5
Stories from the Heart
wanita-kejam
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Heart to Heart
Heart to Heart
Heart to Heart
Stories from the Heart
setengah-hijrah-bab-1
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia