Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
88
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e311ac3facb9504b0514b73/tolong-jangan-gugurkan-aku-ibu
Kehamilan dengan IUD Tetap Terpasang Assalamu'alaykum warohmatulloohi wabarokatuh. Hay, ketemu lagi dengan ane di sini. Sepertinya ini thread terakhir dari rangkaian thread pengalaman ane dengan empat orang anak. Oke deh, cekidot! Jadi gini, GanSis, masih inget dengan thread ane soal jalan lahir yang rusak (Rectovaginal fistula)? Nnnnaaaah, 10 Desember 2011 akhirnya ane menjalani operasi perbaikan
Lapor Hansip
29-01-2020 12:40

Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!

icon-verified-thread
Kehamilan dengan IUD Tetap Terpasang

Assalamu'alaykum warohmatulloohi wabarokatuh. Hay, ketemu lagi dengan ane di sini. Sepertinya ini thread terakhir dari rangkaian thread pengalaman ane dengan empat orang anak. Oke deh, cekidot!

Jadi gini, GanSis, masih inget dengan thread ane soal jalan lahir yang rusak (Rectovaginal fistula)? Nnnnaaaah, 10 Desember 2011 akhirnya ane menjalani operasi perbaikan jahitan yang kedua. Sebelumnya ane menjalani beragam pemeriksaan. Cek urin, cek darah, tensi, hingga USG luar dan dalam. Semua menunjukkan hasil yang baik, tidak sedang hamil pula, sehingga operasi dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Di bawah komando dr. Tofan Widya Utami, Sp. OG (K), ane menjalani operasi tersebut dengan dibius total. Otot dubur disambung kembali, lubang ditutup, dan ane diberi 'bonus' suntikan anti keloid. Ia juga langsung memasang IUD (spiral) untuk program KB ane, yang bagus katanya. Dokternya udah pinter, cantik, baik, dan asik pula. Dia pun memikirkan kecantikan dan kepuasan dalam melakukan hubungan intim. Beliau kasihan sama ane, jadi dibikin 'secantik' mungkin jalan lahir ane. Biar rumah tangga ane langgeng, katanya.

Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!


Ibu-ibu pengguna KB IUD banyak berbincang, katanya jika pakai IUD, haid akan 'banjir', minimal flek lah. Sementara ane sama sekali belum haid juga. Mereka ramai berkomentar kalau ane hamil. Ane ga percaya GanSis. Tahun baru ane mual-mual dan meriang. Ane pikir masuk angin biasa, ane minum tolak angin cair, panadol, sampai cukup banyak minuman cola untuk mengeluarkan angin.

Seminggu dari tahun baru 2012 berlalu, ane belum kunjung sembuh dari meriang. Iseng ane check pake testpack, dua garis GanSis! Berhubung samar, ane ga yakin. Hingga ane periksa ke dr. Tofan kembali. Saat di-USG, dokter sampai bertakbir dan sangat terkejut. Janin diperkirakan telah berusia 2,5bulan dengan detak jantung yang cukup kencang. IUD masih aman dalam posisinya seperti saat dipasang.

Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!

Macam-macam IUD. Sumber: Pinterest

Berdasarkan penelusuran ane mengenai penyebabnya, berikut penjelasannya:
Quote:Dr. Thomas Ruiz, pimpinan OB-GYN di MemorialCare Orange Coast Medical Center, mengungkap jika Anda hamil meski sudah menggunakan IUD, itu mungkin karena salah satu dari tiga faktor berikut ini.

1. IUD tidak ditempatkan dengan benar di dalam rahim.
2. IUD dipasang dengan benar, tetapi rahim berkontraksi dan membuat perangkat copot. Jika ini yang terjadi, mungkin IUD akan jatuh atau tali IUD akan terasa tidak pada tempatnya. Itu sebabnya, kontrol lanjutan setelah pemasangan IUD wajib dilakukan.
3. Seorang perempuan memiliki kelainan rahim yang tidak diketahui olehnya maupun dokter sampai semuanya terlambat.

"Tetapi pada kasus tertentu, penempatan yang tepat dan tanpa kelainan rahim, IUD, seperti bentuk kontrasepsi lainnya, tidak sepenuhnya menjamin pencegahan kehamilan. Kami tidak selalu tahu mengapa itu terjadi, tetapi itu bisa saja gagal," kata Ruiz.


Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!


Ane panik dong GanSis! Dokter Tofan menenangkan bahwa janin dalam kondisi aman, begitupun dengan IUDnya. Kehamilan dapat terus berjalan dengan syarat air ketuban harus terjaga volumenya untuk menghindari janin dari benturan-benturan yang membahayakan. Namun, dia pun mengatakan bila ane tetap ingin menggugurkan, akan dikerjakan.

Ane bingung, banyak berita miring yang mengkhawatirkan mengenai kehamilan dengan IUD tetap terpasang. Berikut penjelasan ahli yang baru aja ane temukan di Suara.com:
Quote:Dikatakan Dr. Felice Gersh, MD, Direktur Integrative Medical Group. Kehamilan dengan IUD lebih cenderung ektopik, yang dapat mengancam jiwa. Orang-orang bisa hamil dan jika itu terjadi, mungkin ada komplikasi yang signifikan, jadi mereka harus waspada kalau-kalau sesuatu seperti itu harus terjadi pada mereka.

Tetapi kadang-kadang bisa sulit untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil saat menggunakan IUD. Ini dikarenakan, pada sekitar 50 persen perempuan yang menggunakan IUD progestin berhenti mengalami menstruasi, yang membuatnya sulit untuk menentukan apakah benar mereka hamil atau tidak.

Sangat penting untuk menyadari bahwa IUD dapat gagal," kata Gersh. Ketahuilah bahwa jika Anda hamil saat Anda sedang menggunakan IUD, Anda berisiko lebih tinggi mengalami persalinan prematur, keguguran, dan infeksi bahkan jika IUD dilepas, demikian tutup Gersh.


Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!


Demikian pula yang disampaikan Dokter Tofan. Trimester pertama ane bisa mudah pendarahan. Trimester kedua, bayi bisa lahir premature. Trimester ketiga, aman. Itu bukan isapan jempol belaka. Terlebih ane mengalaminya langsung kendala-kendala tersebut.

Ane masih berpikir ingin menggugurkan kandungan. Hingga kepala sekolah TK anak ane meninggal, ane ikutan takziah bareng ortu murid dengan berjalan kaki. Sempat ibu-ibu menegur, apa ga papa jalan kaki? Ane bilang ga papa. Keesokan pagi sekitar pukul empat menjelang subuh, ane berasa ada yang ngalir di selangkangan. Ane pikir mimpi pipis jadi ngompol, tapi ane keinget lagi hamil. Ane sapukan tangan ke paha, basah, pas ane lihat, darah segar GanSis!

Panik, ane kontrol malamnya ke dokter, karena kebetulan jadwal praktik memang selalu malam. Alhamdulillah darah itu hanya akibat gesekan IUD dengan dinding rahim. Janin aman, sehat. Posisi IUD pun masih aman.

Ane berkonsultasi, apakah sebaiknya digugurkan saja? Dokter masih menahan, ane disuruh cari artikel yang mendukung. Akhirnya ane pertahankan. Selang beberapa waktu ISK (Infeksi Saluran Kemih/Kencing) ane kambuh. Dengan demam hingga 41°C, ga ada yang bisa masuk perut walaupun sekadar air bening. Ane ga bisa jalan karena menahan nyeri yang teramat sangat di perut dan pinggang. Akhirnya ane menjalani rawat inap. Infeksi sudah mencapai ureter, beruntung tidak sampai ginjal.

Menurut dokter, jika sampai ginjal, ane langsung masuk ICU, dan janin pasti gugur. Kuasa Allah, janin masih sehat hanya lebih aktif karena terlalu panas. Ane akhirnya merenung, janin ini begitu kuat usahanya untuk bertahan hidup, lalu kenapa ane masih bersikeras untuk menggugurkannya? Kali ini, ane bener-bener yakin untuk mempertahankannya, terlebih lagi usia kehamilan sudah masuk 4bulan, sudah ditiupkan ruh ke dalam tubuhnya.

Alhamdulillah, anak ane yang ketiga ini lahir melalui operasi caesar dengan selamat tanpa ada masalah seperti yang dikatakan orang awam kebanyakan: IUD nempel di kepalalah, autislah, gagal jantunglah, nempel di organ dalamlah, dan sebagainya yang mengerikan. Intinya sih GanSis, asal kita ikuti arahan dokter ahlinya, InsyaaAllah aman-aman aja. Setiap Allah berikan sesuatu, Dia sudah tau bahwa kita mampu. Hanya bagaimana kita wajib bersyukur dan menjaganya.

Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!


Demikian thread ane kali ini, GanSis. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan thread-thread ane selanjutnya. Jangan lupa kunjungi thread-thread ane sebelumnya. Terima kasih.
Wassalamu'alaykum Warohmatulloohi Wabarokatuh.




Sumber narasi: Opini pribadi, Suara.com
Sumber gambar: Pinterest
Diubah oleh dewiqori
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 12:55
Assalamu'alaykum, ayo silakan mampir, GanSis.... emoticon-Maaf Aganwati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 12:55
Diubah oleh dewiqori
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 12:56
Jangan lupa bagi cendol, kasih rate 5bintang, ya. Terus komen-komen untuk sharing deh.
emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Pelukemoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 13:55
Kalo baca thread kaya gini, jadi ngilu. Tapi ada terharu n salut juga, Sis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 14:14
Quote:Original Posted By AriniSusilowati
Kalo baca thread kaya gini, jadi ngilu. Tapi ada terharu n salut juga, Sis.


Makasih, Sis. Iya, kalo dilepas IUDnya, bisa gugur kandungannya. Dilema saat itu, tapi Allah menunjukkan kuasa-Nya.
emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Pelukemoticon-Angel
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 14:53
[quote=rfkabdotcom;5e3132449a972e434672e850]Semua akan indah pada waktunya... kalau tdk 30thn di masa hidup mgkn stlh 50thn ataupun setelah wafat... Insya Allah...

Aamiin Allohuma Aamiin Yaa Robbal'alamin.
emoticon-Maaf Aganwati
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 16:07
Jadi maksudnya alat IUD itu tetap di dalam rahim bersama janin?
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan dewiqori memberi reputasi
2 0
2
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 17:17
Quote:Original Posted By mat.piere
Jadi maksudnya alat IUD itu tetap di dalam rahim bersama janin?


Yup betul, Gan. Selama janin ada dalam rahim dan terlindung kantung janin dan air ketuban yang cukup, aman. Jadi sebenarnya sudah hamil duluan sebelum dipasang IUD. Hanya saja kuasa Allah, keberadaan janin itu tidak terdeteksi. Operasi 10 Desember 2011, dinyatakan hamil 2,5bln pada 7 Januari 2012.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 20:07
janganlah gugurkan anak
daripada di gugurkan, lebih baik serahkan ke panti asuhan aja
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan dewiqori memberi reputasi
2 0
2
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
29-01-2020 20:47
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
janganlah gugurkan anak
daripada di gugurkan, lebih baik serahkan ke panti asuhan aja


Udah dibaca threadnya, Gan? Kalo udah dibaca, diskusi lagi, yu'!
emoticon-Maaf Aganwati
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan MrJeffBezos memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
30-01-2020 03:19
Quote:Original Posted By triokadrunidiot
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!

Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!


Terima kasih sudah mampir.... emoticon-Maaf Aganwati
0 0
0
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
30-01-2020 05:06
Biasnya anak adalah harapan orang tua ...kecil sekali untuk digugurkan karena anak adalah anugrah.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan dewiqori memberi reputasi
2 0
2
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
30-01-2020 06:27
Banyak teman yang lakuin inih

emoticon-Matabeloemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan dewiqori memberi reputasi
2 0
2
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
30-01-2020 12:36
Quote:Original Posted By dewiqori
Yup betul, Gan. Selama janin ada dalam rahim dan terlindung kantung janin dan air ketuban yang cukup, aman. Jadi sebenarnya sudah hamil duluan sebelum dipasang IUD. Hanya saja kuasa Allah, keberadaan janin itu tidak terdeteksi. Operasi 10 Desember 2011, dinyatakan hamil 2,5bln pada 7 Januari 2012.


Numpang tanya mbak. Ada kemungkinankah itu alat nyelakain janin? Kayak misalnya nusuk kantung janin.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan dewiqori memberi reputasi
2 0
2
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
30-01-2020 13:01
salut dan luar biasa sis, aku ada rencana mau pasang IUD tapi masih takut dan ragu. Apa lagi pas baca ini berarti pasang IUD juga tetap bisa kebablasan ya?
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan dewiqori memberi reputasi
2 0
2
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
30-01-2020 17:12
Quote:Original Posted By newkris
Biasnya anak adalah harapan orang tua ...kecil sekali untuk digugurkan karena anak adalah anugrah.


Iya, tapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi. Banyak hal yang mempengaruhinya, bisa karena alasan medis, bisa juga dari psikis. Tentunya harus dirangkul jangan sampai terjadi, membimbing tanpa menghakimi. Semoga tidak banyak ibu yang sampai melakukan aborsi untuk alasan apapun kecuali masalah keselamatan jiwa.
emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry

Quote:Original Posted By embunsuci
Banyak teman yang lakuin inih

emoticon-Matabeloemoticon-Mewek


Ya Allah, gugurin, Sis? Untuk alasan apa?
emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By mat.piere
Numpang tanya mbak. Ada kemungkinankah itu alat nyelakain janin? Kayak misalnya nusuk kantung janin.


Ada. Yaitu, kalau terlalu dekat jarak ke kantung janin. Makanya kontrolnya harus rutin. Bila nusuk kantung janin, apalagi sebelum waktunya lahir, otomatis prematur.

Quote:Original Posted By Tetysheba
salut dan luar biasa sis, aku ada rencana mau pasang IUD tapi masih takut dan ragu. Apa lagi pas baca ini berarti pasang IUD juga tetap bisa kebablasan ya?


Gapapa pakai aja. Itu kejadian sangat langka kok. Rencananya ane mau pake lagi juga.
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
Tolong, Jangan Gugurkan Aku, Ibu!
30-01-2020 17:21
Quote:Original Posted By dewiqori
Iya, tapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi. Banyak hal yang mempengaruhinya, bisa karena alasan medis, bisa juga dari psikis. Tentunya harus dirangkul jangan sampai terjadi, membimbing tanpa menghakimi. Semoga tidak banyak ibu yang sampai melakukan aborsi untuk alasan apapun kecuali masalah keselamatan jiwa.
emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry



Ya Allah, gugurin, Sis? Untuk alasan apa?
emoticon-Turut Berduka



Ada. Yaitu, kalau terlalu dekat jarak ke kantung janin. Makanya kontrolnya harus rutin. Bila nusuk kantung janin, apalagi sebelum waktunya lahir, otomatis prematur.



Gapapa pakai aja. Itu kejadian sangat langka kok. Rencananya ane mau pake lagi juga.


Yaa kerana belum halalemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan dewiqori memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Wedding & Family
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia