News
Batal
KATEGORI
link has been copied
100
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e30d26f8d9b170a6b0f4541/mahfud-md-sindir-tukang-debat-ilc-gagal-paham-radikalisme
Mahfud enggan menyebut 'tukang debat' di ILC yang dia maksud. Namun ia menyebut tukang debat tersebut kerap menyatakan bahwa pemerintah tidak mengerti istilah radikalisme.
Lapor Hansip
29-01-2020 07:31

Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme

Past Hot Thread
Quote:Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyindir 'tukang debat' yang kerap hadir dalam acara Indonesia Laywers Club di sebuah stasiun televisi karena dianggap gagal memahami istilah radikalisme

Mahfud enggan menyebut 'tukang debat' di ILC yang dia maksud. Namun ia menyebut tukang debat itu kerap menyatakan bahwa pemerintah tak mengerti istilah radikalisme.

"Kalau misalnya kita mendengar di ILC seorang ahli debat di ILC meskipun kadang isinya sering salah juga, [mereka] mengatakan 'pemerintah itu gak tau arti radikal, radikal itu kan baik'," kata Mahfud menirukan tukang debat ILC, Selasa (28/1).

Tukang debat di ILC itu, disebut Mahfud mengartikan radikal sebagai satu pemikiran mendasar untuk menyelesaikan masalah-masalah yang secara filosofis benar, untuk tujuan kebaikan dan substantif.

Mereka, lanjut Mahfud, mencontohkan Sukarno sebagai radikal yang memerdekakan Indonesia. Pun Nabi Muhammad disebut mereka radikal karena menghancurkan kesewenang-wenangan kaum Quraisy.

Namun Mahfud mengingatkan para tukang debat itu hanya memaknai radikal dari satu sisi saja. Padahal, di Kamus Besar Bahasa Indonesia kata radikal ada beberapa makna. Makna lain adalah radikal menurut KBBI, kata Mahfud tindakan kekerasan untuk mengubah sesuatu, sistem yang sudah mapan.

"Itu arti radikal di kamus yang sama," ujar dia.

Mahfud melanjutkan dalam kasus kata radikal yang memiliki beberapa arti, yang dipakai adalah arti secara hukum. Mahfud kemudian merujuk pada UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Terorisme.

"Dari sekian banyak arti radikalisme yang dipakai UU Nomor 5 tahun 2018, radikalisme itu tindakan kekerasan antipemerintah, anti-NKRI, antiideologi, sehingga semua orang dianggap salah kalau tidak ikut dia. Itu ada," ujar Mahfud.

Mahfud menguraikan dalam UU yang sama juga ada arti kata dari 'kontra radikalisasi', 'terpapar', hingga 'radikalisasi'. "Sehingga jangan disalahpahami dong," katanya.

"Jadi kalau Bung Karno dikatakan radikal iya yang dilawan siapa? Penjajah, kezoliman. Enggak ada musyawarah waktu itu. Sekarang tidak perlu perubahan radikal. Perubahan sekarang gradual saja," ujar Mahfud menambahkan. (rzr/wis)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...am-radikalisme


Siafa kah yg d kamsud? emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 07:33
para kadrun ya prof....kalau ituah ngk heran apalagi grombolan 212 coooooli.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
inimical dan 14 lainnya memberi reputasi
12 3
9
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 07:35
siapa atuh oegnya?
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 07:39
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Profesor nggerung kok ya gak paham konteks,
"anjing" saja bisa beda makna kalau konteks pemakaiannya beda.
"Radikal" juga sama.

Mungkin profesor nggerung perlu belajar lagi ke ahli tata kata. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 8 balasan
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 07:52
Sapa lagi kalo bukan si garong emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rajkapoor dan ayic222 memberi reputasi
1 1
0
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 07:53
Siapa nih yang dimaksud pak Mahfud dengan istilah "Tukqng debat" ?
profile-picture
profile-picture
mulivw dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 07:53
Tukang debat yang selalu banyak bertanya
profile-picture
profile-picture
mulivw dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 07:53
arti radikal menurut KBBI di internet

radikal1/ra·di·kal/ a 1 secara mendasar (sampai kepada hal yang prinsip): perubahan yang --; 2 Pol amat keras menuntut perubahan (undang-undang, pemerintahan); 3 maju dalam berpikir atau bertindak;

meradikalkan/me·ra·di·kal·kan/ v menjadikan radikal

https://kbbi.web.id/radikal

kayaknya banyak yang bingung dengan arti radikal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
robienrose dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
Lapor Hansip
29-01-2020 07:55
Balasan post widya poetra
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Profesor nggerung kok ya gak paham konteks,
"anjing" saja bisa beda makna kalau konteks pemakaiannya beda.
"Radikal" juga sama.

Mungkin profesor nggerung perlu belajar lagi ke ahli tata kata. emoticon-Cool


gerung sih tujuannya cuma cari duit doang,,, doi nyadar selama doi bersebrangan dgn pemerintah maka job narsum di tv bakal lancar, makanya doi setia setiap saat menghina jokowi emoticon-Ngakak

biarin ajalah,,, itung2 pakdhe beramal bisa menghidupi sosok rocky gerung lewat honor narsum itu emoticon-Imlek

profile-picture
profile-picture
profile-picture
inimical dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
Lapor Hansip
29-01-2020 07:59
Balasan post widya poetra
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Profesor nggerung kok ya gak paham konteks,
"anjing" saja bisa beda makna kalau konteks pemakaiannya beda.
"Radikal" juga sama.

Mungkin profesor nggerung perlu belajar lagi ke ahli tata kata. emoticon-Cool


masa bisa beda makna setau gua yang namanya anjing tetep aning kemanapun dan dalam kontek apapun yang bisa beda makna itu kayak istilah peliharaan elu juga disebut anjing pasti marah biar kata orang lain maknain dalam arti apapun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gaygene dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
Lapor Hansip
29-01-2020 08:01
Balasan post dungdungprets
Quote:Original Posted By dungdungprets


gerung sih tujuannya cuma cari duit doang,,, doi nyadar selama doi bersebrangan dgn pemerintah maka job narsum di tv bakal lancar, makanya doi setia setiap saat menghina jokowi emoticon-Ngakak

biarin ajalah,,, itung2 pakdhe beramal bisa menghidupi sosok rocky gerung lewat honor narsum itu emoticon-Imlek



rejekinya dialah itu ngapain elu ngiri kalo elukan tak mungkinlah jadi narsum ditipi nasional elu jadi narsum di kaskus aja banyak yang nggak baca postingan payah elu
0 0
0
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
Lapor Hansip
29-01-2020 08:04
Balasan post The.King.of.Kk
Quote:Original Posted By The.King.of.Kk


rejekinya dialah itu ngapain elu ngiri kalo elukan tak mungkinlah jadi narsum ditipi nasional elu jadi narsum di kaskus aja banyak yang nggak baca postingan payah elu



yg bilang gue iri siapa njing kurap/?

lagian postingan postingan elo juga payah njing,,

anjing kek elo sih mau posting ribuan kali ya tetap aja ANJING

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
u12c dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 08:12
Kan sudah di endorse biar rating ILC naik juga. Bodo amat sama isi debatnya emoticon-Ngakak
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
Lapor Hansip
29-01-2020 08:16
Balasan post dungdungprets
Quote:Original Posted By dungdungprets



yg bilang gue iri siapa njing kurap/?

lagian postingan postingan elo juga payah njing,,

anjing kek elo sih mau posting ribuan kali ya tetap aja ANJING

emoticon-Ngakak


kalo elu gk ngiri ngapain lunjing ngomentarin gerung emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk emoticon-Wow emoticon-Traveller
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 08:21
mereka banyakan cuma manut2 aja ngikutin order yang punya tv aja kok , ga bisa di bilang pendebat kalo menurut ane , liat aja isi nya didominasi nya 1 kelompok saja, tamu undangan dari kubu lain nya cuma formalitas aja . udah gitu di keroyokin dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 08:32
Siapa sih ni bray?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 08:44
Palingan si Rocky Gerung emoticon-Big Grin yang di maksud
profile-picture
profile-picture
maria.olivia dan tukangbeling7 memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 08:50
Si Prof ILC segala ilmu, kadang jadi ahli ekonomi, kadang jadi ahli hukum, kadang jadi ahli Tata Negara, kadang jadi ahli Politik... tergantung pokok bahasan di ILC ajah
Diubah oleh balado.jengkol
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 09:25
al gerungi wal rokidi bin mukidi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
29-01-2020 09:26
Ilc pernah bahas lapindo ga ya ?
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Mahfud MD Sindir 'Tukang Debat' ILC Gagal Paham Radikalisme
Lapor Hansip
29-01-2020 09:32
Balasan post 37sanchi
Quote:Original Posted By 37sanchi
Ilc pernah bahas lapindo ga ya ?


Hush jgn disebut emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia