Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2fa747a72768453360ff30/waspada-corona-virus-cegah-penularannya
Akhir-akhir ini, virus corona memang telah menjadi perhatian dunia. Hal tersebut karena virus corona diduga memiliki bahaya yang mengkhawatirkan dan penyebarannya yang mudah. Maka, diperlukan pengetahuan dan kewaspadaan terhadap virus ini. Corona, virus yang menjadi perbincangan hangat dunia sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019. Hal ini berawal sejak pejabat kesehatan masyarakat dari T
Lapor Hansip
28-01-2020 10:15

Waspada Corona Virus, Cegah Penularannya!

Waspada Corona Virus, Cegah Penularannya!
Akhir-akhir ini, virus corona memang telah menjadi perhatian dunia. Hal tersebut karena virus corona diduga memiliki bahaya yang mengkhawatirkan dan penyebarannya yang mudah. Maka, diperlukan pengetahuan dan kewaspadaan terhadap virus ini.

Corona, virus yang menjadi perbincangan hangat dunia sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019. Hal ini berawal sejak pejabat kesehatan masyarakat dari Tiongkok yang memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa mereka memiliki masalah. Mengenai virus baru yang tidak diketahui menyebabkan penyakit seperti pneumonia di kota Wuhan.

Dikutip dari TheGuardian, komisi kesehatan nasional China menyatakan bahwa penularan virus ini dapat terjadi antar manusia. Pada 24 Januari pihak berwenang China telah mengakui terdapat 830 kasus dan adanya 26 orang yang meninggal akibat virus Corona. Orang yang terinfeksi virus Corona akan mengalami pneumonia. Mereka akan menderita batuk, demam, dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang parah bisa terjadi kegagalan organ. Untuk mengatasi virus ini, pemberian antibiotik pada pasien tidak akan bekerja sehingga biasanya dokter akan melakukan rawat inap di rumah sakit.

Proses pemulihan juga bergantung pada kekuatan sistem kekebalan tubuh pasien. Namun, banyak orang terinfeksi virus Corona mengalami kondisi kesehatan yang memburuk sehingga berakhir meninggal dunia.

Di tengah paniknya penularan virus ini, para pejabat kesehatan Cina meminta masyarakat menggunakan masker bedah untuk melindungi diri. Jumlah permintaan masker di tengah wabah virus corona sendiri semakin meningkat. Namun, apakah masker bedah berfungsi mencegah penularan virus corona wuhan secara efektif?

Menurut Dr William Schaffner, seorang profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University, masker bedah bukan bertugas mencegah penyakit menular.

Biasanya, petugas medis menggunakan masker bedah untuk melindungi pasien dari kuman yang ditularkan melalui mulut dan hidungnya. Di sisi lain, bahan masker bedah terkadang juga tipis dan tidak menutupi seluruh bagian wajah. Masker bedah hanya menutupi area mulut dan hidung, tetapi masih ada celah di bagian pipi. Jika Anda batuk atau menghembuskan udara, Anda mungkin akan merasakan ada udara keluar melalui sela-sela pipi.

Pusat Pengendalian dan Pencegah Penyakit (CDC) sedang menguji orang yang terinfeksi virus corona untuk memakai masker bedah di depan umum. Seorang dokter penyakit menular pun mengatakan, masker bedah bisa menghalangi tetesan pernapasan untuk masuk ke dalam tubuh ketika orang terinfeksi bersin atau batuk. Karena, tetesan itulah yang menyebabkan penularan virus corona.

William Schaffner berpendapat penggunaan masker N95 mungkin lebih efektif untuk mencegah penularan virus corona Wuhan. Namun, masker ini tidak disarankan untuk masyarakat umum karena banyak kemungkinan salah penggunaan yang akhirnya tidak melindungi diri tapi menyebabkan diri sendiri tertular virus corona.

Pencegahan Infeksi Virus Corona

Seperti yang diketahui bahwa hingga saat ini penyebab pasti dari virus Corona belum diketahui dan pengobatannya belum ditemukan dengan jelas. Ada beberapa cara pencegahan yang mudah dilakukan untuk terhindar dari virus Corona, yaitu sebagai berikut:

- Menggunakan masker tertutup saat bepergian karena udara bisa jadi media penyebaran.
- Hindari untuk melakukan kontak langsung dengan hewan.
- Hindari orang yang sedang sakit, terutama jika orang tersebut menderita demam, batuk atau kesulitan bernafas.
- Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.
- Usahakan juga untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci karena kebersihan diri dapat mencegah tubuh terinfeksi virus tersebut.
- Jaga kondisi tubuh dan cukupi asupan nutrisi harian agar selalu tetap fit dan terhindar dari virus corona. Hindari juga tempat ramai, jika tidak ada keperluan mendesak.


Baca juga : Masker N95 Ampuh untuk Mencegah Virus Corona!
profile-picture
escariot89 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Waspada Corona Virus, Cegah Penularannya!
17-02-2020 07:21
Dan yang penting yang sakit harus pakai masker, sehingga kalo bersin dan batuk gak nyembur ke mana2
0 0
0
Waspada Corona Virus, Cegah Penularannya!
Kemarin 20:31
memang vitus ini bisa menular ke orang lain lewat droplet,maka darii itu mari kita sebarkan kebersihan bikan sebarkan kepanikan dengan cara cuci tangan sesering mungkin dengan sabun,jaga jarak aman dan jagalah kebersihan dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat
0 0
0
Waspada Corona Virus, Cegah Penularannya!
Hari ini 18:43
Menkominfo Berharap Aplikasi "Peduli Lindungi" Bantu Putus Rantai Penularan Covid-19
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia