News
Batal
KATEGORI
link has been copied
226
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2f8f15b41d3059ad481e7f/mahasiswa-indonesia-di-wuhan-sedih-virus-corona-china-disebut-azab
Hilyatu Millati, Mahasiswa Indonesia di Wuhan Foto: Dok. Hilyatu Millati Dunia sedang digemparkan dengan menyebarnya virus corona yang bersumber dari Kota Wuhan, China. Saat ini pemerintah setempat menutup seluruh transportasi umum di kota industri berpenduduk 11 juta orang itu. Namun ada satu hal yang membuat mahasiswa Indonesia di Wuhan, Hilyatu Millati, resah. Yakni komentar netizen Indonesia y
Lapor Hansip
28-01-2020 08:32

Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab



Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Hilyatu Millati, Mahasiswa Indonesia di Wuhan Foto: Dok. Hilyatu Millati
Dunia sedang digemparkan dengan menyebarnya virus corona yang bersumber dari Kota Wuhan, China. Saat ini pemerintah setempat menutup seluruh transportasi umum di kota industri berpenduduk 11 juta orang itu.

Namun ada satu hal yang membuat mahasiswa Indonesia di Wuhan, Hilyatu Millati, resah. Yakni komentar netizen Indonesia yang menyebut virus corona adalah azab bagi China.
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Suasana kota Wuhan, China, Senin (27/1), dilihat dari apartemen Milla. Foto: Dok. Hilyatul Millati
Perempuan yang akrab disapa Milla ini menyayangkan sikap netizen Indonesia yang tidak bersimpati dengan kondisi China dan justru menghujatnya. Sebagai WNI yang telah 7 tahun tinggal di China, terlebih kini ia tinggal di kota yang menjadi sumber menyebarnya virus corona, Milla prihatin.
"Komentar-komentar jahat itu tak ubahnya dengan virus corona. Sama-sama penyakit. Bedanya kalau komentar jahat itu penyakit hati alias benci yang bisa menambah dosa. Sedangkan virus corona itu penyakit jasmani yang bisa mengurangi dosa penderita," kata Milla yang juga diposting di akun Facebooknya. Milla mengizinkan kumparan mengutip tulisannya tersebut.

Milla menyebut, saat Indonesia dilanda banjir, warga China tak ada yang menghujat. Namun begitu virus corona menyebar dari China, netizen Indonesia banyak yang berkomentar menyakitkan.
"Kami butuh doa dan dukungan, bukan nyinyiran. Agama bukan sekadar ritual, tapi nilai-nilai yang harus dihayati. Bijaksanalah dalam berkomentar, hargai perbedaan," imbuh perempuan yang sudah 1,5 tahun tinggal di Wuhan ini.
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Suasana kota Wuhan, China, senin (27/1) Foto: Dok. Hilyatul Millati
Milla juga menyinggung MERS yang juga bersumber dari virus corona dan berasal dari Arab Saudi. Saat itu orang-orang tidak menyebutnya sebagai azab.
"Kalau Anda bilang wabah virus corona di China saat ini adalah azab, apa Anda juga akan bilang wabah MERS yang sama-sama berasal dari virus corona yang melanda Timur Tengah terutama Arab Saudi yang menelan korban 850 jiwa sebagai azab? Terus banjir Jakarta juga azab?" ujar mahasiswa S3 Business Administration di Universitas Chongqing ini.

Padahal menurut Milla, warga China banyak yang bersimpati saat Indonesia terkena bencana. Bahkan teman-teman Milla di negeri Tirai Bambu itu ikut memberikan donasi bagi para korban bencana di Indonesia.
"Simpati dan empati warga China ke bencana di Indonesia cukup tinggi, seperti dalam kasus gempa di Palu beberapa waktu lalu. Banyak teman-teman China yang menelepon, menanyakan kondisi keluarga saya, dan aktif responsif galang bantuan untuk Indonesia serta banyak warga China ikut menyumbang donasi melalui PPI Tiongkok juga," katanya.
Kota Chongqing tempat kampus Milla berada, berjarak lebih dari 800 km dari Wuhan. Milla tinggal di Wuhan untuk menemani suaminya menempuh pendidikan. Dia biasa bepergian dari Wuhan ke Chongqing.
Perempuan asal Klaten, Jawa Tengah, ini juga menyayangkan beredarnya kabar bahwa virus corona berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan.

"Mana ada negara mengorbankan rakyatnya sendiri. Penutupan (kota) ini saja sudah merugikan China," kata Milla.
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Hilyatul Millati, Mahasiswa Indonesia di Wuhan Foto: Dok. Hilyatul Millati
Milla menyebut, pasar yang diduga sebagai pusat munculnya virus corona tak jauh dari stasiun yang biasa ia lewati, yakni Stasiun Hankou. Dia mengaku tiap bulan selalu melakukan perjalanan jauh menuju Kota Chongqing, melalui stasiun Hankou.
Selama menetap di China, Milla selama ini merasa baik-baik saja. Situasi juga aman.
"Pusatnya epidemik dekat banget sama stasiun Hankou. Selama ini saya juga sering nginep di bandara dan stasiun kereta api tanpa khawatir, karena selalu aman," kata Milla kepada kumparan lewat telepon, Senin (27/1).
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Seorang wanita menggunakan pakaian tertutup sambil mengendarai skuter di sepanjang jalan di Wuhan. Foto: AFP/HECTOR RETAMAL
Meski Wuhan sekarang diisolasi, Milla tetap bisa keluar dari apartemen untuk beraktivitas. Hanya saja dia selalu mengenakan masker N95 dua lapis dan mengenakan kaus tangan.

Biasanya Milla mengendarai sepeda listrik atau berjalan kaki karena transportasi umum masih ditutup.

Azab Allah SWT atas penindasan Uighur



ketika negara komunis yg katanya tidak beragama dan tidak bertuhan,

lebih manusiawi dan humanis serta jauh kebencian dari pada negara religius terbesar di dunia emoticon-Najis



Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jb17 dan 34 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 13
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:40
Abaikan aja komentar netizen +62 yang bilang gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mana.mana.aja dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:42
Pake logika...

Israel bikin tanah Arab kocar kacir puluhan taun aman2 aja. Kaga di azab.

Tapi gua Disni jg ga mau bela image republik komunis cina.

Kasus Natuna keluarin dulu, lu masih mau nyaplok wilayah RI hah?

Gua Warning buat Tionghoa di Kaskus ye, lu warga negara RI lu setianya Ama NKRI. Jgn bangga2in negara lain.

:Batabig
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyctophiliac dan 59 lainnya memberi reputasi
15 45
-30
Lihat 18 balasan
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:49
Milla menyebut, saat Indonesia dilanda banjir, warga China tak ada yang menghujat. Namun begitu virus corona menyebar dari China, netizen Indonesia banyak yang berkomentar menyakitkan.
"Kami butuh doa dan dukungan, bukan nyinyiran

manusia negara berflower +62 memang begituemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kupss dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:49
kek gak tau aja dimari banyak yang mendadak pakar..

sebentar jadi pakar intelijen
sebentar jadi pakar perminyakan
sebentar jadi pakar militer
sebentar jadi pakar virologi
sebentar jadi pakar agama
sebentar aja sih pakarnya..
yang lama ngotot dan ngeyelnya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jb17 dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 3 balasan
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:50
orang indo memang gampang dibodohi
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan ordinaryvoice memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:51
teguran, karena udah semena mena nerobos natuna.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyctophiliac dan 14 lainnya memberi reputasi
3 12
-9
Lihat 2 balasan
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:51
Beh di grup wa banyak banget yg begini nih, ane mah cuma bisa ngakak dalam hati aja dah...biasanya galakan mereka emoticon-Wkwkwk
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:52
Quote:Original Posted By ranttalker
Pake logika...

Israel bikin tanah Arab kocar kacir puluhan taun aman2 aja. Kaga di azab.

Tapi gua Disni jg ga mau bela image republik komunis cina.

Kasus Natuna keluarin dulu, lu masih mau nyaplok wilayah RI hah?

Gua Warning buat Tionghoa di Kaskus ye, lu warga negara RI lu setianya Ama NKRI. Jgn bangga2in negara lain.

:Batabig


kaga ada hubungan kasus natuna sama epidemi corona di wuhan...

atau gini biar lebih jelas..

kalau ada wni yg bela negara cina soal laut natuna (dan idiotnya memang ada..), silahkan kemas2 baju ga pake lama.. trus pindah dari negara ini... ga punya uang buat pindah? nyebur sana ke laut! berenang sono ke China! orang2 tsb modar di lautpun gw ucap Alhamdulillah...

soal epidemi wuhan?
beda soal!

ini sama halnya ketika Aceh dilanda tsunami..

sebelum tsunami...modarin semua GAM! tapi ketika tsunami dateng.. selamatkan dulu semua yg bisa diselamatkan!
setelah tsunami beres.. ada GAM yg berulah... modarin lagi dah ga pake lama!
Diubah oleh khayalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ubiha12 dan 13 lainnya memberi reputasi
11 3
8
Lihat 1 balasan
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:55
Quote:Original Posted By biawak.pink
kek gak tau aja dimari banyak yang mendadak pakar..

sebentar jadi pakar intelijen
sebentar jadi pakar perminyakan
sebentar jadi pakar militer
sebentar jadi pakar virologi
sebentar jadi pakar agama
sebentar aja sih pakarnya..
yang lama ngotot dan ngeyelnya..


Pakar Rudal..... Jangan lupa
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan biawak.pink memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:57
Inget azab inget Sinetron.



emoticon-Big Grin emoticon-coffee
profile-picture
profile-picture
MrJeffBezos dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Lapor Hansip
28-01-2020 08:58
Balasan post ranttalker
Emang ada nampak post di kaskus etnis tionghua yg bangga sama Tiongkok??
profile-picture
profile-picture
kepinep16 dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 08:59
Quote:Original Posted By Chandra757
Emang ada nampak post di kaskus etnis tionghua yg bangga sama Tiongkok??


bantu jawab...

di trit natuna.. ada..

entah beneran wni keturunan, entah cuma ngaku2 doangan..

Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab

emoticon-shakehand
Diubah oleh khayalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Lapor Hansip
28-01-2020 09:00
Balasan post ranttalker
prettttt.....

indonesia negara paling korup ....
gak usah ngomong soal cinta NKRI
jelas jelas korupsi bikin negara ancur
dari pada ngurusin natuna.ngurusin duit negara aja pejabatnya gak ada yang jujur dan beramanah.....jadi gw geli denger pejabat ngomongin natuna....
apalagi kalau onta kw dungu babu arap 212 ngomongin azab azaban.....
duit jamaah aja berani di tilep
apa kagak takut dosa???

ya elahh negara gw ancur amat emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 09:02
Bersyukur masih ada orang2 waras yg masih bisa memilah2 kasus.ga kaya di sumbar2 dan kadrun2 kebanyakan
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Lapor Hansip
28-01-2020 09:04
Balasan post khayalan
Quote:Original Posted By khayalan


bantu jawab...

di trit natuna.. ada..

entah beneran wni keturunan, entah cuma ngaku2 doangan..

Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab

emoticon-shakehand


Kalo generasi 50 tahun keatas adalah yg kek gitu... Tp masa umur segituan ngaskus? Paling nyaru doang
Tetap aja ga nutup kemungkinan memang beneran emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Lapor Hansip
28-01-2020 09:06
Balasan post rgenpeninsula
Quote:Original Posted By rgenpeninsula
prettttt.....

indonesia negara paling korup ....
gak usah ngomong soal cinta NKRI
jelas jelas korupsi bikin negara ancur
dari pada ngurusin natuna.ngurusin duit negara aja pejabatnya gak ada yang jujur dan beramanah.....jadi gw geli denger pejabat ngomongin natuna....
apalagi kalau onta kw dungu babu arap 212 ngomongin azab azaban.....
duit jamaah aja berani di tilep
apa kagak takut dosa???

ya elahh negara gw ancur amat emoticon-Turut Berduka


Pasal hal cinta wilayah sendiri Ama korupsi apa hubungannya ?

Iya kita sepakat korupsi bikin lemah negara. Tapi cinta rumah sendiri ya cinta rumah sendiri.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 09:09
Azab krn studi di negeri atheis?
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Lapor Hansip
28-01-2020 09:09
Balasan post ranttalker
Quote:Original Posted By ranttalker
Pake logika...

Israel bikin tanah Arab kocar kacir puluhan taun aman2 aja. Kaga di azab.

Tapi gua Disni jg ga mau bela image republik komunis cina.

Kasus Natuna keluarin dulu, lu masih mau nyaplok wilayah RI hah?

Gua Warning buat Tionghoa di Kaskus ye, lu warga negara RI lu setianya Ama NKRI. Jgn bangga2in negara lain.

:Batabig


Setuju gan!
Yang ngebangga-banggain negara lain, Amerika kek, Cina kek, Arab kek, Turkiye kek, tapi masih makan dan berak di Indonesia, adalah semunafik-munafiknya manusia emoticon-angry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 09:09
Quote:"Mana ada negara mengorbankan rakyatnya sendiri. Penutupan (kota) ini saja sudah merugikan China," kata Milla.


Di China gak ada ya .. buku yang membahas malapetaka Great Leap Forward?

komunes, gitu looooh ............................... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
akirayamagashi dan lokshin.khushin memberi reputasi
1 1
0
Halaman 1 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia