Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
193
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ec387a2d19523ac7d4bbd/kuliner-pontianak-agan-wajib-coba-saking-enaknya
Pontianak, Kalimantan Barat terkenal dengan makanan khasnya. Wisata pilihan favorit para pelancong ke sana yaitu wisata kuliner. Agan akan menemukan seribu kuliner yang tak ada habis-habisnya untuk dijelajahi. Ke Pontianak mau wisata apa? Ya pasti makanan lah, disini penduduknya doyan makan Gan.  Boleh dibilang karena penduduk di Kota Pontianak cukup beragam, segala jenis Suku Bangsa ngumpul dima
Lapor Hansip
27-01-2020 18:03

Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya

icon-verified-thread
Pontianak, Kalimantan Barat terkenal dengan makanan khasnya. Wisata pilihan favorit para pelancong ke sana yaitu wisata kuliner. Agan akan menemukan seribu kuliner yang tak ada habis-habisnya untuk dijelajahi.



Ke Pontianak mau wisata apa? Ya pasti makanan lah, disini penduduknya doyan makan Gan.  Boleh dibilang karena penduduk di Kota Pontianak cukup beragam, segala jenis Suku Bangsa ngumpul dimari.  

Masing-masing membawa ciri khas terutama dari segi kulinernya. Hampir disetiap sudut kota ada tempat makan yang enak-enak, baik itu yang kaki lima, warung makan, restoran hingga yang gerobakkan juga ga kalah dari segi rasa dan keunikan menu yang ditawarkan.  

Jadi buat wisatawan kek Agan Sista, rugi kalo cuma lihat pemandangan aja, kita pun bingung mo ngajak kemana kalo Agan kesini,  soalnya ga ada Monas atau Taman Mini hehe ... Kalo ke Mall juga, biasa lah paling KFC atau Pizza Hut yang di kota Agan pasti ada. Ga usah lama-lama, yuk simak menu yang paling dikangenin orang Pontianak kalo pas lagi merantau.

Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
1.     Bubur Pedas

Makan ini termasuk makanan berat Gan, walau namanya Bubur dijamin ini bikin kenyang, karena pasti bikin nambah and nambah lagi hehe. Bubur Pedas aslinya berasal dari suku melayu  Sambas.  Menu ini biasa ditemukan saat bulan Ramadhan disajikan saat waktu berbuka. Sekarang di Potianak pun sudah banyak warung kaki lima yang menawarkan menu Bubur Pedas. 

Dari namanya Agan pasti mikir ni bubur pasti pedas banget, nyata nya ga begitu Gan. Rasa pedasnya berasal dari lada yang telah disangrai,  pedasnya pun tidak berlebihan, hanya meninggalkan sedikit rasa pedas saja di lidah. Bubur ini lumayan berbeda dengan bubur yang biasa dijumpai di kota-kota Agan. 

Bubur pedas khas Sambas terbuat dari beras yang ditumbuk hingga halus kemudian dioseng, dicampur dengan sayur-sayuran yang lumayan banyak, seperti pakis, kangkung, jagung, ubi rambat, kacang panjang, kecambah, gambas, labu air, dan wortel ikut dimasukkan secara bersamaan ketika bubur sedang dimasak, sebagai pelengkap, bubur ini disajikan dengan ikan teri goreng dan kacang tanah yang ditambahkan di atas bubur pedas sebagai toping.

Uniknya lagi Bubur Pedas akan menguarkan wangi khas yang berasal dari daun kesum dan  daun kunyit yang dirajang sampai halus kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Banyaknya campuran rempah dan sayuran yang diolah secara bersamaan, menjadikan bubur ini dianggap mengandung banyak nilai gizi.
 
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
2.     Chai Kwe

Dari namanya Agan sudah pasti tahu bahwa ini kuliner chinese, hanya saja karena mayoritas penduduk pontianak adalah muslim maka Chai Kwe ini sudah dimodifikasi menggunakan bahan halal dalam pengolahannya. Selain Chai Kwe masih banyak menu khas chinese lain yang diolah secara halal, bahkan penjualnya pun tak hanya orang chinese tapi orang Melayu pun sudah banyak yang memproduksi beragam chinese food ini sehingga dapat menjadi menjadi pilihan bagi pelanggan hendak membeli ke warung mana. 

Oke Gan, sepintas kalo dilihat Chai Kwe ini mirip dengan pastel atau korket ya,  bedanya dari cara pengolahannya Gan, jika pastel digoreng maka chai kwe ini dikukus. Kulit luarnya yang lembut efek dikukus menyempurnakan isian dalam nya yakni tumisan bengkoang yang ditemani ebi sebagai pelengkap cita rasa yang nikmat. Tak lupa cocolan cabe segarnya yang bikin lidah AganSista bergoyang ceria.  Selain bengkoang variasi isian lain seperti daun kucai, jagung, kacang kedelai dan ubi rambat bisa Agan coba dan tak kalah enaknya.

 Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
3.     Mie Tiaw

Agan mungkin tahu ya menu yang satu ini. Makanan chinese yang satu ini memang sangat enak dan layak diburu. Hampir semua warung yang menyajikan Mie Tiaw di kota pontianak ini memberikan cita rasa yang super. Walau ada versi Melayu nya dari segi rasa dan kelengkapan sajian hampir tak jauh berbeda. 

Mie tiaw terdiri dari mie putih lebar yang di tumis goreng dengan porongan daging, sayur sawi dan kecambah. Agan juga bisa menikmati dengan paket komplitnya yaitu ada potogan usus, babat dan bakso sapi. Ini salah satu yang paling dikangenin bagi orang Pontianak yang sedang merantau Gan, menurut mereka mie tiaw yang ada di kota lain rada berbeda dari segi bumbu.   

 Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
4.     Mie Sagu

Mie sagu merupakan salah satu kuliner khas suku Melayu di Pontianak. Biasanya makanan ini dicari untuk sarapan pagi. Mie sagu ini lumayan terkenal karena rasanya yang sangat enak dan bisa bikin orang yang mencobanya ketagihan. Gimana ga enak Gan, Mie sagu ini   disajikan dengan kuah kaldu daging sapi plus potongan dagingnya. Kuahnya terasa sangat gurih, mirip kuah bakso gitu lah, tekstur mie sagu sendiri yang kenyal dibanding dengan mi pada umumnya memberikan sensasi yang beda di lidah. Menu ini disajikan dengan sayur kecambah, dan kucai. Sebagai pelengkap yang ga boleh tiada adalah kacang tanah dan teri goreng, taburan bawang goreng dan daun seledri akan menambah sempurna gurihnya Mie Sagu ini. 
 
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
5.     Nasi Goreng  Fatimah

Agan pernah nonton Dian Sastro di film Aruna Dan Lidahnya ? Nah salah satu kota yang dikunjungi Aruna adalah kota Pontianak Gan. Ada satu tempat makan yang memang enak banget nasi gorengnya, kalo ini nasi goreng Khas Suku Madura. Nasi Goreng Fatimah namanya, rempahnya yang gurih dan beda dari nasi goreng biasa disajikan dengan irisan ayam goreng yang dibumbui secara khas juga. 

Di pontianak sendiri nasi goreng Fatimah ini cabangnya sudah banyak Gan. Ga Cuma Fatimah sih namanya tapi ciri khas nya tetap sama. Kenapa beda nama tapi rasa sama? Jadi konon ceritanya Siti Fatimah sebagai owner pertama ga pelit ilmu Gan, sama karyawannya dia bagi resep nasi goreng yang unik ini, lantas jika karyawan itu mau buka warung sendiri ya silahkan, dan terbukti dimanapun berada nasi goreng ini ga ada yang sepi. Bahkan sub merk yang berbeda ini pun sudah buka cabang masing-masing. Hebat ya. So Dian Sastro aja dah nyobain nih, Agan kapan?
 

Gimana  gan, dari semua menu diatas ada yang udah Agan pernah cobain gak? Kalo belum, kuy main ke Pontianak. Badeway menu ini baru sebagian kecil yang unik nya aja gan, silahkan simak menu lainnya di trit ane yang lain. Dijamin belum pernah lihat dan rasain deh. Dan satu lagi bakal ane ulas, menu jajanan khas Pontianak, tapi pasti ada menu yang samanya di tempat Agan. Hanya saja, entah kenapa rasanya kok beda jauuuuuuuhhh... yang pasti kalo kata orang Pontianak sih lebih enak yang di tempat Ane lah hehe. 
 
 
Sumber foto : tribunnews, kompas.com, idnnews, misterpangalayo.com


Diubah oleh NiningMeu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wiwinindah10 dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
27-01-2020 18:06
reversd
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
27-01-2020 18:06
reversd lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
27-01-2020 18:06
mampir gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
27-01-2020 18:07
Nasi goreng patimah emang enak bre. Dan ngantrinya mending bawa baygon dah.


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Katakhoi dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 1 balasan
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
Lapor Hansip
27-01-2020 18:27
Balasan post aquatrium
wah agan ini bener bangeeettt emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
27-01-2020 19:19
ngiler ane, apa daya jauh banget😢
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
27-01-2020 19:24
Ngiker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syrupmaple dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
27-01-2020 19:30
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya

Aku belum pernah ke ponti 😢
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
Lapor Hansip
27-01-2020 19:52
Balasan post sofiyuen
kapan kapan semoga ada rezeki jalan ke sini ya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
Lapor Hansip
27-01-2020 19:54
Balasan post WardahRos
Quote:Original Posted By WardahRos
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya

Aku belum pernah ke ponti 😢


imut banget sih wajah melasnyaaaa emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
Lapor Hansip
27-01-2020 19:54
Balasan post ejawahyuni90
di lap dulu gan ilernya emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
27-01-2020 22:03
Quote:Original Posted By NiningMeu
kapan kapan semoga ada rezeki jalan ke sini ya gan


Aamiin😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
28-01-2020 00:24
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya

Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
28-01-2020 07:10
Pertama nyoba dulu sih nasi telor ayong, puasaw, gile jam 8 dah porsi terakhir, es jeruknya kayak oralit gan wkwkwk kaget ane, lalu ke antasari, kwetiau, ntah kenapa asin banget, pesen es lidah buaya seger beneeer, abis tu pulang, bbrpa waktu kesana lagi buat nikah, bini ane asli sono wkwkwk, jalan2 beli duren, sama ke apollo, manteb kwetiaunya, sama bubur apa ya lupa, asin kasi ikan kecil2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
28-01-2020 11:28
Nasi goreng fatimah. Namanya unik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
28-01-2020 13:13
Quote:Original Posted By NiningMeu
mampir gan


Okey, wah enaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
28-01-2020 13:31
mampir makan ah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
28-01-2020 17:12
Nyam-nyam Gan
Kwe tieu isi benkoang, sehat yah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Kuliner Pontianak Agan Wajib Coba Saking Enaknya
Lapor Hansip
28-01-2020 18:38
Balasan post oryzaym
bubur pontianak gan pake ikan teri, atau bubur ikan ada potongan ikan nya... wah jodohnya orang sini ya gan. agan pasti dimasakin yang enak enak nih mesti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia