Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2bda608d9b176fb60c2282/wahai-netijen-masih-percayakah-kalian-dengan-endorser
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane. :nyepi Dunia memang telah banyak berubah, termasuk dalam hal berpromosi. Jika dulu produk maupun jasa banyak melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik, seiring dengan perkembangan jaman akhir - akhir ini, banyak para pelaku usaha tersebut yang mengalihkan sa
Lapor Hansip
25-01-2020 13:04

Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?

icon-verified-thread
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?

Dunia memang telah banyak berubah, termasuk dalam hal berpromosi. Jika dulu produk maupun jasa banyak melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik, seiring dengan perkembangan jaman akhir - akhir ini, banyak para pelaku usaha tersebut yang mengalihkan sarana promosinya melalui media online, utamanya media sosial.

Bukan sebuah keanehan, karena memang pengguna sosial media saat ini memang menggila. Jumlahnya makin meningkat seiring waktu. Banyaknya orang yang berinteraksi dan lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan media sosial ketimbang koran dan televisi jadi salah satu faktor utamanya. Media sosial yang awalnya sebagai ajang pertemanan, kini berubah fungsi sebagai lahan iklan dan promosi. Di media sosial, mereka ada yang beriklan secara terang - terangan, ada pula yang samar dalam mempromosikan produk maupun jasanya.

Sebagaimana saat beriklan di media elektronik dengan memilih stasiun televisi yang memiliki rating tinggi, mereka tentu akan memilih publik figur (idola) yang punya follower banyak untuk mempromosikan produknya. Dengan jumlah follower yang banyak tersebut, diharapkan produknya akan lebih banyak dikenal. Setelah kenal dan tertarik, mereka akan mau membeli dan menggunakan produk yang juga di pakai oleh sang idola. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, benarkah sang idola benar - benar menggunakan produk tersebut? Ataukah mereka hanya "pura - pura" menggunakan produk demi mendapat bayaran?


Hal ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum. Sebagian besar orang sudah menyadari bahwa sang idola tak benar - benar menggunakan produk yang ia promosikan. Parahnya lagi, mungkin mereka juga tak paham akibat apa yang akan didapat oleh pengguna produk atau jasa yang mereka tawarkan. Misalnya saat beberapa waktu yang lalu polisi dari Polda Jatim memeriksa sejumlah publik figur terkait dengan produk kecantikan abal - abal. Sang publik figur di periksa karena diduga ikut terlibat sebagai endorser produk kecantikan yang belakangan diketahui tak berijin dan mengandung bahan berbahaya.

Menurut pengakuan sang idola, ia sama sekali tak mengetahui bahwa produk yang pernah ia "jual" di akun media sosialnya tersebut ilegal dan mengandung bahan berbahaya. Dari kasus ini membuktikan bahwa sang endorser tak benar - benar mengenal produk yang ia tawarkan. Padahal saat mempromosikan, ia seolah adalah pemakai produk tersebut sehingga membuat kulitnya jauh lebih menarik. Akibatnya, banyak pengikutnya yang percaya dan ikut - ikutan menggunakan produk yang "dipakai" idolanya tersebut.


Dalam kasus lain, ada pula endorser yang merekomendasikan lapak yang menjual gadget dengan harga jauh dibawah harga pasar. Seolah ia juga membeli gadget yang ia pakai dari lapak tersebut. Namun nyatanya, saat ada pembeli yang membeli produk dari lapak tersebut, ia malah mendapati barang yang tak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Sekali lagi ini membuktikan bahwa banyak endorser yang tak peduli dengan keamanan serta kenyamanan para calon konsumen yang merupakan follower-nya. Ia hanya peduli dengan bayaran yang akan ia terima jika mempromosikan produk lewat akun medsosnya.


Seorang endorser terkenal, Tasya Farasya bahkan pernah memposting sindiran yang ditujukan untuk rekan sesama endorser yang "asal" dalam menerima endorse produk kecantikan. Ia mengungkap bahwa seringkali para selebgram menerima produk pemutih palsu, behel murah, bahkan produk pelangsing yang belum jelas khasiat dan keamanannya. Ia tak tedeng aling - aling menyebut bahwa apa yang disebut mereka sebagai "produk langganan dan murah banget" tersebut bisa menyebabkan penyakit kronis, bahkan hingga kematian. Ia menghimbau agar teman - teman sesama endorser untuk lebih berhati - hati dan menggunakan hati saat menerima pesanan endorse. Jangan hanya karena uang, lalu mengabaikan keamanan calon konsumennya.

Ini juga membuktikan bahwa masih ada endorser jujur yang masih obyektif dalam me- review produk, serta tak mudah tergiur dengan bayaran dari pemberi order endorse jika memang produk yang di tawarkan belum jelas manfaat serta efeknya. Fenomena endorse ini sebenarnya tak lebih seperti tawaran dari penjual obat dipasar. Ada penjual yang jujur dan punya hati nurani. Tapi juga banyak penjual obat yang lebih peduli dengan keuntungan yang ia dapat, tanpa mempedulikan efek yang akan di dapat konsumennya. Sekarang kembali lagi ke diri kita masing - masing, dengan gambaran seperti diatas, masihkah Gansis percaya dengan endorser?



Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?

Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini, Ini




Jangan Di Scan..

Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?



profile-picture
profile-picture
profile-picture
efichelsea dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 13:04
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
PertamaxforTS

Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
0 0
0
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 13:05
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?

Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
0 0
0
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 13:15
mau diendorse dong emoticon-Malu (S)
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 13:37
ya memang begitu endorse endorse mah yang penting cuan

Untuk klean klean yang mau putih atau glowing atau apalah mohon lebih selektif lagi terkait produknya jangan asal murah sama asal yang endorse artis bla bla.

Disyukuri saja apa yang ada , ga usah berlebihan pake skincare .
Mustahil kalau klean pake skincare endorse muka atau body klean seperti artis artis yg klean bayangkan

Sekian dan terima kasih
Mohon maap rada ngawur

Salam dunia persilatan

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Can354dra dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 13:59
Quote:Original Posted By TvMerah95
mau diendorse dong emoticon-Malu (S)


Mau di dendos produk apa nih?

emoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By RastAVArianA
ya memang begitu endorse endorse mah yang penting cuan

Untuk klean klean yang mau putih atau glowing atau apalah mohon lebih selektif lagi terkait produknya jangan asal murah sama asal yang endorse artis bla bla.

Disyukuri saja apa yang ada , ga usah berlebihan pake skincare .
Mustahil kalau klean pake skincare endorse muka atau body klean seperti artis artis yg klean bayangkan

Sekian dan terima kasih
Mohon maap rada ngawur

Salam dunia persilatan

emoticon-Ngakak


Bener nih..
Mustahil pake skin care doang langsung putih kyk artis..
0 0
0
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 14:11
Endorser : asal lapak gw larissss

Nyari duit emang kejam yesss emoticon-Najis
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 15:11
mungkin seharusnya ada payung hukum untuk masalah periklanan di media sosial yak
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 15:17
Endors emang menggiurkan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
RastAVArianA dan powerpunk memberi reputasi
2 0
2
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 15:32
Iya ngeselin emang kalo produk udah diendorse sama artis dan artisnya main comot semua tanpa seleksi emoticon-Hammer2
Mereka kan ga mentingin kerugian dari itu, yang penting dapet untung aja sikat semuanya ,makanya kita aja nih gan yang harusnya lebih smart kalo mau beli online online anemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Can354dra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 15:45
idealnya artis yang diendorse itu harus tau produknya aman apa nggak, jadi harus tanggung jawab dan nggak lepas tangan kalo ada masalah...

ama jangan bokis, terutama yang kosmetik" gitu.. ngaku pake endorsean murah padahal perawatan dia yang premium emoticon-Angel
Diubah oleh sedotninja
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 15:46
kembali ke kita nya aja sebagai konsumen
harus jadi smart buyer emoticon-Big Grin
iklan dari dulu sampai skrg sama aja kok
cuman kemasan nya aja yg berbeda emoticon-Cendol (S)
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 16:23
ya namanya juga orang promosi, tergantung kitanya sebagai konsumen harus pinter-pinter nyari produk yang bakal kita pakai/beli biasain bca review produk sblm memutuskan bakal beli atau enggaknya
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 16:30
jangan beli produk pemutih sembarangan, nanti kalian jadi tembok
profile-picture
profile-picture
herans dan powerpunk memberi reputasi
2 0
2
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 17:11
Quote:Original Posted By mayaaaaaa
jangan beli produk pemutih sembarangan, nanti kalian jadi tembok


Pemutih kan buat baju tauemoticon-Bingung
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 17:32
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 17:44
kalau ane sih ga pernah percaya endorse. sering lihat makanan yang dipuji2 enak padahal kenyataannya ga enak, trus resto yang makanannya kelihatan bagus, banyak, dllsb tapi kenyataannya beda, makanya sejak itu ga pernah percaya endorse, paling hanya sekedar lihat dan tau saja tapi ga mau tertipu. apalagi banyak juga beredar kosmetik yang ilegal atau bahkan terlalu dilebih2kan iklannya, juga ada produk kesehatan seperti produk gigi/behel yang ga dilakukan oleh profesional malah bikin rugi konsumen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ridzki.bjibun dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 17:44
Tergantung endorsernya sih, sekarang banyak endorser yang asal nerima barang untuk dipromosikan itu malah ane ga tertarik, tapi kalo udah dikurasi itu baru lebih meyakinkan
profile-picture
profile-picture
ridzki.bjibun dan powerpunk memberi reputasi
2 0
2
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 20:11
ane kaga percaya gan. krana ane kaga pernah liat artis IG promo .. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
herans dan powerpunk memberi reputasi
2 0
2
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 22:06
emng ga salah para seller pake endors buat meningkatkan penjualan produknya, tp ya pinter2 kita aja milih produk yg mau kita beli emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hary999 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Wahai Netijen, Masih Percayakah Kalian Dengan Endorser?
25-01-2020 23:55
berhubung ane pernah kerja jadi marketing. ane ud kebal sama bahasa marketing, kata-kata manis, rayuan, diskon, promo, dan segala bullshit lainnya.

ane hanya beli sesuatu ketika fiturnya sesuai kebutuhan dan rasio harganya masuk akal
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia