Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2958d165b24d500c4fbd50/peraturan-bersepeda-motor-diperketat-darin-antisipasi-yang-masuk-akal-hingga-nyleneh
Jika penumpang sepeda motor lebih dari dua orang, salah-satunya anak kecil, masih dapat ditelorir. Namun kini peraturan bersepeda motor hanya boleh membawa penumpang satu orang semakin diperketat alias tanpa ada pengecualian.
Lapor Hansip
23-01-2020 15:26

Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Dari Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh



Heboh pasal bersepeda motor dengan membonceng penumpang lebih dari satu, sungguh membuat digdugdug. Tapi ini memang sesuai undang-undang  lalu lintas nomor 22 tahun 2009 pasal 109 ayat 9 yang berbunyi “Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor tanpa kereta samping dilarang membawa penumpang lebih dari satu orang”. Bila melanggar, pada pasal 292 dijelaskan, terancam pidana kurungan maksimal satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. 


Hal tersebut sudah dimafhumi bersama. Sejak terbitnya undang-undang tersebut, orang tidak lagi berani membawa penumpang lebih dari satu orang. Hanya saja di lapangan ada pengecualian, jika  penumpang sepeda motor lebih dari dua orang, salah-satunya anak kecil, masih dapat ditelorir.

Tapi kondisi demikian pada saat ini tidak lagi bisa ditolelir. Peraturan bersepeda motor hanya boleh membawa penumpang satu orang semakin diperketat alias tanpa ada pengecualian. Lalu bagaimana dengan kita yang memiliki keluarga, memiliki satu anak, atau keluarga berencana dengan dua anak? Pasti pusing tujuh keliling. Apalagi bagi mereka yang anaknya lebih dari tiga. Bayangan denda Rp. 250.000,- / kurungan maksimal satu bulan itu, jelas membuat stress.

Lalu apa yang mungkin menjadi antisipasi pengendara roda dua atas persoalan ini?

1.Naik Angkutan Umum

Ini memang trik yang harus diambil bagi kita yang minus uang. Tapi dengan resiko harus tertib aturan. Artinya, aturan pengemudi angkutan umum. Jadi siap-siap saja bila ditransit ke angkutan umum lain karena tinggal keluarga kecil kita yang jadi penumpang. Plus harus sabar hati karena berhimpit-himpitan dengan penumpang lain.

Selain itu kita juga harus siap mengeluarkan ongkos dobel. Ketika naik sepeda motor, mungkin hanya butuh Rp. 10.000,-  untuk membeli BBM. Dengan uang sejumlah itu sudah cukup untuk biaya pulang-pergi.

Mungkin bila naik angkutan umum, kita harus menyiapkan kocek Rp. 20.000,- untung ongkos pulang-pergi. Atau bila ingin lebih rileks, sang suami berangkat naik sepeda motor dan anak-istri menumpang angkutan umum, tapi dengan biaya sama-sama Rp. 20.000,- Nah, bagaimana dengan kita yang harus dua-tiga kali ganti angkutan umum hingga tiba di lokasi tujuan?

2.Kredit sepeda motor

Kondisi ini adalah alternatif lain bagi kita yang memiliki keluarga kecil atau berencana. Tiba saatnya menyiapkan iuran bulanan untuk kredit sepeda motor.

Kondisi  menjadi tidak memungkinkan bagi kita yang memiliki anak lebih dari dua. Bisa saja ada rencana mau mengkredit motor tambahan hingga dua unit agar semua penumpang tertampung, tapi siapa pengendara sepeda motor yang ketiga (jika anak masih baseta alias di bawah sepuluh tahun)?


3.Kredit mobil

Nah, ini pilihan yang tepat bagi keluarga besar. Jadi semua penumpang terangkut sekali jalan. Tapi yang jadi masalah apakah koceknya juga terangkut. Maksud ane duit bayar kreditnya sanggup nggak? Alih-alih baru dua bulan kredit, mobil sudah ditarik dealer karena karena kredit macet.

4. Sistem ngedrop

Sistem yang satu ini memang cukup melelahkan, tapi cukup aman dijalankan.  Maksudnya sang suami ngedrop istri dulu ke tempat tujuan. Setelah itu baru menjemput anak. Bila anaknya lebih dari satu, misalnya dua orang tentu butuh dua setengah putaran. Itu perginya saja, ditambah pulang menjadi lima putaran. Nah kalau anak lebih dari dua?

5.Sistem bunglon

Sistem bunglon ini mungkin yang paling banyak dipilih orang, meski  terlihat agak nyeleneh. Yakni ketika ada petugas, maka satu per satu penumpang  diseberangkan  ke lokasi minus petugas. Selanjutnya, kembali melanjutkan perjalanan.

Atau bisa jadi maling jalan tikus  yang tidak ada petugasnya. Pokoknya apa saja dijabanin.

Oke, selamat menikmati peraturan berlalulintas yang diperketat, ya.

---

 


Diubah oleh RifanNazhif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
S.e.m.e.d.i dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
23-01-2020 15:51
Kredit motor itu sudah vias
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
Lapor Hansip
23-01-2020 16:02
Balasan post erina79purba
Quote:Original Posted By erina79purba
Kredit motor itu sudah vias


Waduh, kelupaan 1, naik ojek online. Tapi ribet mau ngedit lagi, aku ngetik emoticon-Hammer2 di web.
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
23-01-2020 17:17
klo deket pasti pusing.. satu"nya lewat jalan tikus. klo pulang kampung/mudik.. pasti rame kan nah masak harus modif motornya dipakein gerobak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Cape d...
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
23-01-2020 18:53
mgkn udh bingung cara dapet penghasilan lebih....
skrg kalo punya anak umur balita gmn...
terus kudu pergi...
tuh anak nunggu dirumah dulu baru di jemput lagi...
luar biasa sekali bapak" yg buat undang" Saking udh bingung nya cari car buat undang" baru
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
23-01-2020 21:34
Naik awan ja
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 00:04
kalau ane sih emang pengguna sepeda motor banget.. tapi ya emang nggak pernah boncengin orang ampe boti gitu sih
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 08:06
Kapan ini diberlakukan?
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 08:13
Kalo gw mah Pesen Ojek Online aja.
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 13:49
Quote:Original Posted By vallkrie
klo deket pasti pusing.. satu"nya lewat jalan tikus. klo pulang kampung/mudik.. pasti rame kan nah masak harus modif motornya dipakein gerobak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Cape d...


Hehe, mungkin harus pakai motor barang kaisar.
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 17:29
Quote:Original Posted By dj.robo
mgkn udh bingung cara dapet penghasilan lebih....
skrg kalo punya anak umur balita gmn...
terus kudu pergi...
tuh anak nunggu dirumah dulu baru di jemput lagi...
luar biasa sekali bapak" yg buat undang" Saking udh bingung nya cari car buat undang" baru


Undang2 sih sudah lama. Tapi dulu anak bawah sepuluh tahun masih boleh.Ini balita juga nggak boleh. Memang kondisi membonceng balita kelihatan tak aman. Tapi susah juga kalau ketangkap harus denda, paling nggak ujungnya uang damai 50 ribu.
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 17:31
Quote:Original Posted By hvzalf
Naik awan ja


Ujungnya pungli deh.
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 17:34
Quote:Original Posted By ujellyjello
kalau ane sih emang pengguna sepeda motor banget.. tapi ya emang nggak pernah boncengin orang ampe boti gitu sih


Kalau mudik lebaran apalagi dari Jakarta, gimana yak.
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 17:39
Quote:Original Posted By evihan92
Kapan ini diberlakukan?


Dari dulu (2009) udah berlaku. Masalahnya satu dua minggu ini membawa penumpang lebih dari satu, meskipun tambahan penumpangnya balita, kabarnya akan ditindak juga. Sekarang ane pakai 2 motor. Untung motor butut 2004 belum dilego.
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 17:42
Quote:Original Posted By cuhid
Kalo gw mah Pesen Ojek Online aja.


Cuma kalau sampai 10 km, bisa 30 sampa 40 ribu sekali jalan. Nah kalau gerimis atau hujan lebat bisa 60 ribuan.
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 18:05
beli motor tossa aja trus dibelakang dimodif pake jok mobil
emoticon-Traveller
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 18:05
Quote:Original Posted By RifanNazhif
Cuma kalau sampai 10 km, bisa 30 sampa 40 ribu sekali jalan. Nah kalau gerimis atau hujan lebat bisa 60 ribuan.


Kalo gw pribadi sih, kalo jalan jauh mending naik commuter
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 19:25
Quote:Original Posted By RifanNazhif
Undang2 sih sudah lama. Tapi dulu anak bawah sepuluh tahun masih boleh.Ini balita juga nggak boleh. Memang kondisi membonceng balita kelihatan tak aman. Tapi susah juga kalau ketangkap harus denda, paling nggak ujungnya uang damai 50 ribu.


ya mudah"an ada solusi nya, karna saya ada anak balita...
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 19:56
yuk aahhh dengan atau tanpa adanya peraturan memang seharusnya berkendara tuuhhh mementingkan keselamatan loocchhh bukan untuk siapa siapa kookk tapi untuk diri sendiriii
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 20:56
ajegilee
0 0
0
Peraturan Bersepeda Motor Diperketat, Darin Antisipasi Yang Masuk Akal Hingga Nyleneh
24-01-2020 23:55
sekarang ketat banget ya, baiknya si gitu biar aman. kalau jaman dulu mah aman-aman aja boncengin anak di depan sati, dibelakng satu terus sama ibunya. yah solusinya emang agak ekstra si buat ngeluarin budget lebih.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia