News
Batal
KATEGORI
link has been copied
109
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e29208082d49524e76a3bee/subsidi-gas-melon-masih-diperlukan
Subsidi energi terdiri dari subsidi BBM, Listrik, dan yang lagi rame belakangan ini subsidi gas elpiji 3 kg.Faktanya subsidi itu masih dibutuhkan, pemerintah harus memastikan harga-harga yang dikonsumsi secara luas dan dampak kenaikan harganya sistemik harus tetap di kontrol dan disubsidi pemerintah.
Lapor Hansip
23-01-2020 11:26

Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan


Subsidi adalah bentuk bantuan keuangan yang dibayarkan kepada individu, kelompok bisnis tertentu atau sektor ekonomi.Sebenarnya subsidi itu memiliki banyak arti, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,subsidi berarti bantuan uang dan sebagainya kepada kelompok tertentu bisa yayasan dan sebagainya biasanya dari pemerintah.

Menurur Milton dan Orley dalam bukunya Contemporary Economics, subsidi adalah pembayaran yang dilakukan pemerintah kepada perusahaan atau rumah tangga untuk mencapai tujuan tertentu yang membuat mereka memproduksi atau mengkonsumsi suatu produk dalam kuantitas yang lebih besar atau dalam harga yang lebih murah.

Secara ekonomi tujuan subsidi adalah untuk menambah output atau menguramgi harga.
Subsidi juga dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk pengeluaran pemerintah, atau bisa juga disebut sebagai pajak negatif.

Pajak negatif ini diharapkan kedepannya akan menjadi stimulan bagi penerima untuk menambah pendapatannya secara riil apabila mereka memgkonsumsi atau membeli barang-barang yang di subsidi pemerintah dengan harga yang lebih murah.

Subsidi atau bisa juga disebut subvensi  dapat dibedakan menjadi dua bentuk, Yaitu:
Subsidi dalam bentuk uang atau cash transfer. Dan subsidi dalam bentuk barang atau subsidi innatura (inkind subsidy)
Sebagai bentuk  bantuan atau kontribusi, subsidi dapat memiliki beberapa bentuk yang berbeda diantaranya 

Pertama, penyerahan dana secara langsung seperti hibah, pinjaman dan penyertaan, pemindahan dana atau jaminan langsung atas utang.
Kedua, hilangnya pendapatan pajak pemerintah atau pembebasan biaya fiskal tertentu.
Ketiga, penyediaan barang atau jasa  di luar prasarana umum atau pembelian barang.
Keempat, pemerintah melakukan pembayaran pada mekanisme pendanaan atau memberikan otorisasi kepada suatu badan swasta untuk melaksanakan tugas pemerintah dalam hal penyediaan dana.
Kelima, semua bentuk income atau price support dapat juga dikategorikan sebagai subsidi jika bantuan tersebut menimbulkan keuntungan.

Nah, apabila kita menilik cara pandang terhadap penerapan subsidi, ada dua cara pandang yang dominan.
Inilah yang kadang menjadi sumber perdebatan dalam menyikapi bantuan yang diberikan pemerintah ini.
Cara pandang pertama, menganggap subsidi tanpa mengeluarkan biaya sehingga disebut profit loss. 

Kedua, menganggap subsidi sebagai mengeluarkan biaya sehingga disebut cost lost. Lantas bedanya apa? 
Begini, jika kita memakai pendekatan profit loss subsidi akan dipandang sebagai selisih antara harga jual dan harga pokok yakni keuntungan atau laba.

Nah laba atau keuntungan inilah yang diambil alih dalam bentuk subsidi oleh pemerintah. Tapi apakah kemudian produsen itu menjadi rugi ya enggak lah karena selisihnya dibayar pemerintah.
Sedangkan pada pendekatan cost lost, harga jual tidak ditetapkan berdasarkan harga pokok tetapi berdasarkan harga pasar

Subsidi dalam pendekatan ini dipandang sebagai selisih antara harga pasar dan harga jual produsen saat ini.
Dakam pendekatan ini, produsen memandang selisih harga ini sebagai biaya.

Lantas apa sih dampak positif kebijakan pemberian subsidi ini selain tentu saja membuat harga jual lebih rendah dan terjangkau oleh golongan masyarakat berpendapatan rendah.

Ya, bagi pemerintah pertumbuhan ekonomi yang menjadi salah satu ukuran keberhasilan sebuah pemerintahan, akan tumbuh secara berkualitas.
Dan bagi produsen output menjadi lebih tinggi dan mereka bisa mencetak profit yang otomatis menghindari kebangkrutan.

Ada dampak positif tentu akan ada dampak negatif juga, dampak negatif pemberian subsidi antara lain.
Akan menciptakan alokasi sumber daya yang tak efesien. Dengan harga murah murah konsumen akan cenderung boros dalam mengkonsumsi barang yang disubsidi tersebut. 

Kemudian, akan menciptakan distorsi harga apalagi jika subsidi itu diberikan hanya untuk alasan-alasan politik yang populis.Atau bisa saja ternyata subsidi itu tidak tepat sasaran yang dinikmati oleh pihak yang tak seharusnya mendapakan subsidi tersebut.

Subsidi juga bisa membuat pasar menjadi terganggu, yang berdampak pada ekonomi biaya tinggi.
Dalam kasus barang substitusi bisa juga membuat pihak lain produsen barang dirugikan.
Jika dalam kondisi ideal, subsidi itu lebih layak buat dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Namun, kondisi ideal itu masih jauh lah dari situasi ekonomi Indonesia saat ini, makanya subsidi masih sangat diperlukan.Saat ini beberapa komoditas baik barang dan jasa memang masih disubsidi pemerintah Indonesia.

Baik subsidi energi maupun non energi. Subsidi pertanian yang di dalamnya ada harga pupuk, benih, dan pangan.Subsidi bunga kredit, Publik Service Obligation (PSO) seperti buat transportasi. Dan subsidi pajak berupa tax heaven atau pengurangan pajak untuk kebutuhan stimulasi investasi, dikategorikan ke dalam subsidi non energi.

Subsidi energi  terdiri dari subsidi BBM, Listrik, dan yang lagi rame belakangan ini subsidi gas elpiji 3 kg.Faktanya subsidi itu masih dibutuhkan, pemerintah harus memastikan harga-harga yang dikonsumsi secara luas dan dampak kenaikan harganya sistemik harus tetap di kontrol dan disubsidi pemerintah.

Tak mudah memang mengatur semua subsidi itu agar seimbang dan tepat sasaran. Pemerintah juga harus mengatur timingnya yang tepat, tak bisa juga seperti sekarang yang menaikan berbagai tarif dalam tahun anggaran yang sama.

Boleh lah mencabut subsidi atau apalah namanya mengalihkan agar tepat sasaran. Tapi harus dilihat pula kondisi masyarakat terkini.Rencana pencabutan atau pengalihan subsidi elpiji 3kg itu akan menuai kegaduhan, dalam situasi masyarakat harus merasakan berbagai kenaikan tarif dan iuran yang lain.
Iuran BPJS bagi peserta mandiri dengan besaran berlipat seperti itu bisa meredupkan ekonomi rumah tangga.

Belum lagi tol, harga jual eceran rokok, tarif tol dan beberapa tarif lain. Benar-benar akan membuat masyarakat mengurangi spendingnya. Akhirnya pertumbuhan ekonomi akan melambat.
Jika pun alasan pemerintah menngalihkan subsidi elpiji 3 kg itu menjadi lebih tepat sasaran. Yakinkah akan benar-benar tepat sasaran?

Skemanya seperti apa tentu saja sudah ditetapkan pemerintah, namun kenyataan dilapangan tak akan seindah dalam konsep. Lebih baik tunda saja, alihkan waktunya menjadi tahun depan misalanya, setelah masyarakat bisa beradaptasi dengan kenaikan-kenaikan tarif atau iuran yang berderet tahun ini.


Diubah oleh Fery.W
profile-picture
profile-picture
profile-picture
S.e.m.e.d.i dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 11:34
Subsidi harus tepat sasaran
0 0
0
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 11:49
subsidi bagi rakyat kismin ndak ada yg ndak perlu, emoticon-Marah kampret, masih dibahas lagih acara kek gt
profile-picture
hakiym.mubarok memberi reputasi
1 0
1
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 12:25
mau gimana lagi
meningkatkan ekonomi gk mampu padahal negara butuh uang
terpaksa subsidi dikurangi
Diubah oleh YauAreRocks
profile-picture
isabela1234 memberi reputasi
1 0
1
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 12:41
Kasihan pedagang kecil klo di cabut subsidinya....ke pedagang mie ayam grobak atau tukang bakso
profile-picture
Mandalorian memberi reputasi
1 0
1
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 14:31
Subsidi gas dicabut, duitnya mau dipake untuk bagi-bagi proyek bangun jalan tol emoticon-Leh Uga
0 0
0
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:31
Yes setuju masih dibutuhkan
Tetapi harus tepat sasaran, kebanyakan sekarang orang kaya pun pakai gas ini
0 0
0
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:34
bakal gak tepat enih emoticon-Lempar Bata
profile-picture
Mandalorian memberi reputasi
1 0
1
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:43
ngakunya kurang mampu, tapi dirumahnye ada motor 2 emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isabela1234 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:45
sorry kepencet
0 0
0
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:47
Quote:Original Posted By ladahitam46
Kasihan pedagang kecil klo di cabut subsidinya....ke pedagang mie ayam grobak atau tukang bakso


Nanti imbas nya ke rakyat kecil juga yg beli tuh makanan jadi naik harga nya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:48
gimana caranya biar itu slogan tepat sasaran?
0 0
0
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:54
ane dirumah juga pake gas ini, malah kayanya satu rt pake gas tabung ijo semua emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:55
stuju dicabut...
uda ga bener nih lpg 3kg yg beli org2 pake mobil smua...
sama aja kaya premium...
bikin antrian panjang dg mobil bagus2 eh malah premium smua...
yg angkot malah pertalite...
hapus aja smua subsidi itu...
yg kaya malah tambah kaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keyzooo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 20:56
Batasi distribusinya cuma di pangkalan2 yg ditunjuk pemerintah
Yg boleh beli pake harga subsidi hanya kalangan gak mampu
profile-picture
yunda.me memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 21:00
sangat-sangat tidak tepat sasaran.
ya kali Rumah Makan masih pake melon. mana sekali dateng diatas 5 biji.


emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 21:00
subsidi memang sangat dibutuhkan buat rakyat yang tidak mampu
so, pelaksanaannya juga harus tepat sasaranlah ya
dan pengawasannya juga harus ketat
pastikan yang dapat orang yang tidak mampu juga
0 0
0
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
Lapor Hansip
23-01-2020 21:01
Balasan post yunda.me
iya nih
aku juga masih sering lihat
banyak rumah makan yang pakek gas melon
semoga sistemnya lebih bisa tepat sasaran
0 0
0
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
Lapor Hansip
23-01-2020 21:02
Balasan post bogreeek
mungkin pada banyak yang belum tahu kalo melon itu memang diperuntukkan buat yang tidak mampu
lah sekarang yang dijual di warung-warung aja melon kok
ya kita mampu apa gak, mau gak mau beli yang itulah
profile-picture
Mandalorian memberi reputasi
1 0
1
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 21:03
Hafusnya masih di subsidi sih memang si melon
cuman gimana caranya spy yepat sasaran
0 0
0
Subsidi Gas Melon Masih Diperlukan
23-01-2020 21:05
Quote:Original Posted By juhii99
iya nih
aku juga masih sering lihat
banyak rumah makan yang pakek gas melon
semoga sistemnya lebih bisa tepat sasaran


Nah itu bray, kadang ya penjualnya juga kudu di tindak.

Di toko kecil desa-desa yg seharusnya kudu terjaga suplynya kadang sering kehabisan.
Kan kasian.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia