News
Batal
KATEGORI
link has been copied
66
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e29000ec9518b369d2b4d0d/dianggap-kalah-dari-kejagung-dalam-mengungkap-kasus-jiwasraya-ini-pembelaan-ojk
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mempertanyakan tugas penyidik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak mampu mengungkap kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Sementara penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) hanya dalam waktu beberapa bulan berhasil menetapkan tersangka Jiwasraya.
Lapor Hansip
23-01-2020 09:08

Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK

Past Hot Thread


Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
ILUSTRASI. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. DPR mempertanyakan tugas penyidik OJK yang tidak mampu mengungkap kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.
Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mempertanyakan tugas penyidik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak mampu mengungkap kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. 
Sementara penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) hanya dalam waktu beberapa bulan berhasil menetapkan tersangka Jiwasraya.

“Saya baca pasal Undang-undang OJK, regulator punya kewenangan melakukan penyidik seperti penegak hukum. Tapi kenapa Kejagung yang melakukannya [mengungkap Jiwasraya] bukan penyidik OJK,” Anggota DPR Komisi XI Mukhamad Misbakhun di gedung DPR, Jakarta, Rabu (22/1).



Sebagai pengawas industri asuransi, seharusnya OJK mengetahui lebih banyak terkait kasus Jiwasraya. Terlebih, pemain asuransi rutin menyampaikan laporan keuangan ke regulator setiap bulan hingga per tahun.


“Saya bingung, bagaimana upaya penegakan hukum dari penyidik OJK. Sebagai lembaga pengawas yang mengerti secara teknikal tapi tidak bisa mengungkap, apakah ada tahapan pengawasan yang tidak diikuti OJK,” tanyanya.


Hal ini mengindikasikan ada kelengahan regulator dalam mengawasi industri asuransi. Padahal selama ini para pemain di sektor jasa keuangan telah memberikan uang pungutan secara rutin untuk menopang kinerja OJK.

“Kenapa kejaksaan bisa ungkap Jiwasraya, berarti ada kelonggaran dan kelalaian dalam pengawasan,” ujar Anggota DPR Komisi XI Rudi Hartono Bangun.


Tak mau disalahkan, OJK membela diri. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso membenarkan pihaknya memiliki penyidik sendiri. Dalam proses penyidikan tersebut, tim penyidik OJK telah menemukan beberapa masalah dalam pengelolaan dana di Jiwasraya.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mempertanyakan tugas penyidik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak mampu mengungkap kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. 
Sementara penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) hanya dalam waktu beberapa bulan berhasil menetapkan tersangka Jiwasraya.

“Saya baca pasal Undang-undang OJK, regulator punya kewenangan melakukan penyidik seperti penegak hukum. Tapi kenapa Kejagung yang melakukannya [mengungkap Jiwasraya] bukan penyidik OJK,” Anggota DPR Komisi XI Mukhamad Misbakhun di gedung DPR, Jakarta, Rabu (22/1).

Sebagai pengawas industri asuransi, seharusnya OJK mengetahui lebih banyak terkait kasus Jiwasraya. Terlebih, pemain asuransi rutin menyampaikan laporan keuangan ke regulator setiap bulan hingga per tahun.

“Saya bingung, bagaimana upaya penegakan hukum dari penyidik OJK. Sebagai lembaga pengawas yang mengerti secara teknikal tapi tidak bisa mengungkap, apakah ada tahapan pengawasan yang tidak diikuti OJK,” tanyanya.

Hal ini mengindikasikan ada kelengahan regulator dalam mengawasi industri asuransi. Padahal selama ini para pemain di sektor jasa keuangan telah memberikan uang pungutan secara rutin untuk menopang kinerja OJK.

“Kenapa kejaksaan bisa ungkap Jiwasraya, berarti ada kelonggaran dan kelalaian dalam pengawasan,” ujar Anggota DPR Komisi XI Rudi Hartono Bangun.

Tak mau disalahkan, OJK membela diri. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso membenarkan pihaknya memiliki penyidik sendiri. Dalam proses penyidikan tersebut, tim penyidik OJK telah menemukan beberapa masalah dalam pengelolaan dana di Jiwasraya.

“Tentunya [temuan] itu sudah ditangani dan berdiskusi dengan kejaksaan. Kalau kami ditanyakan kejaksaan, ya sudah kami ikuti,” belanya.

Pihaknya mengaku telah melakukan pemeriksaan terhadap Jiwasraya secara detil sehingga nanti bisa berbagi informasi dengan kejaksaan agar proses hukum tetap berjalan. Sayangnya ia tidak mau mengungkap contoh tindak pidana ditemukan OJK dalam kasus ini.

Asal tahu saja, tugas penyidikan OJK diatur dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 22/POJK.01/2015 Tentang Penyidikan Tindak Pidana di Sektor Jasa Keuangan. Dalam Bab I Pasal 1, dijelaskan bahwa penyidik OJK adalah pejabat penyidik dari kepolisian dan PNS yang diberi kewenangan khusus sebagai penyidik.

Mereka bertugas untuk melakukan tindakan penyidikan yang diatur dalam undang-undang seperti mengumpulkan alat bukti untuk membuat terang tindak pidana yang terjadi di sektor jasa keuangan guna menemukan tersangka.


sumber

Klo bener ngawasin sih gak bakal kejadian Jiwasraya, Asabri, Muamalat emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 09:14
Yang namanya pengawas mah dimana mana bisa di atur
Setingkat irjen di kementerian aja woles kalo kementerian yang harusnya diawasi ternyata korupsi
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 09:17
Sdh dipegang kejagung ya emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 09:18
Sayangnya ia tidak mau mengungkap contoh tindak pidana ditemukan OJK dalam kasus ini.


Perkiraan iki ngeles.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 09:18
peraturan OJK nomor 1/POJK.07/2013 ttg telemarketing juga masih banyak dilanggar pihak bank.
gak ada tuh tindakan tegas dari OJK...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 09:33
OJK cm sebatas formalitas seolah2 ada regulator yg ngawasin
Padahal di lapangan banyak penyimpangan dan OJK ga mau tau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 09:58
ojk ganti aja . semua pegawainya dipecat tidak hormat . bukan hanya di lembaga non bank pelanggaran seolah dibiarkan tapi di lembaga bank juga sama . jadi ngak ada fungsi pengawasan yg berjalan baik disini . contoh pelanggaran , data nasabah bisa diperjual belikan bebas oleh oknum pegawai bank , apa boleh ??? sering tak tanya dapat dari mana no hp saya , dari bank A . apa itu dibenarkan ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 09:58
Mirip pembina pancasila
Ongkang2 kaki digaji ratusan juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 1 balasan
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 10:02
Kejagung tangkap orangnya, OJK suspensi sahamnya.... yang rugi yang duitnha nyangkut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 10:23
ojk tipikal abs ga mau gaduh emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 10:26
OJK diperbaiki jangan dibubarkan.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 10:47
Ohjeka mah gw pikir produk gagal, wasit tanpa peluit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 11:02
ojk jangan2 cuma bisa neken ke perusahaan kecil. kalo perusahaan gede memble. pikirannya paling juga di talangi negara kalo bumn n sejenisnya

padahal duit buat nalangin kerugian itu bisa buat nambahin subsidi bpjs kesehatan biar gak naik, bikin sekolah, nambah anggaran panti asuhan.
Diubah oleh chisaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 11:16
Preeeeeeeeet
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
Lapor Hansip
23-01-2020 11:20
Balasan post chisaa
Krn ojk dpt duit dr iuran dr perush asuransi

Jangan harapkan akan ada perbaikan dr industri keuangan selama ojk msh dpt duit dr iuran anggorta, bkn dr apbn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
Lapor Hansip
23-01-2020 11:26
Balasan post tre1001
Ojk hrs dpt duit dr apbn.

Kl dr iuran, dia nggak mgkn berani nyemprit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
Lapor Hansip
23-01-2020 11:32
Balasan post ART7
Ojk itu non bank
Dan dpt gaji dr iuran anggota.

Kl bank, beda LPI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 11:38
Quote:Original Posted By antek.rakyat
Ojk itu non bank
Dan dpt gaji dr iuran anggota.

Kl bank, beda LPI


baca ulang ya ttg fungsi dan kewenangan OJK . OJK itu ada bank dan non bank . Buat apa gaji gede gede tapi kerjaannya ngak jelas . Semua penyimpangan lolos lolos aja . Mending orangnya diganti semua dari atas sampe bawah .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
23-01-2020 13:18
dari awal pembentukan OJK ane dah nggak setuju, buat apaan, bakalan nggak efektif jg, dan terbukti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
24-01-2020 09:32
ah ojk apaan kerjanya
investasi bodong bisa lolos
Diubah oleh wen12691
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dianggap kalah dari Kejagung dalam mengungkap kasus Jiwasraya, ini pembelaan OJK
24-01-2020 09:35
Antara ada dan tiada, dapat dikatakan OJK hanya sekedar Formalitas. Tentunya untuk meyakinkan para investor seolah-olah dana yang mereka investasikan aman "kan ada OJK". Dan nyatanya 😱😱😱😱😟
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia