Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
134
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2819135cf6c4596d45e021/mengapa-jalan-tol-harus-bayar-apakah-bisa-gratis
Sebagai salah satu bagian dari percepatan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir ini, jalan tol di Indonesia memiliki peran yang cukup vital. Dengan dibangunnya jalan tol, akses dari suatu tempat menuju ke tempat lainnya dapat lebih mudah dicapai.
Lapor Hansip
22-01-2020 16:42

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
Foto: gridoto.com

Sebagai salah satu bagian dari percepatan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir ini, jalan tol di Indonesia memiliki peran yang cukup vital. Dengan dibangunnya jalan tol, akses dari suatu tempat menuju ke tempat lainnya dapat lebih mudah dicapai. Utamanya, jalan tol dapat mengefisiensikan waktu yang harus di tempuh dalam sebuah perjalanan jika dibandingkan lewat jalan non-tol yang rata-rata memiliki segudang permasalahan seperti macet, jalanan berlubang, dan lain sebagainya. Namun, pernahkah kita penasaran mengapa jalan tol menerapkan tarif bagi para penggunanya?Apakah mungkin bagi kita untuk melewati jalan tol tanpa mengeluarkan uang?

Jawabannya adalah karena pemerintah berhutang untuk membangun jalan tol tersebut. Dana yang dibutuhkan juga cukup besar dan jika sangat sulit apabila hanya mengandalkan pajak untuk membangun infrastruktur seperti jalan tol. Oleh karena itu, biasanya pemerintah menjalin kerjasama dengan para investor untuk melaksanakan pembangunan jalan tol tersebut.

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
Foto: cnnindonesia.com

Setelah pembangunan jalan tol telah rampung, pemerintah akan diberi waktu untuk mengembalikan uang yang dipinjamkan oleh investor. Pemberian waktu tersebut disebut dengan masa konsesi. Biasanya, jalan tol di Indonesia memiliki masa konsesi selama 50 tahun. Jadi, selama 50 tahun tersebut, pemerintah harus dapat mengembalikan uang investor plus dengan bunganya. Oleh karena itulah, jalan tol memiliki tarif masuk bagi pengendara yang hendak menggunakannya.
 

Kemudian, apakah pemakaian jalan tol bisa gratis? Jawabannya tentu saja bisa. Ketika masa konsesi telah habis, jalan tol akan sepenuhnya dipegang pemerintah. Selanjutnya, hanya pemerintah yang bisa memutuskan, akan tetap menerapkan tarif pagi pengguna atau tidak alias digratiskan. Tapi biasanya, di Indonesia sendiri tarif jalan tol akan tetap diterapkan untuk membantu pendanaan pemerintah guna membangun jalan tol baru.


Sumber:
Pemikiran TS 
dan
https://www.indopress.id/article/nas...is-jalan-tol 

Sumber Gambar:
Google Image 
Diubah oleh kulitkacang10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samc01 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 05:45
Saat ini dalam dunia kapitalisme banyak yang bayar, nyaris semuanya. Jadi sudah tidak seperti dulu lagi yang gratis. Maka lewat saja jalan umum yang tidak bayar gan.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 05:54
TOL = Tax on Location artinya harus bayar (pajak) kalo mau pake

kalo gak bayar berarti jalan (bebas hambatan) biasa
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 08:04
Quote:Original Posted By mikatagahara
jika tol gratis nanti jadi ramai, trafficnya padet. apa bedanya dengan jalan biasa.


Quote:Original Posted By Can354dra
TOL = Tax on Location artinya harus bayar (pajak) kalo mau pake

kalo gak bayar berarti jalan (bebas hambatan) biasa


yoi gan, mungkin itunjuga yg jadi pertimbangan pemerintah emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 08:05
Quote:Original Posted By sedotninja
lhah kalo gratis, biaya operasional dan perawatan yang nanggung siapa? pasti kan masih butuh penjaga gerbang, patroli, belum kalo papan petunjuk rusak ketabrak dll. emoticon-Bingung

ane penasaran sih, tapi prakteknya baru keliatan pas Tol Jagorawi (tol pertama di Indonesia, dibangun 1973) konsesinya habis.. di berita sih nyebutnya 2024/2044


Kalau gratis udah g pake gerbang lagi deh gan. Maintenance pun langsung dari PUPR bukan dari Bina Marga kayaknya

Kita tunggu tol yg habis masa konsesinya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 10:31
kecil kmngkinan bisa gratis
sekalipun masa konsesi sudah habis, tapi negara ini kan perlu duit sampai kiamat
jadi kalo ada kesempatan mengutip uang, kenapa dilepaskan?
apalagi peraturan masa konsesi kan yg bikin pemerintah sendiri, jd suka2 pemerintah kalo mau di perpanjang, mau ngomong apa lo?
gitu logika nya pemerintah
mengratiskan jalan tol tidak sesuai dgn prinsip kapitalisme dan pasar bebas, bakal ogah investor nanam duit di indonesia kalo sampai di gratiskan gitu

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 10:55
BBM naik : protes
Tarif tol naik : protes
emoticon-Cape d...
Ya udah jual aja mobilnya
emoticon-Hammer2
Garasi gak punya, gak pake asuransi.
Gengsi doang digedein !!
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 14:30
Quote:Original Posted By ronin1969
kecil kmngkinan bisa gratis
sekalipun masa konsesi sudah habis, tapi negara ini kan perlu duit sampai kiamat
jadi kalo ada kesempatan mengutip uang, kenapa dilepaskan?
apalagi peraturan masa konsesi kan yg bikin pemerintah sendiri, jd suka2 pemerintah kalo mau di perpanjang, mau ngomong apa lo?
gitu logika nya pemerintah
mengratiskan jalan tol tidak sesuai dgn prinsip kapitalisme dan pasar bebas, bakal ogah investor nanam duit di indonesia kalo sampai di gratiskan gitu

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?


Quote:Original Posted By Hendracute
BBM naik : protes
Tarif tol naik : protes
emoticon-Cape d...
Ya udah jual aja mobilnya
emoticon-Hammer2
Garasi gak punya, gak pake asuransi.
Gengsi doang digedein !!


Yoi gan emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 17:04
wah nice info gan, thanksss
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 17:19
Ya kita dikasih opsi, mau gratis tapi jalannya lebih jauh, apa bayar tapi jalurnya lebih deket dan cepet hehehe
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 17:35
Quote:Original Posted By nobita200
wah nice info gan, thanksss

Siap gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By secondstriker06
Ya kita dikasih opsi, mau gratis tapi jalannya lebih jauh, apa bayar tapi jalurnya lebih deket dan cepet hehehe

Yoi gan emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:01
sama sama terbantu juga kalau bayar
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:06
kamungkin bisa gratis sih kalo kata anemah.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:06
Lumayan juga bisnis bikin jalan tol yak, tapi modal nya juga lumayan emoticon-Takut

Pemerintah mau gratisan tol? Susah hutang aja banyak pake bunga lagi emoticon-Betty
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:09
Gpp bayar aja, itung-itung ngebantu pembangunan negara sendiri hahahah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:14
di arab saudi gratis gan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:15
Quote:Original Posted By barif94
gapapalah wong mobil aja kebeli masa bayar tol doang ngeluh .. malu sama mobil apalgi mobil mahal


makanya kalo beli mobil tuh sekalian beli sama jalan tol nya, biar nggak repot bayar lagi..hadeh gitu aja repot ??
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:17
Bisa aja sih kalau udah balik modal. Buat perawatan bisa dari pemasukan iklan, rest area, dsb.. CMIIW emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:17
Quote:Original Posted By kulitkacang10
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
Foto: gridoto.com

Sebagai salah satu bagian dari percepatan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir ini, jalan tol di Indonesia memiliki peran yang cukup vital. Dengan dibangunnya jalan tol, akses dari suatu tempat menuju ke tempat lainnya dapat lebih mudah dicapai. Utamanya, jalan tol dapat mengefisiensikan waktu yang harus di tempuh dalam sebuah perjalanan jika dibandingkan lewat jalan non-tol yang rata-rata memiliki segudang permasalahan seperti macet, jalanan berlubang, dan lain sebagainya. Namun, pernahkah kita penasaran mengapa jalan tol menerapkan tarif bagi para penggunanya?Apakah mungkin bagi kita untuk melewati jalan tol tanpa mengeluarkan uang?

Jawabannya adalah karena pemerintah berhutang untuk membangun jalan tol tersebut. Dana yang dibutuhkan juga cukup besar dan jika sangat sulit apabila hanya mengandalkan pajak untuk membangun infrastruktur seperti jalan tol. Oleh karena itu, biasanya pemerintah menjalin kerjasama dengan para investor untuk melaksanakan pembangunan jalan tol tersebut.

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
Foto: cnnindonesia.com

Setelah pembangunan jalan tol telah rampung, pemerintah akan diberi waktu untuk mengembalikan uang yang dipinjamkan oleh investor. Pemberian waktu tersebut disebut dengan masa konsesi. Biasanya, jalan tol di Indonesia memiliki masa konsesi selama 50 tahun. Jadi, selama 50 tahun tersebut, pemerintah harus dapat mengembalikan uang investor plus dengan bunganya. Oleh karena itulah, jalan tol memiliki tarif masuk bagi pengendara yang hendak menggunakannya.
 

Kemudian, apakah pemakaian jalan tol bisa gratis? Jawabannya tentu saja bisa. Ketika masa konsesi telah habis, jalan tol akan sepenuhnya dipegang pemerintah. Selanjutnya, hanya pemerintah yang bisa memutuskan, akan tetap menerapkan tarif pagi pengguna atau tidak alias digratiskan. Tapi biasanya, di Indonesia sendiri tarif jalan tol akan tetap diterapkan untuk membantu pendanaan pemerintah guna membangun jalan tol baru.


Sumber:
Pemikiran TS 
dan
https://www.indopress.id/article/nas...is-jalan-tol 

Sumber Gambar:
Google Image 


ya kalau gratis namanya bukan Tol

panjang kali lebar bener penjelasannya

kalau gratis namanya FREEWAY
kalau bayar makanya dibilang TOLL

TOLL = FEE

makanya Jalan Bebas Hambatan sama Tol itu beda

mau cepet? ya bayar, makanya eksklusif
profile-picture
profile-picture
gta007 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:17
Quote:Original Posted By gta007
di arab saudi gratis gan


di ngarab sih rudal aja gratis
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 18:19
penguna tol bukan orang yg punya mobil pribadi doang ada banyak orang, ya jika TOL2 lama udah balik Modal knp juga ga di gratiskan,
profile-picture
gta007 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia