News
Batal
KATEGORI
link has been copied
111
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2815a0365c4f299218fa5c/virus-corona-dari-china-pemerintah-indonesia-tingkatkan-kewaspadaan
Kementerian Kesehatan menyatakan pihaknya telah mengirimkan edaran yang meminta pihak berwenang untuk meningkatkan kewaspadaan pada seluruh pintu masuk negara, termasuk melalui jalur udara, laut maupun darat.
Lapor Hansip
22-01-2020 16:28

Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Quote:

Isi Berita

Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan

Kementerian Kesehatan menyatakan pihaknya telah mengirimkan edaran yang meminta pihak berwenang untuk meningkatkan kewaspadaan pada seluruh pintu masuk negara, termasuk melalui jalur udara, laut maupun darat.

Hal ini dilakukan seiring dengan meningkatnya jumlah kasus penyakit akibat virus corona yang dilaporkan oleh pemerintah China.

Virus itu pertama kali muncul di kota Wuhan, China, pada Desember lalu.

Kini, jumlah total kasus yang dapat dikonfirmasi melebihi 200 pasien, termasuk tiga di antara mereka meninggal dunia akibat penyakit pernapasan ini.

Pemerintah China memastikan Senin (20/01) bahwa penularan virus misterius ini dapat terjadi antar manusia. Setidaknya 14 petugas medis yang merawat pasien yang terjangkit virus corona, juga tertular.

Edaran dari Kemenkes itu juga meminta kesiapsiagaan pihak-pihak dinas kesehatan maupun rumah sakit rujukan dalam menghadapi kemungkinan masuknya penyakit itu.

Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Kemenkes, mengatakan bahwa alat pemindai suhu tubuh, atau thermal scanner, pada titik-titik masuk para pendatang dari luar negeri telah diaktifkan kembali guna mendeteksi gejala-gejala virus itu.

"Karena salah satu gejalanya adalah panas, gangguan pernapasan, yang paling awal yang bisa dideteksi adalah dengan thermal scan," kata Anung Senin (20/01) pada acara temu media untuk menjelaskan langkah-langkah preventatif yang diambil oleh pemerintah.

Corona adalah kelompok virus yang menyerang manusia.

Enam di antaranya telah diketahui, sebelum kemunculan jaringan terbaru virus itu di Wuhan belakangan ini. Salah satu tipe dari kelompok virus corona menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang menjangkiti 8.098 orang di China sejak wabah itu meluas pada tahun 2002.

Tercatat 774 orang meninggal dunia akibat virus tersebut.

Terkait novel coronavirus, yaitu tipe terbaru yang terdeteksi di Wuhan, kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sementara menyatakan bahwa virus itu berasal dari hewan yang terinfeksi dan bahwa penyebaran antar manusia masih terbatas.

Meningkatkan kesiapsiagaan

Dalam menanggapi ini, Dirjen Anung mengatakan perhatian yang lebih akan diberikan di bandara-bandara yang memiliki penerbangan langsung dari China.

Iya juga menyatakan saat ini sudah ada anjuran perjalanan, atau travel advisory, terkait perjalanan ke China, namun ini belum sampai pada tingkat peringatan perjalanan, atau travel warning.

Anung menjelaskan agar para pelancong waspada terhadap gejala-gejala pneumonia akibat virus corona, seperti terjadinya penurunan kondisi yang cepat, sesak bahkan hingga tidak sadarkan diri

Ia menambahkan bahwa vaksin pneumonia yang ada di Indonesia tidak untuk mencegah virus corona yang baru terdeteksi ini.

Di luar China, virus itu telah menyebar ke beberapa negara di Asia, termasuk dua kasus yang terdeteksi di Thailand, satu di Jepang, dan satu lainnya di Korea Selatan.

Sedangkan di Vietnam, dua pendatang dari China dikarantina akibat menunjukkan gejala-gejala terkait penyakit itu.

Anas Ma'ruf, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno Hatta, memastikaan pihaknya telah menerapkan anjuran dari Kemenkes. Ia menambahkan bahwa pintu masuk ke Indonesia berjumlah 135, termasuk 35 di antaranya yang merupakan bandara internasional.

"Petugas kita juga di-update dengan informasi, dilatih dan sebagainya sehingga ada kesiapsiagaan," ujar Anas.

Hingga saat ini, Anas pihaknya belum menemukan orang yang tertangkap oleh pemindai suhu yang mengarah ke penyakit akibat virus corona.

Sementara itu, Tri Yunis Miko Wahyono, Ketua Departemen Epidemiologi di Universitas Indonesia, mengatakan alat pemindai suhu tubuh efektif hanya sebatas mendeteksi orang-orang yang telah mengalami gejala-gejala terkait penyakit itu.

Sementara orang-orang yang kemungkinan telah terjangkiti namun belum menunjukkan gejala, tidak akan terdeteksi.

Namun, tambah Miko, karena penularannya belum diketahui secara pasti, sehingga memang pemantauan menggunakan alat itu memang menjadi salah satu cara andalan dalam langkah pencegahan penyebaran.

"Paling tidak, yang masuk sakit bisa terdeteksi dan kemudian dapat diisolasi," kata Miko.

sumber berita




Opini TS

Entah mengapa China dari dulu menjadi tempat terjangkitnya virus-virus baru termasuk virus flu burung yang dahulu sempat booming. Bahkan saat ini ada virus corona yang mewabah di China.

Virus yang menyerang pernafasan dan dapat mengakibatkatkan seseorang kehilangan nyawa, setidaknya hingga saat ini menurut berita 4 orang sudah meninggal dunia di China akibat dari virus yang sedang menyerang tersebut. Bahkan sedikitnya sudah ada 15 petugas medis di Wujan juga ikut terinfeksi virus Corono, ini sangat mengkhawatirkan virus ini dinilai bisa menyebar dari manusia ke manusia.

Tentu saja sangat rawan bahkan negara Jepang saja sudah ada yang terjamgkiti virus ini, bahkan penyakit yang sangat mirip pneumonia ini disinyalir sudah menewaskan enam orang dan 300 orang sakit di kawasan Asia, dan tak ketinggalan penyebaran ini pun masuk ke Amerika.

Kawasan Asia yang dimaksud dan yang sudah terdeteksi nahwa penyebarannya signifikan ada di Korea Selatan, Thailand, dan juga Jepang. Tapi mengapa awal virus ini berasal dari China apa yang dilakukan China hingga kerap membawa wabah virus hingga menyebar ke dunia?

Bila kita sering menonton film penyebaran virus seperti resident evil, virus baru tak muncul dengan sendirinya adanya yang merekayasa genetik hingga virus itu pun dibuat bergandengan dengan anti virusnya. Tujuannya jelas cuan, atau juga bisa menjadi senjata biologi.

Karena virus ini masuk kategori virus yang sudah pernah ada dengan ciri-ciri dari flu biasa hingga Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) dan Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS). Bahkan herannya lagi awal virus ini ada dari Pasar Grosir Makanan Laut Huanan. Cukup menarik makanan laut apa yang bisa menimbulkan virus, memang kita tak bisa menduga apa yang terjadi.

Tapi tak mungkin virus jenis baru dapat menyebar cepat, apalagi virus tersebut menjadi lebih kuat. Apa virus tersebut mutasi secara alamiah atau ada bantuan dari tangan manusia. Yang jelas faktanya virus itu memang ada dan sudah mulai menglobal, bukan tak mungkin Indonesia akan terkena dampaknya.

Untuk itu hati-hati gan dan tetap waspada, China memang banyak musuhnya bisa juga ini pekerjaan dari pihak lawan atau memang ada pengembangan dari negaranya sendiri. Namun bila terjadi secara alamiah, maka bisa jadi manusia di masa depan akan berevolusi seperti layaknya virus? Ia akan kebal dengan segala macam penyakit, atau menjadi Alien entahlah..

emoticon-Leh Uga






Pendapat kaskuser


Quote:Original Posted By samradler
sebelum flu burung emng China tempat breeding groundnya virus, karena faktor cuaca, sanitasi dan gaya hidup. Virus flu spanyol 1920an jg bisa di trace ke China lewat pekerja migran dari China lewat Canada. Begitu juga black plague dan bubonic plague, masih terkait dgn jalur perdagangan dari China.

Ini daftar terakhir wabah per 21/01

Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan

Data terakhir per 23/01 belum diumumin, tp isunya sudah naek jadi 400 an dengan 17 orang tiwas

Di pasar seafood itu gak cuman jualan seafood, tapi dari anjing, luwak, musang, landak, kelelawar, uler, rubah, tikus, ayam, merak, ada semua. Corona virus itu banyak strain nya, tp 3 yg mematikan dan jadi pandemic 2 nya dari kelelawar, SARS dan MERS. SARS tahun 2017 berhasil di genome sequence asal mulanya dari koloni kelelawar tapal kuda di sebuah gua di Guangdong, pasien alpha nya kakek2. Dengan vektor luwak. MERS juga mirip, terlacak terakhir dari kelelawar yg biasanya di makam2 gua firaun di Mesir, vektornya onta.

Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan

Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan

Semua transportasi umum dari dan ke Wuhan akan ditutup mulai jam 10.00 hari ini. Akses kluar masuk barang dan orang di screening. Bisa dibilang Kota di lock down, penduduk 11juta satu kota di quarantine.

Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan

Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan

Lol, propaganda pemerintah PRC ke rakyatnya bahwa ini pandemic pembalasan dari US pun ada.

Manusia tentu berevolusi dan juga akan beradaptasi, sistem imun nya, seperti siklus flu biasa tiap tahun. Makanya kita di vaksin dgn (strain) virus juga yg sudah dilemahkan. Yg bikin wabah suatu virus hingga mematikan itu bukan hanya resistensi virusnya terhadap treatment ato medicine (antiphiral/antibiotic) dan impactnya ke tubuh, tapi juga karena virus itu juga beradaptasi, mutateable. Ibarat kita menyerang dia pun beradaptasi dengan serangan. Dan SARS itu sangat mutatetable awal2nya, sepertinya begitu juga dengan Wuhan nCV ini, disebut nCV pun itu kepanjangan dari novel Corona Virus, virus corona yg bermutasi/merekombinasi.

Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
Diubah oleh .r4hma.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 16:40
Quote:Original Posted By vitawulandari
Update informasi Wabah Pneumonia Wuhan dan Hasil Penyampaian Skenario TTX Pandemi hari ini :

  1. Jumlah kasus confirmed sebanyak 200 orang di Wuhan
  2. Tipe Novel Coronavirus (nCoV) sejenis Mers-Cov dan SARS-Cov dengan gejala pneumonia berat tapi lebih ringan dari Mers-Cov & SARS-Cov
  3. Kasus confirmed serotipe serupa ada di hongkong, macau, taiwan, jepang, thailand. Kasus suspek menunggu hasil lab di singapura, myanmar, vietnam, korsel
  4. Dipastikan bisa menular human to human (jika ada kasus akan dilakukan karantina oleh pejabat kekarantinaan)
  5. Sumber penularan diperkirakan dari pasar seafood Huanan dan dari ikan (pasar sudah ditutup)
  6. Meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan faskes dgn gejala pneumonia berat dan riwayat perjalanan dari negara terjangkit dlm 14 hr atau kontak erat dgn org riwayat perjalanan dari Wuhan
  7. Table Top Exercise (TTX) direncanakan akan dilakukan di Jakarta, Tangerang, Bali, Makasar, dan Medan
  8. Frekuensi direct flight Wuhan-Denpasar sedang dimonitor oleh KKP. Jakarta hanya ada flight dari Hongkong.
  9. Ambulans yg digunakan utk kasus suspek nCov adalah yang bertekanan negatif (hanya dimiliki oleh KKP)

Sumber : dari temen gue yg ikutan rapat di Dinkes


emoticon-shakehand
Diubah oleh gembaladomba13
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan soljin7 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 16:44
Sejauh ini penyebarannya sudah sampai Thailand, South Korea, Japan & Australia.
Yang di Australia sampai pasiennya di karantina di rumahnya.
Diubah oleh Mandalorian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 16:44
Tentu saja bisa menyebar cepat, kan sekarang transportasi lebih mudah daripada dijaman dulu.

Mau pergi keluar negeri?
Kalau jaman dulu cuma bisa berlayar lewat laut yang butuh berbulan-bulan, sekarang ada pesawat yang cuma butuh waktu harian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bogreeek dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 16:55
dr Los Alamos paling ... dulu mereka sebar dari afrika...Aids, Ebola....now China emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 17:04
Langkah yang baik

Quote:https://www.kaskus.co.id/show_post/5...d4950a52605c20 [ Tips Cara Menghindari Penyebaran Virus Corona ]

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...393a2e9026f100 [ Cegah Virus Corona, Jatim Perketat Penumpang dari Tiongkok ]

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...8e0d41827cc3f3 [ Waspadai Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kota Yogya Perketat Pengawasan ]

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...f23134be6fea65
[ Jakarta Antisipasi Virus Corona dari Turis China ]
profile-picture
profile-picture
mulivw dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 17:27
tutup pintu rapat2 jangan keluar rumah sampai virusnya reda
profile-picture
profile-picture
tahur.boelat dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 17:37
penyakit jadi makin aneh-aneh

tapi yg paling susah diobati cuma males & lupa...

emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riseptiani dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 19:11
di Menlen sana dr dulu ko ada virus aneh² ya...
kek ujicoba senjata aja...
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 19:26
Ini pasti ada ilmuwan yang buat virus ini dan menyebarkannya. Kalo gak gimana bisa tiba2 muncul virus2 baru?
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 20:08
polusi kali di sana
berak sembarangan
industri rumahan buang limbah sembarang

cina itu industrinya paling merusak

Listriknya aj dri Nuklir ma batu bara kebanyakan
ehh indon mala niru2 cina emoticon-Ngakak

Expor batu bara besar2 ke menglen

Di mari juga pabrik listrik batu bara
inpes dri menglen
Tenga kerja nya jg dr sana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 23:34
Serem yaaaa.. makin aneh2 penyakit skrggg
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 23:36
obat penyembuh banyak dan penyakit pun beragam
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 23:37
Adanya sebuah Konspirasi 🙈 untuk merusak dan melumpuhkan RRT, Mungkinkah dengan damai nya perang Dagang antara RRT dan USA, hingga USA meluncurkan "Senjata Biologis" untuk meluluhlantakkan pesaing nya?

hmmmmm 🤣😱

#AutoAnyeb Wisata di Cina - Kagak ada yang mau pakai barang Impor Cina, khawatir paparan Virus di Produknya
#Konspirasi
Diubah oleh agrawijayagroup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
Lapor Hansip
22-01-2020 23:41
Balasan post Ojodupeh
Saya mah taunya kebutuhan biologis gan
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
Lapor Hansip
22-01-2020 23:42
Balasan post ngeri.tenan
Sama sombong gan. Kayak gua nich
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 23:44
Jaga kondisi badan gan emoticon-army
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 23:50
coba pake norton ga sapa tay ilang virusnyaemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
irvan.. dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
22-01-2020 23:54
Quote:Original Posted By botokbemo
coba pake norton ga sapa tay ilang virusnyaemoticon-Malu


Masuk Indo pake SMADAV 😱🙈🤣
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Virus corona dari China: Pemerintah Indonesia tingkatkan kewaspadaan
23-01-2020 00:00
waduh bahaya juga
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia