Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
11
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e27ec5b018e0d32684bdad4/anak-bandel-jangan-ucapkan-hal-ini
Anak mempunyai banyak tingkah laku dimana bertujuan untuk mencari perhatian, dan terkadang tingkah nya membuat kita tertawa. Namun tidak jarang juga membuat kita marah. Di sini lah dimana orang tua harus memilih apa aksi yang tepat dan baik untuk menegur anak dimana mereka sudah melakukan hal yang tidak semestinya.
Lapor Hansip
22-01-2020 13:31

Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.

Past Hot Thread
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.

Sumber gambar : The IT Skeptic

Halo GanSis....emoticon-Haiemoticon-Hai


Anak merupakan anugrah terindah yang di miliki oleh sebuah keluarga, sehingga merawat dan menjaga anak merupakan kewajiban bagi keluarga yang menjaganya. Tidak hanya secara sandang dan papan, kebutuhan emosional perasaan dan mental juga harus di perhatikan. Berikut kita akan sedikit membahas tentang salah satu cara mendidik anak dengan baik, berikut thread nya yang dilansir oleh CNNIndonesia.com :

Anak mempunyai banyak tingkah laku dimana bertujuan untuk mencari perhatian, dan terkadang tingkah nya membuat kita tertawa. Namun tidak jarang juga membuat kita marah. Di sini lah dimana orang tua harus memilih apa aksi yang tepat dan baik untuk menegur anak dimana mereka sudah melakukan hal yang tidak semestinya.

Apalagi di saat anak sudah susah di atur atau bandel, terkadang orang tua merasa sulit untuk menahan amarah. Nah berikut merupakan kata-kata yang tidak seharusnya di katakan kepada anak ketika ingin menegur anak :

1.      ‘Nakal ya!’
Pada umumnya orang tua akan melontarkan kata ini saat anak memang sedang melakukan hal yang bandel. Omelan seperti ini diungkapkan dalam situasi apapun sehingga kata ‘nakal’ menunjukkan bahwa orang tua tidak menyukai hal apapun tentang anak, tidak hanya tingkah lakunya yang tidak baik.
Akan lebih baik ketika Anda berkata ‘kamu kenapa, biasanya tenang, ibu kaget loh kamu begini’.

di anjurkan untuk menekankan bahwa ada hal yang positif pada anak, sehingga kalimat awal ini dapat membuat anak Anda mendengarkan kata-kata Anda berikutnya.

2.      ‘Ibu nggak sayang kamu’
Kasih orang tua kepada anak tidak terhingga sepanjang masa dan tanpa syarat. Ketika anak mengetahui tentang ini maka anak akan menganggap bahwa rumah dan orang tua dalah tempat teraman untuknya.

Anak bisa merasa cemas dak khawatir ketika beripikir akan ada kemungkinan cinta orang tua untuk dia akan hilang dengan mudah.

Akan lebih baik ketika mengatakan, ‘ayah dan ibu sayang sama kamu, tapi ayah ibu marah kalau kamu melakukan itu.’
Dalam suwaktu waktu anak akan belajar bahwa orang tua sayang dan kecewa serta marah. Anak yang merasa aman dan di sayang biasanya merespon positif saat orang tuanya mencoba membuatnya disiplin.

3.      ‘kalau begitu lagi, nanti di bawa sama orang gila’
Mungkin tidak sama persis dengan apa yang di sampaikan, namun terkadang orang tua kerap melontarkan ini agar anak nya berhenti dari melakukan sesuatu. Ketika anak mulai belajar, lama-lama dia mengerti bahwa omongan yang Anda beritahu hanyalah omong kosong.

Dari pada mengancam anak yang tidak-tidak, lebih baik untuk memberitahu seperti ‘jika di lakukan lagi, ibu nggak ngizinin kamu nonton kartun besok’. Perlakuakn yang bisa di wujudkan keadan nya bisa membuat anak belajar dan sadar akan kesalahannya.

4.      ‘Kenapa nggak bisa kayak kakakmu?’
Ketika memiliki anak lebih dari satu, terkadang orang tua suka membanding-bandingkan anak dalam melihat kedisiplinan mereka.
Jangan pernah membanding-bendingkan akan karena hal tersebut beerdampak buruk bagi anak. Dan mungkin akan meningkatkan rasa cemburu yang membuat anak berpikir bahwa dirinya tidak se spesial yang ada di keluarganya.
Dengan memberikan alasan positif sehingga dia meu mengubah sikapnya saja sudah cukup.

5.      ‘nanti ibu bilangin Ayah’
Dalam sistem ‘reward and punishment’ kadang seorang ibu harus menunggu ayah untuk mendisiplinkan anak. Hanya saja ketika menunggu terlalu lama anak akan lupa apa yang di perbuat.

Sebaiknya ibu harus tegas dan berkata,’HP nya simpan dulu, buat PR dulu yok.
Agar hukumannya efektif, hukuman harus segera di laksanakan atau dia tidak akan memahami hubungan antara perilakunya dengann respons Anda. Buat hukuman tetap masuk akal, adil, dan instan.
 
Demikian thread ini, semoga bermanfaat bagi semua.

profile-picture
kpopluckynumber memberi reputasi
-1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
24-01-2020 13:31
ini emang beberapa kalimat yg kesannya simple tapi ngena banget sih kadang di mentalnya si anak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
24-01-2020 14:46
Waduh beberapa poin di atas sering saya ucapkan ke anak saya...

thanks infonya..
0 0
0
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
24-01-2020 23:30
bener si itu kalimat yang sering keluar dari orang tua di Indonesia. Seserhana tapi efek psikologis ke anaknya besar bangeet. lebih baik emang kalimat itu diganti dengan yang lebih halus, biar anaknya juga baik tumbuh kembangnya dan gak mikir macem2 soal orang tuanya....
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
25-01-2020 20:35
iya tu.. jangan jg bilang "ntar ibu masukin rahim lg loh, biar jadi sperma trus ibu pites pake kuku loh kayak kutu" 😆
profile-picture
david_newcastle memberi reputasi
1 0
1
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
26-01-2020 04:33
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
26-01-2020 16:08
bener banget, dianggapnya cuman sekedar gertakan doang
tapi nggak baik buat mental anak kalo terus-terusan diucapin
0 0
0
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
28-01-2020 10:18
memang susah sih ngurusin anak bandel tapi tetep orang tua jangan berucap ke mereka. kalau bisa terus tanamkan hal.positif biar bandelnya berkurang
0 0
0
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
28-01-2020 10:18
Quote:Original Posted By aithings
bener banget, dianggapnya cuman sekedar gertakan doang
tapi nggak baik buat mental anak kalo terus-terusan diucapin


Iya takutnya bisa bikin trauma berkepanjangan gitu jadinya anak malah gak pede kan nantinya
0 0
0
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
30-01-2020 09:20
yang paling sering ane denger adalah 'awas ya, nanti dipanggilin polisi'. wkwkwk emoticon-Big Grin
0 0
0
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
Lapor Hansip
11-02-2020 17:50
Balasan post kohgreen
Iya bener gan dan yang jelas kata-kata orang tua ke anaknya itu kan sebagai doa jadi ya sebaiknya berkatalah pada anak kita yang baik-baik.. nomor 3 yang kadang terlontar kalauvkita susah membujuk anak, misal ngajak masuk tapi si anak nggak mau terus bilang nanti ada orang gila lho dan si anak baru mau masuk.
0 0
0
Anak bandel, Jangan ucapkan hal ini.
Lapor Hansip
11-02-2020 22:39
Balasan post kohgreen
@cheria021 kalo yang ngebujuk harusnya bisa dikasih kalimat ganti yg lain deh biar ga nakut2in si anak jugaa gan alias gabikin si anak jadi penakut hehehe
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia