News
Batal
KATEGORI
link has been copied
105
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2718a5349d0f73fe6ab9f1/viral-surat-edaran-rw-di-surabaya-soal-iuran-2-kali-lipat-bagi-nonpribumi
Surabaya - Surat edaran hasil keputusan bersama RW 03 Kelurahan Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri, viral di grup WhatsApp. Pasalnya, dalam surat tersebut diterangkan bahwa setiap warga nonpribumi diwajibkan membayar iuran dua kali lipat jika ingin mendirikan bangunan di kelurahan setempat. Salah seorang warga setempat Tulus Warsito (40) mengatakan surat edaran hasil keputusan warga RW 03 Kelurahan
Lapor Hansip
21-01-2020 22:28

Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi

Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi

Surabaya - Surat edaran hasil keputusan bersama RW 03 Kelurahan Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri, viral di grup WhatsApp. Pasalnya, dalam surat tersebut diterangkan bahwa setiap warga nonpribumi diwajibkan membayar iuran dua kali lipat jika ingin mendirikan bangunan di kelurahan setempat.

Salah seorang warga setempat Tulus Warsito (40) mengatakan surat edaran hasil keputusan warga RW 03 Kelurahan Bangkingan itu memang benar. Ia menjelaskan kata 'nonpribumi' yang ada di surat edaran bukan berkonotasi rasis. Namun berarti warga pendatang.

"Benar, tapi penjelasannya pribumi adalah warga asli kampung yang lahir dan besar di sana. Nonpribumi warga pendatang maksudnya. Bukan masalah ras, lo," kata Tulus kepada detikcom, Selasa (21/1/2020).

Surabaya - Surat edaran hasil keputusan bersama RW 03 Kelurahan Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri, viral di grup WhatsApp. Pasalnya, dalam surat tersebut diterangkan bahwa setiap warga nonpribumi diwajibkan membayar iuran dua kali lipat jika ingin mendirikan bangunan di kelurahan setempat.

Salah seorang warga setempat Tulus Warsito (40) mengatakan surat edaran hasil keputusan warga RW 03 Kelurahan Bangkingan itu memang benar. Ia menjelaskan kata 'nonpribumi' yang ada di surat edaran bukan berkonotasi rasis. Namun berarti warga pendatang.

"Benar, tapi penjelasannya pribumi adalah warga asli kampung yang lahir dan besar di sana. Nonpribumi warga pendatang maksudnya. Bukan masalah ras, lo," kata Tulus kepada detikcom, Selasa (21/1/2020).
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Bukan hanya di RW 03, lanjut Tulus, surat edaran hasil keputusan itu juga hampir ada di setiap RW yang ada di Kecamatan Lakarsantri. Tapi tidak semuanya mencantumkan istilah pribumi dan nonpribumi.

"Hampir semua RW yang ada di Kecamatan Lakarsantri ada begitu (surat edaran penarikan iuran). Tapi bahasanya tidak ada pribumi ya. Hanya warga asli dan pendatang," imbuh Tulus.

Menurut Tulus, peraturan penarikan iuran bagi warga pendatang sebenarnya sudah ada sebelumnya. Peraturan itu belum diberlakukan meski sudah diputuskan.

"Aturan itu ada sebelum kepemimpinan beliau (RW sekarang). Ini belum berlaku. Pas selesai rapat peraturan diedarkan. Terus gejolak," bebernya.


"Ini nanti malam kita gelar lagi rapat membahas persoalan itu," tambahnya.

Dalam surat tersebut disebutkan, peraturan telah disepakati oleh warga tertanggal 12 Januari 2020. Keputusan yang dihasilkan ada 21 poin. Keputusan berisi peraturan-peraturan yang harus ditaati warga asli dan warga nonpribumi.

Dari 21 poin tersebut, beberapa poin menyebutkan bahwa warga nonpribumi yang membangun rumah akan ditarik iuran Rp 1 juta. Uang itu untuk kas RT dan RW. Sedangkan warga nonpribumi yang akan membangun perusahaan dikenai iuran Rp 5 juta. (sun/bdh) 


Menjijikkan!

Gw cuma bisa bilang, "MENJIJIKKAN KELAKUAN PENGURUS RW-NYA".
Di saat pemerintah membabat berbagai peraturan untuk memudahkan izin usaha, ini malah RW mental pengemis miskiner guoblok tanpa tau malu malah bikin aturan untuk memeras warganya sendiri.
Mesti dibabat RW model kayak gini! emoticon-fuck2

Take emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:29
- reserved -
0 0
0
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:34
Keputusan yang kurang baik itu
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan b3jo.asoy memberi reputasi
2 0
2
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:35
ooo....
cman iuran kok....
bleh dbayar.... boleh nggk...
ggk ada paksaan...

emoticon-Cool

cman kalo nggk dbayar....
ketua rw nggk jamin pasir, semen, bata, besi dll nggk ilang...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thanatosx dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:36
cuma 1 pertanyaan gw, emangnya warga ASLI Dukuh Tlogo Tanjung itu Pitecantropus erectus ya ? emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thanatosx dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:36
Makanya gw bilang, kelompok2 intoleran seperti ini harus dilawan, diinjak, diludahi, dan dipermalukan.

Selama ini yg waras selalu menjadi silent majority dan tidak punya niat untuk konfrontasi. Dan itu salah! Sekarang saatnya untuk memulai konfrontasi tersebut. Ibaratnya ada anjing gila yg sedang ingin merusak negara ini masa iya elu diem aja. Lawan! Mulai dari lingkungan kita sendiri dulu
Diubah oleh balonkempes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:39
RWnya matre amat. Masa keluarga numpang KK bayar. Warga asli meninggL ga boleh dpt santunan. Klo non pribumi krn bayar jd dpt santunan emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:40
Pengurus RW emang pastinya miskiner gan.. kl kagak, ga sempet jd ngeRWe.. sibuk bisnis..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:45
waduh ini daerahku lakarsantri sby barat emoticon-Hammer untung sudah ditindaklanjuti sama pakpol



Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, AKP Akhyar menjelaskan, pemanggilan tersebut bertujuan untuk menanyakan kebenaran surat yang viral. “Sebab ada kalimat yang dirasa rasis karena itu kita luruskan dan berikan pembinaan,” jelasnya, Selasa (21/1/2020).

Lebih lanjut AKP Akhyar menjelaskan, selain berbau rasis, surat keputusan bersama antara RT dan RW ini juga menyalahi aturan perundang-undangan. Menurutnya, Pemanggilan ke ruang Intelkam hari ini sudah selesai dan perwakilan sudah meminta maaf.

“Selain itu juga surat keputusan bersama RT dan RW tersebut sudah dicabut,” tandasnya.
http://beritajatim.com/hukum-krimina...rw-bangkingan/

ane nunggu berita mak risma ngamuk2 di kelurahan bangkingan emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thanatosx dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:46
Non Pribumi= Bukan lahir di bumi tapi lahir di bulan(Pribulan), Primars(lahir di mars) dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thanatosx dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:50
Trus marah2 klo ga ada yg mau invest di daerahnya
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan Bukan.Arab memberi reputasi
2 0
2
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:51
Seharusnya ya di tulis penduduk asli dan bukan penduduk asli/pendatang.
Klo pake pribumi n non pribumi itu sensitif sekali rawan menimbulkan masalah.
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 22:53
pungli itu.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 23:04
kok masalahnya cuma rasis ?
ini mah pungli :fuck2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aceng.fani dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 23:08
ah.. jangankan iuran.. jualan aqua di gunung jg gituh..
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 23:19
Quote:Original Posted By balonkempes
Makanya gw bilang, kelompok2 intoleran seperti ini harus dilawan, diinjak, diludahi, dan dipermalukan.

Selama ini yg waras selalu menjadi silent majority dan tidak punya niat untuk konfrontasi. Dan itu salah! Sekarang saatnya untuk memulai konfrontasi tersebut. Ibaratnya ada anjing gila yg sedang ingin merusak negara ini masa iya elu diem aja. Lawan! Mulai dari lingkungan kita sendiri dulu


lawan gimana cara? ngebunuhin orang2 dari kelompok intoleran itu?
0 0
0
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 23:19
Kota yang di bangga2kan oleh para kodox,Ngurus kota aja keteteran apa lagi jadi gubernur yg ruang lingkupnya lebih luas
Diubah oleh ladahitam46
profile-picture
profile-picture
jdwicaksana dan eggnostick memberi reputasi
1 1
0
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 23:21
kata "warga asli dan warga pendatang" sama kata "pribumi dan non pribumi" itu jauh bos
ah ngeles aje antum emoticon-Ngakak
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 23:22
hadeh ada ada aja dah ya, jaman sekarang masih ada ya kek gitu. kapan bisa rukunnya kalo main dibeda2in kek gitu emoticon-Hammerhammer
0 0
0
Viral Surat Edaran RW di Surabaya soal Iuran 2 Kali Lipat bagi Nonpribumi
21-01-2020 23:38
Udah pungli rasis pula..
2020 loh ini, masih aja beda bedain keturunan ini keturunan itu..
emoticon-Cape deeehhcd
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia