News
Batal
KATEGORI
link has been copied
51
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2716ea349d0f73fe6ab9ec/dede-lutfi-quotsang-pembawa-benderaquot-mengaku-alami-kekerasan-saat-pemeriksaan-polisi
Foto: detik.com detik.com -Di depan majelis hakim, Dede Lutfi Alfiandi alias Dede mengaku dipaksa polisi untuk mengakui melempar batu ke aparat kepolisian. Selain dipukul, Lutfi yang sosoknya viral karena foto tengah membawa bendera itu, juga mengaku disetrum oleh polisi agar mengakui perbuatannya tersebut. Hal tersebut disampaikan Lutfi dalam persidangan pada Senin (20/1) kemarin. Lutfi menyampai
Lapor Hansip
21-01-2020 22:21

Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi

Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
Foto: detik.com


detik.com -Di depan majelis hakim, Dede Lutfi Alfiandi alias Dede mengaku dipaksa polisi untuk mengakui melempar batu ke aparat kepolisian. Selain dipukul, Lutfi yang sosoknya viral karena foto tengah membawa bendera itu, juga mengaku disetrum oleh polisi agar mengakui perbuatannya tersebut.

Hal tersebut disampaikan Lutfi dalam persidangan pada Senin (20/1) kemarin. Lutfi menyampaikan hal tersebut dalam sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

"Iya dipukul dan disetrum dan itu sama dengan tahanan lain," kata pengacara Lutfi, Sutra Dewi kepada wartawan, Selasa (21/1/2020).

Lutfi didakwa melawan polisi pada saat aksi 30 September 2019. Lutfi, disebut jaksa, melakukan kekerasan kepada polisi yang berjaga di depan gedung DPR.

Sosok Lutfi sendiri sebelumnya viral setelah potret dirinya yang membawa bendera Merah-Putih saat demo pada 30 September 2019 beredar di media sosial beberapa waktu lalu. Namun bukan potret itu yang membawa Lutfi ke meja hijau.

Kembali ke pengacara Lutfi, Dewi mengatakan saat Lutfi dimintai keterangan berita acara pemeriksaan (BAP) oleh penyidik polisi dipaksa untuk mengakui. Namun tidak tahan dipukul, lanjut Dewi, Lutfi terpaksa mengakui perbuatannya itu.

Dewi mengatakan, pada akhirnya Lutfi mengubah keterangan BAP itu dalam persidangan. Sebab, Lutfi tidak melakukan perbuatan melempar atau melawan polisi saat demo di depan gedung DPR.

"Kalau persidangan Lutfi dituduh melempar batu ke petugas dan melawan petugas di keterangan BAP itu. Kan ditanya, di keterangan BAP yang mana yang benar? Akhirnya dia bilang tidak melakukan pelemparan dan pengerusakan itu. Kenapa BAP ada? ada tandatangan dia, dan ada cap jempol dia. Ada pengacara, terus dia cerita waktu di BAP sudah ada kalimat itu," jelas Dewi.

"Ceritanya tidak begini, dia harus mengakui seperti itu kalau nggak dipukul karena tidak tahan ya dia terpaksa," imbuh dia.


Selain itu, Dewi menyebut Lutfi saat dimintai keterangan tanpa didampingi pengacara.

"Dia ditanya kenapa didampingin pengacara, tetap pengakuan begitu. Ternyata BAP sudah jadi dia sudah tandatangan dan cap jempol pengacara baru ada. Pengacara dia tidak kenal karena pengacara dari Polisi," kata dia.

Lutfi, sambung dia, mengikuti demo hanya ikut temannya. Saat demo itu, Lutfi hanya memegang bendera merah putih.

"Dia cuma bawa bendera ikut euforia pada massa itu, tidak mengerti demo untuk apa, ditanya hakim ada keuntungan nggak? Dijawab nggak malah masuk penjara begitu," tuturnya.

Polisi Bantah Setrum Lutfi Agar Mau Ngaku Melempar Batu Saat Demonstrasi

Diminta konfirmasi terpisah, pihak Polres Jakbar yang menyidik dan menahan Lutfi menyanggah melakukan pemukulan dan penyetruman agar Lutfi mau mengaku. Polisi mengklaim sesuai prosedur.

"Tidak ada, tidak benar itu. Kan (ditangkap) ramai-ramai, kita kan humanis. Nggak zamannya lagi begitu-begitu," jelas AKBP Arsya Khadafi saat dihubungi detikcom, Selasa (21/1/2020).

Arsya mengatakan polisi saat itu memperlakukan Lutfi layaknya anak di bawah umur. Sebab, saat itu Luthfi mengenakan celana abu-abu seperti seorang pelajar SMK.

"Kan waktu pertama nangkap itu, kita mengira dia di bawah umur, karena pakai baju SMK sehingga tidak mungkin kita lakukan kekerasan. Dia diperlakukan seperti tahanan anak kok," jelas Arsya.

Arsya menambahkan polisi melakukan penyelidikan terhadap Luthfi saat itu sesuai SOP. Pihaknya juga memiliki bukti-bukti terkait peristiwa pidana tersebut.

"Sidang kan sudah berjalan, kalau saat sidang tidak ngaku ya boleh aja, tapi alat bukti lain sudah cukup dan petunjuk sudah ada," sambungnya.


Kesimpulan:
Menurut ane, kasus Dede Lutfi yang sebelumnya pernah viral karena terpotret kala ia membawa bendera Merah Putih saat demo Mahasiswa dan STM September 2019 lalu harus kembali kita follow up lagi. Kita kawal bersama kasus ini agar kedepannya tidak terjadi lagi hal yang sama. Namun yang lebih penting lagi, ane berharap kasus ini menemui titik terang. Jika benar polisi melakukan tindakan kekerasan, semoga oknum-oknum yang terlibat dapat di pidana.

Sumber Berita dan Gambar:
https://news.detik.com/berita/d-4867...lempar-batu/3
Diubah oleh kulitkacang10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
24-01-2020 23:48
Yang bisa adil cuma Allah & Rasul serta Sahabat Rasul, yang keimanannya diatas segala apapun meski diimingi hal-hal duniawi

selama manusia yg mengadili tidak bisa demikian, maka hanyalah angan memiliki keadilan.
Hasbunallah wa ni'mal wakil ni'mal maula wa ni'man natsir
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
22-01-2020 13:37
Quote:Original Posted By fghjjhgf
Knapa saya lbh percaya polisi..


Iya gw juga percaya polisi. Typical kadrun si lutfi ini, berani lempar ga berani tanggung jawab emoticon-Gila
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
22-01-2020 12:11
sudah jadi rahasia umum kasus macam gini bap dalam ancaman, tapi ane heran proses pengadilan tidak pernah menelusurinya secara jelas dan cenderung menjadi tukang stempel saja. kalau mau di telusuri banyak napi yang merupakan korban salah tangkap dan fitnah petugas keamanan yang dipaksa bap bodong. prihatin dengan bajingan pejabat hukum korup di negeri ini.
Diubah oleh TuanLi
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
22-01-2020 09:36
Quote:Original Posted By gesit.79
Kok kagak percaya yah, di tengah chaos demo dan lempar2 batu dan gas airmata, terus ada anak yg jalan2 bawa bendera, nggak ngapa2in...ini bicara masalah psykologis saat berada di tengah massa...org akan terpancing dan akan terpropokasi dengan arus dengan massa yg sudah panas...


Quote:Original Posted By nogerivan
makanya begal2 kalo mbegal sambil bawa bendera supaya di belain


Yoi gann, masih belum pasti. Semoga hakim bisa memutuskan dengan objektif emoticon-Big Grin
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
22-01-2020 08:47
makanya begal2 kalo mbegal sambil bawa bendera supaya di belain
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
22-01-2020 08:33
Kok kagak percaya yah, di tengah chaos demo dan lempar2 batu dan gas airmata, terus ada anak yg jalan2 bawa bendera, nggak ngapa2in...ini bicara masalah psykologis saat berada di tengah massa...org akan terpancing dan akan terpropokasi dengan arus dengan massa yg sudah panas...
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
22-01-2020 08:17
Quote:Original Posted By suramonly


orang tua jaman now terlalu kendor sama anak skolahan soalnya, terutama urusan jam pulang sekolah,jadi banyak disalahgunakan sama anak2 untuk kegiatan "ikut2an" yg tidak berfaedah

anak jaman 90an kan magrib ga nongol isya pas pulang disiapin baju dibungkusin di ruang tamu emoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By khayalan


maap ya cyiin..

ane anak milenial kekinian semi alay jaman now.. tapi maksimal jam 6 sore udah harus d rumah.. buat pr sama makan malem trus bobo..

emoticon-Cool


emoticon-Ngakak
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
22-01-2020 02:53
polisinya juga barbar harusnya disiksa psikis aja seperti harus nonton video bokep homo emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
22-01-2020 00:52
Ini bocah yg ngaku2 pelajar, pake seragam sekolah.padahal udah gak sekolah. Umur dah 20 thn.

Provokator lah ini orang.
emoticon-DP
profile-picture
rakusentai memberi reputasi
1 0
1
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:57
Quote:Original Posted By suramonly
ah kamu bohong
pasti jam 6 pulang sekolah sampe rumah main hape sampe malem trus bobo
besoknya baru ngerjain pr di skolah emoticon-Cool


eh kk suudzon deh.. akuh beneran pulang jam 6.. trus buat pr trus bobo..


jam 11 malem pegi lagi.. pulang subuh.. emoticon-Cool
Diubah oleh khayalan
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:54
Quote:Original Posted By khayalan
maap ya cyiin..

ane anak milenial kekinian semi alay jaman now.. tapi maksimal jam 6 sore udah harus d rumah.. buat pr sama makan malem trus bobo..

emoticon-Cool


ah kamu bohong
pasti jam 6 pulang sekolah sampe rumah main hape sampe malem trus bobo
besoknya baru ngerjain pr di skolah emoticon-Cool
profile-picture
khayalan memberi reputasi
1 0
1
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:51
Quote:Original Posted By suramonly
orang tua jaman now terlalu kendor sama anak skolahan soalnya, terutama urusan jam pulang sekolah,jadi banyak disalahgunakan sama anak2 untuk kegiatan "ikut2an" yg tidak berfaedah

anak jaman 90an kan magrib ga nongol isya pas pulang disiapin baju dibungkusin di ruang tamu emoticon-Wakaka


emoticon-Bingung faktanya dia bukan pelajar sekolah ... Cuma memakai atribut sekolah .. ntah motifnya apa !!
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:47
emoticon-Mewek
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:44
Seharusnya koruptor yg diginiin emoticon-Marah
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:41
waduh.. belom ada titik terangnya juga yaa ni kasus, agak bingung juga sih tapi semoga cepet kelar dengan jelas dan damai
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:34
kalo pernah urusan pasti udah tahu...
anak2 sebenarnya bermaksud baik...hanya kalau kerjaan menumpuk...yah anak2 maunya cepet aja...biar cepet kelar...masih banyak kasus lain yang lebih penting...

yg penting kooperatif...tenang...kalo salah akui aja ..kalo benar yang jangan ttd BAP. Pastikan tanyakan pelanggaran pasal apa...biasanya suka salah tulis ....
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:28
Quote:Original Posted By suramonly
orang tua jaman now terlalu kendor sama anak skolahan soalnya, terutama jam pulang sekolah,jadi banyak disalahgunakan sama anak2 untuk kegiatan "ikut2an" yg tidak berfaedah

anak jaman 90an kan magrib ga nongol isya pas pulang disiapin baju dibungkusin di ruang tamu emoticon-Wakaka


maap ya cyiin..

ane anak milenial kekinian semi alay jaman now.. tapi maksimal jam 6 sore udah harus d rumah.. buat pr sama makan malem trus bobo..

emoticon-Cool
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:27
Jd inget kasus 2 orang yg di paksa mengku maling... di setrum. Di siksa
0 0
0
Dede Lutfi "Sang Pembawa Bendera" Mengaku Alami Kekerasan Saat Pemeriksaan Polisi
21-01-2020 23:25
Quote:Original Posted By khayalan
yang jelas... biar ke depannya ga ada lagi kasus ginian..


kalo demo ya mbok ngikutin aturan.. salah satunya magrib bubaaaar!!!

ga susah kan?


orang tua jaman now terlalu kendor sama anak skolahan soalnya, terutama urusan jam pulang sekolah,jadi banyak disalahgunakan sama anak2 untuk kegiatan "ikut2an" yg tidak berfaedah

anak jaman 90an kan magrib ga nongol isya pas pulang disiapin baju dibungkusin di ruang tamu emoticon-Wakaka
Diubah oleh suramonly
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan khayalan memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia