Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e26ec5ab84088145559624f/jangan-salah-kumis-anjing-ternyata-punya-fungsi-yang-sangat-penting-loh
Salah satu hewan yang sangat banyak dijadikan peliharaan adalah anjing. Kalian memeliharanya? Kalau kalian memelihara anjing, pasti kalian sering memerhatikan anjingmu kan? Pernah ga sih kalian memerhatikan fusngsi dari setiap bagian tubuh anjingmu? Misalnya saja, fungsi dari rambut kaku yang terdapat pada sekitar hidung anjing atau yang sering kita sebut sebagai kumis.
Lapor Hansip
21-01-2020 19:19

Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!

Past Hot Thread
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!

Agan Sista!

Kalian paling suka hewan apa?
Apa kalian memelihara hewan?
Hewan apa yang kalian pelihara?

Salah satu hewan yang sangat banyak dijadikan peliharaan adalah anjing. Kalian termasuk orang yang memelihara anjing bukan? Kalau kalian memelihara anjing, pasti kalian sering memerhatikan anjingmu kan? Pernah ga sih kalian memerhatikan fusngsi dari setiap bagian tubuh anjingmu? Misalnya saja, fungsi dari rambut kaku yang terdapat pada sekitar hidung anjing atau yang sering kita sebut sebagai kumis. Bahkan kalau diperhatikan, kumis anjing ini letaknya sangat tidak beraturan loh, misalnya ada pada daerah atas mata dan di bawah dagu. Jadi itu kumis atau jenggot, atau apa ya?

Hmm, apapun itu, mending kita balik lagi ke pertanyaan awal deh.
Kalian pernah berpikir ga sih apa fungsi dari kumis anjing?



Alat Komunikasi

Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!

Pasti Agan dan Sista tau kan kalau seekor anjing dengan anjing yang lainnya akan berkomunikasi melalui ekor dan telinganya. Nah, ternyata mereka tidak hanya berkomunikasi melalui ekor dan telinga aja loh. Anjing juga bisa berkomunikasi melalui kumisnya yang dapat memberitau tentang emosi yang sedang mereka rasakan. Misalnya saja jika mereka merasa terancam, kumis pada anjing-anjing yang terancam ini akan secara refleks mengarah ke depan wajahnya. Bahkan kumis anjing juga berfungsi sebagai pertahanan mereka loh. Oh iya, tak hanya saat marah atau tegang saja, GanSis, ekspresi senang anjing juga bisa terlihat melalui kumis yang ada di bagian atas mata yang akan secara refleks terangkat.


Penerima Sensasi

Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!

Agan Sista tau ga kalau ternyata pada bagian kulit dari masing-masing helai kumis anjing ini merupakan saraf yang bersifat sangat sensitif terhadap sentuhan loh. Hal ini akan membuat sang anjing mengirimkan pesan ke otak setiap kali ada sentuhan pada kumis anjing. Selain kulit pada setiap helai kumis, saraf penerima sensasi juga ada pada daerah mulut dan moncong anjing. Pada daerah ini terdapat banyak sel Merkel (yang ada pada bagian bawah lapisan epidermis) yaitu sel yang merupakan reseptor kulit yang berhubungan dengan saraf sehingga berfungsi sebagai reseptor sentuhan.


Mendeteksi Perubahan Arah Mata Angin

Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!

Agan dan Sista tau kan kalau kumis kucing memiliki fungsi untuk mendeteksi perubahan arah mata angin yang terjadi? Nah, ternyata fungsi ini juga didapatkan pada kumis anjing loh. Anjing akan secara refleks melakukan kedipan untuk melindungi matanya, hal ini terjadi ketika kumis anjing tertekuk. Ga percaya? Coba aja sentuh kumis anjingmu, pasti dia langsung mengedip.


Memperkirakan Luas Suatu Tempat

Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!

Selain mendeteksi perubahan mata angin dan arus air, fungsi yang sama antara kumis kucing dan kumis anjing adalah kemampuan mereka menggunakan kumisnya untuk memperkirakan luasan suatu area tertentu, GanSis. Panjang kumis anjing yang sama dengan lebar badan anjing dapat mendeteksi apakah ruangan tersebut dapat dilewati oleh si anjing atau tidak.



Itu dia beberapa fungsi dari kumis seekor anjing, GanSis. Walaupun terkadang membuat penampilannya berantakan karena bentuknya tak rapih, tapi kalian jangan pernah memotong, menggunting, atau mencabutnya ya. Karena hal tersebut malah akan menimbulkan masalah untuk anjingmu.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoanesherry dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
21-01-2020 19:27
emoticon-Pertamaxemoticon-Pertamaxemoticon-Pertamax

Lucu bingiiits...
emoticon-Peluk
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
22-01-2020 10:41
wow, klo dicukur gmana ya tuh
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
22-01-2020 21:12
itulah makanya jangan sampe dicukur, kumis anjing kumis kucing jugak
Diubah oleh dhinyzfrn
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
22-01-2020 21:12
Quote:Original Posted By trdfantasy
wow, klo dicukur gmana ya tuh


jangan dong gan... kesian ntar anjingnya jadi hidup segan mati tak mau
Diubah oleh dhinyzfrn
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
22-01-2020 21:35
emoticon-Belo
Eh beneran ane baru tau lho ini
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
22-01-2020 22:50
itu kumis bisa dibikin macem brewok kagak?
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
23-01-2020 11:08
wah banyak baget fungsinya. jangan sampe kecukur tuh kumis anjingnya. Gak herannya kalai Anjing dijadikan teman pemburu untuk berburu di hutan. ternyata anjing bosa nentuin arah mata angin. jadi gak mungkin bisa tersesat. tapi mungkin itu jaman dulu, kalau jaman sekaramg kan udah bisa pakai kompas yaah...
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
23-01-2020 14:29
Waaa ane baru tau banget kalo kumis dari anjing kegunaannya begini.. kumis kucing juga sama berarti??
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
23-01-2020 18:55
Wah panties.. pas kecil ane pernah pOtong kumis anjing piaraan besoknya mogok makan emoticon-Mewek
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
23-01-2020 19:13
barang hal sepele tp sangat berarti buat mereka.. jgn disamain ama kumis manusia yaa.. yg bisa seenaknya dicukur hehe
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
23-01-2020 19:17
wah baru tau ternyata punya manfaat yg penting juga ya, padahal keliatannya sepele
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
23-01-2020 22:18
banyak banget manfaatnya buat anjing ternyata yaaaa... aset berharga buat anjing berarti tuhh
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
23-01-2020 22:19
Quote:Original Posted By metachu
wah banyak baget fungsinya. jangan sampe kecukur tuh kumis anjingnya. Gak herannya kalai Anjing dijadikan teman pemburu untuk berburu di hutan. ternyata anjing bosa nentuin arah mata angin. jadi gak mungkin bisa tersesat. tapi mungkin itu jaman dulu, kalau jaman sekaramg kan udah bisa pakai kompas yaah...


nahh iya gann benerrr, itu mengapa anjing sering jadi pendeteksi bagi kepolisian karena memang anjing yang peka terhadap lingkungan berkat kumisnya
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
23-01-2020 22:47
Quote:Original Posted By christine57
nahh iya gann benerrr, itu mengapa anjing sering jadi pendeteksi bagi kepolisian karena memang anjing yang peka terhadap lingkungan berkat kumisnya


iyaa jugaa ya gan, ada anjing yang di latih untuk endus barang-barang narkotika gitu kan yaaa gan. Kira-kira kalo yh di latih buat sirkus itu ngaruh sama kumis-kumisnya itu ga si gan? Ane penasaran tuh anjing pada nurut-nurut bangeet...
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
24-01-2020 13:02
Wah keren juga ya ternyata fungsi dari kumis anjing ini, nice info nih gan
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
24-01-2020 13:03
Makanya kalo pas di groomingpun gapernah dicukur ya ini kumis2 anjing maupun kucing
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
24-01-2020 13:03


Quote:Original Posted By christine57
nahh iya gann benerrr, itu mengapa anjing sering jadi pendeteksi bagi kepolisian karena memang anjing yang peka terhadap lingkungan berkat kumisnya


iya juga ya gan, gapernah kepikiran ini loh ane awalnya ternyata keren juga ya fungsinya
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
24-01-2020 18:51
kemarin aku mau dikejar anjing takut pisan padhal aku gk gnggu
0 0
0
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!
24-01-2020 20:49
Quote:Original Posted By metachu
iyaa jugaa ya gan, ada anjing yang di latih untuk endus barang-barang narkotika gitu kan yaaa gan. Kira-kira kalo yh di latih buat sirkus itu ngaruh sama kumis-kumisnya itu ga si gan? Ane penasaran tuh anjing pada nurut-nurut bangeet...


heemm menurut ane sihh tetep ngaruh gann, soalnya kumis anjing tuh emang punya peran penting buat kehidupan anjing itu sendiriii. buat ngenalin lingkungan, dll nya.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia