News
Batal
KATEGORI
link has been copied
95
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2541f0c820844338768d02/kenali-laksamana-piri-dari-turki-si-pembuat-peta-dunia-pertama-paling-lengkap
Christopher Columbus adalah pelaut dan pedagang dari Spanyol yang banyak dipercaya sebagai orang yang pertama kali menemukan benua Amerika. Namun, para sejarawan telah mengungkap fakta bahwa telah banyak orang yang mendatangi benua yang satu ini.
Lapor Hansip
20-01-2020 13:00

Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap

Past Hot Thread
Christopher Columbus adalah pelaut dan pedagang dari Spanyol yang banyak dipercaya sebagai orang yang pertama kali menemukan benua Amerika. Namun, para sejarawan telah mengungkap fakta bahwa telah banyak orang yang mendatangi benua yang satu ini. Bahkan, para sejarawan bisa membuktikan para pelaut China-lah yang pertama kali menjejakkan kakinya di benua Amerika pada abad ke-11.

Terlepas dari bukti-bukti terbaru itu, pernahkah terpikirkan bagaimana para penjelajah tersebut bisa mengarungi lautan dan menemukan dunia baru? Kuncinya adalah peta dan penunjuk arah. Dan tidak banyak yang tahu bahwa peta dunia terlengkap sudah pernah dibuat oleh Laksamana Piri Reis dari armada perang Kekhalifahan Turki Usmani (Kerajaan Ottoman) pada tahun 1513.


Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap

Berawal pada tahun 1929, di sebuah sudut ruangan di Istana Topkapi, Istanbul, Turki, secara tidak sengaja ditemukan sebuah mahakarya yang terlukis dalam selembar kulit rusa berukuran 90 x 65 cm. Sebuah peta yang mencengangkan dunia kartografi modern. Betapa tidak, peta tersebut benar-benar digambar dengan lengkap dan cukup detail. Dari hasil analisis karbon menunjukkan peta ini dibuat tahun 1513 oleh seorang admiral Turki bernama Piri.

Muhyiddin Piri (begitu nama aslinya) diperkirakan lahir antara tahun 1465 dan 1470 di Gallipoli, dekat Pantai Aegea, Turki. Menghabiskan masa kanak-kanak hingga remajanya bersama Kemal Reis, pamannya, yang juga seorang pelaut terkenal di Kekhalifahan Turki Utsmani. Pamannyalah yang mendorong Piri mencintai laut, memperkenalkan pelayaran, dan memahami kartografi. Dan Piri pun menjadi pelaut, navigator, dan kartografer terkemuka di abad ke-16 dan dipercaya sebagai laksamana perang Kerajaan Ottoman di masa kekuasaan Raja Sulaeman II.

Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap

Bagaimana Piri Reis menggambar peta dunia dengan sangat akurat di masa itu, masih menjadi misteri hingga sekarang. Piri Reis mengakui petanya dibuat secara manual dengan menggabungkan beberapa peta yang sudah ada pada saat itu, dan ditambah rekaman perjalanan Piri sendiri ke beberapa tempat di dunia. Ia menyebutkan menggunakan 34 sumber peta yang berbeda; 20 peta berasal dari zaman Iskandar yang Agung, 8 peta karya ahli geografi Muslim, 4 peta Portugis, dan 1 peta hasil karya Columbus.

Selain handal membuat peta, Piri Reis juga menulis sebuah buku navigasi, Kitab-i Bahriye (Book of Navigation). Kitab-i Bahriye adalah salah satu buku navigasi paling terkenal sebelum zaman modern. Buku ini berisi informasi rinci mengenai pelabuhan-pelabuhan penting dunia, teluk, gua, tanjung, pulau, selat, dan lokasi ideal untuk perlindungan di Laut Tengah, juga teknik-teknik navigasi, dan astronomi kelautan.

Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap

Kitab yang dibuat antara 1511 hingga 1521 Masehi ini telah direvisi beberapa kali. Sejumlah informasi ditambahkan pada buku ini, seperti jenis-jenis badai, teknik menggunakan kompas, tabel dan peta, rincian garis pantai dan pelabuhan, metode menemukan arah menggunakan bintang, karakteristik utama samudra dan pulau-pulau di sekitarnya. Tentu saja hasil karya Piri ini berkontribusi banyak pada penjelajahan yang dilakukan Christopher Columbus, Vasco da Gama dan pelaut lainnya dalam mencari jalan ke India dan negeri Asia lainnya.

Pada 1524 dan 1525 Kitab-i Bahriye oleh Piri Reis dipersembahkan sebagai hadiah kepada sang penguasa Kekaisaran Ottoman saat itu, Sultan Sulaiman II. Salinan Kitab-i Bahriye kini tersimpan di banyak perpustakaan dan museum di seluruh dunia.

Sejak pertama kalinya ditemukan, peta Piri Reis telah mengundang banyak kontroversi karena keakuratan datanya, dan yang menakjubkan adalah mampu memetakan kawasan-kawasan asing dan misterius di masanya.

Demikian kiprah seorang laksamana perang Turki Utsmani yang berkontribusi besar dalam membuat peta dunia. Semoga bermanfaat.

Sumber: 1 dan 2
Sumber gambar 1, 2, dan 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 25 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
20-01-2020 14:41
Quote:Original Posted By dedesuhaya
Tentu saja hasil karya Piri ini berkontribusi banyak pada penjelajahan yang dilakukan Christopher Columbus, Vasco da Gama dan pelaut lainnya dalam mencari jalan ke India dan negeri Asia lainnya.

Sebentar... Sebenarnya kapan pertama kali Piri Reis membuat tulisan navigasi atau mengkompilasi peta?
Katanya Piri Reis menggunakan peta buatan Kolumbus juga, tapi apa Kolumbus menggunakan peta dan tulisan Piri Reis?
Buku navigasi keluatannya yang terkenal saja diterbitkan hampir 30 tahun setelah Kolumbus ke Amerika. Dan petanya yang terkenal juga keluar lebih 20 tahun setelah ekspedisi Kolumbus.
Diubah oleh shinhikarugenji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tyrodinthor dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
20-01-2020 16:16
dunia ini dipenuhi orang kulit putih. maka dari itu segala sejarah banyak yang menuliskan superioritas kaukasoid.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
Lapor Hansip
20-01-2020 20:37
Balasan post matthysse67
Quote:Original Posted By matthysse67
dunia ini dipenuhi orang kulit putih. maka dari itu segala sejarah banyak yang menuliskan superioritas kaukasoid.

Juga karena sentimen anti kulit putih, banyak yang percaya glorifikasi non kulit putih. Makanya kita mesti cek case by case, bukan main percaya.
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan yoseful memberi reputasi
2 0
2
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
20-01-2020 20:49

Quote:Mari baca blog yg telah terkurasi KaryaKarsa ini👇
Review Occult Forces, Film NAZI bertema Propaganda Anti-Freemason
Kaum Stoa penganut Stoisisme: Pengguna Istilah “Logika” Pertama Kali
Ayat Perjanjian Lama di Buku Novum Organum Scientarium karya filsuf Inggris Sir Francis Bacon & Makna "Pilar Herkules-Plus Ultra" di Logo Timnas Spanyol
Menara Hanoi dan Dunia yang Akan Berakhir Dalam 584,5 Miliar Tahun


Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Juga karena sentimen anti kulit putih, banyak yang percaya glorifikasi non kulit putih. Makanya kita mesti cek case by case, bukan main percaya.


setuju gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Sebentar... Sebenarnya kapan pertama kali Piri Reis membuat tulisan navigasi atau mengkompilasi peta?
Katanya Piri Reis menggunakan peta buatan Kolumbus juga, tapi apa Kolumbus menggunakan peta dan tulisan Piri Reis?
Buku navigasi keluatannya yang terkenal saja diterbitkan hampir 30 tahun setelah Kolumbus ke Amerika. Dan petanya yang terkenal juga keluar lebih 20 tahun setelah ekspedisi Kolumbus.

nah ini patut dipertanyakan. kalau Colombus yg dimaksud beda orang, perlu juga ditambah keterangan siapa yg dimaksud
emoticon-Traveller
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:12
Quote:Original Posted By matthysse67
dunia ini dipenuhi orang kulit putih. maka dari itu segala sejarah banyak yang menuliskan superioritas kaukasoid.


Dan sumber iptek banyak yang dari sono gan
Diubah oleh doombringer2211
profile-picture
matthysse67 memberi reputasi
1 0
1
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:12
Maksudnya pembuat peta dunia pertama paling lengkap di sini mencakup semua benua gitu? Ada Asia Timur, Nusantara, Australia, Pantai Barat Amerika?
Diubah oleh fahririzki
profile-picture
wbros memberi reputasi
1 0
1
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:15
Luar Biasa Laksamana ini
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:15
dari peta tersebut dimana letak negara kita gan? emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:16
jadi siapa yang pertama kali menjumpai benua amerika? piri atau columbus
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:21
lho, agan TS, jd contoh peta dunia yg mana yg telah piri buat ya ??
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:22
Wuih hebat, dia membuat petanya tanpa bantuan satelit...
profile-picture
profile-picture
Praswidi dan mamarnr memberi reputasi
2 0
2
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:30
Nami si kucing pencuri kalah jauh nih
profile-picture
dent0ent memberi reputasi
1 0
1
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:33
harusnya kalo colombus bukan org pertama menemukan amerika di revisi donk sama org china siapa yg pertama?

harus berani diluruskan dan salah wajar drpd membetulkan trus menerus kesalahan.

btw bingung jg yah piri pake peta colombus tapi peta piri dipake colombus.

yg benernya yg mana neh?
profile-picture
nievmizzet memberi reputasi
1 0
1
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:40
menarik banget ni baca-baca trit kayak gini...
ane jadi tau dikit-dikit sejarah di dunia...
keren juga ya Laksamana piri ini...
berkat pengalamannya sendiri sama berbekal beberapa sumber peta, dia bisa menggambarkan peta yang terbilang lengkap..
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:40
ane baru tahu ada tokoh hebar dari Turki Usmani, selama ini di buku-buku pelajaran condongnya lebih ke tokoh-tokoh dari dunia Barat gitu. kenapa tokoh dan ilmuwan timur dan dari kerajaan islma gitu jarang masuk di buku-buku pelajaran. apa mereka cuma masuk di buku-buku sekolag tinggi al azhar macam di Kairo gitu yaah...
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:43
Taun nya maju mundur.. Haha

Turki = turunan kidul
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:47
wah tokoh keren ini..
emoticon-Matabelo
profile-picture
rinandya memberi reputasi
1 0
1
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:48
muslim?
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan balnus2019 memberi reputasi
1 1
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:49
Quote:Original Posted By KewZ
harusnya kalo colombus bukan org pertama menemukan amerika di revisi donk sama org china siapa yg pertama?

harus berani diluruskan dan salah wajar drpd membetulkan trus menerus kesalahan.

btw bingung jg yah piri pake peta colombus tapi peta piri dipake colombus.

yg benernya yg mana neh?


Sama bingung emoticon-Bingung
Atw mereka sudah saling kenal, dan berbagi peta
0 0
0
Kenali Laksamana Piri dari Turki, Si Pembuat Peta Dunia Pertama Paling Lengkap
25-01-2020 08:50
turki = turunan kita emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia