Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
182
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e25321dc342bb5adc241e4e/inikah-penyebab-hutan-aokigahara-menjadi-tempat-favorit-untuk-mengakhiri-hidup
Hutan Aokigahara yang terkenal sebagai tempat favorit untuk mengakhiri hidup. Fenomena ini mulai muncul semenjak terbitnya novel “Kuroi Jukai” karya Seicho Matsumoto. Novel yang terbit pada 1960 ini, menceritakan tentang dua orang yang dimabuk cinta dan berkomitmen untuk mengakhiri hidupnya demi cintanya di hutan tersebut.
Lapor Hansip
20-01-2020 11:52

Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?

Past Hot Thread
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
Pepohonan hutan Aokigahara. Bahkan pada siang haripun terasa gelap.

Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
Jalan setapak di Aokigahara

Aokigahara (青木ヶ原) adalah hutan yang terletak di sebelah Barat Laut Gunung Fuji, membentang dari kota Kawaguchiko hingga desa Narizawa, Prefektur Yamanashi. Aokigahara disebut juga "hutan lautan pohon" dan "lautan pohon gunung Fuji". Disebut demikian karena jika angin meniup pepohonan di sana terlihat seperti keadaan ombak di laut. Usia hutan ini diperkirakan sekitar 1200 tahun. Hutan ini dikenal sebagai tempat bunuh diri populer di Jepang.


Quote:
Hutan Aokigahara yang terkenal sebagai tempat favorit untuk mengakhiri hidup. Fenomena ini mulai muncul semenjak terbitnya novel “Kuroi Jukai” karya Seicho Matsumoto. Novel yang terbit pada 1960 ini, menceritakan tentang dua orang yang dimabuk cinta dan berkomitmen untuk mengakhiri hidupnya demi cintanya di hutan tersebut. Namun, sejarah Aokigahara sebagai tempat bunuh diri sudah ada jauh sebelum novel itu beredar. Aura kematian sudah lama tercium dari hutan ini. Ritual Ubasute, menyepi hingga ajal menjemput, dilakukan di hutan tersebut sejak abad ke-19. Dan sejak tahun 1950, lebih dari 500 orang telah mengakhiri hidupnya di hutan ini, rata-rata tiap tahunnya ada sekitar 30 orang yang bunuh diri di Hutan Aokigahara.


sumber: Novel Sakura Wish
hal 136-137


Quote:
Buku lain, The Complete Manual of Suicide (1993) karya Wataru Tsurumi, menggambarkan Aokigahara sebagai 'tempat sempurna untuk meninggal dunia'. Buku-buku itu terjual jutaan eksemplar.


Quote:
Quote:Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
Pernahkah kamu mendengar Ubasuteyama? Ubasuteyama (Gunung Pembuangan Nenek) merupakan cerita legenda rakyat Jepang tentang tradisi membuang orang yang sudah tua di gunung. Entah cerita ini benar terjadi di masa lalu atau tidak, Ubasuteyama menjadi salah satu kisah yang sangat populer di Jepang.

Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
Ubasuteyama adalah tradisi membuang kerabat atau anggota keluarga yang sakit atau lanjut usia ke tempat terpencil untuk mati. Secara harfiah, ubasute sendiri berati "pembuangan." Dalam kisah masyarakat Jepang zaman dulu, ubasute berati membuang orang tua. Tradisi mengerikan ini dilakukan di hutan, tepatnya di kaki Gunung Fuji, yakni di Hutan Aokigahara yang dikenal juga sebagai hutan bunuh diri masyarakat Jepang.

Kisah yang beredar di rakyat Jepang sendiri mengenai kisah anak laki-laki yang harus membuang ibunya yang sudah tua ke gunung demi mengurangi jatah orang yang harus diberi makan di rumahnya. 

Asal-usul Ritual Ubasute
Ada banyak mitos yang menceritakan asal mula tradisi ini. Salah satunya akibat letusan Gunung Asama di tahun 1783 yang memicu gagal panen dan kelaparan besar sehingga masyarakat di sana harus membuang anggota keluarga mereka yang sudah lansia dan tidak bisa berbuat apa-apa ke gunung untuk mengurangi jumlah mulut yang harus diberi makan.

Orang tua yang bawa ke gunung akan ditinggalkan sendirian, bisa dengan perbekalan makanan atau tidak. Nantinya orang tua itu akan menemui ajal entah karena mati kelaparan setelah bekal mereka habis, kedinginan, dehidrasi, dan yang paling mengerikan dimakan binatang buas. 

Meskipun begitu tradisi mengerikan ini telah dihapuskan di masa lalu. 


Quote:
Ada dua cerita yang menjelaskan mengapa tradisi ini dihapuskan.

Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
Kisah pertama bercerita tentang seorang raja yang membenci orang tua. Saking bencinya, ia membuat peraturan untuk membuang orang tua yang telah berusia lebih dari 70 tahun ke pengasingan. Orang-orang yang tidak mau mengikuti peraturan raja akan dihukum berat dan mau tidak mau mereka mengikuti perintah raja.

Namun salah satu menteri raja sangat mencintai ibunya sehingga ia menggali ruang rahasia di rumahnya dan menyembunyikan ibunya yang berusia 70 tahun. Hingga suatu hari penguasa kerajaan tetangga mengirimkan teka-teki berupa dua ekor kuda identik pada raja.

Raja diberikan kesempatan satu kali menebak untuk mencari tahu yang mana induk kuda dan yang mana anaknya. Apabila raja gagal menjawab maka kerajaannya akan diserang. Raja yang merasa daerah kekuasaannya terancam meminta nasihat dari pendeta dan para menteri.

Mendengar permintaan raja, kemudian salah seorang menteri memohon izin untuk mencari tahu arti teka-teki tersebut pada seseorang yang ia kenal. Ia pun mencari tahu jawabannya dari sang ibu. Sang ibu lalu menyuruh anaknya itu untuk memberikan kedua kuda itu rumput.

Sang menteri kemudian kembali sambil membawa rumput dan memberikannya kepada dua kuda tadi. Saat diberikan, salah satu kuda mundur dan membiarkan kuda satunya untuk memakan rumput tersebut. Sang menteri pun memberi tahu raja bahwa kuda yang mundur merupakan induknya.

Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
Jawaban ini ternyata benar, dan sang raja menjadi sekutu dengan penguasa tetangga. Raja yang terkesan kemudian menanyakan sang menteri kenapa ia bisa mengetahui hal tersebut. Sang menteri lantas menceritakan kebenarannya bahwa ia menyembunyikan ibunya dan sang ibu yang memberitahu jawabannya. Orang tua selalu mendahulukan anaknya dan tidak akan membiarkannya kelaparan.

Mendengar jawaban ini sang raja sadar dan menghapus tradisi pembuangan orang tua.

Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
Cerita kedua menceritakan seorang pria yang tengah membuang ibunya yang sudah tua. Di sepanjang perjalanan sang ibu yang digendong mematahkan ranting dari keranjang yang ia bawa.

Ketika sang ibu diletakan di tengah hutan, ia berpisah dengan anaknya dan berkata "ikutilah jejak ranting yang kupatahkan agar kamu bisa pulang, dan bawa keranjang ini dan lakukan hal yang sama saat kau membuang ayahmu."

Jawaban ini membuat sang anak tidak kuasa menahan air mata dan memutuskan untuk membawa kembali ibunya pulang ke rumah. Meskipun tahu akan dibuang, sang ibu masih tetap memikirkan keselamatan anaknya. Sejak peristiwa tersebut, tradisi pembuangan orang tua menghilang.

sumber : brilio



Balik lagi ke Aokigahara.
Konon katanya novel Kuroi Jukai ini mendorong orang-orang untuk melakukan bunuh diri di Hutan Aokigahara.

Mungkin novel-novel tersebut dan Aokigahara telah memberikan semacam sugesti kepada orang yang depresi.

Mengapa orang Jepang ingin bunuh diri di Aokigahara?

"Banyak orang telah bunuh diri di Aokigahara, dengan begitu Anda tidak akan mati sendirian. Itu sebabnya, orang-orang mau bunuh diri di sana karena bagaikan ada teman atau orang-orang lain yang mendukungnya"


Biarlah Aokigahara Menjadi Daya Tarik Tersendiri Bagi Industri Pariwisata Jepang


Quote:terimakasih karena sudah menyempatkan untuk membaca thread saya..


SUMBER
Novel Sakura Wish 136/137
Brilio
Wikipedia
Detik Travel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jjjeeekkk dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 11:53
profile-picture
juragan.goyang memberi reputasi
1 0
1
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 11:59
Dah pernah lihat kak di chanel YouTube
Emang ngeri ni tempat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 12:11
Quote:Original Posted By kicquck
Dah pernah lihat kak di chanel YouTube
Emang ngeri ni tempat


iya Kei, kalau berdasarkan cerita lokal itu banyak semacam energi negatif yang berasal dari roh - roh yang gentayangan..

nggak boleh bengong kalau di situ Kei..
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 12:42
Quote:Original Posted By quae
iya Kei, kalau berdasarkan cerita lokal itu banyak semacam energi negatif yang berasal dari roh - roh yang gentayangan..

nggak boleh bengong kalau di situ Kei..


Hehehe heem.. kalau kesambet ya bisa ikutan bunuh diri
profile-picture
quae memberi reputasi
1 0
1
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 12:42
yang penting pejwan emoticon-pencet
profile-picture
mulivw memberi reputasi
1 0
1
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 12:43
Quote:Original Posted By quae
mampir guys..

@kicquck
@pe.rusuh
@juragan.goyang


@Si.Perusuh
mampir yuk emoticon-Big Grin
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 12:43
serem juga ya hutannya emoticon-Takut (S)
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 12:50
ini klo ga salah ada filmnya yg dari Hollywood

yg pemerannya cewe sexy di game of throne. yg cari adeknya masuk hutan.

kurang tahu nama filmnya, seru deh pokoknya


ini fillmnya

Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?

tanya sendiri , jawab sendiri.. koplak emoticon-Ngakak (S)
kayaknya kudu cobain nih hutan, bosen ke hutan kebon raya bogor emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh momodgalak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scoria07 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 13:23
kok sediih sih asal-usulnya emoticon-Sorry

btw, di situ gak ada patroli gitu.. jaga" kalo ada orang yang mau masuk ke hutan biar didampingin.. sumpah ngeri amat
0 0
0
Lihat 1 balasan
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 13:29
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 13:32
emoticon-Wow emoticon-Wow
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 13:33
Serem juga ada tempat favorit buat bunuh diri. Harusnya keamanan buat masuk ke situ diperketat sih
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 13:56
emoticon-Sorry emoticon-Sorry ga bisa komeng
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 14:10
hmm... serem kali ya di Aokigahara emoticon-Takut
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 14:50
Quote:Original Posted By kicquck
Hehehe heem.. kalau kesambet ya bisa ikutan bunuh diri


bahasannya kesambet, sama dengan daerahku..

kalau keselong tahu Kei?


tapi sebenarnya ada lho jalur pendakian dari Aokigahara menuju gunung Fuji..

cuman jalurnya ekstrim..
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 14:54
Quote:Original Posted By juragan.goyang
yang penting pejwan emoticon-pencet

ok gan..
Quote:Original Posted By juragan.goyang
@Si.Perusuh
mampir yuk emoticon-Big Grin

id baru?
Quote:Original Posted By juragan.goyang
serem juga ya hutannya emoticon-Takut (S)

iya gan, rungkut..
Quote:Original Posted By momodgalak
ini klo ga salah ada filmnya yg dari Hollywood

yg pemerannya cewe sexy di game of throne. yg cari adeknya masuk hutan.

kurang tahu nama filmnya, seru deh pokoknya


ini fillmnya

Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?

tanya sendiri , jawab sendiri.. koplak emoticon-Ngakak (S)
kayaknya kudu cobain nih hutan, bosen ke hutan kebon raya bogor emoticon-Ngakak (S)

wkwkwk, nggak pernah nonton game of throne..
aku bagian dari 1% orang di dunia yang belum pernah nonton GOT
Quote:Original Posted By blitzkriegsport
kok sediih sih asal-usulnya emoticon-Sorry

btw, di situ gak ada patroli gitu.. jaga" kalo ada orang yang mau masuk ke hutan biar didampingin.. sumpah ngeri amat

ada gan, tapi kebanyakan sudah jadi mayat ketika di temukan..
Quote:Original Posted By cheapbastard666
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?

thanks udah mampir gan..
Quote:Original Posted By cemenk...
emoticon-Wow emoticon-Wow

emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ram.deuter
Serem juga ada tempat favorit buat bunuh diri. Harusnya keamanan buat masuk ke situ diperketat sih

udah banyak rambu nya kok gan..
ya mungkin sih buat pencegahan harusnya di perketat lagi..
Quote:Original Posted By vallkrie
emoticon-Sorry emoticon-Sorry ga bisa komeng

santai..
Quote:Original Posted By Ahong79
hmm... serem kali ya di Aokigahara emoticon-Takut

iya, beda banget sama Chef Aiko emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
juragan.goyang memberi reputasi
1 0
1
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 15:25
sereeeeem...
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 15:27
mau mati aja pilih2 tempat
0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 15:30
seberat apapun cobaan hidup jgn pernah coba utk mengakhiri hdup.
Berdoa dan minta petunjuk pada Alloh SWT



0 0
0
Inikah Penyebab Hutan Aokigahara Menjadi Tempat Favorit Untuk Mengakhiri Hidup?
20-01-2020 16:17
Quote:Original Posted By rajkapoor
sereeeeem...

namanya juga hutan angker om..
Quote:Original Posted By meong133
mau mati aja pilih2 tempat

hehe ente mau mati diskotik om?
Quote:Original Posted By Richy211
seberat apapun cobaan hidup jgn pernah coba utk mengakhiri hdup.
Berdoa dan minta petunjuk pada Alloh SWT

selalu mengedepankan hati dan logika biar bisa berfikir jernih..

hati untuk berdoa, logika untuk bernalar..
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia