Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e22b53cb6c58d1558039e8c/9-fakta-mencengangkan-kelabang-yang-wajib-diketahui
Hello warga kaskussssss Di salah satu thread ane yang berjudul "9 Fakta Kaki Seribu yang Jarang Diketahui" ada salah satu kaskuser request kepada ane untuk membahas mengenai kelabang. Setelah itu pun ane pun membaca beberapa artikel terkait kelabang. Ane pun memutuskan untuk membahas kelabang karena menurut ane ada beberapa fakta yang ane tidak ketahui sebelumnya Sumber : Pixabay Lipan
Lapor Hansip
18-01-2020 14:35

9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui

icon-verified-thread

Hello warga kaskussssss


Di salah satu thread ane yang berjudul "9 Fakta Kaki Seribu yang Jarang Diketahui" ada salah satu kaskuser request kepada ane untuk membahas mengenai kelabang. Setelah itu pun ane pun membaca beberapa artikel terkait kelabang. Ane pun memutuskan untuk membahas kelabang karena menurut ane ada beberapa fakta yang ane tidak ketahui sebelumnya

9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Quote:
Lipan atau Kelabang adalah hewan arhropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. Kelabang adalah hewan metamerik dimana ia memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Kelabang termasuk hewan berbisa dan aktif di malam hari


Itulah sekilas indo terkait kelabang. Yuk kita bahas 9 Fakta Menarik Kelabang yang Wajib Kita Ketahui :

Quote:1. Mudah Dehidrasi
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Kelabang adalah serangga yang memiliki lilin kultikula (membantu menjaga cairan di dalam tubuh serangga). Hal ini menyebabkan kelabang sangat mudah kehilangan air dan cenderung mencari tempat lembab.

Itulah penyebab kita sering menemukan kelabang di tempat yang lembab


Quote:2.  Pemalu
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Sebenarnya kelabang adalah hewan yang pemalu loh? Mau bukti? Coba aja jika kalian menemukan kelabang pasti dia akan kabur dan tidak berani menyerang loh.

Kasus kelabang menggigit kita mungkin saja dikarenakan kita tidak sengaja menyentuh atau mengganggu hidup dia


Quote:3. Membersihkan Kaki Dengan Menjilat
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Pernah liat kucing menjilat kakinya? pasti sudah terlalu mainstreamkan? Pernah liat kelabang menjilat kakinya? sebenarnya kalian pernah melihatnya cuman tidak menyadari apa yang sedang dilakukan kelabang saat itu

Kelabang memiliki kebiasaan menjilat kakinya setelah makan. Kelabang menggunakan forcipules mulut mereka di atas setiap pangkal sampai ujung kaki-kakinya


Quote:4. Orang Tua yang Baik


Sumber : Facebook

Hewan kelabang melakukan kimpoi biasanya pada musim panas atau semi. Kelabang betina mampu bertelur hingga 60 buah di dalam tanah. Kelabang juga termasuk orang tua yang baik loh untuk anak-anaknya 

Kelabang betina akan melindungi telur dan kelabang muda dari predator pemangsa, selain itu kelabang betina juga bertindak untuk menjaga  suhu tubuh dari anak-anaknya agar tetap hangat dan bertahan hidup


Quote:5. Racun Kelabang Tidak Akan Membunuh Manusia
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Yah pasti semua orang takut jika digigit oleh kelabang (termasuk TS). Walaupun racun kelabang tidak bisa membunuh manusia namun rasa sakit yang ditimbulkan tidak main-main

Tidak sampai disitu, beberapa jenis kelabang mampu menimbulkan reaksi alergi, tetanus, pembengkakan kelenjar getah bening dan gangguan fungsi jantung (ujung-ujungnya bisa mati juga sih)


Quote:6. Takut dengan Garam
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Menebar garam untuk mengusir kelabang bukan mitos loh guys. Hal ini disebabkan jika kelabang menyerap garam maka cairan di dalam tubuhnya akan keluar sehingga membuatnya lemah atau mati (adanya reaksi osmosis)


Quote:7. Sistem Kerja Racun Kelabang
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Seiring Kemajuan Zaman, para peneliti sudah menumkan sistem kerja racun kelabang loh !!

Racun kelabang bekerja dengan cara memblokir potasium untuk masuk dan keluar sel. Penyumbatan ini mencegah otak memberi sinyal kepada jantung untuk berdenyut. Pergerakan potasium juga penting untuk sistem pernafasan. Tak heran korban gigitan kelabang juga mengalami masalah pernapasan


Quote:8. Jumlah Kaki Kelabang Dapat Bertambah
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Ketika telur kelabang menetas menjadi larva dimana larva tersebut sebenarnya telah mirip dengan kelabang dewasa namun hanya memiliki 4 pasang kaki (Kalo dibayangin kok lucu ya).

Larva kelabang kemudian akan melakukan pergantian kulit beberapa kali dimana selama berganti kulit, kakinya juga sedikit demi sedikit bertambah hingga mencapai jumlah maksimal 15 pasang


Quote:9. Berumur Panjang
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Kelabang termasuk hewan kecil yang mampu hidup 5 - 10 tahun loh. Bagi hewan kecil seperti kelabang, angka tersebut sudah besar ya



Quote:
Semoga thread kali ini bisa menambah pengetahuan kalian ya tentang Kelabang. 
Ada Request untuk hewan selanjutnya yang ingin kita bahas?



Bonus Pict
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
Sumber : Pixabay

Sumber Tulisan : Otak TS12345

9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui

Tolonbantu 

Rate  dan  Share

9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 14:36
Ada yang Minat Pelihara Kelabang?
profile-picture
cryingbrutal memberi reputasi
1 0
1
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 14:52
Jadi kelabang kakinya gak serebu emoticon-cystg
profile-picture
cryingbrutal memberi reputasi
1 0
1
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 14:57
Berarti mulut kelabang banyak yah bre?
Kalo tabur garem gue kira mitos f:emoticon-Big Grin
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 14:58
kalo di dunia binatang ada sekolahan,kelabang yang bakal sering terlambat
soalnya pake sepatunya lama,kakinya ada banyak emoticon-Hammer
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 15:01
Quote:Original Posted By kirashinigami
kalo di dunia binatang ada sekolahan,kelabang yang bakal sering terlambat
soalnya pake sepatunya lama,kakinya ada banyak emoticon-Hammer


Kaki seribu bre
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 15:02
Quote:Original Posted By afx98
Jadi kelabang kakinya gak serebu emoticon-cystg


Kaga emoticon-Cendol Gan
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 15:11
mencengacengacengacengkan ya
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 15:16
bikin geli , 11 12 dgn kecoak kadang bikin terbirit jika dihampiri emoticon-Big Grin
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 15:21
Quote:Original Posted By Broser
bikin geli , 11 12 dgn kecoak kadang bikin terbirit jika dihampiri emoticon-Big Grin


Gue mah kabur bre
0 0
0
Lihat 1 balasan
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 15:38
suka nongol dari bawah batu nih mahluk
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 15:44
Kelabang keluar bau asem kayak cuka waktu gak sengaja ane injak.
emoticon-Betty
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 16:06
Quote:Original Posted By ora.w4r45
Kelabang keluar bau asem kayak cuka waktu gak sengaja ane injak.
emoticon-Betty


Anjay parah emoticon-Ngakak
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 16:37
GELI GELI NYYOOOOOYYYY emoticon-Busa
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 16:46
untung dia ga bisa terbang 😅
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 16:50
awas banjir banyak kelabang
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 17:09
itu yg nomor 9 kelabang dinegara mana ?
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 17:47
di campur sama arak bray beuh rasanya nikmat
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 17:58
Quote:Original Posted By tsimtsum
itu yg nomor 9 kelabang dinegara mana ?


Amazon bro
0 0
0
9 Fakta Mencengangkan Kelabang yang Wajib Diketahui
18-01-2020 17:58
Quote:Original Posted By indra.blora
di campur sama arak bray beuh rasanya nikmat


WKwk kenikmatam haqiqi
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia