News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
130
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2265590577a947cc6a4433/xenobot-quotrobot-hidup-pertamaquot-dari-sel-hidup
Para ilmuwan telah menciptakan apa yang mereka klaim sebagai Robot Hidup pertama, ini adalah sebuah bentuk kehidupan baru yang diciptakan dari sel hidup. Sebuah tim peneliti telah mengambil sel dari embrio katak dan mengubahnya menjadi mesin yang dapat diprogram untuk bekerja sesuai keinginan.
Lapor Hansip
18-01-2020 08:54

Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup

Past Hot Thread
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
Sumber: Douglas Blackiston, Tufts University

Para ilmuwan telah menciptakan apa yang mereka klaim sebagai "Robot Hidup" pertama, ini adalah sebuah bentuk kehidupan baru yang diciptakan dari sel hidup.

Sebuah tim peneliti telah mengambil sel dari embrio katak dan mengubahnya menjadi mesin yang dapat diprogram untuk bekerja sesuai keinginan.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah umat manusia, manusia mampu menciptakan "mesin biologis sepenuhnya dari bawah ke atas", tim yang bekerja di belakang penemuan ini menulisnya dalam sebuah makalah baru.

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk mengirim "xenobot" mungil itu untuk membawa obat-obatan ke seluruh tubuh pasien atau membersihkan polusi dari lautan misalnya. Robot dari sel hidup tersebut juga dapat menyembuhkan diri sendiri jika rusak, kata para ilmuwan.

“Ini adalah mesin kehidupan yang baru,” kata Joshua Bongard, pakar Universitas Vermont yang ikut memimpin penelitian terbaru ini.

“Mereka bukan robot tradisional atau spesies hewan yang dikenal. Ini adalah kelas artefak baru : organisme yang hidup dan dapat diprogram. " tambahnya.

Makhluk-makhluk baru dirancang menggunakan superkomputer dan kemudian dibangun oleh para ahli biologi. Mereka sekarang dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang berbeda-beda, kata mereka di belakang penciptaan.

“Kita dapat membayangkan banyak aplikasi berguna dari robot hidup ini yang tidak dapat dilakukan oleh mesin lain seperti mencari senyawa jahat atau kontaminasi radioaktif, mengumpulkan mikroplastik di lautan, Masuk dalam arteri manusia untuk mengikis plak,” kata co-leader Michael Levin di Pusat Biologi Regeneratif dan Pengembangan di Universitas Tufts, tempat xenobot sebenarnya diciptakan.

Tim menggambarkan terobosan besar mereka dalam sebuah makalah yang diterbitkan Prosiding National Academy of Sciences  ( jurnal ilmiah multidisiplin peer-review ).

Umat manusia akan mengubah bagaimana cara kerja organisme dalam suatu bentuk, selama hal tersebut memungkinkan. Dalam beberapa tahun terakhir, ada lompatan besar ke depan dalam hal tersebut, dengan penyuntingan genetik dan penciptaan organisme buatan.

Tetapi para peneliti mengatakan bahwa pekerjaan mereka yang pertama kali adalah membuat mesin yang sepenuhnya biologis telah sepenuhnya dirancang dan dibuat oleh para peneliti.

Mereka mulai melakukannya dengan menggunakan superkomputer untuk menciptakan ribuan kemungkinan desain untuk bentuk kehidupan baru. Hal tersebut merupakan versi virtual evolusi, yang mana para ilmuwan mengatur tugas komputer dan menghitung desain apa yang paling berhasil.


Bagaimana para peneliti mengerjakannya

Jika diminta untuk membuat makhluk yang bergerak ke arah tertentu, misalnya, peneliti akan mencoba ratusan cara berbeda untuk menggabungkan sel-sel yang disimulasikan ke dalam berbagai macam bentuk yang memungkinkan makhluk-hidup melakukannya. Sel-robot (Xenobot) ini bekerja menggunakan aturan mengenai apa yang bisa dilakukan oleh sel-sel sederhana mencontoh pada sebuah materi, dan pada akhirnya  para ilmuwan mendapat desain teoretis untuk bentuk kehidupan baru tersebut.

Bagian kedua dari penelitian ini ialah bahwa seorang ahli bedah mikro dan peneliti lainnya mampu mengubah desain tersebut menjadi kehidupan nyata. Mereka mengambil sel punca dari embrio katak Afrika, menginkubasi mereka, dan kemudian menggunakan alat yang sangat kecil untuk memotongnya dan menggabungkannya ke dalam desain yang dibuat oleh komputer.

Itu berarti bahwa para ilmuwan telah menempelkan bahan organik nyata bersama-sama untuk menciptakan bentuk kehidupan yang belum pernah terlihat sebelumnya di alam.

Setelah itu terjadi, sel-sel mulai bekerja bersama. Seperti yang disarankan komputer, robot dapat bergerak sendiri, dimana sel-robot tersebut melakukannya dengan cara yang koheren serta kemudian menjelajahi lingkungan mereka selama beberapa minggu.

Quote:"Koheren adalah keserasian atau kekompakan yang terjadi karena adanya koordinasi."

Menurut para peneliti, mereka mampu bekerja mendorong sesuatu, mengorganisir diri secara spontan dan kolektif. Dan para ilmuwan berpikir mereka akan dapat membuat versi xenobot yang lebih kompleks. Simulasi komputer menunjukkan bahwa hal ini memungkinkan mereka untuk mendesain xenobot dengan kantong di tubuh mereka yang dapat digunakan untuk membawa objek - misalnya, mengantarkan obat dengan berenang padatubuh manusia tubuh, .

Merancang robot dari bahan hidup seperti ini dapat menyebabkan perubahan besar dalam sebuah teknologi terlebih lagi dunia kedokteran, para ilmuwan menyarankan. Xenobot dapat beregenerasi, dan sepenuhnya biodegradasi ketika mereka mati.

Quote:"Biodegradasi adalah proses dimana bahan organik yang dirobohkan oleh enzim dihasilkan oleh organisme hidup."

Terlebih lagi, mereka dapat memperbaiki diri. Tidak seperti yang lampau, Xenobot ini dapat diiris hampir menjadi dua bagian  dan akan memperbaiki diri kembali bersama, kata mereka.


Bahaya lain yang timbul

Para peneliti mengakui bahwa ada bahaya jika perkembangan seperti itu dimanfaatkan dengan cara lain yang tidak kita mengerti, hal tersebut akan mengarah ke konsekuensi yang tidak  kita inginkan. Jika sistem menjadi cukup kompleks, mungkin mustahil bagi manusia untuk memprediksi bagaimana mereka akan mulai berperilaku.

"Jika umat manusia akan bertahan hidup di masa depan, kita perlu lebih memahami bagaimana sifat kompleks tersebut, yang entah bagaimana, muncul dari aturan sederhana," kata Levin dan dalam sebuah pernyataan. "Studi ini adalah kontribusi langsung untuk menangani apa yang ditakuti oleh manusia, yang merupakan konsekuensi yang tidak diinginkan," tambahnya.

Dia mengatakan bahwa studi yang baru adalah langkah penting menuju pemahaman sistem seperti ini. Dengan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana sistem kehidupan dan memutuskan bagaimana mereka akan berperilaku, serta apakah dan bagaimana hal tersebut dapat diubah, kita akan dapat lebih memahami hasil tentang sel-robot (Xenobot) ini.



Sumber Artikel:
- World's First 'Living Machine' Created Using Frog Cells and Artificial Intelligence : https://www.livescience.com/frogbots...ng-robots.html
- Meet the xenobot: world's first living, self-healing robots created from frog stem cells : https://edition.cnn.com/2020/01/13/u...scn/index.html





Diubah oleh muhammadeltar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diisantos dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
24-02-2020 11:43


Quote:Original Posted By b4perman
wah wah mantpa dahhh bisa ya gitu mnyerupaii
99 persen kali ya behhee


Iya gaan makanyaa, canggih bangeeet yakkkk.
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
15-02-2020 08:38
Penemuan harus disertai dengan penawar atau tandingan, dikhawatirkan di kemuadian hari ketika sdh diproduksi masal trz penemunya dah tiada baru timbul masalah dan kaga bisa menanganinya krna kaga disertai dg pembuatan mahluk buat kontrolnya.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
31-01-2020 22:12
Quote:Original Posted By Moses tambunan
wah, ini bener2 lompatan besar dalam kehidupan dunia abad ini Gan. bayangin sel yang bisa dimanipulasi tujuannya sesuai dengan keinginan penciptanya.

bisa sangat positif dalam kehidupan manusia, misalkan membunuh sel kanker, atau sangat negatif, yang justru malah jadi virus baru bagi manusia...

btw, kalo dia terikat dalam substansi bilogis, berarti dia punya waktu hidup dong yah? dan juga punya kesempatan untuk berkembang dan bermutasi menjadi organisme lain dong?


Wah kalau begitu sama aja nyiptain makhluk hidup ya gan? Serem juga sih
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
31-01-2020 22:12
semoga saja perkembangan teknologi bisa dibarengi dengan perkembangan manusia yang ada agar terus berkesinambungan
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
31-01-2020 22:11
Quote:Original Posted By jogamingextreme
teknologi dan ilmu pengetahuan dari masa k masa semakin ksini smakin luat biasa ya gan


Iya setuju gan perkembangannya gila gilaan dan diluar nalar masa depan sudah makin dekat saja sih rasanya
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
28-01-2020 22:49
seemakin mutakhir teknologi masa kini
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
28-01-2020 14:51
Robot dr sel hiduppp!??? Serem juga yaa
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
27-01-2020 06:54
Hoax apalagi ini emoticon-Bingung
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 23:08
wah, ini bener2 lompatan besar dalam kehidupan dunia abad ini Gan. bayangin sel yang bisa dimanipulasi tujuannya sesuai dengan keinginan penciptanya.

bisa sangat positif dalam kehidupan manusia, misalkan membunuh sel kanker, atau sangat negatif, yang justru malah jadi virus baru bagi manusia...

btw, kalo dia terikat dalam substansi bilogis, berarti dia punya waktu hidup dong yah? dan juga punya kesempatan untuk berkembang dan bermutasi menjadi organisme lain dong?
profile-picture
diisantos memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 22:04
Quote:Original Posted By bingsunyata
Tambahin dengan beragamnya manusia ...
Ini terkait dengan masalah alergi dan sejenisnya ...

Suatu obat yang cocok untuk seseorang, belum tentu cocok untuk orang lainnya. Ini kita juga harus memperhitungkan kondisi tubuh seseorang yang sedang dalam keadaan sakit. Begitu pula dengan carrier yang sedang dirancang ... Itu termasuk ketika si carrier dinyatakan telah selesai menyelesaikan tugasnya dan kemudian harus terdegradasi. Dimana molekul hasil pendegradasian itu sepenuhnya harus bisa ditolerir oleh tubuh manusia ..., dan lingkungan (bila itu kemudian direncanakan untuk keluar bersama urine, keringat).

Lha, kalau itu ..., tingkat kegagalannya tidak bisa kurang dari 1%, kiranya, akan lebih bijak kalau itu digunakan untuk jenis penyakit tertentu saja. Sehingga ..., sederhananya, mulai dari awal, sekiranya para peneliti sudah menentukan terlebih dahulu, penyakit apa yang ingin ditangani dengan metoda ini. Daripada mengerahkan segala daya upaya, seolah ingin membuat "philosopher stone".

...
Biarkan metoda itu berhasil, untuk satu jenis penyakit dahulu ...
Sesudahnya, biarlah pemikiran manusia berikut perkembangan ilmu pengetahuan, yang menentukan jalannya sendiri ...


Keknya paling banter nanti ke penyakit kardiovaskuler dulu, yg paling "gampang".
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 21:16
Quote:Original Posted By bingsunyata
Tidak terbukti, dimungkinkan karena bentuk dari "robot" yang dibuat. Semisal itu berbentuk seperti bola, kemampuan regeneratifnya mungkin cuma mengada pada sisi luar, plus molekul dari jenis apa yang menyusunnya. Semisal itu dari jenis protein biasa, maka dengan sendirinya itu dengan mudah akan didapatkan dari dalam tubuh si pasien. Namun karena itu berbentuk seperti bola, dengan sendirinya, bagian inti dari bola itu akan kesulitan untuk mendapatkan bahan yang akan digunakan untuk meregenerasi diri.
Namun ..., bila dikatakan bahwa manusia sudah bisa "menggabungkan" (diartikan, bahwa manusia sudah mampu pula untuk merupakannya dalam suatu bentuk), maka akan lain sekali ceritanya. Bila itu dirupakan sebagai rantai tipis molekul dalam bentuk batang, dimana bagian dalam dan bagian luar mempunyai kesamaan dalam komposisi molekul, proses regenerasi akan bisa diwujudkan.


Ya karena bentuknya, karena yg ini dia di "design" simple dari 2 jenis voxel jaringan, pasif sama aktif, untuk kontraksi dan dekontraksi aja, belum begitu advance. Karena ya utk show off biar bisa bawa "barang".

Belom lagi nanti kalo pake jaringan yg dasarnya dari pasien yg manusia.
profile-picture
diisantos memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 19:41
Quote:Original Posted By bingsunyata
Kalau diperlengkapi dengan fitur regenetatif, itu bisa bertahan lebih lama dari itu.


Ya (theoretically), but never proven, yet
Diubah oleh samradler
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 18:35
wew bagus ya. klo dimari mah masih pada demen ribut agama, bentar2 bilang kapir kapir wkwkwkwkwkwkwkwk besoknya bawa bom emoticon-Ngakak
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 17:50
wah mantep nih emoticon-Matabelo
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 10:20
Elah makin jadi pertanda makin sepi lapangan pekerjaan ini sih emoticon-No Hope
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 09:33
kok ane jadi inget Cell dari animasi Dragon Ball ya???
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 08:50
Karna dari bahan organik maka diharap tubuh tidak menolak ketika masuk dan pengobatan bisa lebih efektif tapi karna ini robot yang bisa diprogram pembuatnya bisa jadi pembuatnya memprogram untuk menghancurkan sell. Termasuk menggunakan sel induknya untuk mereplikasi diri sendiri dan bertambah banyak. Prospeknya penggunaannya banyak sih termasuk digunakan sebagai senjata atau bisa jadi bermutasi melebihi yang bisa dikendalikan dan menjadi organisme baru.
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
26-01-2020 00:38
Lompatan besar dalam ilmu pengetahuan.
Hebat!
0 0
0
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
25-01-2020 22:40
Quote:Original Posted By bingsunyata
Saya tidak menyukai fitur regeneratif itu ....
Ketika terjadi mulfunction atau ketidak sesuaian pada tubuh seseorang (sekalipun itu persentasenya cuma 1% ), itu akan hidup layaknya sebuah kanker dalam tubuh pasien yang bersangkutan. Walau pengembangan pada hal itu mungkin bisa membawa manusia pada level immortal.

Punya masa hidup tertentu, mungkin lebih mudah untuk ditangani.


Hidupnya ini emng bentar kok, cmn bbrp hari
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia