News
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e207838b84088105359f4f2/akhir-januari-pengendara-sepeda-motor-bakal-ditilang-etle
Mulai akhir Januari 2020, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal melakukan tilang melalui kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bagi pengendara sepeda motor di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin.
Lapor Hansip
16-01-2020 21:50

Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE

Past Hot Thread
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE

Mulai akhir Januari 2020, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal melakukan tilang melalui kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bagi pengendara sepeda motor di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin. Walaupun sebelumnya kesulitan untuk menilang motor, namun saat ini kamera sudah disesuaikan sehingga bisa melakukan tilang ETLE.

"Bila sebelumnya hanya mobil, sekarang semua kendaraan yang melakukan pelanggaran akan segera kita tindak," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf kepada wartawan di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Yusuf mengatakan, pihaknya juga telah melakukan uji coba untuk men-capture sepeda motor yang melakukan pelanggaran. Hasilnya, dari 100 pelanggaran yang tercapture hampir 80 persen yang melakukan pelanggara adalah sepeda motor.

Seperti diketahui, selama ini pelanggaran di Jalan Ibu Kota didominasi oleh sepeda motor. Tercatat hampir 70 persen pelanggaran yang terjadi disebabkan oleh pengendara sepeda motor. 
Sementara, dari data yang diambil dalam Operasi Zebra terakhir pada bulan Desember 2019 tercatat mengalami peningkatan jumlah pelanggaran.

Sementara itu, Kasubdit Bingakum Direktorat Lalulintas Polda Mettro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, sebanyak 117.895 kendaraan, baik roda empat maupun roda dua dikenai sanksi tilang karena melanggar berbagai aturan lalu lintas. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 110.058 kendaraan ditilang, dengan persentase kenaikan sebesar 7 persen.

"Sebanyak 20.457 pengendara juga dikenai sanksi teguran. Jumlah itu meningkat sebesar 15 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Fahri. 

Pemotor menjadi pelanggar lalu lintas terbanyak dengan catatan sebanyak 85.359 pelanggar. Sementara itu, pelanggar terbanyak kedua adalah 25.159 pelanggar. Adapun jenis pelanggaran terbanyak adalah pengendara roda dua yang melawan arus dengan 26.075 pelanggar.

"Untuk pengendara roda empat, jenis pelanggaran yang paling banyak dilanggar adalah tidak membawa atau memiliki SIM. Jumlahnya 5.129 pelanggar," ungkapnya.

Operasi Zebra Jaya digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan para pengendara kendaraan bermotor dalam berlalu lintas. Sementara, untuk persiapan kamera ETLE baru Fahri menegaskan, penindakan sepeda motor juga akan diterapkan di lokasi baru tersebut.

"Nanti untuk lokasi baru sudah bisa langsung diterapkan penindakan sepeda motornya," katanya.

Sekarang ini, pihaknya masih menyelesaikan pemasangan instalasi kamera mulai dari tiang dan koneksi dengan command centre yang berada di Polda Metro Jaya.

Seperti diketahui, berdasarkan data Statistik Transportasi DKI Jakarta 2018, mobil penumpang mencatat pertumbuhan tertinggi 6,48 persen per tahun pada periode 2012-2016. Pada 2012 jumlah mobil penumpang di Jakarta sebanyak 2,74 juta unit sedangkan pada 2016 bertambah menjadi 3,52 juta unit.

Jika diasumsikan pertumbuhan mobil penumpang masih sama, jumlah mobil penumpang di Jakarta pada 2017 mencapai 3,75 juta unit dan 2018 menjadi 3,99 juta unit. Jumlah sepeda motor di Jakarta pada 2012 mencapai 10,82 juta unit. Angka ini terus meningkat menjadi 13,3 juta unit pada 2016. Dengan rerata pertumbuhan 5,3 persen per tahun, jumlah sepeda motor diperkirakan mencapai 14 juta unit pada 2017 dan 14,74 juta unit pada 2018.


https://metro.sindonews.com/read/149...le-1579077757

MAKIN BANYAK DAH PEMASUKAN NEGARA emoticon-Leh Uga
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:04
Satu kata Mampus bikers=rakyat kcl kaga bisa korupsi d jalan seenakny..
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:16
Kalau pelanggaran tangan pembonceng rogoh jaket drivernya, bakal kena juga ga? emoticon-Malu
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:18
Taati aturan lalin
profile-picture
SecondoVongola memberi reputasi
1 0
1
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:23
Itu cuma berlaku di Jakarta duang kan ya...emoticon-Malu
profile-picture
stiv8785 memberi reputasi
0 1
-1
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:24
beuh, bisa modyar tuh pengendara motor liat denda etle emoticon-Betty
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:26
pasangin juga tempat Laen dong.di setiap lampu merah
biar gak lewat garis putih
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 14crownroyal memberi reputasi
2 0
2
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:28
bagus
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:30
kalau ini udah bisa kameranya melakukan tilang?
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:40
ya kalo gw bilang sih bagus. scara gw pun malas melanggar aturan dan benci kalo ada pelanggar aturan yang secara ga langsung merugikan gw
emoticon-Cool
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:40
hmmm yang ga punya duit buat bayar denda kalau kebanyakan masuk penjara berarti? penjara penuh dong...soalnya kalau sita motor di daerah padat penduduk sih...kayak debt collector dong

ga punya rekening bank, ga punya duit cukup, tinggal di kawasan padat penduduk....wong cilik emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 5 balasan
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 22:57
yaaaa, sebaik nya,,, di sosialisasikan terlebih dulu

klo tidak ada sosialisasi...

pasti ujung2 nya bakalan di protes
0 0
0
Lihat 1 balasan
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
16-01-2020 23:54
Waduh kasian pendapatan bs berkurang nih
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
Lapor Hansip
17-01-2020 00:56
Balasan post hhendryz
Jangan masukin penjara, ngabisin uang pembayar pajak kasih makan gratis pelanggar lalu lintas, mending suruh kerja sosial setaon ikut bangun jalan trans papua
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
17-01-2020 01:22
jalur sepeda
tilang elektronik

WHAT NEXT?
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
17-01-2020 01:48
Emang yakin bakal pada nurut? Dpt tagihan tilang doang mah blm tentu dibayar kalo bukan kyk skrg, SIM ditahan.
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
17-01-2020 04:21
bagus nih,semoga mengurangi pemotor yg sambil meroko dan main HP
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 14crownroyal memberi reputasi
2 0
2
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
Lapor Hansip
17-01-2020 05:16
Balasan post wilsonindra
@wilsonindra jauh amat. ikut kerja bakti keruk sungai aje dijamin taun depan ga banjir lg
0 0
0
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
Lapor Hansip
17-01-2020 07:08
Balasan post mckagan07
Quote:Original Posted By mckagan07
yaaaa, sebaik nya,,, di sosialisasikan terlebih dulu

klo tidak ada sosialisasi...

pasti ujung2 nya bakalan di protes


himbauan tertib lalu lintas uda disampaikan sejak puluhan taun lalu. knpa masi minta sosialisasi?
profile-picture
decodeca memberi reputasi
1 0
1
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
17-01-2020 07:30
Quote:Original Posted By Ahyau
Emang yakin bakal pada nurut? Dpt tagihan tilang doang mah blm tentu dibayar kalo bukan kyk skrg, SIM ditahan.


Gak bisa perpanjang SIM dan STNK kalo tagihan denda blom dibayar
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Akhir Januari, Pengendara Sepeda Motor Bakal Ditilang ETLE
17-01-2020 08:16
pasang di jakur pasar minggu jatipadang buncit sampe mampang
bajal bisa nutup defisit apbn dki denda tilangnya
profile-picture
decodeca memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia