Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
10
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e20482865b24d6d174a4fec/santuy-mendaki-gunung-di-musim-hujan---catper-gunung-burangrang-14-15-januari-2020
. Bulan Januari ini Indonesia masih berada pada musim penghujan. Duhhh, mana lagi libur kuliah lagi, pengen nanjak lagi mumpung ada waktu libur. Sebenarnya sih mendaki gunung ketika musim hujan tidak disarankan, karena terdapat kemungkinan-kemungkinan insiden yang lebih riskan daripada mendaki gunung di musim kemarau, contohnya hujan yang membuat jalur pendakian licin, kabut yang menutupi pemandan
Lapor Hansip
16-01-2020 18:25

SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020

icon-verified-thread
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Bulan Januari ini Indonesia masih berada pada musim penghujan. Duhhh, mana lagi libur kuliah lagi, pengen nanjak lagi mumpung ada waktu libur. Sebenarnya sih mendaki gunung ketika musim hujan tidak disarankan, karena terdapat kemungkinan-kemungkinan insiden yang lebih riskan daripada mendaki gunung di musim kemarau, contohnya hujan yang membuat jalur pendakian licin, kabut yang menutupi pemandangan indah, rawan tersambar petir, serta meningkatnya risiko terkena penyakit seperti hipotermia, AMS, dan lainnya.
.
Akhirnya setelah berbagai pertimbangan dan pengecekan alat-alat, aku memutuskan untuk mendaki Gunung Burangrang, gunung ini berada di Kabupaten Bandung tepatnya di Kecamatan Cisarua. Gunung berketinggian 2050 mdpl ini berada di selatannya Gunung Tangkuban Perahu dan merupakan hasil letusan Gunung Sunda Purba waktu zaman prasejarah. Oiya, gunung ini merupakan gunung pertama yang aku daki di Jawa Barat karena saya kuliah di Yogyakarta jadinya Nanjaknya Gunung Jawa Tengah muluu huehuee. emoticon-Traveller
.
Semoga gunung pertamaku di Jabar ini meninggalkan kesan yang baik, pikirku sebelum memulai pendakian.
.
emoticon-cystg
.
Saya berangkat menggunakan sepeda motor ke Basecamp Legok Haji bersama Juan, rekan pendakian saya kali ini. Kawan lama dulu Pas SMA emoticon-Big Grin Gunung Burangrang sendiri setidaknya memiliki 4 Jalur.
1. Legok Haji
2. Pasir Kuning
3. Komando (Sudah Tutup Jalurnya)
4. Masjid (lupa namanya) sebelah Jalur Komando (Sudah Tutup Jalurnya)
.
Ketika kami sampai basecamp kami diberitahu pihak BC Legok Haji bahwa untuk Jalur Komando dan Masjid sudah ditutup yaa. Jadinya bisa naik hanya melalui jalur Legok Haji atau Pasir Kuning.
.
Sekedar Informasi, ini kontak dan instagram resmi basecamp legok haji
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Basecamp legok haji sendiri berupa sebuah warung yang berada di ketinggian 1250 mdpl, basecamp ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda 2. Tapi belum ada akses mobil ke BC-nya. Untuk kawan-kawan yang membawa mobil bisa parkir mobil di rumah warga sebelum basecamp ya..
.
Ini foto basecamp + parkir motornya
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Karena Basecamp Legok Haji tidak ada di google maps, ini saya berikan titik koordinat nya yaa
.
6°47'33.6"S 107°33'20.5"E
Tugumukti, Cisarua, West Bandung Regency, West Java
https://goo.gl/maps/wkpu5pZmHrCn1nv97
.
Lanjuttt emoticon-Blue Guy Cendol (L)
.
Start naik motor dari bekasi jam 6 sampai di Basecamp jam 11 an, 130 kilometer ternyata bikin capek juga.. Alhasil kami istirahat dan makan siang dulu di Basecamp. Harga makanan juga bersahabat disini, nasi goreng per porsinya cukup 10 ribu rupiah.
.
Setelah shalat dzuhur, saya dan Juan bersiap melakukan pendakian. Untuk biaya parkir motor sebesar 10 ribu per motor dan untuk Simaksi pendakian seikhlasnya saja per orang. Jalur legok haji ini memiliki 4 pos pendakian di sepanjang jalurnya.
.
Di awal jalur (±25 meter dari basecamp) terdapat percabangan, kanan ke Curug Cipalasari, sementara ke kiri ke Jalur Pendakian.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Setelah 5 menit berjalan dari basecamp, tibalah kami di area Tanah Mati, sebuah area yang biasa dipakai sebagai bumi perkemahan dengan tanaman hijau di kanan dan kiri area.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Setelah 22 menit berjalan, tibalah kami di pos 1. Kawan-kawan tidak akan menemukan shelter di semua pos di jalur legok haji ini. Penanda dari pos 1 adalah sebuah papan kayu bertuliskan pos 1. Untuk jalur menuju pos 1 vegetasinya masih belum rapat dan dengan kemiringan yang masih landai dan minim tanjakan.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Bergerak menuju pos 2, mulai ada tanjakan-tanjakan ringan menyambut kedatangan kami. Ciri khas tanjakan di gunung burangrang ini berada diantara akar-akar pepohonan. Vegetasi tanaman sekeliling sudah mulai rapat dan mulai masuk kedalam hutan. Jarak tempuh ke pos 2 sekitar 15 menit saja dari pos 1. Tidak ada lahan untuk mendirikan tenda juga baik disini dan pos 1.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Lanjut lagi perjalanan ke pos 3 memakan waktu sekitar 30 menit. Mulai dari pos 2 ke pos 3 - pos 4 itu memang tanpa bonus yaa. Nanjak terus di tanjakan-tanjakan berakar. Hati-hati licin ya.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
Pada jalur pendakian juga ada beberapa titik yang rawan sekali terpleset karena kemungkinan dijadikan tempat pendaki merosot kalau turun gunung. Padahal sejatinya merosot di jalur ketika turun gunung dapat merusak dan membuat licin jalur, akibatnya pendaki yang naik pun menjadi kesusahan hehe. Sebuah imbauan agar tidak merosot ketika turun gunung ya kakk
emoticon-Ngakak
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Setelah berjalan lagi sekitar 35 menitan, tibalah kami di pos 4, sebuah area datar (sedikit) untuk beristirahat. Disini kami juga bertemu rombongan pendaki yang tektok, setelah sebelumnya sepi sekali tanpa bertemu manusia yang turun gunung. emoticon-EEK! Pos 4 bisa digunakan untuk mendirikan hanya 1 tenda ya..
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Setelah ngobrol-ngobrol dan istirahat sejenak, kami lanjut lagi meninggalkan rombongan tersebut yang sedang makan siang. Gas teruss sampai puncak memakan waktu 1 jam dengan sedikit istirahat. Di beberapa titik menuju puncak terdapat bonus jalan landai namun di sisi sampingnya terdapat jurang yang cukup dalam, hati-hati ya kak emoticon-Takut
.
Akhirnya kami berdua tiba di puncak pukul 15.15, sekitar 3 jam pendakian. Puncak Burangrang ditandai dengan sebuah tugu merah dengan bendera merah putih diatas tugu tersebut. Pemandangan gunung Tangkuban Perahu yang diliputi awan pun seakan menyambut kedatangan kami. Syukur deh cuaca cerah selama naik, walau nantinya segera tertutup pula dengan ganasnya hujan dan kabut emoticon-Cendol Gan
.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Di puncak juga terdapat persimpangan jalur Pasir Kuning ya.. Kalau dari puncak turun ke kanan itu ke Pasir Kuning, kalau ke kiri ke Legok Haji.
.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Berjalan 3 menit dari puncak kita akan sampai di area camp, namun perlu diperhatikan karena jalan menuju tempat camp berkabut dan sangat riskan karena kanan dan kiri jalur terdapat jurang..
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Selanjutnya saya dan juan mendirikan tarp tent Uttara kami disana. Ternyata cukup tangguh walau tanpa frame emoticon-Cool

SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Kami bermalam disana dan berencana turun gunung keeseokan harinya.. saat itu hanya ada 2 rombongan yang camp disana, hanya kami dan 1 rombongan asal Bandung yang kami temui sebelumnya.. berikut foto suasana berkabut di area camp (tenda kuning tenda rombongan Bandung)
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Malam harinya terdapat mistis, Juan bilang katanya dia denger suara langkah kaki diluar tenda.. padahal mah jarak tenda rombongan Bandung juga jauh dari tenda kami.. tapi anehnya yg denger cuman Juan saja saya gk denger Alhamdulillah emoticon-Blue Guy Smile (S) . Trus katanya pas malem-malem di tenda si juan katanya ditampar di bagian kepala kirinya, pas dia nengok ke saya katanya saya udah tidur (saya juga di bagian kanan dia gk mungkin nampar kiri kan), lalu si Juan tetep positif thinking katanya wkwk. Dia baru cerita di Basecamp pas turun.
.
Lanjut lagi.. besoknya kami turun pukul 7.29, sebenarnya sudah bangun dari jam 5 tapi kabut tak kunjung hilang dan sunrise pun menjadi tertutup, tidak apa-apa yang penting dapat kembali dengan selamat nggih. Setelah packing dan pamitan dengan tenda sebelah kami lanjut turun jalan santai karena habis hujan malamnya trek menjadi sangat licin.
.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Semoga catatan perjalanan ini dapat membantu teman-teman yang berencana mendaki Burangrang via Legok Haji. Tetap safety, santuy dan jangan memaksakan pendakian jika cuaca buruk ya.. Puncak mungkin target utama, tapi kembali dengan selamat adalah sebuah keharusan. Oiya terakhir ini ada peta digital gpx jalur pendakian yang saya buat kemarin ketika mendaki.. silahkan disebar luaskan yaa semoga bermanfaat. Panduan penggunaan bisa googling aja ya gan emoticon-Embarrassment
.
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
.
Ini linknya : https://drive.google.com/folderview?...Xd-bde2-jC9aC3
.
Sampai bertemu lagi di catatan perjalanan berikutnya. Mohon maaf jika ada kesalahan pada tulisan diatas. Buat yang mau berteman di instagram bisa follow @alifkurniawan3 ya gan.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Cendol ya gann emoticon-Big Grin

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
Diubah oleh pejalansantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makam.keramat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
18-01-2020 16:53
Ane belom pernah kesini nih.
Kapan kapan ajakin kesini ya TSemoticon-Malu
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
18-01-2020 20:02
Quote:Original Posted By lapar.bang
Ane belom pernah kesini nih.
Kapan kapan ajakin kesini ya TSemoticon-Malu


Boleh suhu kapan2 main ke Jabar kalau waktunya pas ditemenin suhu emoticon-Toast Tiatii mass emoticon-Traveller
0 0
0
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
19-01-2020 22:07
wah ane ngiler
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
20-01-2020 09:48
Quote:Original Posted By lekwin
wah ane ngiler


emoticon-Travelleremoticon-cystg
0 0
0
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
31-01-2020 09:06
padahaltiap hari keliatan dari rumah, tapi belum pernah nanjak sampe puncak emoticon-Hammer (S)
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
10-02-2020 23:41
bisa bikin api unggun ga gan?
pas camp di puncak
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
11-02-2020 08:29
Quote:Original Posted By Bambujongk0k
padahaltiap hari keliatan dari rumah, tapi belum pernah nanjak sampe puncak emoticon-Hammer (S)


Cobain gan biar ngerasain jalurnya emoticon-Traveller
0 0
0
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
11-02-2020 08:30
Quote:Original Posted By rimba84
bisa bikin api unggun ga gan?
pas camp di puncak


Boleh gan yang penting margin safenya aman ya spaya gk ada kebakaran emoticon-cystg
0 0
0
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
11-02-2020 08:31
Quote:Original Posted By pejalansantai
Boleh gan yang penting margin safenya aman ya spaya gk ada kebakaran emoticon-cystg


Oh oke mantap, soalnya kalo naik gunung ga bikin 🔥 unggun ga enak gan..

Rencana maret mau kesana
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
SANTUY MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN - CATPER GUNUNG BURANGRANG 14-15 JANUARI 2020
11-02-2020 08:32
Quote:Original Posted By rimba84
Oh oke mantap, soalnya kalo naik gunung ga bikin 🔥 unggun ga enak gan..

Rencana maret mau kesana


Siap mas ati-ati ya ndan licin jalurnya klo hujan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
rimba84 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia