Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1edb50c342bb37f118b552/4-solusi-jika-anak-kehilangan-nafsu-makan
Salah satu permasalahan yang paling memusingkan dan sering kali dihadapi oleh orang tua adalah anak kehilangan nafsu makan atau susah makan. Bagaimana tidak mengkhawatirkan? Anak yang tak doyan makan berarti berisiko tinggi kekurangan nutrisi baik yang menjadi bekal masa pertumbuhannya. Namun, ada beberapa hal yang sebenarnya juga bisa Anda lakukan untuk mengembalikan nafsu makan Si Kecil, yaitu:
Lapor Hansip
15-01-2020 16:28

4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!

Past Hot Thread
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
Salah satu permasalahan yang paling memusingkan dan sering kali dihadapi oleh orang tua adalah anak kehilangan nafsu makan atau susah makan. Bagaimana tidak mengkhawatirkan? Anak yang tak doyan makan berarti berisiko tinggi kekurangan nutrisi baik yang menjadi bekal masa pertumbuhannya.

Namun, ada beberapa hal yang sebenarnya juga bisa Anda lakukan untuk mengembalikan nafsu makan Si Kecil, yaitu:

1. Sesuaikan lagi jadwal makannya

Menurut National Coalition for Cancer Survivorship, memberikan camilan kepada anak Anda sepanjang hari dapat membantu meningkatkan nafsu makannya. Makan tiga kali sehari (jadwal konvensional) mungkin tidak membuatnya nyaman. Jadi sebaiknya, ganti jadwal makannya dengan cara meningkatkan frekuensi makan (lebih dari 3 kali sehari) tetapi dengan porsi yang sedikit-sedikit.

2. Ajak anak untuk beraktivitas fisik

Ajaklah si Kecil pergi keluar untuk bermain. Biasanya, udara segar dan lingkungan baru yang menyenangkan bisa meningkatkan nafsu makan anak-anak. Selain itu, menurut National Coalition for Cancer Suvivorship, menjadi aktif dapat membantu anak yang sakit mendapatkan kembali nafsu makannya.

Tak perlu melakukan aktivitas fisik berat seperti bermain sepak bola atau berlarian ke sana kemari. Cukup dengan berjalan kaki atau bermain lempar bola (intinya olahraga ringan) dapat mengilhami si Kecil untuk setidaknya makan sedikit setelah berolahraga.

3. Jadwalkan pemeriksaan kepada dokter

Seperti yang sudah disinggung di atas, menurunnya nafsu makan dan menurunnya berat badan secara signifikan menandakan ada sesuatu yang tak beres dari kesehatan si Kecil.

Menurut penjelasan pihak Rumah Sakit Great Ormand Street yang dilansir Livestrong, depresi, mononukleosis, parasit usus, hingga anemia dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan. Untuk itu, perlu dilakukan tes darah dan pemeriksaan fisik untuk mendiagnosis kondisi medis yang sedang dialami anak Anda.


4. Meminta masukan dari anak Anda

Saat anak kehilangan nafsu makan, tak ada salahnya untuk menanyakan langsung kepada si Kecil tentang makanan apa yang sebenarnya ingin ia makan. Sebab, bisa saja si Kecil sedang bosan dengan menu masakan Anda sehari-hari. Ya, cepat bosan memang kerap kali melanda anak-anak, terutama soal makanan.

Oleh sebab itu, aturlah daftar menu sehat baru bersama anak supaya ia bisa memberikan saran tentang makanan apa yang ia mau. Apalagi jika Anda juga melibatkannya dalam proses memasak. Pasti si Kecil akan lebih tertarik untuk mencoba hasil eksperimennya sendiri.

Jika si Kecil punya saudara yang lebih tua, coba tanyakan alasan di balik hilangnya nafsu makan si adik. Pasalnya, sang adik mungkin menceritakan alasan tersebut kepada sang kakak. Bisa saja karena ia tidak menyukai rasa buah atau sayuran tertentu, tidak menyukai aroma dan tekstur dari lauk tertentu, dan lain sebagainya. Maka, libatkan juga si kakak saat menyusun menu makanan sehat harian keluarga supaya semangat anak untuk makan kembali lagi.

NB: Sedangkan jika anak kehilangan nafsu makan karena adanya penyakit dan efek samping obat, konsultasikanlah kepada dokter supaya si Kecil tetap bisa mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Oke, terimakasih atas kunjungan agan......


profile-picture
profile-picture
syahriyar dan ummuza memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
18-01-2020 10:21
kurang2in makan jajan jg bisa tuh nambahin napsu makan, biasanya mereka klo udh makan jajan gamau tuh makan nasi yg berat2 gt, udh kenhang duluan. kadang jg bisa diinisiatif dg menghias makanan utk anak. entah dibentuk ato dihias yg lucu2 biasanya mereka bakalan demen makan
0 0
0
Lihat 2 balasan
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
18-01-2020 10:40
Gonta ganti menu makan bisa jadi pilihan si, atau kalau nggak kurangin ngemil karena bisa jadi anak udah kenyang jadi males makan lagi.
0 0
0
Lihat 1 balasan
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
18-01-2020 19:07
zaman gue kecil dikasih temulawak biar nafsu makannya banyak 😅
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
19-01-2020 11:06
nomor empat menarik nih karena sekalian ngajak diskusi anak juga biar orang tua semakin tahu maunya anak apa
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
19-01-2020 13:53
konsumsi susu yg berlebihan jg bikin anak kenyang. pdhl susu itu cuma sbgai selingan bukan yg menu wajib seperti makan. baiknya diatur jadwal makan sm minum susunya
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
19-01-2020 17:56
Biasanya juga gan klo ingin anaknya makannya bagus tipsnya yaitu membuat makanannya jadi menarik.
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
19-01-2020 21:01
anak kalo gamau makan, ortunya bingung bukan maen... mungkin dia bosen. atau kebanyakan makan jajanan berperisa/berpengawet..
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
19-01-2020 21:02
Quote:Original Posted By unoo11
zaman gue kecil dikasih temulawak biar nafsu makannya banyak 😅


pas udah gede masih banyak juga gak tuh gan makannya wkwkwkwk
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
19-01-2020 21:22
biasanya sepupu ane kalo gak doyan makan tuh gegara kebanyakan maen hape....,,, jadi hapenya disita wkakakak
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
19-01-2020 21:56


Quote:Original Posted By unoo11
zaman gue kecil dikasih temulawak biar nafsu makannya banyak 😅


Anjirr ane juga dulu dikasih temulawak wkwk
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
19-01-2020 21:56
Jadi inget dulu waktu kecil bener bener susah banget makan, dan pilih pilih. Sekarang malah nafsu makannya besar banget wkwk
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
20-01-2020 00:44
Coba olah menu makanan jadi masakan yang lain, siapa tau anak bosan jadi olahan lain bisa jadi solusi
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
Lapor Hansip
21-01-2020 13:34
Balasan post siangpenat
betul banget nih, harus bisa jaga pola makan si anak juga.. banyak kasus yg bikin si anak gamau makan krn udah kenyang makan jajan sebelumnya, pdhl jajannya ga bergizi duh
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
Lapor Hansip
21-01-2020 13:35
Balasan post limo23
ini juga pas banget buat jadi alternatif lain gan, kadang si kecil juga bosen kalo makannya itu itu aja soalnya
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
21-01-2020 17:39
Quote:Original Posted By albafica02
Anjirr ane juga dulu dikasih temulawak wkwk


Hahaha ternyata sama 🤣👏
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
21-01-2020 17:41
Quote:Original Posted By dhinyzfrn
pas udah gede masih banyak juga gak tuh gan makannya wkwkwkwk


Udah gede gini mahh malah makan teros 🤣 pengen nekan nafsu makan yg susah
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
23-01-2020 14:02
Quote:Original Posted By unoo11
zaman gue kecil dikasih temulawak biar nafsu makannya banyak 😅


Wkwkw sama nih, dikasih temulawak atau apasi dulu tu namanya yg dari minyak ikan biar nafsu makan wkwk
0 0
0
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
24-01-2020 11:15
Quote:Original Posted By kohgreen
ini juga pas banget buat jadi alternatif lain gan, kadang si kecil juga bosen kalo makannya itu itu aja soalnya


Iyaaaps betul, apa lagi kalau cara masaknya sama terus, jelas anak bakal bosel si ituuu
0 0
0
Lihat 1 balasan
4 Solusi Jika Anak Kehilangan Nafsu Makan!!
Lapor Hansip
24-01-2020 11:19
Balasan post limo23
jadi orangtua jg harus kreatif dlm mengeksplor makanan buat anak2nya ya gan wkwk
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Wedding & Family
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia