Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0d8667af7e93795e1f13f2/kenjeran-destinasi-wisata-keluarga-surabaya
Sudah jamak orang Surabaya paham, menjadikan kawasan Kenjeran sebagai pilihan melerai lelah rutinitas. Memilih Kenjeran sebagai destinasi wisata keluarga. Beberapa spot menarik ada di sana, seperti kawasan wisata THP Kenjeran, Kenjeran Park dengan banyak spot menarik di dalamnya, Sentra Ikan Bulak, hingga Taman Suroboyo yang kini jadi pusat perhatian. Demi mendukung keindahan dan kenyamanan Kenjer
Lapor Hansip
02-01-2020 12:57

Kenjeran, Destinasi Wisata Keluarga Surabaya

Sudah jamak orang Surabaya paham, menjadikan kawasan Kenjeran sebagai pilihan melerai lelah rutinitas. Memilih Kenjeran sebagai destinasi wisata keluarga. Beberapa spot menarik ada di sana, seperti kawasan wisata THP Kenjeran, Kenjeran Park dengan banyak spot menarik di dalamnya, Sentra Ikan Bulak, hingga Taman Suroboyo yang kini jadi pusat perhatian. Demi mendukung keindahan dan kenyamanan Kenjeran, kawasan penyangganya pun dibenahi. Kawasan yang berada di Kecamatan Bulak, Surabaya ini ke depan memang dirancang sebagai kawasan destinasi wisata yang menawarkan semua yang diinginkan oleh wisatawan.

Kenjeran, Destinasi Wisata Keluarga Surabaya

Kawasan Kenjeran kini, dari waktu ke waktu tak pernah sepi. Aktivitas masyarakat sekitar terus meningkat seiring kesadaran menjadikan kawasan tersebut sebagai kawasan wisata dan sisi lain gaya hidup Kota. Sarana umum terus dilengkapi, demi melengkapi dan meningkatkan kualitas kawasan dan masyarakat sekitar. Bukan mustahil bila ke depan, Pemerintah Kota Surabaya mencanangkan kawasan Kenjeran menjadi destinasi besar, yang dikelola Pemkot Surabaya. Tak hanya di siang hari, malam hari pun aktivitas warga di sana juga hidup dan ramai. Akses jalan yang baik, didukung penerangan jalan. Beberapa sentra kuliner yang ada di beberapa lokasi. Hingga sarana pendukung lainnya.


Quote:TEMPAT BERMALAM
Berada di ujung kota Surabaya dengan Pulau Madura membuat kawasan Kenjeran kerap dilalui oleh banyak kendaraan dengan beragam kepentingan setiap harinya. Baik yang akan menuju Pulau Madura atau sebaliknya menuju Surabaya. Otomatis membuat kawasan Kenjeran ditumbuhi banyak alternatif penginapan. Tak usah khawatir masalah penginapan, karena di sekitar Kenjeran terdapat cukup banyak homestay. Cukup buka aplikasi Peta pada ponsel, masukkan kata kunci Homestay atau Penginapan dalam kolom pencarian, lalu Anda akan dengan mudah menemukan banyak penginapan di sekitar. Beberapa homestay dilengkapi dengan nomor telepon pemilik dan akun sosial media, tentunya hal ini kian memudahkan langkah Anda dalam menemukan penginapan terdekat.

Untuk mencari penginapan yang lebih nyaman, bergeser ke kawasan Merr terdapat banyak pilihan hotel mulai dari hotel budget sampai bintang lima. Sebut saja Reddoorz, Grace Setia Hotel, Grand Dafam Pacific Cesar Hotel, The Alimar Premier Hotel, Oakwood Hotel & Residence. Yang bisa dipesan melalui online travel agent (OTA) atau pemesanan langsung dengan rate mulai Rp. 180.000 sampai Rp. 2.000.000 per malamnya. Ditunjang dengan dekat kawasan kampus, pembangunan apartemen juga sudah mulai tampak. Sebut saja Apartemen Educity, Puncak Dharmahusada Apartemen. Bergeser sekira tujuh kilometer saja ke arah timur ada kawasan Pakuwon City yang dilengkapi dengan sejumlah apartemen yang lengkap fasilitasnya. Meskipun berkonsep apartemen, ada beberapa pemilik apartemen yang menyewakan dalam tempo harian. Sesuai untuk Anda yang singgah sebentar saja.


Kenjeran, Destinasi Wisata Keluarga Surabaya


Quote:AKSES JALAN
Untuk mencapai kawasan Kenjeran bukan hal yang sulit. Untuk mencapai destinasi wisata yang berjarak sekira sembilan kilometer dari pusat Kota Surabaya itu, bisa melintasi banyak jalan. Berada di kawasan Timur Surabaya, sangat mudah digapai. Setidaknya ada tiga akses jalan;
1. Dari sisi Utara Surabaya untuk mencapai kawasan Kenjeran terbilang sangat mudah, dan mempunyai banyak alternatif. Bila berasal dari jalur utama Tol Jembatan Suramadu, atau dari sekitar Jalan Kedung Cowek, jalur tercepat mencapai Kenjeran melalui Jalan Nambangan. Kondisi jalan yang cukup bagus, walau di beberapa ruas hanya cukup untuk dua mobil. Soal keamanan tidak perlu khawatir, selain banyak kawasan perkampungan penduduk. Tak jauh dari ujung Jalan Nambangan berdiri kantor Polsek Kenjeran. Selain itu, di malam hari tidak kurang beberapa Satpam di sana, yang bertugas menjaga perkantoran dan pergudangan. Setelah sampai di kawasan Taman Suroboyo, dengan patung Suro dan Boyo tertinggi itu. Dan Sentra Ikan Bulak di depannya, dan di seberang juga ada Taman Bulak. Merupakan pusat interaksi dan keramaian warga, jadi cukup ramai, termasuk para pedagang kaki 5 yang tampak berjualan di bibir-bibir jalan. Melintas bibir pantai, di Jalan Pantai Kenjeran hingga bertemu dua alternatif jalan; melalui Jembatan Suroboyo untuk merasakan sensasi melintas di atas laut, atau Jalan Raya Pantai Lama. Kemudian melaju terus hingga ke Jalan Sukolilo Larangan, dan tiba di Kenjeran Park.

2. Bagi Anda yang memilih jalur dari arah Barat, melalui Jalan Kenjeran. Atau yang dari Jalan Ir. Soekarno MERR, kemudian belok kanan, merupakan jalur utama yag sangat nyaman. Kondisi jalan yang bagus, lebar, lengkap rambu lalu lintas, dan cukup penerangan, jaminan kenyamanan mencapai Kenjeran Park dengan nyaman, meskipun di malam hari. Namun demikian ada hal yang perlu diperhatikan. Di jalan Kenjeran, pada beberapa ruasnya tampak kontur jalannya yang sedikit tidak rata. Selain itu, waspada juga pada pengendara motor/ roda dua. Cara berkendara yang sembarangan, serta tanpa melengkapi pengaman kepala. Sangat dituntut kewaspadaan berkendara agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Sebagian yang berasal dari wilayah Selatan Surabaya dan kawasan sekitarnya, akan melalui jalur Selatan ini untuk mencapai Kawasan Kenjeran. Bila mulai dari spot Bundaran ITS, melaju terus ke Utara akan melintasi sebuah kawasan ramai di Timur Surabaya, Mulyosari dan sekitarnya. Kawasan ramai ini sudah lengkap fasilitas, mulai dari resto dan cafe, mini hingga supermarket, ATM, hingga SPBU untuk kendaraan. Beberapa kawasan perumahan di sekitarnya, tak ayal jalur kendaraan di kawasan ini kerap melambat, bila tak ingin dibilang macet. Memang cukup ramai. Setelah melintas di jalan kembar Raya Mulyosari, akan melintasi Jalan Tempurejo. Harus ekstra hati-hati, karena jalanan menyempit dengan situasi yang tetap ramai. Hanya ada 2 jalur kendaraan dengan tingkat pengguna jalan yang cukup tinggi. Dari jalan Tempurejo ini tidak bisa langsung lurus ke arah Kejeran Park. Pengguna jalan harus memutar sedikit di Jalan Kenjeran.



Quote:FASILITAS PUBLIK
Mengunjungi kawasan wisata Kenjeran tak perlu kuatir, sebab berbagai fasilitas publik tersedia lengkap. Ada banyak obyek wisata yang bisa dinikmati. Bila butuh tindakan kesehatan, ada rumah sakit dan puskesmas. Termasuk hal-hal yang menyangkut kendaraan transportasi Anda. Berikut beberapa Spot Wisata Menarik;

1. Jembatan Suroboyo. Berbentuk kelopak mata berkedip, membentang dari Kampung Nelayan (rumah pompa) hingga Pantai Kenjeran (area parkir bis Kenjeran lama). Panjang 800 meter, lebar sekira 16 meter, tinggi 20 meter dari air laut. Punya jalur khusus kendaraan roda empat dan roda dua. Plus jalur pedestrian bagi pejalan kaki untuk menikmati panorama laut dari atas jembatan. Dilengkapi fasilitas tempat rekreasi keluarga, kongkow, spot untuk mancing, lift untuk para difable menuju ke atas jembatan. Dari jembatan bisa menikmati keindahan air mancur menari, tiap Sabtu malam.

2. Taman Suroboyo. Dilengkapi air mancur yang indah, track mulus yang sangat cocok untuk bersepatu roda atau jogging, tanaman dan bunga yang elok, dan playground. Keindahan taman ini semakin nyata dengan adanya Patung Suroboyo yang tinggi ikonik. Dari area taman, kita bis meluaskan pandangan ke laut hingga tak berujung. Tampak pula perahu nelayan dan kehidupan pesisir pantai yang unik. Dari sudut ini pula tampak Jembatan Suramadu, nun jauh di sana.

3. Taman Bulak. Dipenuhi tanaman, pepohonan dan bunga-bunga. Dilengkapi arena playground dan lapangan futsal. Yang unik, adanya sungai buatan yang membelah taman ini menjadi dua bagian. Sungai buatan ini di buat memanjang sekitar 15 meter dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter. Anak-anak biasanya sangat suka berada di sungai buatan ini untuk bermain air.

4. Kenjeran Park. Kenpark ini menawarkan banyak spot, seperti Kelenteng Sanggar Agung, Patung Dewi Kwan Im, Pagida Tian Ti, Patung Budha 4 Wajah, dan banyak lagi. Bahkan kini dilengkapi obyek wisata baru, yakni Atlantis Land yang arsitekturnya megah membuat wisatawan serasa berada di Disneyland.

5. Fasilitas lain. RS Mitra Keluarga Kenjeran, RSIA MERR, SPBU Pertamina, ATM Bank BCA, ATM Bank Mega, Masjid Al Idris, Masjid Al Muttaqien, Tambal Ban tubeles Herry, dan masih banyak lagi.


Kenjeran, Destinasi Wisata Keluarga Surabaya


Quote:RUMAH MAKAN
1. Rumah makan maupun kafe bukan pemandangan yang asing lagi di Jalan Kenjeran. Beragam santapan mulai dari nasi padang, nasi pecel madiun, sampai nasi krawu tersedia di jalan ini. Bila mengikuti jalan sedikit, rangkaian berbagai depot itu berlanjut sampai di jalan Raya Tempurejo. Di dekat Masjid Baiturrahman, Anda dapat menemui sebuah kedai soto ayam lamongan. Bila ingin duduk seraya menikmati kopi, banyak warung kopi. (warkop) yang terletak di sekitar. Terdapat pula angkringan bagi yang ingin mengisi perut seraya nongkrong.

2. Sentra Kuliner Wiratno. Terletak di Komplek Perumahan Angkatan Laut, Sentra Kuliner Wiratno menjadi tempat yang cukup ramai meski malam sudah menjelang. Belasan stan menawarkan menu bervariasi, mulai dari penyetan, ayam geprek, bebek goreng, hingga soto. Parkirannya yang luas membuat kita tak perlu khawatir tidak kebagian tempat untuk parkir bila datang beramai-ramai. Sentra Kuliner Wiratno sendiri buka mulai setelah Maghrib hingga jam 12 malam.

3. Pusat Kerupuk dan Olahan Hasil Laut Kenjeran. Pada kiri-kanan jalan Raya Sukolilo, banyak plastik menjulang berisikan kerupuk, seakan menjadi penjaga toko-toko di sekitarnya. Jenis kerupuk yang ditawarkan tempat ini bervariasi, mulai dari kerupuk ikan, rengginang, terung, amplang (kuku macan), sampai keripik teripang. Umumnya, kerupuk tersebut dijual secara kiloan, dan harganya beragam tergantung dari kerupuk yang dibeli. Pusat Kerupuk dan Olahan Hasil Laut Kenjeran ini aktif mulai dari pagi hari, hingga sekitar pukul 9-10 malam.



Referensi


0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kenjeran, Destinasi Wisata Keluarga Surabaya
31-03-2020 22:26
ke kenjeran terus kulineran lontong kupang... behh nikmat
0 0
0
Kenjeran, Destinasi Wisata Keluarga Surabaya
01-04-2020 22:37
wahhh mantab ini kulineran di sini bisa menikmati kelezatan makanan khas surabaya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
3-varian-dari-cemilan-telur-gabus-yang-gurih
Cooking & Resto Guide
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia