Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0d213bf4d6951f926243a8/bagaimana-memberi-rasa-aman-pada-anak-angkat
Banyak fenomena yang terjadi dimasyarakat orang tua mengangat anak, karena berbagai alasan. Fenomena ini terjadi baik dikalangan artis maupun dikalangan masyarakat umumnya. Bagaimana agar memberikan rasa nyaman pada anak angkat sekaligus tidak menimbulkan kecemburuan pada anak kandung? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengambil anak angkat
Lapor Hansip
02-01-2020 05:46

Bagaimana Memberi Rasa Aman pada Anak Angkat?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Anak Angkat Sejatinya Memperoleh Kasih Sayang yang Sama dengan Anak Kandung

BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?


Uhuuuuuuuui, jumpa lagi gangsis dengan ninaahmad, thread kali beda dengan thread sebelumnya. Kalau thread sebelumnya banyak ngehalu nya gangsist. Nah kali ini tema nya agak serius nih.

Pernah nggak sih ada diposisi sebagai orang tua asuh, atau punya keluarga yang ada diposisi itu. Nah kita tuh sebagai keluarga pasti punya andil dalam hal itu. Entah itu turun tangan langsung pada proses pertumbuhan sang anak atau hanya sekedar sebagai penonton saja. Baca juga



Quote:Sejatinya semua anak yang terlahir kedunia adalah titipan dari sang pencipta, yang berhak hidup layak dan aman dalam pelukan orang tuanya


BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?


Banyak fenomena yang terjadi dimasyarakat orang tua mengangat anak, karena berbagai alasan. Baik karena alasan positif maupun alasan negatif. Alasan positifnya pun bermacam macam karena tidak memiliki keturunan, hanya punya anak tunggal, membantu orang tua lain yang kurang baik dalam segi perekonomian, yatim piatu, dan lain – lain. Namun benarkah ada orang tua mengangkat anak dengan alasan negatif?. Contoh menjadikan sebagai pekerja baik bekerja dalam rumah maupun mencari nafkah diluar rumah atau yang paling ngeri gansis, bahkan ada loh kasus yang sering kita dengar pada saat usia remaja seringkali sang anak hanya dijadikan budak nafsu.

Fenomena fenomena seperti itu sering kita saksikan terutama dikota besar. Anak anak terkadang dipaksa mencari nafkah meski umurnya belum layak dijadikan pekerja. Nah diantara anak – anak tersebut bisa saja diantara mereka posisi dirumahnya dia hanya sebagai anak angkat. Namun disisi lain banyak juga loh anak angkat yang hidupnya berlimpah kasih sayang dari orang tua angkatnya. Fenomena ini terjadi baik dikalangan artis maupun dikalangan masyarakat umumnya.
Bagaimana agar memberikan rasa nyaman pada anak angkat sekaligus tidak menimbulkan kecemburuan pada anak kandung?.


Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengambil anak angkat

1. Siapkan mental menghadapi segala resiko


BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?


Anak anak tentunya perkembangannya sangat pesat. Ketika mengangkat anak (adopsi) dari bayi ini hal yang agak lebih mudah. Tetapi jika anak yang diangkat sudah beranjak remaja tentunya menjadi pekerjaan rumah yang sangat besar bagi orang tua itu sendiri. Karena memberikan pemahaman pada anak usia balita tentu sangat berbeda dengan memberikan pemahaman pada anak yang sudah beranjak remaja.



2. Pastikan finansial dalam kondisi yang baik


BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?


Ketika anak angkat sudah berada pada lingkungan orang tua angkat secara otomatis orang tua memiliki kewajiban untuk memenuhi segala hal anak. Baik hak rasa aman, kasih sayang, pendidikan maupun kesehatan. Tentunya dalam hal ini perekonomianlah yang menjadi pendukung utama. Anak sejatinya tidak boleh merasa tidak mendapat haknya secara layak



3. Libatkan anak kandung dalam musyawarah


BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?


Menghadirkan anggota baru dalam keluarga tentulah adalah hal yang tidak mudah. Apalagi jika anggota baru tersebut tidaklah memiliki hubungan kekerabatan. Ketika anak kandung sudah berumur 2 tahun cobalah untuk melibatkan dia dalam musyawarah sebelum mengangat anak. Sampaikan alasan alasan ringan yang bisa dipahami oleh bahasa anak – anak. Jika kehadiran anggota baru tidak disetujui / ditolak oleh anak maka sebaiknya berfikir ulang untuk menghadirkan anggota baru. Karena penolakan itu bisa menjadi salah satu alasan sehingga berdampak pada psikologis anak kandung itu sendiri. Namun jika sang anak menyambut dengan lonjakan girang maka itu akan mempermudah langkah orang tua untuk mengangkat anak.



4. Jadikan Anak Sebagai Perioritas

BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?


Kehadiran anak angkat dalam lingkungan keluarga tentunya itu adalah tanggungjawab besar. Bagaimana bertanggungjawab terhadap Sang Pencipta, Orang tua kandung sang anak angkat, maupun bentuk pertanggungjawaban pada diri sendiri. Tentunya ini akan menjadi beban moral yang lebih berat lagi bagi orang tua angkat. Kesampingkan segala ego dan ubah gaya hidup dan jadikan anak sebagai prioritas agar anak merasa aman.



5. Tidak membedakan pola asuh antara anak angkat kandung dan anak angkat

BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?


Terapakan aturan yang sama dalam rumah, baik pola asuh ataupun penerapan hukuman ketika sang anak melakukan kesalahan. Buatlah perjanjian baik pada anak maupun pada pasangan dalam hal penerapan kedisiplinan pada anak. Ketika anak melakukan kesalahan buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk tidak melakukan pembelaan apapun pada anak. Dan sesekali beri reward pada anak ketika anak mampu menerapkan pola kedisiplinan dalam rumah



6. Pastikan anak angkat sah secara hukum

BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?


Legalitas anak sangatlah penting, meski pengurusan hak asuh membutuhkan waktu yang lama namun hal ini tidak boleh menjadikan alasan untuk tidak tidal melegalkan status sang anak angkat dalam keluarga. Banyak hal yang kemungkinan terjadi seiring dengan pertumbuhan anak tersebut. Contohnya adalah ketika orang tua kandung ingin mengambil kembali haknya tentunya ini akan menjadi sebuah konflik besar jika tidak sah secara hukum.



Nah demikian gansis, semoga bermanfaat


Sc : Opini Penulis
Diubah oleh Ninaahmad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 27 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
02-01-2020 05:48
Pentingkah untuk menhadirkan anggota baru dalam keluarga?? yang notabene adalah orang lain yag tidak punya ikatan darah?? why not.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
02-01-2020 05:48
Sejatinya semua anak berhak mendapat hidup layak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
02-01-2020 05:49
Penting untuk berbagi kasih sayang dengan orng lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
02-01-2020 05:50
Hidup ini bukan tentang seberapa banyak materi yang kita miliki tapi seberapa banyak bermanfaat bagi orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 09:45
bahasa halus: anak angkat, anak adopsi
bahasa kasar: anak pungut

ntr kek di film", dia waktu gede, bakalan cari tahu sendiri ortu sebenarnya siape lol.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 10:57
perlakuakan anak angkat sebagaimana memperlakukan anak kandung sendiri......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 11:37
byk orang tua mengangkat anak hubungannya layaknya anak kandung gan. Niat ortu ngangkat anak harusnya untuk menyanyangi, merawat, dan mendidik si anak tanpa membedakan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 15:09
ilmu baru lagi nih buat para orang tua yg berniat untuk mengangkat anak. karena bagaimanapun peran orang tua nantinya bakal penting bgt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 18:04
Heeeemmmmm bgitu, 👍👍👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 21:43
Quote:Original Posted By limo23
ilmu baru lagi nih buat para orang tua yg berniat untuk mengangkat anak. karena bagaimanapun peran orang tua nantinya bakal penting bgt


Betul banget!!

Apalagi kadang anak tuh suka sensitif terutama di usia remaja, jangan sampe ngrasa dibedain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 21:44
Quote:Original Posted By arimbii11
Betul banget!!

Apalagi kadang anak tuh suka sensitif terutama di usia remaja, jangan sampe ngrasa dibedain


Iya benerrrr! Makanya jadi orang tua emang harus bisa adil. Susah si cuman harus dilatih biar semua anak ngerasa aman dan nyaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 21:48
Quote:Original Posted By fitria1994
Iya benerrrr! Makanya jadi orang tua emang harus bisa adil. Susah si cuman harus dilatih biar semua anak ngerasa aman dan nyaman


Kadang dilema juga sih ya.. susah2 gampang ngurus anak tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
03-01-2020 21:50
Quote:Original Posted By arimbii11
Kadang dilema juga sih ya.. susah2 gampang ngurus anak tuh


Iyaaa bener bgt, yang penting kuncinya komunikasi dan sabar aja sih, jadi antara anak dan orang tua sama sama ngerasa nyaman
profile-picture
profile-picture
srusuut dan Ninaahmad memberi reputasi
2 0
2
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
04-01-2020 18:53
nais info.. kadang kalo di film film sih anak angkat diperlakukan beda gituh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
04-01-2020 18:54
Quote:Original Posted By KnightDruid
bahasa halus: anak angkat, anak adopsi
bahasa kasar: anak pungut

ntr kek di film", dia waktu gede, bakalan cari tahu sendiri ortu sebenarnya siape lol.


"nak, sebenarnya.. kami bukan orang tua kandung kamu..."
"APAHHHHH??!????"

bgitu la ya kira2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
04-01-2020 21:10
Quote:Original Posted By dhinyzfrn
"nak, sebenarnya.. kami bukan orang tua kandung kamu..."
"APAHHHHH??!????"

bgitu la ya kira2


Klo ane, gini kira2 dialognya ... Nak, ayah boleh ngomong sebentar??

Iyya ayah, ada apa??

Tapi jangan kecewa ya nak, ayah ibu itu sangaaaaat sayang kekamu, tpi ini tidk mungkin ayah ibu selamanya merahasikan kekamu.

"Ada apa sih yah.". tanyanya

"Sebenarnya kamu bukan anak kandung ayah ibu" (sambil memeluk anak lelakinya)

Sang anak pun menepis tangan ayahnya

"Kenapa sih ayah baru cerita sekarng, kenapa tidak dari dulu,,, aku benci ayaaaaaaah" sambil berteriak dan berlari keluar rumah dan meninggalkan ayahnya

Tiba - tiba terdengar hantaman begitu keras, ayah segera berlari dan nampak tubuh sang anak angkat bersimbah darah

The end..

😂😂😂😂drama banget ya ane...😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
05-01-2020 21:06
Quote:Original Posted By Ninaahmad
Klo ane, gini kira2 dialognya ... Nak, ayah boleh ngomong sebentar??

Iyya ayah, ada apa??

Tapi jangan kecewa ya nak, ayah ibu itu sangaaaaat sayang kekamu, tpi ini tidk mungkin ayah ibu selamanya merahasikan kekamu.

"Ada apa sih yah.". tanyanya

"Sebenarnya kamu bukan anak kandung ayah ibu" (sambil memeluk anak lelakinya)

Sang anak pun menepis tangan ayahnya

"Kenapa sih ayah baru cerita sekarng, kenapa tidak dari dulu,,, aku benci ayaaaaaaah" sambil berteriak dan berlari keluar rumah dan meninggalkan ayahnya

Tiba - tiba terdengar hantaman begitu keras, ayah segera berlari dan nampak tubuh sang anak angkat bersimbah darah

The end..

😂😂😂😂drama banget ya ane...😂😂😂


WKWKWKWKW drama benerrr cocok dah sangat mendetail dialognya emoticon-Ngakak ketauan sering nonton sinetron sama eptipi nih dari dulu
profile-picture
profile-picture
srusuut dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
05-01-2020 21:11
Quote:Original Posted By dhinyzfrn
WKWKWKWKW drama benerrr cocok dah sangat mendetail dialognya emoticon-Ngakak ketauan sering nonton sinetron sama eptipi nih dari dulu


😂😂😂emoticon-Ngakakemoticon-Gregetan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
07-01-2020 16:06
inspiring
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
BAGAIMANA MEMBERI RASA AMAN PADA ANAK ANGKAT?
19-01-2020 08:28
mampir lagi....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia