News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0af3f7c82084202d5082ef/film-orang-bersin-5-detik-pemegang-hak-cipta-film-pertama-di-as
Film berjudul “Edison kinetoscopic record of a sneeze, January 7, 1894”, atau juga dikenal sebagai “Fred Ott’s Snezee” (Bersinnya si Fred Ott) adalah pemegang hak cipta (copyright) pertama di AS untuk kategori film (gambar bergerak), pada tahun 1894. Hak cipta dipegang oleh Thomas Alva Edison, si Penemu Bola Lampu. Inilah film pertama di AS dan juga di dunia yang memegang hak cipta. Film
Lapor Hansip
31-12-2019 14:08

FILM ORANG BERSIN 5 DETIK PEMEGANG HAK CIPTA FILM PERTAMA DI AS

Film berjudul “Edison kinetoscopic record of a sneeze, January 7, 1894”, atau juga dikenal sebagai “Fred Ott’s Snezee” (Bersinnya si Fred Ott) adalah pemegang hak cipta (copyright) pertama di AS untuk kategori film (gambar bergerak), pada tahun 1894. Hak cipta dipegang oleh Thomas Alva Edison, si Penemu Bola Lampu. Inilah film pertama di AS dan juga di dunia yang memegang hak cipta.

Film diproduksi oleh perusahaan Edison, yang saat itu bernama Edison Manufacturing Company, melalui salah satu unit pelaksana teknisnya, Edison Studios. Sutradara dan kamerawan dirangkap William K.L. Dickson, teknisi dan ilmuwan di perusahaan Edison, sedangkan aktornya adalah Fred Ott, asisten Edison.

Panjang film hanya 5 detik, tapi pengambilan gambarnya sepanjang tanggal 2 s/d 7 Januari 1894. Film didistribusikan perusahaan Edison untuk disaksikan penonton melalui perangkat Kinetoscope yang juga diproduksi dan dipasarkan perusahaan Edison. Tentang kinetoscope sudah pernah saya posting di komunitas ini.

Referensi: "Edison kinetoscopic record of a sneeze, January 7, 1894". Library of Congress. Archived from the original on 2018-02-23.



Diubah oleh akwibawa
profile-picture
dellesology memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia