Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
345
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e06e0e8af7e9343d20e4bf0/sadis--biaya-sekolah-tk-jaman-sekarang-lebih-tinggi-ketimbang-biaya-kuliah
Akhir-akhir ini, beredar daftar uang masuk dan uang SPP dari beberapa sekolah TK di Kota Jakarta yang menjadi perdebatan sengit karena harganya yang selangit. Beberapa pihak meragukan, apakah worth it sekolah TK mematok biaya masuk dan SPP dengan harga tersebut padahal itu hanya sekolah anak-anak.
Lapor Hansip
28-12-2019 11:58

Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mahal belum tentu berkualitas bagus, namun yang berkualitas bagus sudah pasti bernilai sepadan.


Pendidikan memang menjadi faktor yang sangat penting dan harus dimiliki oleh semua orang sebagai bekal untuk menjalani kehidupan. Bukan berarti tanpa pendidikan kita tidak bisa menjalani hidup, tapi dengan adanya pendidikan akan membantu kita terhindar dari pembodohan dunia. Pendidikan memang sangat baik jika diberikan sejak dini. Seperti kata pepatah, jika pondasi bangunan kuat maka setelah dibangun rumah atau apartment, bangunannya pun akan lebih kuat dan kokoh dari terpaan angin, hujan. Begitu juga dengan anak-anak, usia mereka adalah usia untuk membangun pondasi berupa karakter, sikap, perilaku, pengetahuan. Jika sedari dini mereka sudah mendapatkan pendidikan yang layak, itu akan berdampak positif setelah dewasa nanti.

Berdasarkan pemikiran seperti itu, para orang tua berlomba-lomba mencari Kelas Bermain (KB) atau Taman Kanak-kanak (TK) terbaik untuk putra-putri mereka. 

Akhir-akhir ini, beredar daftar uang masuk dan uang SPP dari beberapa sekolah TK di Kota Jakarta yang menjadi perdebatan sengit karena harganya yang selangit. Beberapa pihak meragukan, apakah worth it sekolah TK mematok biaya masuk dan SPP dengan harga tersebut padahal itu hanya sekolah anak-anak. Ada juga yang berpendapat biaya senilai itu wajar saja, karena fasilitas yang ditawarkan juga memadai. Kalo menurut ane, ini sih balik lagi ke kemampuan kantong masing-masing ya. Tapi ane cukup kaget juga si, setelah tau rincian biaya nya. Lebih mahal ketimbang biaya kuliah ane dulu cuy !
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
Ini adalah daftar beberapa sekolah TK yang ada di Kota Jakarta serta kisaran biayanya, silahkan bagi yang nyinyir silahkan nyinyir emoticon-Big Grin

1. IPEKA
Uang Pangkal  : 15.000.000
SPP Bulanan    : 1.950.000
Uang Tahunan : 600.000

2. Lazuardi Cordova
Uang Pangkal  : 15.488.000

SPP Bulanan    : 1.180.000
Uang Tahunan : 625.000

3. Kinderfield Duren Sawit
Uang Pangkal  : 17.000.000
SPP Bulanan    : 2.200.000

4. Al-Azhar Blok M

Uang Pangkal  : 22.000.000
SPP Bulanan    : 1.250.000

5. Cikal CIlandak

Uang Pangkal  : 41.800.000
SPP Bulanan    : 4.000.000 

6. Al-Falah Jakarta Timur

Uang Pangkal  : 68.000.000
SPP Bulanan    : 5.200.000 

7. Global Islamic School

Uang Pangkal  : 17.500.000

SPP Bulanan    : 1.750.000
Uang Tahunan : 6.905.000 

8. Mentari International School

Uang Pangkal  : 20.500.000
SPP Bulanan    : 7.500.000  

9. Australia Independen School

Uang Administrasi  : 9.450.000

SPP Tahunan           : 169.000.000

10. Jakarta International School

Uang Pangkal   : 22.000.000

SPP Tahunan    : 343.000.000

Kalo reaksi kalian biasa aja setelah tau biaya masuk sekolah di TK Jakarta diatas, wah tepuk tangan. Berarti anda termasuk golongan SULTAN. 


Haris Iskandar selaku Dirjen PAUD dan Diknas memberikan tanggapan :
Quote:"Soal (PAUD yang mahal) yang di Jakarta itu mereka itu biasanya PAUD-PAUD yang internasional itu ya. Lembaga internasional yang berasosiasi dengan lembaga asing dan juga segmentasinya juga yang disasar juga bukan seluruh komponen masyarakat, tapi komponen masyarakat tertentu kan. Jadi saya kira itu tergantung kepada mereka yang mampu ya"




Jadi kalo kata Pak Haris, biaya semahal itu ga masalah ya. Karena dengan biaya semahal itu target sekolah bukanlah masayarat misqueen macem ane begini, sasaranya untuk para sultan.

Ane sih penasaran banget, fasilitas apa saja yang mereka tawarkan sehingga membebani biaya setinggi itu? Apakah staf pengajar disana lulusan sekolah terbaik dunia kah? Atau fasilitas sekolah yang ditawarkan sangat lengkap? Atau materi pelajarann yang diberikan adalah materi rahasia yang tidak diberikan disekolah lain. Entah lah, ane cuma penasaran aja. 

Ane dulu kuliah di Universitas Mercu Buana Jakarta tahun masuk 2013 uang pangkal baru 9jt sekian dan per SKS nya cuma 260.000 kalo sesemester ane ngambil 20 sks brrti spp semester ane cuma 5.200.000. Ini belum termasuk biaya buku, dan pretelan lainny. Tapi kalo ditotal ane kuliah disana 3,5 tahun ane cuma ngeluarin biaya ya kira-kira 50 juta an. Jadi milih buat nyekolahin anak TK atau nguliahin di kampus nih?

Oke ane tau 2 hal ini sebenarnya tidak patut di sandingkan dan dibandingkan, karena jika dilihat diari sudut pandang manapun sangatlah berbeda. Ane cuma mau ngasih sedikit gambaran aja. Kalo pendapat kalian gimana? 

sumber : 1 ,

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 16 dari 16
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
07-01-2020 08:10
wkwkwkw..bini gw baru aja cerita soal ini...
gw jg kaget pas bacanya,, waktu gw kuliah, kayanya g semahal ini..
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
07-01-2020 08:35
Bisnis yang menjajikan saat ini adalah pendidikan & kesehatan.

Pendidikan 》 ortu yg klas menengah ke atas yg kebutuhan dasarnya sdah sangat terpenuhi bisa dengan lebih mudah memilih skolah yg fasilitasnya wow utk masa depan anak.

Kesehatan 》 dengan bpjs pasti klinik/rs laku walopun byarny telat.

Sayangnya modal utk 2 usaha itu gede.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
07-01-2020 16:40
Quote:Original Posted By diandraps
haha iya bener, justru memang sengaja dibuat seperti itu, untuk pemantik biar tuker pendapat.. dan semoga bisa buat motivasi juga buat kita semua sih gan emoticon-Jempol


Bener banget, sekarang kaget dulu eeeh siapa tahu ntar malah bisa masuk situ haha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
07-01-2020 21:01
Adek gua juga sd di svp kemprat uang pangkal 58, bulanan 48.

Wajarlah kalo ngejar circle mah. Adek gua perempuan, ya itu biaya buat dapet lingkungan yang baik secara finansial, itu harga masa depannya. Kecuali lu punya adek cewek mau dideketin bocah warnet atau anak2 stm.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
07-01-2020 21:04
Btw buat yang diatas w yang ngomong orang berduit ga bakal mikir2 ngeluarin duit, kayanya ada yg salah sama logikalu deh.

Orang kaya berani ngeluarin duit karena tau harganya sepadan kali, mana yang penting itu yang berani dibayar, kalo semua ngeluarib ga mikir ya ga bakal kaya dari awal. Kecuali koruptor.

Ga perlulah nyinyirin orang kaya, kan orang usaha juga, lunya aja yang kirang rajin kali.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
08-01-2020 13:01

buat yang di atas ane, Yang nyinyir sm orang kaya biasanya hanya orang yang IRI dan DENGKI, itu aja sih.

Orang kaya berani keluar duit, karena tau nilai yang didapat sepadan, dan MEMANG ADA duit-nya juga — kalo gkda duitnya mah sama aja boong juga — dan pastinya kalau berhubungan dengan pendidikan dan sekolah — sudah pasti nilainya sepadan, semakin mahal, semakin bagus pula kualitas yang didapat — makanya memang harus ADA duitnya dulu, ya toh ?

Dan pastinya namanya orang kaya, mikir keluar duitnya gak seperti orang miskin mikir keluar duit — karena duit kecil nya orang kaya itu BEDA sama duit kecil nya orang miskin, setuju gak ?

Buat orang kaya, keluar duit makan di restoran keluarga bareng keluarga besar untuk event merayakan moment ulang tahun pernikahan contohnya, sekali makan bisa abis 10juta, lah namanya orang kaya ya duit segitu ya kecil lah, emg pake mikir dulu bayarnya pake apa, wkwkwkw — klo orang miskin mah boro2 10 juta, pasti mikirnya “Kalau gw punya duit 10 juta, daripada buat makan, mending gw buat buka warung, atau buat beli beras buat setaon” — ya kan begitu kira2 wkwkwkwk

Buat yg mampu sekolahin anak di sekolah level JIS, ud pasti anggapannya uang sekolah segitu adalah “uang kecil” mas bro — gak mungkin berani untuk sekolahin anak di sekolah selevel gitu kalau uang sekolah dianggap “uang besar”. Sama seperti ada yang bilang, adeknya SPP bulanan 48 pun pastinya penghasilan ortu agan minimal 5x lipatnya sebulan atau lebih malah — wkwkwk — jadi jgn bilang orang kaya berani keluar duit karena menganggap / tau harganya sepadan, kalau tau harganya sepadan pun kalo gkda duitnya gkda gunanya, harus ada DUIT nya dulu baru bisa — dan begitu uda ada duitnya, otomatis gak bakal anggap itu jadi masalah lagi, alias ga pake mikir2 lagi, hihihih

Balik lagi ke fokus masalah pendidikan, ane pribadi setuju namanya sekolah, pendidikan, ada uang ada barang, seperti yg sudah gw discuss jg berkali2, namanya sekolah mahal sudah pasti berbagai fasilitas dan pergaulannya lebih advanced — itu berguna buat support masa depan u — mau cew or cow, pasti masing2 akan dapat benefit yg baik pula dengan lu brani sekolahin anak u di sekolah bagus.

Nasehat ane makanya, buat ortu yg berduit, sekolahin lah anak kalian semampu mungkin ke sekolah paling bagus karena masa depan anak ente-ente sedikit banyak akan dipengaruhi dari sana sebagai landasan awal-nya

Buat ortu yg kurang berduit, cari lah duit sebanyak2nya dan semampu nya dan sekolahin anak ke sekolah yang paling bagus yg sesuai dengan kantong, biar ngga terbeban juga nantinya — jgn smpe karena sekolah anak lantas jadi melarat senin jumat makan tempe tahu, itu juga ngga sehat, harus seimbang jadinya

Buat yg punya ortu berkecukupan, berbahagia lah kalau sudah di sekolahkan di sekolah bagus, kesempatan itu jgn disia-siakan, sekolah dan belajar yang benar, bergaul yg benar, karena gak semua orang memiliki kesempatan yang berharga seperti agan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
08-01-2020 13:06
anyway dari awal ngga ada pembicaraan dan menyinggung masalah koruptor ya seperti yg di atas, so no hard feeling -- kita ngga sedang membahas soal korupsi / koruptor -- kita sedang membahas sekolah mahal ini. Semoga yang tersinggung ini bukan dari kalangannya lah ^^
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
08-01-2020 16:38
Quote:Original Posted By diandraps
iya bener.. yg bisa nyekolahin di tempat mahal, pasti kebutuhan dasarnya juga udah terpenuhi emoticon-Cendol Gan


Nahh ini bener banget 👏👏👏👏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
09-01-2020 05:01

Quote:Original Posted By joaoyelix
Bener banget, sekarang kaget dulu eeeh siapa tahu ntar malah bisa masuk situ haha


haha iya beneer.. seenggaknya kita bisa tau dulu kisaran harga yg menengah keatas tuh segitu, biar nanti pas udah butuh udah ga kaget wkwk
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
09-01-2020 05:11

Quote:Original Posted By andora11
Nahh ini bener banget 👏👏👏👏


haha iya gan kan gamungkin kalo ngga gitu emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
09-01-2020 08:25
PAUD & TK di tempat spp nya cuma Rp. 50.000/bulan.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
09-01-2020 09:21
bukan anak sultan, reaksi ane biasa aja karna ane ga bakalan masukin anak ane ke sekolah2 itu. emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
10-01-2020 10:06
Waktu di Jakarta anak pernah di tumble tots..gak terlalu mahal sih keknya....kebetulan dekat kantor bini aja.
Pas pindah kemari di TK biasa aja..tapi anak happy aja tuh..murah lagi hehehe.

ponakan gw gak PAUD gak TK yang baru aja masuk kuliah kemaren IPK nya nyaris 4 di jurusan elektro kampus cap gajah.

Kesimpulan : Pada usia seperti itu sebenernya anak yang penting "bermain bersama teman". Yang paling mendasar pondasi ada di keluarga bagaimana cara mendidik anak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
23-01-2020 00:49
10 tahun lagi bisa jauh lebih mahal lagi cuy
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
28-02-2020 04:14
mantapp-mantap sekali spp nya... kalo orang kaya mah kecil buat ngerluarin duit segini ya gan emoticon-Ngakak
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
24-04-2020 20:39
up up
0 0
0
Sadis ! Biaya Sekolah TK Jaman Sekarang Lebih Tinggi Ketimbang Biaya Kuliah !
24-04-2020 21:10
again again
0 0
0
Halaman 16 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia