Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
119
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e05553ceaab25365e3eff67/mitos-jawa-yang-masih-berlaku-di-era-milenial
berikut pembahasan beberapa mitos yang masih dipercaya atau bahkan di lakukan oleh para masyarakat, terlebih lagi bagi masyarakat yang berada di daerah Jawa. Dan paling mirisnya, banyak yang gagal nikah karena kepercayaan yang mereka anut. Inilah beberapa kepercayaan Orang Jawa yang masih melekat hangat dalam kehidupan sehari-hari.
Lapor Hansip
27-12-2019 07:50

Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Assalamualaikum GanSis
Semoga kita selalu berada di dalam lindunganNya.
Kali ini aku akan bahas beberapa mitos yang masih dipercaya atau bahkan di lakukan oleh para masyarakat, terlebih lagi bagi masyarakat yang berada di daerah Jawa. Dan paling mirisnya, banyak yang gagal nikah karena kepercayaan yang mereka anut.

Inilah beberapa kepercayaan Orang Jawa yang masih melekat hangat dalam kehidupan sehari-hari.

1. Weton

Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!sumber

Orang jawa pasti tidak asing bukan dengan yang satu ini? Ya, weton adalah suatu perhitungan angka. Weton sendiri bisa digunakan untuk melihat bagaimana sifat seseorang, rezeki seseorang dan yang lebih sering digunakan yaitu jodoh.

Tidak sedikit dari orang jawa menentukan kecocokan jodoh dari melihat kecocokan angka yang dihitung dari kedua belah pihak. Ada yang bersifat ratu, yang artinya pasangan itu akan hidup bahagia. Ada juga pati, yang mana salah satu orang tua, pasangan atau keluarga mereka akan meninggal. Serta, masih banyak juga arti dari hitungan kecocokan yang lainnya.

Tak sedikit pasangan yang telah bertahun-tahun lamanya berpacaran menjadi gagal nikah karena tingkat kecocokannya dengan pasangan sangatlah minim, dan akan berakibat buruk apabila mereka tetap memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

2. Sunda - Jawa

Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!sumber

"Belum punya pasangan suruh nikah, waktu udah punya pasangan, eh malah ngga boleh nikah karena dia sunda/jawa"

Ngenes banget ngga sih? Mungkin ada beberapa GanSis yang masih bingung, apa hubungannya Sunda dengan Jawa? Ya, ada beberapa mitos yang melarang pasangan antara sunda dengan jawa. Dikarenakan, apabila mereka tetap memilih untuk menikah, maka salah satu pasangan akan meninggalkan dunia yang fana' ini. Dan yang sering terjadi, adalah para wanitalah yang lebih dulu meninggal. Entah itu karena tiba-tiba sakit dan masih banyak yang lainnya.

3. Pingitan

Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!sumber

Ada lagi nih GanSis. Salah satu tradisi yg mungkin masih sering kita jumpai, yaitu pingitan. Seseorang di larang keluar rumah dalam jangka waktu entah itu tiga hari, satu minggu, dan masih banyak lagi hari sesuai dengan tradisi daerah tersebut.

Ada benernya juga sih menurutku, karena kalau kita berada di dalam rumah, kemungkinan akan terjadi sesuatu hal yang buruk itu hanyalah sedikit. Kan ngga lucu, kalau menjelang hari bahagia, kita terkena musibah yang tanpa rencana. Misalnya diculik mantan gitu, hehehe

Semua perbuatan yang kita lakukan pasti ada yang buruk begitupun sebaliknya. Banyak yang menganggap bahwa hal ini adalah sebuah kepercayaan, dan mereka mempercayainya. Namun, tak sedikit juga yang mengganggap bahwa hal ini hanyalah sebuah mitos belaka.

Tak sedikit yang melakukan sesuai dengan kepercayaan mereka, tak sedikit pula yang justru melanggar kepercayaan ini, namun dengan cara-cara tertentu, seperti mengadakan selamatan sebelum acara dan masih banyak yang lainnya.

Semua berada di tangan kita. Baik - baiklah memilih sebelum semuanya terlambat. See you again Gan. Assalamualaikum
Diubah oleh ajiqueen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gimi96 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 07:51
pejwan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 08:06
Quote:Original Posted By arisentris.
Udah itu doang gan ?


Masih banyak sebenernya Gan
0 0
0
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 08:11
Aduh kojor cowok aku org Sunda. Aku Jawa. Baru tau ada mitos ini😢😢
profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 08:34
Quote:Original Posted By abellacitra
Aduh kojor cowok aku org Sunda. Aku Jawa. Baru tau ada mitos ini😢😢


Akupun juga sama😢
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 08:40
Lah cuma 2 doang?

Yang sunda jawa bukannya gara2 peristiwa bubat, yang gajahmada nyerang rombongan putri pitaloka yang mau nikah sama hayam wuruk ya?

Makanya mitosnya tentang nikah, soalnya abis itu jadi gak ada org dr kerajaan sunda yang mau nikah sama org2 dr kerajaan2 di bawah majapahit
profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 08:50
Quote:Original Posted By crockoaches
Lah cuma 2 doang?

Yang sunda jawa bukannya gara2 peristiwa bubat, yang gajahmada nyerang rombongan putri pitaloka yang mau nikah sama hayam wuruk ya?

Makanya mitosnya tentang nikah, soalnya abis itu jadi gak ada org dr kerajaan sunda yang mau nikah sama org2 dr kerajaan2 di bawah majapahit


Bener gan. Dan mitos itu masih melekat bener di kalangan masyarakat jawa. Dan kalau ngga salah, salah satu di antara mereka ada yang memberikan sumpah, kalau anak turun mereka (sunda dgn jawa) menikah, maka di antara mereka ada yang meninggal. Kalau ngga gtu, ya hubunggannya ngga akan harmonis
0 0
0
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 09:08
Semua ada di pikiran kita... jika kita meyakini mitos itu.. pasti akan terjadi.. tapi semua kontrol ada pada diri kita masing2.. mau sunda,jawa,batak,minang,madura,dayak,bugis, sama aja...tergantung mental masing2 jadi mitos itu hoaxemoticon-raining
profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 09:11
Mitos Sunda-Jawa makin tergerus zaman dari sisi pernikahan..

Namun seingat saya di Bandung tidak ada jalan gajah mada dan jalan hayam wuruk?

Kalo ada yang tahu tolong saya dikoreksi.

profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 09:29
jodohmu terhalang oleh Weton emoticon-Leh Uga
profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 09:48
hari baik dan hari buruk
profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 09:58
gak percaya mitos emoticon-Ngakak
Tapi klo yg dipingit sih setuju, takut Dikobok-kobok
profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 10:48
Quote:Original Posted By ajiqueen
Assalamualaikum GanSis
Semoga kita selalu berada di dalam lindunganNya.
Kali ini aku akan bahas beberapa mitos yang masih dipercaya atau bahkan di lakukan oleh para masyarakat, terlebih lagi bagi masyarakat yang berada di daerah Jawa. Dan paling mirisnya, banyak yang gagal nikah karena kepercayaan yang mereka anut.

Inilah beberapa kepercayaan Orang Jawa yang masih melekat hangat dalam kehidupan sehari-hari.

1. Weton

Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!sumber

Orang jawa pasti tidak asing bukan dengan yang satu ini? Ya, weton adalah suatu perhitungan angka. Weton sendiri bisa digunakan untuk melihat bagaimana sifat seseorang, rezeki seseorang dan yang lebih sering digunakan yaitu jodoh.

Tidak sedikit dari orang jawa menentukan kecocokan jodoh dari melihat kecocokan angka yang dihitung dari kedua belah pihak. Ada yang bersifat ratu, yang artinya pasangan itu akan hidup bahagia. Ada juga pati, yang mana salah satu orang tua, pasangan atau keluarga mereka akan meninggal. Serta, masih banyak juga arti dari hitungan kecocokan yang lainnya.

Tak sedikit pasangan yang telah bertahun-tahun lamanya berpacaran menjadi gagal nikah karena tingkat kecocokannya dengan pasangan sangatlah minim, dan akan berakibat buruk apabila mereka tetap memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

2. Sunda - Jawa

Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!sumber

"Belum punya pasangan suruh nikah, waktu udah punya pasangan, eh malah ngga boleh nikah karena dia sunda/jawa"

Ngenes banget ngga sih? Mungkin ada beberapa GanSis yang masih bingung, apa hubungannya Sunda dengan Jawa? Ya, ada beberapa mitos yang melarang pasangan antara sunda dengan jawa. Dikarenakan, apabila mereka tetap memilih untuk menikah, maka salah satu pasangan akan meninggalkan dunia yang fana' ini. Dan yang sering terjadi, adalah para wanitalah yang lebih dulu meninggal. Entah itu karena tiba-tiba sakit dan masih banyak yang lainnya.

3. Pingitan

Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!sumber

Ada lagi nih GanSis. Salah satu tradisi yg mungkin masih sering kita jumpai, yaitu pingitan. Seseorang di larang keluar rumah dalam jangka waktu entah itu tiga hari, satu minggu, dan masih banyak lagi hari sesuai dengan tradisi daerah tersebut.

Ada benernya juga sih menurutku, karena kalau kita berada di dalam rumah, kemungkinan akan terjadi sesuatu hal yang buruk itu hanyalah sedikit. Kan ngga lucu, kalau menjelang hari bahagia, kita terkena musibah yang tanpa rencana. Misalnya diculik mantan gitu, hehehe

Semua perbuatan yang kita lakukan pasti ada yang buruk begitupun sebaliknya. Banyak yang menganggap bahwa hal ini adalah sebuah kepercayaan, dan mereka mempercayainya. Namun, tak sedikit juga yang mengganggap bahwa hal ini hanyalah sebuah mitos belaka.

Tak sedikit yang melakukan sesuai dengan kepercayaan mereka, tak sedikit pula yang justru melanggar kepercayaan ini, namun dengan cara-cara tertentu, seperti mengadakan selamatan sebelum acara dan masih banyak yang lainnya.

Semua berada di tangan kita. Baik - baiklah memilih sebelum semuanya terlambat. See you again Gan. Assalamualaikum


Itungan jawa setau ane ngak ada Ratu..

Susunan jawa itu
SRI, LUNGGUH, DUNIA, LARA, PATI..
kombinasikan dng weton, aksara jawa..
profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 10:53
Ya Begitulahh..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajiqueen dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 10:56
di sini masih banyak yg begitu
profile-picture
ajiqueen memberi reputasi
1 0
1
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 12:22
Quote:Original Posted By m3mpis
Semua ada di pikiran kita... jika kita meyakini mitos itu.. pasti akan terjadi.. tapi semua kontrol ada pada diri kita masing2.. mau sunda,jawa,batak,minang,madura,dayak,bugis, sama aja...tergantung mental masing2 jadi mitos itu hoaxemoticon-raining


Setuju gan. Semua tergantung kepercayaan kita. Tapi yang jelas kita juga harus saling menghormati kepercayaan mereka
0 0
0
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 12:26
Quote:Original Posted By orgasmax
Mitos Sunda-Jawa makin tergerus zaman dari sisi pernikahan..

Namun seingat saya di Bandung tidak ada jalan gajah mada dan jalan hayam wuruk?

Kalo ada yang tahu tolong saya dikoreksi.


Yang ahli sejarah tlg di jawabemoticon-Ngakak
0 0
0
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 12:27
Quote:Original Posted By kuroi2325
jodohmu terhalang oleh Weton emoticon-Leh Uga


Gagal nikah karena wetonnya ngga cocokemoticon-Sorry
0 0
0
Mitos Jawa Yang Masih Berlaku Di-Era Milenial!!!
27-12-2019 12:29
Quote:Original Posted By ukhtyfit81
di sini masih banyak yg begitu


Kakek aku kental bgt malahan jawanya
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia